jump to navigation

Ati-ati . . . Nggak Pake Spion, Dibui 1 bulan + Didenda 250 Ribu !! 28 May, 2009

Posted by Taufik in Safety Defensive Riding.
Tags:
trackback
30rbsendalspion1

sumber : digital_imbul.com

Selain Kepada penyelenggara Jalan, UU Lalu lintas juga menyorot pengendara sebagai pemakai jalan, salah satunya adalah yang tercatat pada pasal 285 yang berbunyi :

Setiap Orang Yang Mengendarai Sepeda Motor Tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti Spion, Klakson, Lampu Utama, Lampu Rem, Knalpot, Pidana 1 bulan dan denda 250 ribu

wew sadis ya . . . dibui satu bulan !! Spion ini memang sering menjadi barang yang disepelekan biker, 43242dengan anggapan kurang lincah selap-selip lah kalau dikemacetan atau alasan pembenaran semu lainnya yang di desain bisa-bisanya oknum biker.  . . . dan mudah mudahan juga pemakai lampu mika putih? silau banget bro.

sedangkan Pasal 294 Berbunyi :

Setiap Orang yang mengendarai Kendaraan Bermotor berbelok atau berbalik arah tanpa menggunakan lampu penunjuk atau isyarat tangan, pidana satu bulan atau denda 250ribu

hmmm . . . mari kita sama sama berbaik sangka pada pemerintah yang telah menggulirkan regulasi iniuntuk keselamatan kita bersama dengan sama-sama menaatinya . . .

Taufik of BuitenZorg

Advertisements

Comments

1. selaludidepan - 28 May, 2009

Pertamax plus!

2. Andi Rokhman - 28 May, 2009

wih ! sadis . pasti akan mengurangi tingkat kecelakaan nih. untung motorku standart ! 😀 paling ga standarnya cuma shocknya ditinggiin nyesuain tinggi badanku.

3. elsabarto - 28 May, 2009

iya untuk yang mika remnya putih, suka bikin silau pengendara motor dibelakangnya, tolong di balikin ke kondisi semula, berbahaya untukorang lain.

4. SkywaveR - 28 May, 2009

Klo spionnya kecil, kena pidana ng?
😉

5. madix - 28 May, 2009

KELIMAX….lumayan masih dapet poin…hohohoo
SPION juga bagian dari nyawa lho…

6. adicuzzy - 28 May, 2009

Yang jualan mika putih juga dipidana.,
Xixixi.,

7. kilaubiru - 28 May, 2009

1 –> dipaksa 😀
2 –> terpaksa 🙂
3 –> biasa 😉

mudah2an biker Indonesia menjadi terbiasa ber-safety riding bagi dirinya dan orang lain. 8->

8. hafidz - 28 May, 2009

Tapi urusan knalpot rasanya kurang jelas aturannya disini.
Apakah knalpot racing mengganggu keselamatan berkendara?

9. sabdho guparman - 28 May, 2009

nalpot berisik , lampu stop yang silau tuh mas harus jadi prioritas,
ngganggu banget tuh . . . .

keep brotherhood,

salam,

10. madix - 28 May, 2009

knalpot racing kalo yang bermerek dan masih dibatas kewajaran pendengaran gak masuk akal kalo dianggap pelanggaran. suara knalpot juga bisa dijadikan signal bahwa ada kendaraan lain disalah satu sudut jalan dari depan, belakang, kanan maupun kiri kita di jalan. jadi kalopun kita ditilang karena suara knalpot yang emang masih nyaman didengar walaupun suaranya jelas terdengar, itu berarti polisinya lagi laper…

11. 4dw4rds - 28 May, 2009

hayoo.. mo di bui… atau “damai”… xixixixi… ujung2nya…

12. arise - 28 May, 2009

pantesan kemaren di bandung banyak banget razia…

kayanya om paul udah mulai manfaatin UU yg baru nih…

13. Elektra/fauzan - 28 May, 2009

Iya nih.Saya sendiri cuma pasang sebelah.Tpi aman tuh kalau ada razia.Xixixi

14. Mledos - 28 May, 2009

wah…wah bisa2X penjara penuh banget ya….tp harus hrs bener2x dilakukan dengan jujur + Tegas jgn cari2 alasan buat damai.

Keep Brotherhood

15. apdri - 28 May, 2009

Di daerah pelosok/pedalaman, ane lihat bukan hanya spion yang gak ada, tapi plat nomernya juga… 🙂
kayaknya emang gak dipake ke kota tapi buat naik turun gunung, angkut barang hingga kampung terpencil yang jauh …

16. Aku - 28 May, 2009

secara tertulis seh memang bagus, untuk menjaga keselamatan bersama.
tp kenyataannya :
– Tingkat Kesadaran Pengendara (Mobil, Motor) masih dirasa kurang.
– Tingkat Kedisiplinan ?
dan juga Polantas juga di rasa kurang TEGAS…

mudah2an kedepannya lebih baik.

17. ary4_cool - 28 May, 2009

Setuju ! ! ! ! ! !

18. madix - 28 May, 2009

Wahai Pak Polisi…
Kupasang Spionku
Kupasang Helmku
Kupasang Plat Nomorku…
Namun kenapa…?
Kau hentikan laju sepeda motorku
Kau tanyakan spionku yang pecah sebelah
Padahal baru saja jatuh karena jalan yang berlubang…
Kau minta surat-suratku…
Kau sita STNKku
Kau berikan slip merah walaupun ku minta slip biru
Tapi tidakkah Pak Polisi lihat?
Di Jalan Sudirman…
Teman-teman Bapak berseliweran dengan sepeda motor dijalur bebas sepeda motor…
Di Jalan Sudirman…
Teman-teman Bapak meminta fee dari bus-bus yang melewati jalur bebas bus kota…
Tidakkah Pak Polisi malu?
Pada Pak Sudirman yang masih kuat dan tegap hormati gedung-gedung
Tentu saja “TIDAK”
Karena tak ada yang berhak menilang Pak Polisi

19. Cemen_aja - 28 May, 2009

Setuju sama ni peraturan, setuju lg kalo knalpot racing gledek plus mika bening di babat, kalo knalpot racing yg gak berisik boleh lah,
Ini motor berkecepatan suara, suara dah kedengeran , semenit kemudian motor baru keliatan…
Huh benci akyu

20. hafidz - 28 May, 2009

Emang yang paling malesin tuh kalo udah ngeliat motor bebek pake knalpot pipa yang bikin sendiri..
Maunya sok sokan custom padahal ga ada dasar ilmunya,jadilah motor berkecepatan suara

21. Taufik - 28 May, 2009

>madix

ada . . . . profost 😀

22. Aulia Big - 28 May, 2009

Masalahnya …. sulit sekali percaya dengan pemerintah …. cuma manis di lidah doang … coba kalau dipikir .. penerapannya mo kayak gimana coba … la wong polisinya aja kelakuannya udah seenaknya dewe (meskipun tidak semua), mending peraturan juga diikuti dengan “pencucian” para petugasnya

Nah kalo masalah meningkatkan kesadaran para bikers maupun pengendara bermotor lainnya .. saya setuju … kalo bisa dikasih tilang sebesarnya, biar pada sadar semuanya .. mulai dari polisi, sopir angkot and bus sampai ke biker harian seperti kita ini

Mudah-mudahan uu lalu lintas ini bukan menjadi ajang kesempatan bagi para oknum penegak hukum untuk mengeruk keuntungan sepihak

23. ashley - 28 May, 2009

sering liat motor2 pake kenalpot racing jd pengen dech…tpi suaranya gak demen…dri lahir seneng yg lembut2 deh..jd mo penampilan motor kaya apa…tetep knalpot standar hehehehehe…gw setuju yg pake mika bening tapi tetep pake lampu putih tuch norak abis deh…silau men…mending keren…

24. Lord Ubay - 28 May, 2009

spion itu kan salah satu penunjang dalam safty ride, coba aja bayangin orang langsung belok tanpa tahu kondisi belakang dan sekitarnya bisa2 disambar / serempet kendaraan lain.

25. madix - 28 May, 2009

oh profost bisa nilang Pak Polis yah Mas?
hidup Profost!!!! hehehehe

26. Lord Ubay - 28 May, 2009

ane niat mo ganti pake lampu puttih cos lebih terang & menurutku lebih terang, emangnya melanggar ya pake lampu putih?

27. madix - 28 May, 2009

@ Lord Ubay
kalo mau ganti lampu putih sebenarnya gak masalah, memang efeknya lebih terang bagi sang pengendara. namun kebanyakan kasus (khususnya bagi motor yang reflektor lampunya bukan proyektor) sehingga bias cahaya tidak fokus dan dari arah berlawanan bagi motor yang disebelah kanan atau kirinya masih berasa silau. namun bila menggunakan lampu berproyektor yang bisa fokus sehingga terangnya pada titik tertentu saja, masih bisa dimaklumi. cmiiw
yang jelas, jalanan ini bukan hanya milik kita sendiri. okey?
keep brotherhood.

28. Lord Ubay - 28 May, 2009

@ madix
Oke, salam bikers

29. jin_galon - 28 May, 2009

Ada standar spionnya gak mas?? Klo pake spion tapi spionnya variasi yang kagak ada fungsinya ya sami mawon…

30. Taufik - 28 May, 2009

@jinGalon

sejauh ini deliknya belum saya perdalam mas . . . spion yang kayak apa . . . tapi yang pasti kalo spionnya nggak bisa buat ngeliat kendaraan dibelakang termasuk dalam kategori “tidak laik jalan” menurut fungsinya cmiiw

31. Taufik - 28 May, 2009

@LordUbay dan madix

pake lampu putih boleh2 aja asal mika lampunya merah
kalo mika lampunya bening maka pake bohlamnya yang dikasih lapisan film merah . . .soale dibenua manapun kalo setop itu warnanya merah

kalo putih . . . artinya . . .apaya? . . . mundur kali yak hi hi hi cmiiw

32. Mr. Momod - 28 May, 2009

@Taufik
untuk Polisi bukan Provost Om, tapi Propam

33. 848 - 28 May, 2009

Paling aturan tersebut : Nguaaaaaap bak genangan air kena panas matahari !

Undang2 tersebut terlalu naif untuk di implementasikan. Udah lah, …

34. Andi Rokhman - 28 May, 2009

@om taufik
mundur juga merah om. . 😀
putih itu lampu yg wajib di sruduk spatbornya. .

35. Taufik - 28 May, 2009

@mr momod . . .

he he he hemakasih dibenerin

@Andi
lha kalo mobil lagi mundur . .yang nyala lampu putih?

36. goupgoup - 28 May, 2009

wahhhh,,,ngeri juga yah,,duitnya lari kemana tuh??katanya kan juga setiap penangkapan polisinya dapet bagian juga,,duh2..

http://goupgoup.wordpress.com/

37. elexyoben - 29 May, 2009

Ada baiknya, ada buruknya. Tapi yang pasti, harus jelas kemana duitnya

FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

38. ajib - 29 May, 2009

Setujuuuuuuuuuuuuuuuuuu !, tinggal ketegasan aparatnya nih, ayo.. bapak bapak ibu ibu petugas lalulintas tolong aku tangkepin yg gak pake spion ma lampu gak standar…(pake irama lagu wali alaahh….).

Kang Taufik numpang copy ya artikel buat kirim email ke tmn-tmn boleh kalo dah ada izin saya copy nih, tapi tetep ditampilkan link-nya

39. hpijogja - 29 May, 2009

Betul semua harus mengikuti aturan demi keselamatan bersama, jangan menyepelekan hal-hal yang kelihatan tidak penting dari warna lampu, knalpot, helm sampai spion harus sesuai undang-undang. Motor tidak perlu ditambah-tambahi dengan apapun yang menjadikan motor membahayakan penguna jalan yang lain, intinya motor harus seperti keluar dari toko.

40. win - 31 May, 2009

saya mendukung peraturan ini bro dengan,,,,,

memakai spion

menghormati pengendara lainnya

dah itu aja

41. erte - 1 June, 2009

kecuali anda mau nyentul,spionnya dicopot dulu 😀

42. Hamonangan Pasaribu - 3 May, 2010

Wartawan Anti Pakai Kaca Spion. .Najis amat pake Spion. .Jelek jelekin motor aja. .


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: