jump to navigation

Sangat Logis Jika Mesin S250 Yamaha ( Yamaha 1WD) Pakai Filosofi Crossplane Crankshaft ! 12 November, 2013

Posted by Taufik in yamaha.
Tags: , , ,
trackback

460x110anop

YamMid1-5

Bro sekalian, pada era 2008-2013 ini dibanding Kawasaki, Suzuki, dan Honda. Yamaha boleh dibilang dateng terakhir di kelas 250 cc sport. Namun nggak menutup kemungkinan  bisa jadi seperti di pilem pilem  . ..  jagoan Dateng Terakhir . . . ha ha ha, maksute opo mas bro ? . . . maksute adalah, terbuka kemungkinan Yamaha Merancang bangun S250 atau yang biasa kita kenal dengan Project Yamaha 1WD dengan berbagai Diferensiasi yang membedakan dengan Produk 250 cc nya kawasaki, Honda Maupun Suzuki . ..  kawak santai dengan Dua silinder 250 cc DOHC, Honda keukeuh dengan 250 cc satu silinder DOHC, Suzuki Pede dengan dua silinder SOHC . . . nah Yamaha Pake apa . . . 1 silinder SOHC ? Bisa Jadi .  . atau bisa jadi juga 2 silinder DOHC akan tetapi berbeda dengan Mesinnya Ninja 250 . . . Yep harus beda, nama Kawasaki jika digabung dengan nama Ninja akan sulit ditekuk kalo desain mesin biasa biasa aja, imho

Banner-Gif-uk460x110-Recove

110 x 460

Maksute 2 silider DOHC dengan desain berbeda adalah  . . . seperti diferensiasi yang dilakukan Yamaha Pada Yamaha MT-07 . . . di Kelas Tersebut . . . Mid-Class, yamaha Hadir belakangan setelah Kawasaki dengan Duasilinder DOHC 650 cc, Honda dengan 2 dilinder DOHC 500cc, dan SUzuki dengan Dua silinder DOHC . . . . ..  Yamaha hadir dengan Kubikasi mesin 690 cc dua silinder DOHC akan tetapi dengan Konfigurasi Crank Shaft yang sedikit beda . . . yamaha Mengklaim Setingan Crankshaft yang menggunakan time yang aneh 270 derajat antara masing masing jeda pembakaran. Sebenarnya sudah lama model dua silinder berfilosifi Crossplane Crank ini ada di Motor yamaha, yakni super Tenere, cmiiw . Nah model Crankshaft aneh menurut Yamaha terisnpirasi dari Filosofi Crossplane Crankshaft ini akan memberikan :

strong feeling of acceleration and great traction, and the deep linear torque ensures outstanding performance.

Jujur tmcblog masih mengunyah ngunyah apa yang menyebabkan besarnya perasaan akselerasi dan Torsi yang linear . . . akan tetapi masalah untuk klaim Great Traction ini masuk akal . . . Pada model ‘Flatplane‘ dua silinder biasa, antara dua Piston perbedaan timing pengapiannya 180 derajat. Pada model ‘flatplane’ ini  terjadi 2 kali proses ekspansi dalam satu siklus kerja, tiap ekspansi 2 piston menendang poros kruk as yang akibatnya  . . . ada terasa getaran yang terjadi selama penyaluran tenaga dan torsi dari poros kruk-as ke roda belakang . . . ini bisa membuat rider nggak bisa merasakan traksi roda belakang, ‘saru’ ama getaran getaran mesin . . . dan dengan mengubah derajat

Gimana? susah Ngunyah ngunyahnya? . . . Yo wes . . . bahasa gampangnya . . . Bisa jadi Yamaha Membuat S250 ( yamaha 1WD) ini menggunakan mesin dua silinder DOHC namun dengan beberapa setingan yang berbeda dengan Ninja 250 sebagai sarana diferensiasi  . . . Yakni model Crakshaft yang berfilosofi ‘CrossPlane Crankshaft’ . . . Sebuah Produk yang mau masuk ke Red Ocean Harus menyodorkan Diferensiasi yang kuat . . . dan Mesin Berfilosofi Cross Plane Crank ini sangat Logis bila di sodorkan Yamaha Indonesia dan Yamaha Corp secara Umum sebagai Peluru andalan untuk Masuk ke Samudra Merah Sport 250 cc yang akan semakin berdarah darah . . . Ini hanya opini tmcblog, silahkan dikomentari . . . dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

appendiks bacaan : ngobrol motor, zulfauzi

 

Advertisements

Comments

1. Ya-Mahhaal - 12 November, 2013

Teeeeest

2. Reza Rider Xeon - 12 November, 2013

Mantab

3. Reza Rider Xeon - 12 November, 2013

Josss dpet pertamaxXx

4. antografull - 12 November, 2013

Wah .mantap juga nih

5. R0ny - 12 November, 2013

Sarapan Lek

6. erik - 12 November, 2013

wah mantap ni..
ditunggu produk yang udah jadinya..

7. biru - 12 November, 2013

ok lah klo bgtu..

8. peyek - 12 November, 2013

kuno tp kalo honda pasti modern 😀

9. Salim - 12 November, 2013

hmmm..menarik, kebayang deh gimana siklusnya 270 derjad itu..memang mengambil nilai tengah antara keuntungan single silinder dengan dua silinder flat plane kang.

10. basri - 12 November, 2013

bagaimana penerapan crossplane crankshaft pada dua silinder?

11. mariman - 12 November, 2013

Bisa jadi pertimbangan itu… Dan semoga menjadi kenyataan… Amin..

12. Ga bsa ngbut - 12 November, 2013

Good morning coyy…

13. peyek - 12 November, 2013

bisa dipastikan 1WD nanti menggunakan 2 mesin bebek crypton yg digabungkan jd satu tp cc dinaikkan 🙂

14. Gondes - 12 November, 2013

Aja kesusu njedule motor iki benbae 10th maning,yamaha yamaha kok arep tuku wae suwe men ora sabar nunggune

15. prand - 12 November, 2013

tetep bingung kang.hahaha

16. "ngelindur" - 12 November, 2013

Ngetes Comment Kang… :mrgreen:

17. vixion250 - 12 November, 2013

juoooss !!

18. set-an - 12 November, 2013

Yo wes lah, ra mudeng babar blast

19. kadalaspal - 12 November, 2013

bahasane rek…

20. RizaNinja13 - 12 November, 2013

Yg jelas suara mesin bakal kasar seperti yamaha YZF-R1 sekarang 2013, tp tenaganya lebih juosss dgn akselerasi yg lebih nendang tapi konsisten…

21. pengamat marketing - 12 November, 2013

Kang Taufik.. Kayaknya klau 2 silinder DOHC harganya bisa lebih mahal dari Ninja 250.. Walaupun sdh diproduksi. Di dalam negri..
Jadi supaya harganya nubruk persis sama (beda < 1 jt) mungkin pakai 2 silinder SOHC..
Imho..

22. joky - 12 November, 2013

ngunyah2 lumayan sarapan gratis tis tiiis….

23. Petter Tesla - 12 November, 2013

Yamaha kelihatannya mempelajari semua kelemahan dan kelebihan motor2 lawan utk meluncurkan produk terbaik mereka…

24. bolang - 12 November, 2013

masih hayalan tingkat tinggi buat fby. kebanyakan printilan2

25. Siddig - 12 November, 2013

:*

26. wtf170 - 12 November, 2013

mudah mudahan sesuai angan angan….kasian yg nunggu kl gak sesuai ekspetasi

27. Jamaah MBLARAH - 12 November, 2013

Deferensiasi??? Mungkin bisa aplikasi mesin 275sese seperti yg udah2 cz gak berani head to head dngan yg laen sese lbih besar biar dibilang lbih kencang,cz keberatan SLOGAN…!!!

28. harry - 12 November, 2013

ralat dikit wak haji., Pada model
‘Flatplane ‘ dua silinder biasa, antara dua Piston
perbedaan timing pengapiannya 360 derajat. Pada
model ‘flatplane’

29. paman sam - 12 November, 2013

masih pd tahap spekulasi mesin aja neh yamaha… Keknya dah bnyak neh yg cpek n puegel nungguin sosok dan jatidirinya 1WD 😀 jgan smpe apa yg diharapkan konsumen n tdak ssuai dgn kenyataannya nanti… Bisa jdi boomerang wat yimm sndiri… yimm kau gantungkan hrapan fb 😀

30. nganjukerz - 12 November, 2013

Perlu di klarifikasi, ini opini atau bocoran kang ? Hahahaha

Monggo di kemah kemah

31. pertamax7.com - 12 November, 2013

wah bisa jadi nih,,,, nilai lebihnya R25 bisa jadi bisa jadi
dohc 2 piston 8 klep namun bertorsi,,wew,,,
http://pertamax7.com/2013/11/12/kawasaki-bajaj-pulsar-200ns-vs-yamaha-new-vixion-vs-bajaj-pulsar-200-ternyata-bajaj-pulsar-200-non-ns-paling-besar/

32. nganjukerz - 12 November, 2013

Perlu di klarifikasi, ini opini atau bocoran kang ? Hahahaha

Monggo di kemah kemah

33. vixion250 - 12 November, 2013

atas ane ipanase

34. fnaufala - 12 November, 2013

wah klo gitu keren donk,

35. FBH muka tembok - 12 November, 2013

Haduh mas topikk……tante22 BHH baru aja pesta kok udah di tammpoolll pake 1WD.kasian mereka kalo ada artikel motor gantengg.mukee merekaa jd berubah kayak syempuakk.hihihihihi.
bikin artikel penjualan matik lg mas.
Hihihihihihih

36. vixion250 - 12 November, 2013

tante tante BeHa makin megap megap dengan cebong syempuaknya

37. FBH muka tembok - 12 November, 2013

Kalo tantee2 BHH ngilerr pgn 2 silinder,beli aja neng perjaa 2 biji terus di lakban jd satu.dpt 300cc lg.hihihihihihi

38. nganjukerz - 12 November, 2013

Sarapan moderasi

39. Taufik - 12 November, 2013

@32. nganjukerz
kalo kode iyah bocoran
kalo crossplane mah sueeerr opini 😀

40. kayla7 - 12 November, 2013

wuih cuanggih tuh dr kaoskaki! pasti podium pertamax dlm penjualan.asal harga murah dr kaoskaki.klo honpret sih kuno dkentutin ae!

41. Taufik - 12 November, 2013

@28. harry
oh gitu ya . . .kamsute sih bukan fkat plane sebenarnya . . . filosopi flatplane . . . kalo 360 derajad . . . silinder kanan dan kiri bareng yaa . . . itu nggak balance banget ya ? imho

42. perantau - 12 November, 2013

wah,, mantap atuh..

43. Taufik - 12 November, 2013

@21. pengamat marketing
bisa jadi bisa nggak
bisa jadi itu karena teknologi bahan dll
bisa nggak karena pertimbangan produksi lokal mas bro, cmiiw

44. pramvoxs - 12 November, 2013

bisa jadi wak haji sudah dapat bocoran..

45. cbsf lemot - 12 November, 2013

Klo dua silender perbedaan sudut pengapian 270 derajat, ngalamat jadi fibrator dong wak? Apa kata FBH? Yamaha niru fitur getarnya Honda…..

46. subaru - 12 November, 2013

suaranya bakaln kayak mesin v twin…
r1 aja ributnya kayak mesin v8 (pengalaman denger di samping pas lamer) :mrgreen:

47. dRed - 12 November, 2013

waduh..ora ngerti euy..ane tau motor cuma nge-gas doang..wkwkwk tp mudah2n yg terbaiklah

48. siti - 12 November, 2013

ribet ngunyah-nguyahnya ….Bang Haji bisa aja nih hehe…

49. byson - 12 November, 2013

Coba V twin aja..Ben sangar suaranya

50. paijo - 12 November, 2013

wah manteb!

51. didiks - 12 November, 2013

harry on November 12, 2013 at 6:41 am
ralat dikit wak haji., Pada model
‘Flatplane ‘ dua silinder biasa, antara dua
Piston
perbedaan timing pengapiannya 360
derajat. Pada
model ‘flatplane’
==============÷÷÷
Bentul kang, untuk model flat, crank pin akan terletak pada sisi yg sama pada kedua silindernya, hanya saja fungsinya beda. Jeda combustion strokenya pada 360 djt.
Sebenarnya si ninja udah bukan flat, tau deh kawak nyebutnya apa, tapi lebih mirip seperti big bang,
Tau lah tabiat si kawak, gak pernah obral omongan apapun meski teknologi mereka berbeda.
Coba deh tengok model xrank shaft si ninin, crank pin ada pada sisi oposite, 180 derajat berseberangan.
Ini akan menghasilkan ledakan dengan jeda 180 derajat, dan dari dua silinder maka titik 0 derjt crank sil 1 on dan 180 drjt sil 2 on, lepas itu si crank hanya berputar sendiri tanpa menhasilkan tenaga hingga 720 drjt selesai dan masuk siklus nya yg baru,
Coba cek sistem big bang, mirip2 lah, hanya saja teknologi temuan om Chia ini lebih terkenal di 4 silinder atau 5 silinder nya nsr 500.
Maaf kang jika salah.

52. Ir1 - 12 November, 2013

Mantapz

53. Penakluk peradaban - 12 November, 2013

Wkwkwk,, bahasanya wak haji tambah nyus maknyus aja,, sampe berdarah darah pula,, tapi masuk akal jg wak, saya sangat setuju dengan pengubahan timing pengapian seperti ini,, motor bisa lebih nyaman juga diajak pelan. Berarti suaranya makin keliatan stereonya,, waah mantap donk.

54. riderextrasss - 12 November, 2013

belum jelas apa itu crossplanecrankshaft,
tp mengapa 2 silinder mahal yak? padahal sebuah motor 150cc aj cmn 17jt, kalo x 2 ya 34 jt…, harusnya motor 2 silinder 300cc tu ya max 34 jt…

55. 0yoo - 12 November, 2013

“iyaa…iya…..! bisa jadii….bisa jadiii……….!

56. Ferboes Richardson - 12 November, 2013
57. Sinbe - 12 November, 2013

Diacyl cylinder dan forged piston sbenernya dah cukup wat diferensiasi, itu 2fitur engine kan udah klop bgd ma yamaha.

58. ryo - 12 November, 2013

susah nelanya ki penjelasan mekanisme kerja crossplane crankshaft. model piston gantian naik turun atau yang bersautan ya bang ?

59. ryo - 12 November, 2013

susah nelanya ki penjelasan mekanisme kerja crossplane crankshaft. model piston gantian naik turun atau yang bersautan hampir bersamaan kanan kiri ya bang ?

60. bitlow - 12 November, 2013
61. gabris - 12 November, 2013

mantab lah klo begitu

62. tukang_gorengan - 12 November, 2013

wak, lain waktu dibahas dong cross plane crankshaft secra detil. tentunya dengan bahasa yang mudah dicerna orang2 awam.

yaa walaupun bukan teknologi baru, tapi buat pasar Indonesia jelas ini sesuatu yang berbeda.

63. karsidi - 12 November, 2013

hahahhaha wak kaji biiisa aja..
ini bukan OPINI tapi sebennarnya kalo menurut saya lebih unofficial info, hasil penerawangan wak kaji.. jadi bisa dibilang sederhanabahwa S250 memakai sistem ini cuman diinfokan dengan gaya opini..
lihat saja sodara sodara nanti pasti bener pake sistem ini tu S250..percaya deh
emang smart informer..
nabok nyileh tangan…

64. orong-orong - 12 November, 2013
65. TeguhJudianto - 12 November, 2013

setau saya kalau pake crossplane crankshaft itu durasinya =plus minus 270 derajat ,maka karakter mesin nya nanti bakal mendekati mesin v twin atau single, torsi padet tenaga padet revving juga ga terlalu tinggi, ga kayak ninja 250 yang harus teriak2 dulu baru kencang, suaranya juga ga bakal kayak ninja 250 yang nadanya tinggi tapi lebih rapet kayak vtwin atau L twin ducati, lihat di youtube yamaha r1 crossplane crank sama misal cbr 1000rr durasi normal, revving nya bakal lebih rendah dari cbr suaranya juga beda banget …

66. r6 - 12 November, 2013

moga paling hot……….

67. In - 12 November, 2013

sebenarnya ini motor buatan jepang apa lokal sih ?

mesin jepang…. pelk, sok depan keluaran lokal

iya..iya… bisa jadi…bisa jadi

68. aghashe - 12 November, 2013

4WD : ke empat roda sebagai penggerak
2WD: cuma 2 Roda ja sebagai penggerak
1WD: LOL ??

69. Dide Irvin - 12 November, 2013

cari di wiki ketemu ini , 270 degree = inline2 Bigbang??
http://en.wikipedia.org/wiki/Big-bang_firing_order

yg mempelopori pengapian 270 derajat inline itu Yamaha TRX850 tahun 1995
http://en.wikipedia.org/wiki/Yamaha_TRX850

70. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 12 November, 2013

pastinya deltabox cirikhas Yamaha, kalo beneran begitu di IRS 250 nanti pasti makin seru.

71. Penakluk peradaban - 12 November, 2013

@teguhjudianto
rewing itu maksudnya apa ya mas bro ?

72. menyusurijalan - 12 November, 2013
73. NeViL - 12 November, 2013

di tunggu kehadiran nya

74. Ali Ismail - 12 November, 2013

Koreksi wak, CrossPlane Crankshaft di dua silinder sama aja dengan flatplane. Pasti 180 derajat antara crank pin.

Baru bisa di sebut CrossPlane Crankshaft di 3,4,5,6,8,12 dst silinder .

Piye tho wak aji? Binun sendiri?

75. dugul - 12 November, 2013
76. eka - 12 November, 2013

Pak Taufik ini hanya opini gila saya saja sih, apa mungkin ya diferensiasi kelas 250cc sesama pabrikan Jepang tujuannya untuk tidak menjatuhkan / mengusik pasar sesama pabrikan Jepang. Artinya mereka boleh bersaing tapi jangan sampe salah satunya ada yang rugi / tidak untung karena ini akan berdampak ke negara mereka juga. Mungkin tujuan lainnya yaitu untuk membendung pabrikan non Jepang, jadi kue segmen 200-250cc tetep pabrikan Jepang yang makan walau sama-sama bersaing (bagi-bagi kue) hehehe………

77. irwin - 12 November, 2013

mesinnya side cam chain???

78. TheKooster - 12 November, 2013

teknologi pesawat melintang (bahasa inggris ga lulus coba2 keminggris) hehehe

nitip lapak pak haji

http://calegbersih.com

79. tukang komen - 12 November, 2013

apa pun lah, yg penting lebih keren & lebih kenceng dari ninja

80. Jos_gan - 12 November, 2013

Manjlep nih kalau itu beneran diterapakan joss kotos 😀

81. pembaca - 12 November, 2013

trus akhir november ini kang Topik yakin gak, bakal nongol di Tokyo Motor Show??

82. ᅫᅫᅫᅫᅫTORRESᅫᅫᅫᅫᅫ - 12 November, 2013

Wahhh penumatic juga qiqiqiqiqi
banter2….
Meud siang bro

83. HirRo - 12 November, 2013

Mas Taufik, klo yamaha pake teknologi motogp macem nvl ajh udh beda dari kompetitor’n??

84. Ferboes Richardson - 12 November, 2013
85. Taufik - 12 November, 2013

@81. pembaca
walau nggak ada di list bocoran, saya yakin di kasih lihat di tokyo

@83. HirRo
yap beda sih, beda bahannya minimal . .. forged piston diasil cyln

@76. eka
bisa jadi , tapi buat apa begitu . . . wong kawak aja disini masukin P200NS buat nabokin 150 jepangers soal value menggunakan ntangan orang lain . . . buat apa berbaik baik hati istilah kasarnya

@74. Ali Ismail
yap bro betul sendii . . . makanya saya dari awal nggak nulis itu dua silinder crossplane . . . dan yamaha Eropa juga nggak nyebut MT-07 sebagai dua silinder cross plane . . . CATET

mereka sebut dua silinder dengan FILOSOPI CROSSPLANE CRANK SHAFT

Penambahan Kata Fisolofi oleh Yamaha Jepang itu bermakna banget, dan menurut saya bukan diartikan mesin MT-07 itu menganut Crossplane… tapi filosofinya yang dipakai, imho, cmiiw

@71. Penakluk peradaban
Reving . . . teriakan, kitiran mesin mas bro, cmiiw

86. monkeymoto - 12 November, 2013
87. betha - 12 November, 2013

270deg ??
mungkin mirip setingan mesin V twin, artinya setingan v-twin pada multi silinder segaris.
paling suaranya doang yang sama, tenaga malah lebih ngedrop karena lebih banyak getaran. (IMO)

88. orong-orong - 12 November, 2013
89. ZHOEXYNO - 12 November, 2013

kira kira desain 250 cc high….dari segi ..biaya mesin terkini…2 silindr pasti kos mahal….dan dengan desain mesin seperti kawasaki….tahun 90 an pasti yamaha tidak mau SERTA DENGAN MESIN 1 SILINDER MESIN TERKINI DOHC….LEBIH RINGAN BIAYA DAN HARGA SELEVEL CBR ITU LOGIS……TAPI KALAU DOHC 2 SILINDER….MODEL TERKINI PASTI HARGA JUAL …BISA…65—70 JT…DGN KURS RUPIAN 10-11 RB……INI MASALAH KOS….MAKA JANGAN LAH TERLALU MENGHARAP NBANGET…DEH….KALAU KAWASAKI…BISA KARENA DENGAN MESIN 90 AN DI BUNGKUS MODEL….TERKINI….PASTI YAMAHA OGAH…MAUNYA YAMAHA MESIN TERKINI 2013…KEDEPAN

90. TeguhJudianto - 12 November, 2013

v twin mah 360 orang pin crank nya cuma 1

91. TeguhJudianto - 12 November, 2013

@71.. revving itu peak rpm alias rpm puncak masbro

92. NuKasev - 12 November, 2013

Jadi suara knalpotnya ntar gimana Kang Haji? si Ninin kan sekarang mirip angkot isi bensin+air, brebet brebet gitu

93. TeguhJudianto - 12 November, 2013

kayak xt1200z kayaknya, coba buka di yutub

94. topan - 12 November, 2013

masuk akal wa…
mudah3an bisa uirite poul

95. marci - 12 November, 2013

crossplane pada mesin 2 silinder.
dimana cross nya kang..???

96. Taufik - 12 November, 2013

@95. marci
ane gak bilang 2 silinder crossplane
tapi berfilosofi crossplane 😀

97. Dide Irvin - 12 November, 2013

mungkin yg lebih tepat disebut crossplane itu kalo mesin pake 4 silinder jadi saat dilihat dari samping seperti membentuk tanda salib atau +

makanya di mesin 3 silinder MT-09 disebut FILOSOPI CROSSPLANE karena memang konvigurasinya nyomot dari Crosplane4 yg dikurangi 1

begitu juga 2 silinder di MT-07 itu konvigurasinya nyomot dari Crosplane4 yg dikurangi 2 jadi kalo dari samping membentuk huruf L 90 derajat

270 derajat = dengan 90 derajat jadi soundnya sama dengan Ducati

98. Dide Irvin - 12 November, 2013

nih sound Yamaha TRX850

99. dave - 12 November, 2013

lalu nilai nya plus nya itu dmn ya mas? masi belom mudeng,,
jadi lebih kencang kah? lebih ngebut? torsi badak?
power di rpm yg lebih tinggi? lebih irit? getaran di minimalisir?
atw apa gt? guna nya filosofi crossplane crankshaft itu apa?

100. Taufik - 12 November, 2013

@99. dave
saya belum nyoba secara empirik, namun yamaha klaim torsinya bisa keluar lebih linear, cmiiw

101. Penakluk peradaban - 12 November, 2013

Berarti kalo revingnya ga terlalu tinggi jadi mirip mesin overstruk donk, kecepatan maksimumnya jg ga setinggi ninja,, waaaahh jangan donk,, ,,

102. Abu Naufal - 12 November, 2013

dateng
terakhir di kelas 250 cc sport. Namun
nggak menutup kemungkinan bisa
jadi seperti di pilem pilem . .. jagoan
Dateng Terakhir . . . ha ha ha,
=============================
Hahahahahaha…
Bukan jagoan kali wak haji, tp polisi difilm india

103. cheetah250hp - 12 November, 2013

artikel seperti ini yg paling saya suka, baca lama2 jadi gak bosenin, banyak ilmu baru yg bisa didapat, lebih banyak tukar pikiran pengetahuan masing2 daripada gontok2an kuat2an…
jadi keliatan toh, yg suka gontok2an lebih banyak diam kalo diajak ngomong teknologinya…
jadi ketahuan toh siapa dan dimana posisi mereka sebenernya…
cmiiiw

104. Penakluk peradaban - 12 November, 2013

Mudah2 YIMM mengakali rendahnya RPM maximum dengan memperpendek struk mesinnya, biar tetap dapat kecepatan maximum yg tinggi,, ,,

105. bast.bastian - 12 November, 2013

CMIIW
dgn asumsi CC sama & bore x stroke sama:

1 silinder:
+ Torsi mantap, Bobot ringan
– Hp kurang kuat, getaran kuat, rpm kurang menjangkau atas
> biasa digunakan pd motor Trail

2 silinder sejajar (180*):
+ rpm tinggi, hp bisa lebih tinggi, getaran ringan
– bobot lebih, torsi berkurang
> umum digunakan motor harian (nyaman) & racing

V twin (90*):
+ torsi diatas 2 silinder sejajar-dibawah 1 silinder, rpm bisa terkail lbh tinggi dari 1 silinder
– bobot mesin paling berat (2 blok silinder terpisah-V), rpm tdk setinggi 2 silinder sejajar, getaran lebih kuat dari 2 silinder tp tdk sekuat 1 silinder
> berkarater kuat utk motor harian (harley, ducati, dsb), utk racing selalu CC nya lbh gede dgn power yg sama

2 silinder crossplan:
memadukan karakter 2 silinder sejajar, dgn mensimulasi konvigurasi v-twin disisi kelebihannya..
> inisiatif yamaha cukup cerdas

106. Celetuk - 12 November, 2013

Honda Bukan keukeuh dengan satu silinder DOHC, tapi dia juga akan mengeluarkan versi dua silinder nya, tapi sedang menunggu Jagoan YAMAHA keluar, karena mereka tahu hanya Yamaha musuh yang dia TAKUTI hehehe pisss

107. Praja menjadi Provost - 12 November, 2013

mantap kalo begitu kang, mudahan ada budget yang pas dan gak “mahal” dibanding 250cc tetangga, tp harus diliat utk penggunaan sehari-hari karena buat saya motor harus dipakai bukan untuk disimpan.

108. frontdiskbrake - 12 November, 2013

laamaa bgt nongolnya. Aq aja yg gk mau beli rasanya terlalu lama menunggu, apalagi yg pengin beli

109. rone - 12 November, 2013

wah mesti buka buku kinematics and dynamics lagi nih kayaknya.. hehehe

110. cheetah250hp - 12 November, 2013

yg full fairing dohc dual cylinder inline 10 klep
wow
yg naked sohc single cylinder sohc torsi badak
wow juga

111. tomcat - 12 November, 2013

kalo beneran manthafh nih

112. Sanghyangasmara - 12 November, 2013

Suwe e wulan Februari… Suweeeee! Hehe…

*wjib Premium & Value… Mahal iku relatif.
Ben 2014 akeh sing munggah kls, nambah lg 1/4L ny jg blh… Stop pamerin Crypton purba & Operstrok Ngeden!

113. Dide Irvin - 12 November, 2013

harusnya sih R250 nanti memang pake crank 270 derajat karena sound pasti beda dari Ninja

jangan sampe pas lagi make R250 eh dikatain orang suaranya mirip Ninja

bukannya sound Ninja jelek sih, tapi suara mesin 2silinder 180 sudah dikenal cirikhas Ninja250 mau gak mau R250 harus punya cirikhas sendiri jadi orang bisa membedakan mana sound Ninja 240 dan mana sound Yamaha R250

di market juga gak terlalu bentrok yg suka karakter mesin inline2 180 derajat ya beli Ninja yg suka karakter mesin inline2 270 derajat ya beli Yamaha R250

114. walang kocomoto - 12 November, 2013

FBY gaya thok

115. penggemar motor - 12 November, 2013

ngga ada yg ngalahin suara motor 4 silinder, ayo kawasaki keluarin balius 250 hehehe

116. penggemar motor - 12 November, 2013

yamaha ayo cepet kuluarin motor 250 cc nya, kalo kelamaan nanti semua orang yang punya duit and pengen beli motor semprot udh pada beli ninja 250 cc, tinggal org yg pengen beli tapi ga punya duit, ya cape deh, pengen nya doang tapi ga beli beli

117. penggemar motor - 12 November, 2013

toko ane kebeneran terletak depan nya toko variasi khusus ninja, tadinya banyak banget n250 dengan pelat putih saban hari nongkrong di toko variasi tsb, belakangan malah udah sepi nih, jgn jgn ya itu tadi semua orang yang punya duit dan pengen beli ninja udh beli skrg jadi melempem

118. Huda Tiyan - 12 November, 2013

keren wak infone, patut ditunggu ne mongstor

119. tukidjan - 13 November, 2013

Dgn 270 drajat crossplane crank pada mesin inline twin, suara mesin yg dihasilkan di knalpot, jadi seperti suara V Twin engine 90 drajat.

Mirip dengan suara ducati.

120. andri - 14 November, 2013

permisi untuk mas taufik dan agan2 smua ,saya hanya seorg silent rider di blog roda dua,saya mw crita sdkit kmarin hr selasa 12/11/13, ,saya dapet kbr dari adik saya yg bekerja di yimm pulo gdung posisi body assy di line A, ,waktu saya jmput dia pulang kerja di jalan dia crita katanya hr ini ada motor sport baru ada 2 unit , ,saya tanya 2pk ,dia jawab bukan tapi 1wd , ,saya sampai kaget . .saya tanya lg tau dr mana itu 1wd,dia bilang forman nya ny ngmong , ,dia juga bilang yg 1 warna hitam dan yg 1 lg warna merah , , saya minta dia foto tapi dia bilang pasti kena pecat kalo fto di dalam lingkungan kerja , ,saya tanya apa pakai swing arm banana dia tp tidak tau yg mana itu swing arm tapi saya sudah jelaskan jadi hr ini dia mau lihat scra dtil mulai dr swing arm ,shock dpan ,n sasin pesanan saya ,yang jelas dia bilang body mirip ninja 250 tp agak sdkit lbih kcil dari ninja . ,dan lampu ny kaya mata burung , ,skian dlu dr saya saya berani jamin yg di katakan adik saya itu ,karna dia dengan yakin bilang kode mtor itu adalah 1wd . makasih


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: