jump to navigation

Kenapa Ya Banyak Motor di Kota Medan yang cuma menggunakan satu spion? 17 September, 2010

Posted by Taufik in Safety Defensive Riding.
Tags: ,
trackback

Bro sekalian, selain Denpasar, salah satu kota lain yang saya temukan fenomena  spion sebelah adalah Kota Medan.  Bukan hanya Motor orang lain, Honda Absolut Revo dan Yamaha Jupiter MX milik kedua sepupu saya pun menggunakan spion sebelah. Spion hanya di gunakan di sebelah kanan saja . . . sewaktu saya tanya kepada beberapa orang di medan . ..  jawabannya adalah : ” kalau boleh nggak pakai spion pun . . .  mungkin motor ini mayoritas tak berspion” saat kutanya kenapa hanya Kanan saja? , jawabanya adalah ” karena kebanyakan Orang bila mau mendahului dari kanan “

Yah begitulah, bagi sebagian biker spion masih dianggap sesuatu yang mengganggu manuver berkendara, segala alasan pembenaran bertebaran . . . nggak bisa manuver selap selip, takut nyangkut, udah mirip tangan orang berdoa dll.  dengan alasan-alasan tersebutlah, industri spion variasi pun menjamur dengan desain yang mengakomodir keinginan . . .yakni dengn membuat spion dengan desain yang minimalis. Spion setengah sudah barang tentu menhilangkan sebagian kesempatan rider mengobservasi keadaan di sekelilingnya. Spion lebih kecil sudah tentu kurang safety karena memiliki blind spot yang lebih kecil besar. silahkan share komentar bro sekaian, semoga menjadi pembelajaran . . .

Taufik of BuitenZorg

Advertisement

Comments

1. PB - 17 September, 2010

pertamaxx kah?

2. ADI7MCG - 17 September, 2010

5?

3. Maskur® - 17 September, 2010

10 besar maning nang kene

4. P.u.n.i.C - 17 September, 2010

trend setiap daerah berbeda-beda…
🙂

5. Antzevil - 17 September, 2010

ke limaxxx
HAhhaa ane yang di kota malang juga pake cuma 1 Spion kog . Takut nyenggol kalo pake 2

6. kuro22id - 17 September, 2010

Harga sepeda motor disana pasti lbh murah, soalnya di diskon dr harga spion

7. PB - 17 September, 2010

pagi2 dapat pertamaxxx, buat mudik ini………
yang pasang di kiri berarti terbiasa nyalip lewat kirikah?

8. thoms7 - 17 September, 2010

ga usah di medan bro. Di semarang juga banyak kok. Polisinya kurang tegas sih. Tp kayaknya udah mulai main tilang skr jd kedepan mungkin dah 2 spion

9. Maskur® - 17 September, 2010

dulu kalo nggak salah, di daerah BAnyumas juga sempat ngentrend pake spion satu…….

***jangan2 mereka baru terjangkit trend itu sekarang***
😆

juga ada pendapat karena spion original mahal, jadi lebih baik disimpan, takut kalo jatuh beli lagi mahal.

nah kalo motor mu dijual baru dipasang lagi deh spionnya

10. Antzevil - 17 September, 2010

yah ke 8. Di kota malang juga pada pake 1 spion. Biasa tuh. Tkut nabrak kalo pake 2 spion

11. Maskur® - 17 September, 2010

komentku masuk spam

12. ariawandika - 17 September, 2010

Mau beli 2 duitnya kurang, daripada balik dulu ke rumah jauh, ya usah beli 1 dulu, pas mau beli yang sebelahnya lupa mulu lagi sibuk 😀

13. heri - 17 September, 2010

mending lha di kota ambon banyak yg gak pake spion, mau nyalip harus klakson dulu baru ngeh dia

14. hampura - 17 September, 2010

Perlu edukasi yg sabar dan terus menerus … ego komunitas memang selalu diekspresikan dengan sesuatu yg melawan aturan…contoh :
di Bandung : Kumaha aing
di Medan : Ini Medan Bung !
di Jakarta sebagai kota “nasional” kemungkinan ego itu bisa ditekan karena hidup di tengah pluralisme.
Semoga kita tetap bisa bersatu dan saling menyadari arti kebersamaan dan keselamatan…

15. tono ono - 17 September, 2010

Jaman sy dulu th 90an, anak muda malu pake spion amin2. Desain konvensional, pingin ganti blm ada spion desain keren spt skr. Pilihan plng pas ya, pake sebelah aja.
Helm jaman dulu jg seadanya, yg penting ga ketilang polisi. Jd mkn intinya, kesadaran berkendara aman msh kurang.

16. Cah Nglegok - 17 September, 2010

banyak orang medan yang sakti tuh….

17. roby - 17 September, 2010

Hehehe… :mrgreen:
HSX ane mmng ane psng satu spion mas taufik.
Kt orng medan sih,klw d psng dua2 kyk orng berdoa,kn isin klw d pake dua2 xixixixixi………. :mrgreen:

18. Mercon C niru Mercon A Aja Yaa... - 17 September, 2010

oh gitu toh,,,
BTw, mas taufik… ➡
di medan yang paling banyak motor apaan??

19. Cyber - 17 September, 2010

Mungkin di fikirannya gak keren…
Lagian klo diliat kebanyakan spion ori itu panjangnya lebih dari stang…
Jadi ya ogah klo mo di pasang…
Takut nyangkut+kurang keren…
:mrgreen:

20. eltr/kentung - 17 September, 2010

di lampung pun begitu mas…

21. Cyber - 17 September, 2010

Kena jebakan euy…

22. wayank - 17 September, 2010

apa orang medan belom tau kalo pasang spion new jupie z lebih mantap??

23. ADI7MCG - 17 September, 2010

Spion yg satunya kira2 dtaruh dibwh jok tuh..hehe.

24. bluepio - 17 September, 2010

di jogja sekarang sudah mulai berkurang spion tunggal cos serig ditilang kalo spion cuma 1..

25. Mercon C niru Mercon A Aja Yaa... - 17 September, 2010

kalo menurut saya, lebih enak pake spion keduanya ato nggak sama sekali deh… :mrgreen:
http://otomercon.wordpress.com/2010/09/16/yamaha-umumkan-yzf-r1-tahun-2011/

26. hi hi hi - 17 September, 2010

Spion kiri mudah dibuka tanpa alat, cukup dg tangan. Kemungkinan takut dicuri ato dipasang lagi waktu dijual.

27. Joko - 17 September, 2010

“Spion lebih kecil sudah tentu kurang safety karena memiliki blind spot yang lebih kecil pula.”

Kalau spion kecil bukannya blind spot (bagian yg nggak terlihat)jadi lebih besar?

28. lae togar anak medan - 17 September, 2010

rata2x pakek zpion hanya disebelah kanan zeperti yg bro sampaikan tadi. itu pun keterpaksaan saza dalam arti untuk menghindari tilang dari bapak polisi yang tercinta

yakin deh kalau tak ada tilang dari polizi pazti zemua yg bawa motor tak bakalan pakek zpion.

coz kalau ngak pakek zpion motor kelihatannya lebih gantenk dan lebih oke. xixixi………

btw di medan kalau bilang sepeda motor bukan motor melainkan kereta. jyakakakak…………

29. lae togar anak medan - 17 September, 2010

emanknya kereta api. xixixi……….

30. Spongebob - 17 September, 2010

yang bener spion kecil, blind spot makin besar ….

31. lutuskwaleeee - 17 September, 2010

Kalau anda menemukan spion kiri saja yang dipasang, percayalah yang kanan sudah di embat maling. (ini juga mungkin buat pasang sebuah dikanan dan originalnya disimpen buat nanti kalau dujual!)

32. Taufik - 17 September, 2010

22. Joko
sampeyan betul . . .thks

33. MichaleJickson - 17 September, 2010

Kadang kala Gaya mengalahkan Safety, Adik saya juga begitu mas, Pengen kelihatan gaya gak pake Spion, malahan kedua spionnya di protolin

34. Baskoro - 17 September, 2010

dulu di jogja sebelum tahun 2009, banyak yang pake spion sebelah mas. sekarang dah gak lagi…hehehe, lebih aman pake 2 spion, ya walaupun standar. -spion amin- 😀

35. jabul2 - 17 September, 2010

laporan: sodara saya yang di purwokerto juga cuma masang satu spionnyah, dan pas parkir di mall sana.. ndilalah pada satu juga rata2

36. Setiawan - 17 September, 2010

Betul…. harusnya gunakan 2 spion.. safety first !

http://cbr250r.wordpress.com/2010/09/16/ini-dia-new-scorpio-2010/

37. roby - 17 September, 2010

@28.lae togar
Bner lae d medan blng motor ya kereta,blng motor ya mobil 😀
aneh mmng yah…..!!!

38. Si Bongoks - 17 September, 2010

Emang bro kalo spion bebek mengganggu banget. . .n fungsinya juga kurang max. . .
Coba kalo spionya difairng mtor sport kyak ninja rr. .ga menggangu n berfungsi bnget. . .

39. LIONSTAR - 17 September, 2010

medan mah motor mana ada yg safety… spion cuma 1, itupun dipake trpaksa..malah dipake klo di depan udah ada polisi…
Pake spion lengkap katanya ga gaul..kyk orang berdoa…
stoplamp sering ga dipake.. Stoplamp bikin silau…
Speedometer juga gitu… Klo bisa dilepas, ngapain dipake z.z

Helm walopun udah keluar aturan SNI, tetap aja masi make helm asal2an.. Dan satu yg beda dr medan… Helm paling trkenal itu merknya LTD.. Padahal bntuknya jelek, berat, ga ada standar kemanan, mahal pula lg… selain LTD, dianggap helm jelek.. Nolan sekalipun 😀

Paling merinding klo da d trafic light…
g ada yg mau taat lampu merah..klo ada celah pasti dlanggar… Jd klopun kita dpt jatah lampu hijau, tetap hrus hati2…

Jalan berlawanan arah suatu hal yg biasa d kota medan… dan herannya orang berjalan berlawanan arah itu merasa dirinya benar…

Medan emang tempatnya the real biker 😀

40. Kaizen - 17 September, 2010

absen dulu sekalian comment.

IMHO mungkin sebaiknya sebelum mengendarai motor disarankan belajar mengendarai mobil dimana peran spion sangat vital.

Pengalaman pribadi saya, saya terlebih dahulu mempunyai sim A ketimbang sim C, dan mengakibatkan saya setiap beberapa detik selalu melihat spion kanan dan kiri walau mengendarai motor.

karena sudah menjadi kebiasaan atau habit, bahkan jika mau pinjam motor teman yang ngga ada spionnya malah jadi kagok bawa motornya.

41. satriafu150 - 17 September, 2010

Hehehe sama2 penganut spion kanan…

42. masdiisya - 17 September, 2010

kalo udah kecelakaan baru inget “oh spionnya harus diganti dan dilengkapin nih”…
tapi saya sendiri masih pake yang kanan doang kok! soale yg kiri patah….kalo pake yg standar kurang manis rasanya. sebebarnya mau beli yg mirip spion ninja -yg lagi trend- tapi nunggu yg spion kanan rusak dulu hehehehe

43. LIONSTAR - 17 September, 2010

@lae togar

Jadi ingat cerita
”td kutengok ada kereta tabrakan ama motor…bahh tepental2 yang naek kereta itu… Mati la dia… ”

trus tmn gw yg orang jkt dengar blang..
” itu motor sekuat apa ya.. Ampe kereta api bs tpental gitu”
Haha

44. satriafu150 - 17 September, 2010

Kadang banyak loh yang kedua spion di pasang tapi sama aza ga kepakai, mo belok kiri ga sein dulu ataupun ga liat spion kiri dulu untuk memastikan belakangnya, langsung bablas aza.
Kedua spion dipasang cuma untuk menghindari razia.
Kedua spion dipasang tapi yang kiri berfungsi cuma buat ngaca, buat mbetulin bedak de el el.

Walaupun dipasang kanan doank tapi lebih fungsi. Why Not?????

45. lae togar anak medan - 17 September, 2010

43.. bro lionstar

jyakakakak…………. ampun bah ceritanya…

46. Pierre-Irwan - 17 September, 2010

Spion standar memang norak, tapi bisa lihat jelas di belakang. Sedangkan spion aksesoris, model ok, lebih kecil.. tapi untuk gaya doang atau alias FOR COP. Mau nengok ke belakang mana bisa, udah kecil dan burem 😀

47. Alif Fikri - 17 September, 2010

Medan = LTD, Spion sebelah, RX King tanpa lampu belakang, Scorpio ban tipis velg jari2, Lampu merah masih ada tiga detik berarti boleh jalan.. dll.. 🙂

48. saberomi - 17 September, 2010

Iya bro, sy jg kadang suka kesal bila melihat fenomena seperti itu di jalan. Apa mereka tidak berpikir? Karena terdapatnya orang2 seperti merekalah indonesia kita tidak akan maju. Selain itu jg didukung dengan motor murah ber cc kecil, ya banyak terdapat pengguna ‘kelas bawah’ yg mana pola berpikirnya tidak seperti pengguna ‘kelas tengah’ apalagi ‘kelas atas’. Pasar motor indonesia harus dibenahi agar tidak terlalu membebani jalanan di indonesia dan selain itu jg dr segi polusi udara. (Kok jd kemana2 ya hehe)

49. andhi_125 - 17 September, 2010

sebenarnya faktor kebiasaan/habit aja kok…dulu saia juga pake spion kanan aja, dengan berbagai alasan kayak komen2 diatas..sekarang dah pake 2 lengkap…agak kagok juga sebenarnya, biasa cuman ngelirik kanan aja, sekarang ada yang kiri juga, rada bingung..
tapi demi safety, dipaksain aja…soalnya ada yang suka nyalip dari kiri sih, kalo pake kanan doang, gak keliatan..alhasil gabruzzz…serempetan deh…

50. caki art - 17 September, 2010

betul ma comen bro fikri
kebiasaan d medan.
motor Rx king, helm ltd, velg aloy merek tk, lampu belakang ga ada,,
spion ga da,, balapan di tanhandum binjai,, polisinya di bayar skitar 200rb an untuk ijin ngeset,,
hehehe,,
bandel2 anak medan nie,,
ga termasuk gue,
hehehe,,

51. Si Bongoks - 17 September, 2010

Helm ltd kyak apa ya ? Fullface ?

52. Juragan Bebek - 17 September, 2010

Hehehe,,, kadang2 spion juga cuman buat variasi aja, terpasang cuma fungsinya nga ada… Ini mungkin bisa jadi alasan lain… CMIIW…
:mrgreen:

53. Kakang ali - 17 September, 2010

Sudah lihat RX-King di Medan Mas Taufik, lebih keren tuhhh….
Bukan hanya tanpa spion, malah lampu sein depan belakang ditambah lampu stop juga dipretelin 😀

54. Arora - 17 September, 2010

Hehe, spion tuggal emang nge-trend di daerah saya :mrgreen:
Kalo mo mo mengamati mulai dari Bali (seluruh Bali), Banyuwangi, Jember aman2 aja pake spion tunggal, asal jangan yang kecil. Yang saya tau Surabaya harus dua spionnya.

Pernah mudik ama temen, dia pake satu spion kecil. Di Gilimanuk (Bali) kena tilang, terus di Banyuwangi kena tilang lagi. Apesnya dobel :mrgreen:. Saya yg pake spion satu standar (jangan ditiru) aman2 saja, baik dari sisi polisi maupun safety (karena udah biasa kali) 😀

55. uDien D'Kabayan - 17 September, 2010

spion yang terlalu melebar memang agak mengurangi akselerasi terutama ketika macet dan memasuki gang-gang sempit ….

tapi kalo Kabayan mah tetep saja dipasang dua-duanya, rasanya naek motor lebih elegan dengan terpasang spion standar di kanan dan kiriku, selain itu lebih mudah mengeksplor belakang sayah

tapi ya itu dia resikonya, mangkok spion bared-bared karena sering bersentuhan sensasional dengan tembok-tembok gang, atau tos dengan spion mobil …. hehehhe

56. dnugros - 17 September, 2010

di Lombok juga hampir 90% bikers disana hanya pasang spion tunggal ditunggangannya 🙂

57. ardhinugros - 17 September, 2010

Di kampung saya di jawa tengah, waktu SMA saya dulu juga biasa pasang spion kanan aja :mrgreen: Waktu kerja di jakarta bingung kok spion pasang kanan kiri gitu? Tapi ya akhirnya mudeng juga, soalnya banyak motor sruntulan dari kanan kiri.. Lebih safety dan waspada.. Akhirnya terbiasa juga pasang spion kanan kiri 😀

58. sobek3 - 17 September, 2010

Ga ada TMC fans club chapter medan lae?
Lae togar gimana nih.. biar merata seluruh nusantara gt ehehhehe

59. bjl - 17 September, 2010

setuju dengan KAIZEN…
orang yang pernah nyetir mobil insya Allah tahu kesulitan melawan derasnya arus sepeda motor..
jadinya pas naik motor timbul rasa simpati kepada pengendara mobil, betapa susahnya nyari jalur kalau dipotong sana sini… 🙂

60. Care - 17 September, 2010

Untuk mencapai keamann yang max, salah satu usahanya ya hrs pasang spion kiri kanan. Tidak hanya di medan. di padang juga kbanyakan menggunakan 1 spion. trkesan sepele, pt hrs sama2 di robah u kselamatan kt smua….

61. aidil ihsan hasibuan - 17 September, 2010

kok baru tau soal spion, kalau soal spion itu bukan karena manuver lebih enak tetapi karena motor yang memiliki spion 2 buah itu dikatakan kurang gaya atau juga mengurangi desain pada motor tadi, tetapi bagi yang baru tau soal ini mungkin hal ini bisa dikatakan lucu ya, hahaha

62. nhd - 17 September, 2010

Tingkat kesadaran terhadap hukum dan aturan kunci utamanya. Tidak ada alasan logis yang bisa membenarkan pelepasan spion, baik satu, apalagi keduanya.

63. enal ins@ne.. - 17 September, 2010

kata org2 gaul :
adanya peraturan itu untuk dilanggar..
ha3..

dr jaman dlu mpe skrg,
masi keukeuh pake spion tunggal,
hehe

cz pngalaman pribadi,
sring nyenggol truck klo pke spion dobel n standar,
walhasil masi pake spion variasi kotak kecil melebar mpe sekarang,
mlah tmen ane prnah dlu bawa astrea grand jadul, trush salip2 eh g taunya tu spion “kenalan” am motor berseberangan, mpe pecah berantakan tu spion,
haha..

mnurut ane sih emg keren motor tnpa spion,
tp g safety, n psti kena pak pulisi..

wowo hu alam deh..

-ins@ne-

64. enal ins@ne.. - 17 September, 2010

wew..
komen ane g masuk..

65. bobby_kelanarimba - 17 September, 2010

apa bener gak yah……..
Slogan anak Medan tuch……
Ada larangan, justru harus dilanggar….
kalau gak ada larangan, baru gak dilanggar???

66. Gerorogunso - 17 September, 2010

Gak cm spion sbelah aja kang, lah wong pas lampu merah aja dklakson spy jln trus!! Real story nih pngalaman saya bbrapa kali ke medan pk motor tmen buat raun-raun 😀

67. Jupiterzed - 17 September, 2010

DI KOTA PADANG JUGA KEK GITU BRO.. Cuma spion sblah kanan doank.. Malah gk jarang aparat lantas ikutan menggunakan spion kanan doank bro..

68. novi - 17 September, 2010

di daerah bandung juga gitu
tapi kok gue ngeliat malah aneh ya.
tetep motor tuh harus ada spion.
klo o keren ya pasang spion yang keren.
lagian di bawanya juga ga enak.
kan namanya naik motor kita mesti lihat kanan-kiri klo mo pindah jalur.

anehnya lagi kok posisi berdoa jadi tabu ya 😛

69. Bikerz - 17 September, 2010

KEREN BRO…!!!
Anak muda gitu l0ch ^_^

70. impresso - 17 September, 2010

ternyata sebagian besar komengtator di sini kesadaran untuk bersafety ridingnya juga masih kurang ya? padahal dengan 2 spion kan lebih aman…
kalo ada alasan kurang leluasa selap selip di tengah kemacetan atao jalan sempit, keknya gak segitunya ya..buktinya kemarin waktu ane mudik pake motor dengan 2 spion standar Oke2 sj..bisa selap selip juga dengan leluasa…

71. davied - 17 September, 2010

mas yang aku inget klo jaman sma bawa motor pake spion double ke sekolah, orang sana bilangnya “gak maenla”..”kereta bacul”…”kereta berdoa”…jadi asumsi ku dsana pake spion sebelah uda gitu kecil itu dah tpaksa bgt..krn gak bisa dilepas lagi kayak dl 22-nya

72. aa - 17 September, 2010

temen-temen ada yang mau jual spion new jupie z di bandung?…aku lg perlu…mudah-mudahan yg jualnya yg ga bth spion ..spya hrgnya murah :))

73. aa - 17 September, 2010

aa lg butuh spion new jupie z yg original..di bandung ada yg mau jual ? daripd di simpan… =)

74. Lalu cyril - 17 September, 2010

Kbiasaan buruk orang lombok n bandung jg gtu..pdhl hell rider harley amrik aja pake 2 spion..

75. kyoghi - 17 September, 2010

Di jogja tahun 2000an awal juga masih gitu, gw jg dulu penganut paham itu si, cuma skrg uda gak lage, rasanya jadi buta dhe skrg kalo riding gak pake spion ato cuma sebelah. Lagian peraturan polisi disini uda ketat soal ini juga. Di sini biker2nya banyak yg uda pake spion dobel juga, meskipun variasi yg ukurannya kecil.

Mgkn biker2 yg gituan baru melatih kehebatan ilmu merasakan kehadiran seseorang di sekitarnya, seperti di komik kungfu boy, dimana si chinmi bisa tau ada orang di belakang tanpa menoleh. Hebat dhe mereka (biker spion satu) ehehe……

76. dowey - 17 September, 2010

saya pake spion dobel di blitz tua… 😀
gak masalah tuh buat selap selip, di malioboro pas macet libur lebaran kemaren, sante aja… setang masuk semua masuk… 😀 ngebut pula… 😀

kepentok? gak masalah paling spion jadi geser aja tinggal dibenerin lagi… 😀

gak ada nyali tuh yg lepas spion… 😀

77. Adi Nasir Ahmad - 17 September, 2010

spion mah asesoris wajib, kalo dah stock dari pabriknya sebesar/sepanjang itu, pastinya sudah ada hitungan yang memadai untuk pemasangan spion di motornya (ruang observasi yang memadai/optimal bagi sang rider)…kalo diganti sama yang kecil ato sejepret,nggak kebayang ruang observasi yang terbatas…
biarlah dipasang dua2nya kayak orang berdo’a…kalo pun ganti, cari yang sepadan dan mewakili aspek keselamatan/observasi…

78. aidil ihsan hasibuan - 17 September, 2010

di medan kalau untuk peraturan berkendara yang penting motor itu memakai spion mau itu dipasang hanya satu buah atau dipake kedua-duanya, biarpun ketemu sama polisi dengan satu spion saja ga masalah yang penting motor tetap memakai kaca spion, tapi lucu kan bagi yang belum biasa sama hal seperti ini, hahaha

79. Pencari Cinta - 17 September, 2010

Sebenarnya spion kanan n kiri sangat bagus untuk membantu kita dalam berkendara,dan juga bisa mengurangin kecelakaan lalu lintas,jika sayang nyawa,pakelah spion 2 n savety riding

80. embuh sapa - 17 September, 2010

Karena rata2 orang memakai spion itu biar ga ketilang ma polisi bukan untuk safety… kadang spion lengkap aja kalo mo nyalip ato belok suka sruntulan…ga liat spion dulu…

81. nhd - 17 September, 2010

Sifat manusia, suka melanggar aturan. Mungkin kalau aturannya dilarang pakai spion, mereka malah memakai. Nenek moyang kita dulu, Adam, konon diberi aturan oleh Tuhan,jangan makan buah itu, tapi Adam melanggarnya.
Nafsu selalu mengajak untuk menentang rambu dan aturan.
Sama dengan biker yang masih mengedepankan nafsu dibanding akal/otaknya. Kecuali rider sejati. Sejati, emang bikin bangga. Sorry kok jadi ngiklan.

82. Awakku - 17 September, 2010

hggghhhhh… gara2 blind spot, kemaren saat mundur bemper belakang nyenggol tiang reklame… penyok dechhh
😦

83. maxi - 17 September, 2010

@mas taufik: sepertinya oke juga nih blog nya mas taufik dijadikan sarana edukasi. gimana saran yg lain?

84. Jupiterzed - 17 September, 2010

DI PADANG JUGA SPERTI ITU BRO.. Cuma spion kanan doank.., malah gak sedikit APARAT LANTAS yang juga cuma make spion kanan..

85. guardiangold - 17 September, 2010

Jujurnya sih karena banyak juga orang yang rumah nya di gang. Boro-boro pasang spion dua biji (kiri-kanan). Motor masuk ke gang nya aja pas mepet ke setangnya.

86. eddy - 17 September, 2010

mungkin lagi tren 1 spion di sana bro…
hehehehehe

87. agungde13 - 17 September, 2010

buset kalo di jakarta mah kiri kanan salip2an -,-
spion ane ancur gara2 tabrakan trus ane lipet malah ngeri bener2 gk ada mata ke belakang 😦

88. wong ndeso - 18 September, 2010

design spion lebih lebar dari setang itu buat keselamatan kita…
terutama H, pasti lebih lebar dari setang…
biar kalo nyenggol metromini yang kena spionnya dulu…
berabe kalo langsung setang kita yg nyangkut…

89. wong ndeso - 18 September, 2010

dulu sewaktu msh di Jogja… mirror (spion) cuma yang kanan, kalo dipasang 2-2 nya malah dibilang culun, kayak berdoa, dll… tapi semenjak POLRI kampanye 2 spion, helm standard, pastikan bunyi klik, rakyat sudah patuh. sekarang hampir semua motor di Jogja pake spion lengkap, yg spion 1 sekarang dibilang aneh…
kecuali anak2 ABG (SMP SMA) yg lagi nyari jati diri, yg suka corat-coret tembok dengan nama geng nya (misal HR*, GM*, O*st*d, dll) yg masih pada ngeyel ato bahkan g pake spion sama sekali. bebeknya dipasangin tachometer malah iya… ban cungkring, jok dipapas, knalpot dibobok, lampu stop diganti putih, ngrokok, pada nongkrong di jembatan… weleh-weleh… balap liar deh…
untungnya sekarang Polres Sleman tanggap, diuber2 tuh yg pada nongkrong ma balap liar…
saran saya…sadarlah kaum muda…motor kalian yang beliin ortu, rokok kalian juga minta ortu… kalo hasil kerja sendiri okelah mau diapain aja, mau ngrokok silakan (tapi di tempat khusus merokok ya)…

90. wong ndeso - 18 September, 2010

@ 81. nhd
kalo ada larangan pake spion, wah malah pada girang tuh…
xixixi…

91. bejo - 18 September, 2010

mirip aku nih

92. irfan - 18 September, 2010

pake 2 spion mlah bgus,,sefety riding,,kyk q,,
walau dibilang kyak orang berdoa,,,q mlah bersyukur,,berdoa buat yang ngendarai,,
n kalo dikotaku perbedaan mtor kota 5 mtor desa tuh kelengkapan motornya ( spion, lampu dll )

93. Killbill1 - 18 September, 2010

di banjarmasin sudah stereo sejak 2 tahun yang lalu.

94. Satria Ninja - 19 September, 2010

Spion… banyak yg merasa terbebani kalo pake spion, ada yg bilang culun lah, susah selap-selip lah, dan msh banyak lagi alasannya. Saya yakin 90% rider di Indonesia gak mempergunakan spion walau terpasang, sekedar buat hindarin razia aja. Safety riding? Hah, boro2 pada mikirin. Jujur aja saya sering dibuat kesel ama rider yg ‘gak berspion’, krn bawa motor ke kiri-ke kanan dan berhenti mendadak seenak dengkulnya aja, kaga lihat2 dulu dari spion. Apalagi sering ditambah pula gak nyalain sein. Ada lagi yg bawa motor malam hari kaga nyalain lampu dan yg lbh parah lawan arah lagi! Kondisi bermotor di Indonesia emang bener2 udah parah sekali. Makanya berdoalah sebelum jalan biar terhindar dari bahaya akibat ulah2 rider konyol seperti itu.
Kalo saya pribadi sih gak bisa dan gak biasa bawa motor tanpa spion lengkap, karena dari dulu udah terbiasa ‘pake’ spion. Saya jarang noleh ke belakang, dan kalo pun noleh ke belakang itu dikarenakan blind spot. I can’t live without spion, hehehe… 😉

95. sweet ninja - 19 September, 2010

kebanyakan rider tak berspion belok seenaknya.
jalan adalah milik bersama, gunakan spion untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. pakai spion bikin ribet adalah alasan semata……

96. penggemar ninja - 20 September, 2010

di jalan lintas sumatra, lebih parah lagi :

1. ngak pake helm
2. ngak pake baju
3. ngak pake spion
4. ngebut lagi..

padahal tuch jalan yg lewat truk sama bus2 lintas sumatra semua kenceng2…

nyawa kyknya banyak tuch spare nya dirumah..

Piss

97. paijo - 19 April, 2011

nama na medan , kota paling keren nggak katrok kayak kota yg lain terlalu patuh sama peraturan n yg peke satu tu pun cuma orng tua na ajj , ank muda na jarang ad yg pake spion

98. anakmedan - 26 April, 2013

sampai saat ini , pemakaian spion tunggal di daerah medan masi aman” saja. Dalam razia besar”an, polisi tidak mempermasalahkan spion tunggal.


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: