jump to navigation

Indonesia . . . Pusat Riset dan Pengembangan Motor Suzuki 12 November, 2009

Posted by Taufik in Suzuki.
trackback

Sepertinya suntikan 50 juta dolar AS dan rumor 7 Motor Baru Suzuki sudah menemukan penguatan-penguatan Baru. Suzuki Jepang memutuskan mengalihkan Pusat riset dan pengembangan kendaraan Roda Duanya dari Thailand Ke Indonesia. Wah Serius banget niy orang Jepang Pada !! Ini benar-benar merupakan sebuah Berita Heboh !! setelah rumor yamaha akan menjadikan Indonesia menjadi basis pengembangan roda dua dulu yang sampai detik ini belum ada statement resmi dari Yamaha Jepang. Kayaknya tuh orang-orang jepang dah pada melek dari tidurnya bahwa potensi negeri ini masih cukup hebat !!

Jadi apa penyebab keputusan ini? menurut Kompas ada 3 alasan keputusan ini yaitu :

Indonesia memilik potensi pasar motor jauh lebih besar ketimbang Thailand. Kedua, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia mempermudah pemenuhan bahan baku untuk produksi. Terakhir, luasnya area daratan memperbesar potensi pasar motor nasional yang ada, dan masih banyak yang belum tersentuh.

Selain itu tuntutan terhadap kecepatan respons pasar dan efesiensi juga menjadi alasan lainnya. Wah kebayang deh akan ada perubahan besar dari Wajah Suzuki di tahun-tahun ke depan. Dahulu saya perna membuat postinga yang mengetengahkan sedikit sentilan kepada para ATPM agar membangun fasilitas RnD nya di sini. Mungkin salah satu yang membacanya adalah Suzuki ini ye he he he he (masa’ Iya sih? ..ragu mode) disana saya sempat tulis :

Krisis Golbal yang melanda dunia, secara kasat mata seakan nggak ‘ngaruh’ bagi perkembangan Penjualan dan konsumsi otomotif khususnya R2 di Indonesia. Motor Jenis baru apa saja Pasti menjadi perhatian. Contoh terdekat adalah peluncuran 3 varian Minerva 250R, yang walaupun merupakan produk alternatif, tetep aja butuh pengorbanan lumayan besar untuk mendapatkannya (25-28 jt broo !! ). Apalagi bila melihat Menggeliatnya persaingan di segmen skutik yang ditandai makin berenerginya AHM menghadirkan motor skiutik baru untuk bisa bersaing sejajar dengan sang Fenomenal . . . Mio. Atau tetap tingginya penjualan motor tiap bulannya dan dibumbui oleh aksi saling kejar-kejaran antara Yamaha dan Honda dalam jumlah penjualan unitnya setiap bulan. Semua itu sudah cukup untuk memperkuat Pendapatbahwa  Krisis Global . . . nggak (begitu) ngaruh pada bisnis R2 di Indonesia

Akan kah muncul varian-varian mengejutkan seperti GSR 250, GSX R250, DR 150 dll . . . we will see . . . demikian sekilas info :mrgreen:

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. Edenrondona - 12 November, 2009

Pondium dulu baca bentar yg penting dapat pondium dulu 😆

2. Elektra - 12 November, 2009

Kalau memang begitu bkalan rame nich perkembangan r2 dimari

yoga ginting - 19 March, 2010

PASTI RAME

3. Edenrondona - 12 November, 2009

sif pisan jika benar

4. sampah - 12 November, 2009

GO SUZUKI GO ! ga nyesel pake satria fu.. kalo ada produk gress suzuki taun depan, apalagi yg full fairing (asal bentuknya n mesinnya yg proposional).. pasti gw boyong..

5. Taufik - 12 November, 2009

@Eden
thks for the info 🙂

@Elektra
sepertinya iya . . .tambah macetkah jalanan? 😀

6. komodo goreng - 12 November, 2009

Ntar lagi hayabusa dipake ngojek deh…

7. Shark - 12 November, 2009

wah… semoga kabar ini benar mas Taufik…. nanti klo RnD udah ada disini suzuki suruh bikin aja blog motor trus buka trit minta masukan ke para pembaca untuk kasih masukan model apa yang cocok untuk diproduksi dalam waktu dekat… weeesss dijamin maju suzuki….

8. Elektra - 12 November, 2009

@mas opik
biarin mas macet lha transportasi masalnya jga gak mencukupi untung2 cuma motor kalau penjualan mobil 5 jt pertaun kekmana itu bkalah jalan di tempat tuh kendaraan

9. xb - 12 November, 2009

walau pesimis dgn regulasi dan birokrasi disini, saia tetep berharap yg begini terjadi..
transfer teknologi smoga lebih cepat dan lanzar..

10. nimorate - 12 November, 2009

menunggu realisasinya aja, klo bener mudah2an yg lain bisa ngikutin.
skalian lah idupin motor nasional yg bener.

11. Ayah Satria - 12 November, 2009

hehehehe…bagus juga buat nambah2 devisa negara.

12. Onthel - 12 November, 2009

kalo bener terjadi, garputala bakal gw tuker deh sama lambang S,
kecuali kalo garputala jg boyongan kesini

13. mario_maju_jaya - 12 November, 2009

ikut absen aj kang taufik

14. elsabarto - 12 November, 2009

klo menurut aku yo, R2 di Indonesia itu lbh dari kebutuhan sbg alat transportasi, lebih cenderung ke life style, buktinya orang yg sdh ke bli R4 masih aja bli R2 walaupun cuma sebatas hobi & koleksi
berarti pasaryg tercipta gede & gak segmented, otomatis investor masuk untuk ambil potensi pasar yg ada
ada gula ada semut, ada ug ada warung jomblo ❓ ❓ ❓ 😆

15. yahonsuwakanja - 12 November, 2009

@All..…
Mudah2-an terealisasi…
Yg punya klasifikasi kemampuan ini bisa kirim lowongan ke kantor pusat di Jln MT Haryono , Jakarta.
1. Design Body
2. Design Gearbox
3. Design Chassis
4. Wire Harness
5. Product Manufacturing
6. Product Trial
7. Gearbox Manufacturing.
8. Maintenance
9. Design Machine
10. Machine Manufacturing
11. Workshop
12. Plant Control Engeenering
13. Quality
14. Procurement
15. R & D
16. Accounting & Administration
17. Team Trial
18. Vehicle Management
19. Marketing
20. Financial
21. Law
22. HRD
23. IT

ayo kapan dibuka lowongan kerja-nya..

16. Ayah satria - 12 November, 2009

hehehehe….ayo siapa cepat dia dapat…..

17. Evan - 12 November, 2009

Ya, mudah2an yg keluar nggak cuma bebek terus 🙂

18. indra - 12 November, 2009

om yahon HRD ny suzuki ya?? hehe…

19. madix - 12 November, 2009

@yahon
kapan dibuka tuh?beneran nih?
aku bener2 butuh kerjaan tetap soalnya….
mohon infonya ya mas

20. cOcO - 12 November, 2009

Neo shogun akan bangkit…

21. Edenrondona - 12 November, 2009

@Same2 kang…!!!!! Ya suzuki mesti tau diri masa penjualan meledug di indonesia masa inovasi di thailan kan aneh tu. Honda yamaha mesti ngikut dong…..?????? Kang taufik motor yamaha yg baru namanya viper

22. sholihin - 12 November, 2009

Wake up suzuki…

23. yahonsuwakanja - 12 November, 2009

@Bro semua….

Wah…Motor Sport terbaru Yamaha nanti namanya “VIPER” bukan Byson/FZ
Nama ini muncul dan sy lihat pertama kali di PRJ Kemayoran thn 2006

peace all

24. JokyPro - 12 November, 2009

Memang bagus kalo indonesia jadi R & D suzuki,atau bahkan yamaha,honda,dll.. tp kita juga harus tetap melihat,kenapa harus dari luar negri yg punya nama n mengambil untung ? Di sini apa negri ini dan secara khusus pemerintah buta,bahwa negri kita punya potensi besar di bidang otomotif khususnya R2 ??
Sekarang cobalah berfikir mulai kapan kita bisa menjadi R & D di “rumah sendiri” ?
Kita pun saat ini sudah punya Putra2 bangsa yg memiliki kemampuan dalam menciptakan sebuah motor,meskipun “belum” sebaik luar negri.cmiiw

coba yang mampir di warung ini jadi karyawan perusahaan motor Indonesia ?pasti bakal tercipta motor yang TOP..

25. ashley - 12 November, 2009

yahooon…
jangan nebar gosip dweh klo ad alowongan…..gw mauuu dooonk….wlau jadi staff doank…..gw pengen nyemplung ke dunia R2…boseeen neh di dunia event mulu….

26. ashley - 12 November, 2009

jokypro.
nah kalo dah nyebur ke RI semua RND atpm..tinggal alih tehnology..punya deh kita perusahaan aseli RI yg gak kalah kualitas nya ama 4 jepun tersebut….

27. mario_maju_jaya - 12 November, 2009

@ yahon
viper?? mudah2an aj ganti itu keliatannya lbh keren
msh ada waktu setengah tahun buat ngerubah nama kan..
ups keceplosan hehehe

28. atlet - 12 November, 2009

diam2 suzuki menyimak perbincangan blogger & komentator bahwa kontributor penjualan terbesar hrs dperhatikan.
Suzuki dgn brilian mengambil kesempatan sbg firstmover. Smoga efek first mover advantage membuat suzuki berjaya lagi.

29. nick69 - 12 November, 2009

Bagusan viper donk drpd byson
:mrgreen:

@mario maju mundur
Itu blognya knapa dikasi verifikasi sgala?

30. blackie - 12 November, 2009

yang foto motor diatas tuh suzuki apa yach?? GSX 250 edisi baru??

31. N-745 - 12 November, 2009

wow suatu robosan besar buat suzuki ,,, suzuki go n sucses always

32. JokyPro - 12 November, 2009

@ashley
mudah2n sich gitu..
Maju terus deh,R2 di Indonesia..

Supaya Neo Tech w bisa ada yg nemenin,ko ga nyambung ya ?????????

33. imyut yang dulunya cabe merah - 12 November, 2009

@yahon mau…mau… workshop bikin jig ama tool kale ya? viper bukannya buat vixi…

34. Rase - 12 November, 2009

@ 15 yahon… hm… factory manager emang moi.. hapal semua bagian…

35. Lilypud_sedang.sakit - 12 November, 2009

tren nick status.hkhkh :p . .hemm menarik :mrgreen:

36. Imyut sekarang lagi lucu2nya - 12 November, 2009

@lilypud
Lah kan dikau yg menyebarkan viruzz…nya.

37. Lekdjie,dab! - 13 November, 2009

Suzuki benar2 mengejutkan klo mereborn rc100 ato ts125…

😀 😀 😀

Nyebar hoax lagi deh..hi3x..

Wah ada joki glpro laennya to…salam om,dari saya! 😀

38. madix - 13 November, 2009

@lilypud
wah kbanyakan mikirin pacar tuh jadi sakit….

gs250 brarti bisa tuker tambah sama gs1300 donk. hihihi

39. yahonsuwakanja - 13 November, 2009

@Ashley..JokyPro..Imyut
Bukan nebar gosip ,..kira2 itulah divisi yg diperlukan untuk R&D…seandainya SMI merealisasikan rencanannya.

@Lekdjie…Jokypro…
Dab….
aye jg punya tu CRF jadi2-an…mesin Neotech…buat ltihan garuk2-an…hihihihihihi….

@Imyut…
thn 2006 yg aye lihat mmng Viper…wkt itu disandingkan sm motor Rossi , tp yg muncul akhirnya Vixion…sekarang nama VIPER mau dipakai bat FZ16….

peace

40. mario_maju_jaya - 13 November, 2009

@ nick 69
verivikasi bagi yang belum member kalo sudah member& dan 3 kali kasih coment…maka bisa langsung coment! bwt menghindari tangan2 yg tidak bertanggung jawab saja hehehehe

41. LAE TOGAR ANAK MEDAN - 13 November, 2009

suzuki mulai menebar aroma ancaman terhadap kompetitornya. xixixi…..

42. tije - 13 November, 2009

mantaps.. hoiii para punggawa suzuki indonesia, kontrak aja para blogger kita (mas taufik, mas tri dll) sbg konsultan design/spek, pasti hasilnya memuaskan hahaha

43. diviarsa - 13 November, 2009

yang pindah dimari… cuman proyek RnD nya atawa plus orang2 dibelakang layar jg nih???
kalo skalian bedol bagian… yah sami mawon… gak bakal ada tuh lowongan yang disebutin bro yahon..

mg2 aja ntar bisa transfer ilmu ke indonesia…
tapi kliatannya sih… inti dari RnD nya susah keluar deh…

44. fans_ayanami - 13 November, 2009

Bagus deh…. Setidaknya mebuka “lahan pekerjaan baru” buat bangsa ini. Setidaknya, Suzuki juga memikirkan masalah “After sales”nya. biar bisa bersaing dengan Yamaha dan Honda.

Syukur2 “Bajaj-Ducati” juga membuka lahan disini. Kan jadi makin enak…heheheheh.. ( Ngarep Pull )

45. Edenrondona - 14 November, 2009

@30 yg nongkrong di atas itu namanya suzuki guntur dengan cc250 😆

46. conykillerz - 25 November, 2009

Maaf no offense …
Kebetulan ane kerja di perusahaan otomotif Jepang
Bullshittt lah klo dibilang Proyek Alih Tehnologi, dari dulu sampe sekarang gak pernah ada kemauan pemerintah dan konsumen dari bangsa kita utk bangga terhadap produk lokal.
Kita selalu mengelu2kan produk terbaru YAMAHA< HONDA<SUZUKI dlll..
Mo tau berapa sih besarnya saham lokal di Perusahaan SUZUKI< YAMAHA< HONDA ???
Coz semenjak berubahnya kebijakan Investasi saat jaman bu mega. (Investor boleh menanamkan 99% sahamnya di sini membuat kita gak punya power dalam menentukan kebijakan)
gw n kawan2 yg notabene buruh pabrik hanya menjadi mesin cetak, program pengembangan SDM pun mulai dikurangi, semua hal dilakukan berdasar perintah dari pusat, tanpa bisa menolak.

47. agus - 25 November, 2009

saya lg nunggu nunggu banget munculnya GSX 125 neh dah kebelet pengen liat lalu beli

48. bikboyz - 26 November, 2009

CPETAN DI IMPOR KE INDONESIA,,,,GUA MAU BELI MINERVA 250cc……..?

49. afi333k - 28 November, 2009

PAT = Proyek Alih Tempat kaleee….

50. Motor-Motor Eksotik yang ditunggui Penampakannya di tahun 2010 (bag Ke 2) « Taufik & Motorcycle - 25 December, 2009

[…] hati konsumen negeri ini ketimbang Ninja 250R. Ditambahlagi keinginan suzuki Jepang untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat R’N D Suzuki, bisa menjadi alat untuk memuluskan rencana kehadiran Litle B-King ini niy uhhh ngomongnya terlalu […]

51. ahmad - 28 December, 2009

maaf mas taufik , tolong bilangin ke suzuki indonesia kalo buat motor jangan jadul dong modelnya, contoh shogun 125 cc jelek banget , masih oke new shogun 110 cc . terus bebek FU 150 cc dibuat batangan dong pasti laku keras , soale bebek 150 cc kegedean ngeri kalo ngebut gak pakem handlingnya , kebetulan motor ku FU 150 cc wus wus , Vixion lewat

52. pik - 2 February, 2010

gmn sich szki kok g ada gregetnya …. pake mundur dari balap nasional lg…. apa takut yaa… jarang juara….
pa lg tidur ya… pa lagi pusing ya… jualanya jauuh dibanding kompetitor….
produk yang ok cm fu aja, lainya…..weleh-weleh keok abis
ayo dong mana inovasinya……!!!!!!

53. wahyubudisantoso - 25 February, 2010

Kapan munculnya di Jakarta ?

54. Honda - 23 March, 2010

Terbukti, SUZUKI semakin ketinggalan di belakang!

55. Akankah Suzuki Pakai Desain Suzuki Nex Mentah mentah? « TMCBlog – Motorcycle News - 2 April, 2011

[…] benar benar sudah pindah Ke Indonesia. Bro Masih ingatkan, artikel akhir 2009 tmcblog yang berjudul Indonesia . . . Pusat Riset dan Pengembangan Motor Suzuki . . . disana tmcblog menulis “Suzuki Jepang memutuskan mengalihkan Pusat riset dan […]


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: