jump to navigation

ARINA-SMK . . . Microcar 100% produksi Lokal bermesin motor!! 15 November, 2008

Posted by Taufik in Uncategorized.
Tags:
trackback
micro car Tata-Nano India

micro car Tata-Nano India

Heboh Microcar yang digelontorkan oleh pabrikan Tata di Indi, BMW, mauopun pabrikan-pabrikan lain menembuskan energi positif bagi putra-puteri bangsa ini untuk berkreasi membuat sendiri microcar lokal. ARINA-SMK  . . . ARINA adalah kepanjangan dari ARMADA INDONESIA sedangkan SMK? yaaa Sekolah Menengah Kejuruan, koq? Ya karena memang Semua Sumberdaya Sekolah Menengah Kejuruan (kabarnya akan ada satu SMK disetiap privinsi) dilibatkan aktif dalam proses merakit dan memproduksi suku cadang mobil ini. Bagaimana Mesinnya? ternyata ARINA-SMK ini menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas 150 cc, 200 cc dan 250 cc, hmmm kebayangkan kalau mobil ini pakai mesin twinnya Kawasaki Ninja 250R 😉 atau pakai mesinnya Aprillia RS 250 nya mas Tri . . . woooow ngacir abizzzz

Siapa Pencipta/ Designer Mobil ini? dialah Widya Aryadi MT, seorang dosen teknik mesin Univ Negri Semarang. Ukurannya P x L x T = 2.753 x 1.325 x 1.708 mm. Mesin Mobil ini berada di Luar Kabin mobil, dan walaupun bermesin motor, setirnya bundar dong, khas setir mobil. Bannya menggunakan ukuran lebar 3,5 ‘ dan rim 10 inchi, suku cadangnya? diklaim mudah karena 100% buatan Lokal. ARINA-SMK yang kabarnya sudah resmi didaftar di DEPKUMHAM RI ini rencana akan resmi diluncurkan Mei 2009 dan kemungkinan dijual pada kisaran Harga 24 Juta, wahhh 😀

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. Jin Galon - 15 November, 2008

Wah.. Bisa lari apa itu mobil pake mesin motor??

2. adetm - 15 November, 2008

segala yg besar dimulai dengan sesuatu yg kecil… mudah2an terus berkembang & didukung dengan rasa bangga oleh rakyat indonesia… amieen….

3. Moel's - 15 November, 2008

Harga 24 juta…
Hmmm….
Boljug masuk dalam daftar nominatif kendaraan pribadi…

4. kuro22id - 15 November, 2008

Bisa donk! Masalahnya naik gunung atau bawa penumpang kira2 4 orang dewasa bisa nggak.

5. Kornet - 15 November, 2008

@Mas Taufik
Ni mobil nenggak apa ya?
Trus brapa ya kira2 top speednya scara cm 250cc tp mobil bingung gw
Garuk2 ketombe

6. giyztar - 15 November, 2008

yang pertama bisa menghargai hasil karya anak negeri..semoga ini baru awal selanjutnya akan ada inovasi yang lebih OK lagi untuk mengembangkan potensi bangsa ini.HARGAI,Support,Berikan kritikan yang membangun itu dulu meskipun ga pingin beli,.apalagi dengan memberdayakan SDM anak SMK lebih oK kan bagaimana efeknya terhadap SDM generasi penerus…
jangan udah ga beli,ga mau beli,ga bisa beli, kritikannya babibu babibu,..ayo dukung potensi anak negeri..

7. Ban_Tubles - 15 November, 2008

Maju terus indonesia, skarang 250 cc tahun depan 2500 CC. klo tanjakan kuat gak ya??? lumayan untuk para wanita. lebih safety ketimbang naik motor.

gusdwi. - 22 May, 2009

wah pendapat sampeyan bener banget. cocok buat cewe2, aman buat nganter anak sekolah ato ngantor, ya apa aja…
mudah2an lancar produknya,…

8. Kornet - 15 November, 2008

Anyway gw dukung ni mobil scara suku cadangnya 100persen lokal. smoga kualitasnya dijaga dan bisa bersaing sama asing (mudah-mudahan)
last… smoga ke depanya bs menciptakan lapangan kerja yg lbh besar

9. Moel's - 15 November, 2008

Amin..
Ayo kita dukung minimal dengan DOA dulu…
iya nggak bro…

10. girifumi - 15 November, 2008

benernya ada lagi yang ingin meniru konsep tata dado..eh,salah tata nano.cuman ya itu..
biasalah orang Indonesia…

11. Jin Galon - 15 November, 2008

Kalo beneran nongol gw kayaknya mao beli… Lumayan harga motor tapi dapet kenyamanan mobil… Dan efisiensi BBM juga kayaknya gak jauh dari motor…

12. Odong2 - 15 November, 2008

Gokil, salutt dah buat putra putri indonesia yang uda bikin ni mobil. . Cintai produk indonesia. Banggalah pada indonesia. . Merdeka.

13. ikhsaint - 15 November, 2008

lah mana pic nya arina smk?? kalau seperti mobil indihe….pasti benar benar micro city car yang penggunaanya di dalam kota kota saja…..kalau untuk luar kota n jalannya nanjak pasti gak disarankan….karena cuma 250cc apalagi yang naik 4 orang dewasa…….
btw inilah bibit yg harus dipupuk untuk masa depan mobil nasional indonesia….jgn kayak mobnas timor atau bimantara dulu……..yang namanya aja lokal…….

14. Mr. Momod - 15 November, 2008

Dukung bangetz !………

Tapi kudu diseriusin, terutama pendanaannya, seperti IPTN, jangan seperti “kancil” pengganti bajaj roda 3 atau motor Garuda jaman baheula.

15. kamenrider - 15 November, 2008

kita dukung dg doa….
semoga mesin motor yg dipakai juga benar2 asli dari indonesia…
pemerintah ayo dukung tapi jgn dikorupsi ya…….
demi kemajuan bangsa ini,klo di indonesia g laku ekspor aja
hidup indonesia…….

16. esemelekete - 15 November, 2008

asal jangan lagi lagi MOCIN nyamar aja… kek yang sudah sudahh.. bikin capek ati…

17. dpouwel - 15 November, 2008

asal jangan mesin tiger aja, ntar LATnya bunyi hehehehehe

18. rayafahreza - 15 November, 2008

mestinya bikin 2 seater aja, kayak Smart yang sukses di eropa dan diikutin dimana-mana termasuk India. kalau 2 seater, masih okelah mesin motor. pengen tahu kayak apa desain bentuknya…

19. Mr. Momod - 15 November, 2008

@18. rayafahreza

Kalo 2 seaters nanti dianggap tidak dukung program Pemda DKI, kan sama aja dengan menentang program 3 in 1 😀

20. rayafahreza - 15 November, 2008

hihihihi iya ya…
siapa tahu bisa nawar supaya jadi 2 in 1 gitu, hehehe…

21. N69 - 16 November, 2008

^kornet
Nenggak arak net..
Wkwkwkwk

22. agungbbs - 16 November, 2008

wah cocok nih masuk ke pasar city mini car…bisa ngurangin macet! 😀

23. gary - 17 November, 2008

Dukung abizzz produk lokal dalam negri….asalkan kualitasnya tetap terjaga…hidup Indonesia!!! 😀

24. Ha Ge - 17 November, 2008

Yo’i saya setuju !!! ayo semoga kedepan bisa lebih meningkat kualitasnya….
Tinggal pemerintah nih kira2 mau gak mendukung !!!

25. mig 29 - 17 November, 2008

hiks hiks
( terharu aku)
ternyata masih ad yang bisa dibanggain, setelah suparjo suprato, sekarang arina smk, moga kedepan lebih maju lagi
maju trus indonesia

26. bennyps - 18 November, 2008

dukung terus produk dalam negeri!!!

27. hermansahtantan - 19 November, 2008

saya dukung….

28. wayang - 21 November, 2008

kmarin pas liat langsung ARINA di Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional X di Semarang meski baru prototipe, tapi sangat mungkin untuk tampil jadi produk jualan berkualitas (hehehe…).
sayang mesin motor masih ngambil merk pabrikan China, motor macam yang ada bak belakangnya itu, soalnya ada gigi mundurnya.
coba untuk mesin juga diproduksi oleh RI sendiri. proposal riset dan perakitannya aja ke juragan kaya anak negeri ini.

d.u.k.u.n.g.

29. azhar - 22 November, 2008

tentu kita dukung,tapi mending mesinx jgn 250 cc,minimal 600 cc kykx (pendapat subjektif) supaya lbh enak jalanx.tp benar jg komentar diatas,sesuatu yg besar diawali dgn yg kecil. jd dukung awal produksi anak bangsa !!!

30. Arief - 23 November, 2008

mesinnya samain kyk smart car buatan perancis…800 cc inline 3 tp bisa ngalahin lamborghini diablo dlm jarak 100 meter

31. nviers - 6 December, 2008

ko g ada picnya?? itu bukannya picnya tata?? gpp mesinnya kecil, sukur2 d bikin model hybrid pake elektrik motor, kan keren
d tunggu aja taun depan gimana, n mang yg mau produksi siapa? unnes jg? y apapun itu, bravo teknologi nasional, moga jaya selalu

32. Ayo Beli - 29 January, 2009

Dukungan tanpa membeli sama aja boong… Ayo beli: ujan batu di negeri sendiri lebih baik dari pada ujan emas di negeri orang… 🙂

33. Bunda Razka - 20 February, 2009

waaah keren deh , dari pada beli mobil second seharga 24jt yang kualitas mesinnya untung – untungan, mending ini deh dapet yang baruuuu. doain ya aku smoga bulan mei uangnya kekumpul. buat ibu rumah tangga yang juga sedang belaja bisnis, aku tertarik karena kalo kemana – mana kan harus ajak anak kasihan kalo naek motor … debu eyy.. balum kalo ujan..

34. Papah Jhordi - 25 March, 2009

Betul kata yg diatas jangan dukung aja beli dong, dari pada kena ujan, becek ngak ada ojek mending beli mobil ARINA lebih aman ngak takut jatoh, keren kan pake mobil ARINA buat jalan dan ngantor,ayooooooooo kita sama2 beli ARINA gue aja udah ngumpulin tu sedikit2 buat beli, itung2 untuk kemajuan bangsa.

35. ida - 26 March, 2009

kalo bisa jangan pake mecin(mesin china) meding mesinya thunder / tiger 🙂 deh, ndi gambare rek??!

36. panggiring - 27 March, 2009

mantrebz,..

ngenteni kapan peluncurane 🙂

37. hagni cahganteng - 3 April, 2009

Gambar arina bisa dilihat di http://www.detikoto.com

38. Microcar to be produced in Indonesia May 2009 - TeakDoor.com - The Thailand Forum - 4 April, 2009

[…] […]

39. adi - 6 April, 2009

wah mantabbb….katanya bisa 1 : 40 bensinnya, paling ancur 1:25 kali ya…ngomong2 kapasitas tangkinya berapa liter yak…bisa pake ac ga? klo di jakarta sih, AC penting berat, klo ga sama aj bodong…panas gila…

wkwkwkwkw….ayo dukung produk anak bangsa,…25 jt sih bisa laku kaya kacang, apalagi klo sistem kredit nya kaya motor..

beeuuuhhh….

40. Ibnu Setiyadi - 10 April, 2009

Mantap Euy……….
Mobil mini berkapasitas 250cc untuk 4 orang.
Tapi………………
Kala Tata Nano 600cc dengan harga 24 jt
Kenapa Arina 250cc juga dengan harga 24 jt?
Wah………….kalo bisa diturunkan lagi tuch harga, biar bisa bersaing dengan Tata Nano
Bagaimana kalo dengan harga 24 jt tapi kapasitas mesin-a dinaikkan lagi?
Hal ini bisa lebih memberikan kepastian pada penumpang-a bila jalan dalam keadaan naik.
Apalagi kontur Semarang adalah pegunungan / perbukitan.
Jadi bisa digunakan mahasiswa Unnes yang kos / kontrak di Sampangan untuk keperluan transportasi ke kampus Unnes.
Maaf, panjang lebar. Tapi itu semua demi kemajuan kita bersama.
Maju terus putra – putri Indonesia.

41. suradi - 27 April, 2009

sukur dech Indonesia ada yang berkiprah untuk maju,
tapi jangan lupa kebijakan lanjut produksi atau tidak masih ada ditangan
pemerintah,
la wong Pemerintah masih ke-enakan menerima fee dari producen mobil negara lain, gimana mau ngebelain produksi dalam negeriii
kreasi anak negeri, kebanggaan negeri sendiri …..
mendingan kan menerima upeti ….. negara producen mobil luar negeri
ia toh

42. joe - 11 May, 2009

kapan ya bisa mulai di beli?

43. oyan - 19 May, 2009

top, ikutan dunk…
yuk jogja mulai yuk

44. madix - 19 May, 2009

ternyata bentuknya masih lebih manis daripada tata nano india, apalagi Tawon & GEA.
lets see:
http://oto.detik.com/readfoto/2009/05/15/134806/1131996/647/2/

45. Mohamad - 24 May, 2009

Oke bener cing! Ane setuju banget klo jadi diproduksi massal…

46. aristo - 27 May, 2009

guru-guru kudu beli arina, ngasih contoh menghargai karya anak bangsa sendiri, lumayan dari pada naik motor kepanasan, tapi pake AC nggak yaa..

47. Adi Nugroho - 28 May, 2009

Dari jaman Kerajaan dulu2 orang indonesia itu gen-nya pinter2.masak bikin mobil aja ndak bisa?pasti bisa!.inget harus pake prinsip kepepet,Kompak,Tekat,Nekat dari seluruh rakyat Indonesia Pasti apapun bisa!.Merdeka aja bisa?,Nah ngisinya ini yang kurang kompak!.Ok bangsaku,”Kamu bisa!”,wong cuma mobil murah aja kok repot?he he he

48. Banyu - 22 June, 2009

Bikin sekalian kalau nyebur air ngk mati,malah bisa berenang he2,
Ayo semangat …semangat…
Semangat mendukung,semangat membeli,
Aku cinta buatan indonesia

49. jafo - 19 July, 2009

“LANJUTKAN….!”

50. ramdani - 25 August, 2009

sebenarnya orang indonesia suka mobil yang bentuknya bagus, body pilih aja ferari mesin pakai 1000 cc aja. arina lumayan bodi dah bagus gak ketinggalan jaman/. lanjukan….

51. adiet - 25 August, 2009

universitas gue tuh yang buat,,,,hehee
sdikit bangga

52. Hendra - 8 September, 2009

Boleh juga tuh… bodo amat ama mesinnya mo pakai mesin china juga gak masalah…. ntar kalo nyusahin tinggal ganti mesin … mo pake mesin yamaha scorpio, mo pake mesin pulsar ato mo pake mesin tiger tinggal pilih sesuai selera ya gak….?

53. nd0n - 4 November, 2009

perkembangan arina sekarg pesat bgt lho…
rncna peluncuran aja msh sktr april – mei 2010,tp klo ente pesen skg tgu antrian buanyak,q dah psen 1 tp dtgnya agustus…
ktanya 200 unit pertama msih pake mesin VIAR, tp gak usah khawatir angka 200 akan cpet nyampe klo msyarakatnya pada ngedukung…
Harga OTRnya 32,5jt…
kpasitas mesin bervariasi 150,200, dan 250 cc…
dan gak ckup itu, nantinya body akan dibikin full carbon fibre,jadi gak usah khawatir kalo buat nanjak,..
enteng coy…
bahkan saat peluncuran,ni mobil akn dibawa touring dari jakarta ke bali…
mslah AC mgkn akan sgera di atasi,smga saja…
dukung aja terus ARINA, dari SDM sampai SDAnya 100% INDONESIA…
yang ada di SMG klo mo lihat perkembangan ARINA silahkan cek aj di DESPERINDAG, ampe sekarang masih di pamerkan…

54. jacky - 24 January, 2010

Gw tunggu dah mobil nasional generasi berikutnya aja deh, bisa nitip spek gak?

Body: 4 penumpang futuristic kayak honda jazz…

Mesin: cukup 300 cc biar irit bbm and pajak, tapi dibuat 6 silinder 24 valve dengan konfugurasi V twin + compression ratio max 9.5:1 aja…

Harga: selama masih dibawah 50 juta ok lah… 🙂

Aku jamin penunggang ninja pun akan meliriknya hehehe…

55. Banyu - 27 March, 2010

@.Mas hendra
bagi2 cerita arinanya dong

56. Miftahgeek - 7 June, 2010

Wah, boleh ditunggu kabar selanjutnya neh..

57. Bohay - 20 August, 2010

Saya sbg anak bangsa sangat mendukung, ayo sang pencipta MobNas maju terus meski dari yg sederhana dulu. AYO Para Mentri/Pejabat/Pemerintah dukung sepenuhnya jika ada anak bangsa yang anda pimpin ini dapat mengangkat nama negri ini jangan korupsi terus….

58. Teguh Wahyudi - 22 September, 2010

Waduh-waduh hebat-hebat!! Alamatnya dimana ya?? Kalau layak untuk pergi ke kantor dan mudik ke Jawa Timur saya insa alloh akan beli tuh….

59. semmy - 4 October, 2010

please dong info dimana kiranya mobil ini dapat dibeli or pesan. dari thn 2008 kok blm ada kbr yang menggembirakan. bagi yang tau info ya

60. Drh.Manaon nasution - 16 November, 2010

PENJUAL MOBIL ( IMPORT ) YANG SEKARANG MISAL : TOYOTA, MERCY, FORD DLL SEMUANYA ADALAH DRAKULA
SEKALI LAGI MAFIA DRAKULA .

TERBUKTI HARGA MOBIL BARU YANG KELASNYA MIRIP PRODUK JAPAN HANYA RP 75 JUTA. BANDINGKAN INNOVA SAMPE 200 JUTA . JELASS MEREKA DRAKULA….!!!!

ENYAH KAU DRAKULA DARI NEGERIKU

61. harry sso - 23 February, 2011

mana neh ampe tahun 2011 belum ada diluncurkan mobilnya……..

62. YuHime - 27 February, 2011

sebarkan mobil nya ke sabang sampe merauke donk
saya niat beli nih
dari pada pakai mobil buatan luar mulu

63. Iwan - 18 March, 2011

knp harga tdk d bandrol d bawan tata nano,,,,
d jamin pasti laris manis kyk kacang goreng,,,
klo harga bs d bawah tata nano,,,
aq pesen satu dech,,,,
krm ja alamat dmn aq bs beli mobil itu,,,

64. yudha - 31 March, 2011

mana ? besok sudah bulan April 2011..hangat-hangat tahi ayam..atau ga ada yang menindaklanjuti? aku tertarik nih.

65. LoeX - 22 May, 2011

MAna produknya nich…daerah Banten blm terjamah coy…ane mau mesen nih walo kredit…boleh ga tapinya????

66. LoeX - 22 May, 2011

Dari 2009 gw dah ngintip2 showroom kali ada ARINA, tapi dua thn ini blm nongol juga di banten.

67. dhimas bagus satrio mudo - 4 June, 2011

mau dong, buat apa ngebut, yg penting jalan standar, lagi pula hemat bbm sekeluarga…..
postingnya lebih detail lagi dong, spesifikasi mesin, terus yg lain2 deh. selengkap mungkin , plisssssssss

68. andhikarentcar - 23 July, 2011

sipp hebat betullll

69. Syahrul Johandi - 16 September, 2011

saya berminat………tolong kasih alamatnya dimana saya bisa membeli mobil ini….yg mesinnya dari sepeda motor honda ya..?

70. krisnawan - 26 September, 2011

saya juga minat pesen dimana?
Email saya ya

71. nuryadin - 23 October, 2011

kredit nya brpa? beli nya brp?

72. samri - 31 December, 2011

mana mobil nya.. saya tunggu,untuk wilayah palembang.. lebih oke klw dp dan angsuran nya ringan.

73. lena - 27 January, 2012

klo mo beli, infonya kemana n no tlpnya brp..???

74. andini - 4 April, 2012

tolong dong dong bagi pihak pengurus ato prudusen mobil arina ,tlg saya kasih infonya,dimana saya bisa beli mobil arina,g pingin banget mau beli ni,tlg info alamat dan dimana saya bisa dapatkan mobil arina………………dah gak sabar ni……………..tlg kasih info ke email saya dong makasih…………..

75. dustin - 20 October, 2012

mana nih kelanjutannya neng arina. konsumen udah pada ngantri loh. pemerintah disuap jepang ya ?

76. megalia - 30 May, 2013

mau mau…………mau beli ah………………..buatan ana negri patut di acungi jempol,,,,,,,,,,jadi g harus kepanasan kalau k kampus

77. rahmad - 2 August, 2013

gimana cara belinya? ane dah searching kemana2 tp gada info validnya……

78. rahmad - 2 August, 2013

gimana neh cara belinya……?

79. arjuna - 20 September, 2013

kemana pesanya?

80. arjuna - 20 September, 2013

harganya jangan lebih dari 25 jutaan
soalnya diluar juga bisa diantaranya
mobil cina 13 jutaan
tatanano 20 jutaan
kalau mau beli kemana
pesannya
aku minat asal sekitar 25 jutaan

81. arjuna - 20 September, 2013

harganya 25 jutaan ya

82. muhammad mustofik - 6 December, 2013

saya mau beli gmn hub. siapa?


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: