jump to navigation

Desain Girbox Yamaha Tmax itu Mirip mirip Desain Girbox Bebek Matik 29 December, 2013

Posted by Taufik in Ngoprek motor, yamaha.
Tags: , , , ,
trackback

26Juli_banner

test_tmax

Bro sekalian, ini adalah artikel kedua dari seri Yamaha T-max . . . Tmax itu memang skutik (maxiscooter) , namun semenjak tmax itu dibangun oleh Para insinyur yamaha . . . Patform desain girboxnyanya nggak mirip sama sekali dengan girbox skutik skutik yang biasa kita kenal seperti Mio J, Xeon, Vario, Beat, bahkan PCX sekalipun . . . Menurut hemat tmcblog, IMHO, Platform Desain Girbox dan CVT dari Tmax itu lebih mirip ke desain Girboks Bebek matik seperti Yamaha Lexam yang dikenal dengan nama  Y.C.A.T (Yamaha Compact Automatic Transmission).

uk460x110_dec13_2

gp-banner-460x110

Img_1591

Img_1592

🙄 Ketiga gambar diatas adalah desain Girbox dan CVT Lexam

Bro bisa lihat tiga gambar di atas, Bila pada Umumnya Skutik yang kita kenal, bagian CVT nya menyatu dengan swing arm dari skutik ( disebelah kiri) , namun di Lexam tidak  . . . CVT nya berada di tengah tengah sebelah kanan crankcase  , dengan ukuran belt CVT yang lebih pendek tentunya . . . nah Sistem Girbox dan CVT dari Tmax 500 dan Tmax 530 tuh mirip mirip sama ini . .

sectionofgearbox02c

🙄 Girbox Tmax 500 2011

Bila pada bebek matik, hasil pergerakan kendur kencang nya CVT akan diteruskan ke roda belakang menggunakan rantai biasa . .. maka di Yamaha Tmax pun demikian, power ditrasfer ke roda belakang juga dengan sistem yang serupa. Pada Tmax Sebelumnya versi 2011 (500 cc)  power di lanjutkan ke roda belakang melalui dua tingkat / dua koneksi rantai (lihat gambar di atas), sedangkan Pada Tmax generasi terbaru (2012-TTmax 530), hasil power yang dihasilkan transfer ke CVT akan ditrasfer lagi ke roda belakang menggunakan Drive Belt . . . walaupun selintas terlihat beda, akan tetapi ide transfer power ke roda belakang antara Tmax dan bebek matik itu menurut tmcblog sama mas bro 😀

2012_XP500_Scooters_Belt drive

2012_XP500_Scooters_MDNM1_PS09

🙄 Drive Belt pada Tmax 530

Oh ya kenapa di versi terbaru yamaha memiliki drive belt sebagai media transfer power ke roda belakang? ide utamanya adalah memperingan bobot mas bro . . . Drive belt tentu lebih ringan dibanding rantai, trus dua sprocket plus bearing bearingnya . . .smart kan?

2012_XP500_Scooters_MDNM1_PS08

Pertanyaan lanjutan, kenapa nggak Yamaha Membuat Miniatur skutik sport Tmax 115 dengan basis mesin Lexam? mesin sama sama selonjoran, CVT sama, model transfer power ke roda belakang sama, ada brake locknya juga, injeksi . . . kurang apa lagi ? tinggal desain nya aja pake desain tajam  . . . setajam silet ehh desain R125 Misalnya he he he . . .silahkan share pandapat mas bro sekalian . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Advertisements

Comments

1. Dede - 29 December, 2013

Ow ow

2. Dede - 29 December, 2013

Kok masih sepi,,,

3. bimo - 29 December, 2013

josss….

4. cicak kreatip.com - 29 December, 2013
5. djhar - 29 December, 2013

Mantap

6. cicak kreatip.com - 29 December, 2013
7. bowo - 29 December, 2013

Jiaah….

8. andy - 29 December, 2013

Kalau 115cc, bukan “Tmax” donk. Tapi jadi “Tmin”.
Wakakakaka…

9. Aan Kiye - 29 December, 2013
10. Rukman Oke - 29 December, 2013

3

11. purpleheart - 29 December, 2013

10 besar,, horeee

12. PELAUTbogor - 29 December, 2013

matic bongsorr

13. Agus Marciano Riyanto - 29 December, 2013

T max 250 aja wak haji ……. nanggung kalau cuma 115 ……atau 125 cc juga gakpapa 😀

14. arieprawira - 29 December, 2013

Seharusnya memang beda dengan scooter matik, kan besarnya juga beda

http://rodabotak.blogspot.com/

15. monkeymotoblog - 29 December, 2013
16. Yoshi - 29 December, 2013

bebek matik…

17. Erit07 - 29 December, 2013

Yap…

18. Adit - 29 December, 2013

Baby T-max 150cc aja..bwat hadang vario 150cc :mrgreen:

19. toonk noonk - 29 December, 2013

10 besar

20. kaka - 29 December, 2013

matic itu bukan buat ngebut, jd kynya lebih cocok model elegan

21. JuLiUz - 29 December, 2013

SETUJU klo di bikin mini TMAX 125/150cc harganya jangan lebih mahal dari PCX.. mantabs

22. agil - 29 December, 2013

wah bagus juga nih teknologinya matik yamaha “Y.C.A.T” (Yamaha Compact Automatic Transmission). mudah-mudahan ada varian 150ccnya racikan yimm supaya hrgnya kompetitif. kyk wak haji bilang “kenapa nggak Yamaha Membuat Miniatur skutik sport”. kan kompetitor blm pda punya tuh.

23. menyusurijalan - 29 December, 2013
24. belalangmerah - 29 December, 2013
25. Evan - 29 December, 2013

abis ini gantian bahas r6 / r1 Wak 😀

26. Mas Sayur - 29 December, 2013

joss kalau di bikin miniaturnya ,wak Haji… *wani piro..? 🙂

27. Mas Sayur - 29 December, 2013
28. k14 - 29 December, 2013

ajib ……pencerahan ini

29. k14 - 29 December, 2013

ide mantep2 diatas minta baby tmax tapi opo yo yim mau la nouvo sx je gak masuk2 disini….. tapi klo ada baby tmax boleh juga he….. 150 ato 200 cc okay klo 250 ntar harganya kemahalan tidak bisa jadi matic sejuta umat

30. Imouto - 29 December, 2013

pak haji, klo maxi scooter kayak diatas tingkat percepatannya apakah hanya 1 transmisi (seperti moi, soul, xeon dkk) atau punya 2/lebih tapi dioperasikan secara otomatis (beberapa mobil tipe matic dan honda NC750 dkk) ?

31. aripitstop - 29 December, 2013

Mantaaap

32. aripitstop - 29 December, 2013
33. aripitstop - 29 December, 2013
34. aripitstop - 29 December, 2013
35. basuki - 29 December, 2013

Memang sama desain girboksnya tp di indo ndak laku

36. archan - 29 December, 2013

harganya setara sekitar 16 unit soul Gt. :p

37. wewBUU - 29 December, 2013

sebenaranya CVT itu berfunsi sebangai sensor dari percepatan sekaligus eksekutornya.

sekarang sudah era injeksi yang memakai ECU, yang saya heran, kenapa kok masih memakai desain mekanikal untuk sensor percepatannya, karena akan berpengaruh terhadap biaya mainentance, kok yamaha dan honda tidak membuat sensor percepatan tersendiri, untuk actuatornya bisa langsung ke girbox.

pabrikan besar kok males berinovasi.

38. dira sulistika - 29 December, 2013

Weeeh keren nih motor..
Tp desain gir box macam itu q rasa cocoklah bwt cc gede..
Tp klo cc cilik dcangkokkn gir box macam itu bknx mlh tmbah berat??
Q rasa cvt yg efisien tu ya kyk mio,beat dkk..
Ga bxk daya buat muterx cz daya gesek jg kecil,desain sderhana,n murah produksi 🙂
tu kira2 lo ya? Brlagak sok ngerti nih hihih..
Tp kerenlah ni motor,tp g bs kbeli jg 😦

39. paman sam - 29 December, 2013

harga ratus jutaan tpi teknologinya sma ja kek matic 15 jutaan… Yg mahal brarti cc ma partnya doang dong mpe ratuuuuuuuusan 😀 jeti

40. orang indonesia - 29 December, 2013

matic DOHC pertama di indonesia nih… keren!!!!

41. gc133hijrah - 29 December, 2013

Berarti juga mirip revo at.
Bagus juga tuh skutik sport.
Misalnya mesin xeon, dibuat macam gilera dna, dengan cvt model lexam…. Laku dah tu… Sebagai diferensiasi dr skutik yamaha…..

42. 46@sukses.com - 29 December, 2013

Nyimak terus…

43. orang indonesia - 29 December, 2013

@ 26. paman sam
iyaa bener banget… pake teknologi ban bundar, gas ditangan, rem di stang, knalpot ada lubang udaranya…. bisa tambahin lg ga bro teknologi yg mirip ama matic 15 juta???

44. pak tarno - 29 December, 2013

26. paman sam – Desember 29, 2013

harga ratus jutaan tpi teknologinya sma ja kek matic 15 jutaan… Yg mahal brarti cc ma partnya doang dong mpe ratuuuuuuuusan 😀 jeti
=================================
berarti harley davidson yg ratusan juga juga sama dong teknologinya dengan motor cina model harley tiruan yg cuma beberapa juta saja 😀

45. Penyuka R2 - 29 December, 2013

Yang nunggang harus pakai daster. Fp be ye mode on

46. pak tarno - 29 December, 2013

24. wewBUU – Desember 29, 2013

sebenaranya CVT itu berfunsi sebangai sensor dari percepatan sekaligus eksekutornya.

sekarang sudah era injeksi yang memakai ECU, yang saya heran, kenapa kok masih memakai desain mekanikal untuk sensor percepatannya, karena akan berpengaruh terhadap biaya mainentance, kok yamaha dan honda tidak membuat sensor percepatan tersendiri, untuk actuatornya bisa langsung ke girbox.

pabrikan besar kok males berinovasi.
=============================

sensor macam apa bro maksudnya?
bukannya CVT itu laksana pengganti gearbox itu sendiri ya?

47. pak tarno - 29 December, 2013

27. gc133hijrah – Desember 29, 2013

Berarti juga mirip revo at.
Bagus juga tuh skutik sport.
Misalnya mesin xeon, dibuat macam gilera dna, dengan cvt model lexam…. Laku dah tu… Sebagai diferensiasi dr skutik yamaha…..
=========================

apalagi dibuat versi 150cc, mantep dah. dikasih swing arm dan belt juga. nyusss

48. Aanam - 29 December, 2013

matik impian nih wak haji

49. mas huda - 29 December, 2013

Bedanya cuma rantai sama belt ya…

50. Taufik - 29 December, 2013

@8. andy
asal jangan Ti Mun . . . itu sayur sayuran 😀

@9. Aan Kiye
pagi juga

@13. Agus Marciano Riyanto
harus bikin mesin lagi . . . kalo 115 cc kan dah siap tuh 😀

@18. Adit
ssst buat hadang PCX bahkan sudah ada . . .namanya . . . nanti aja deh 😀

@22. agil
tapi hati hati, kompetitor soale punya juga teknologi macem beginian . . . namanya V-Matic . . . dipakai di Revo AT, cmiiw

@25. Evan
belum nyoba itu R6 dan R1

@26. Mas Sayur
aku ora wani

@29. k14
soale nouvo itu secara mesin mirip2 mesin matik lain . . . nggak ada diferensiasi . . mungkin itu ya? 😀

@30. Imouto
se saya pake sih gak ada opsi pilih percepatannya

@37. wewBUU
udah mulai dipake sih actuator . . . tapi buat ngitung konsumsi bbm ..ngukur berapa debit semprotan bensinnya . . . . . nanti kalo semua ke/via actuator, hasil hitung bbm nya bisa ngawur karena semprotan bbm tetep jalan saat roda berhenti di lampu merah 😀 karena gak ada sensor yang mendeteksi putaran ban . . trus buat ABS . . .harus banget pake putaran ban, karena ecyu abs harus mendeteksi sesaat sebelum ban nya ngelock karena itu point utama dari perlindungan sistem ABS . . cmiiw, imho 😀

@38. dira sulistika
oh jadi begitu ya *kunyah kunyah 🙂

@39. paman sam
iyah mirip sama yang lainnya bro . . . platform moge ya mirip2 sama di motor kecilnya . . .
platform Forza 300 ya sama kayak Beat fi . . . paltform mesin dan transmisi hayabusa ya sama aja sama thunder 125 . . . secara garis besar loo ya 😀 , imho

@41. gc133hijrah
nah iya V-matic kalo nggak salah namanya ya

51. paman sam - 29 December, 2013

orang indonesia pada Desember 29, 2013 pada 6:13 am @ 26.
paman sam
iyaa bener banget… pake teknologi
ban bundar, gas ditangan, rem di
stang, knalpot ada lubang
udaranya…. bisa tambahin lg ga bro
teknologi yg mirip ama matic 15 juta???
.@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
Tutup pentilnya ktinggalan masbro…. Xixixi 😀

52. fBH muka syempuak - 29 December, 2013

Ini mah matik jeelek…

Masih bagusan beat

Tanya aja sama kaum muiskin

Hihihihihihi

53. paman sam - 29 December, 2013

PAK TARNO :
berarti harley davidson yg ratusan
juga juga sama dong teknologinya
dengan motor cina model harley
tiruan yg cuma beberapa juta saja
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Itu beda kasusnya.. Tu HD plagiat. desainnya aja mungkin yg mirip.entahlah soal teknologi mesinnya 😀

Pak tarno kan bisa sulap, sulapin aja t-maxnya jdi miniatur hehehe 😀

54. Dide Irvin - 29 December, 2013

desain CVT begitu juga bikin bobot motor lebih seimbang ada di tengah gak terlalu buang ke belakang, bagus untuk handling 😎

transfer daya pake Drive Belt juga lebih minim perawatan dari pada rantai, jadi cocok buat turing jarak jauh 😀

55. Pada - 29 December, 2013

Boleh tuh wak, sayang kl mesin lexan tdak d manfa’atkan lg, kan dah turunan TMAX, Kl bisa skalian vixion pakai Y.C.A.T biar bisa ngalahin matik honda.

56. lanangbagus - 29 December, 2013

sip..

57. woko - 29 December, 2013

proyek bwt ke depan kayaknya wak haji..

58. Kamil - 29 December, 2013

sekarang smart berarti dulu apa dong???kemana aja???

59. tzuwanto - 29 December, 2013

Ya itu, fby mah cukup remah2 aja.. :mrgreen:

60. k14 - 29 December, 2013

msh berharap da pabrikan yg mau buat matic semprot kopling manual pasti lebih nyaman dan awet cvtnya kan bs ngurangi efek enginebrake yg bikin ndut2an jadi kembalikan posisi rem belakang ke kaki

61. mariodevan - 29 December, 2013

syang gagal semua bbebek matic hehehe

62. mariodevan - 29 December, 2013
63. eFJeh empat kosong - 29 December, 2013

..t max 250 CC mesin double, harga 50jutaan manteb kali yaa..

64. Roondo oplosan - 29 December, 2013

Fby bilang user yamaha cerdas. Tapi kenapa lexam yg lebih cangih kalah laku sama meong j?

65. pak tarno - 29 December, 2013

62. Roondo oplosan – Desember 29, 2013

Fby bilang user yamaha cerdas. Tapi kenapa lexam yg lebih cangih kalah laku sama meong j?
========================================
iya tuh, kenapa ya? hehehe
tapi kenapa juga PCX yg lebih canggih juga kalah laku sama skutik embit 110cc? wakakakka.
.
lohhh malah pcx, revo AT maksudnya, 😀 motor yg lebih gak laku dibanding lexam

66. Anak Cakep anti Alay - 29 December, 2013

jika fby ngaku kaya, ngapain kaga beli ini sampe ratusan unit ya???

kalo ngaku kaya, ngapain beli semprot 150cc, toh 600-1000cc ada, kok pada gak ada yang beli????

tanya kenafa 😆

67. pugman - 29 December, 2013

@ wewBUU pada Desember 29, 2013 pada 5:55 am sebenaranya CVT itu berfunsi sebanga sensor dari percepatan sekaligus eksekutornya sekarang sudah era injeksi yang memakai ECU, yang saya heran kenapa kok masih memakai desain mekanikal untuk sensor percepatannya, karena akan berpengaruh terhadap biaya mainentance, kok yamaha dan honda tidak membuat sensor percepatan tersendiri, untuk actuatornya bisa angsung ke girbox. pabrikan besar kok males berinovasi.

================================
Bukan ga berinovasi bro, tapi ga semua sensor hrs electrical. Untuk sensor yang bro pikirkan saat ini biaya bs lebih mahal dr cvt/gearbox system. Bkn sperti motor listrik yang cukup mengatur frekuensi, arus, tegangan dan phasenya untuk mengatur putaran dan powernya. Motor bakar perlu aktuator mekanis untuk transfer tenaga.

68. majorfebrian - 29 December, 2013
69. albeatles - 29 December, 2013

belum mampu mengalahkan teknlgy vario ISS.. Aplg d bndngkan dngn PCX

70. xiaov - 29 December, 2013

tetep aja MS kalah dari honda beat

71. thebardhan - 29 December, 2013

absen sajalah

72. samidi - 29 December, 2013

bikin baby tmax 150cc
Josss

73. hein - 29 December, 2013

Yamaha Membuat Miniatur skutik sport
Tmax 115 dengan basis mesin Lexam?
mesin sama sama selonjoran, CVT
sama, model transfer power ke roda
belakang sama, ada brake locknya
juga, injeksi . . . kurang apa lagi ?
tinggal desain nya aja pake desain
tajam

# ide genius.. andai aja petinggi Y ga budeg..
lah wong velg maticnya udh bnyak yg bilang jelek aja ga dganti

74. kadalaspal - 29 December, 2013

wew pertanyaanku dijawab jadi satu artikel. joss wak

wah manteb banget nih kompornya. semoga yimm mikirin ide tmcblog

mini tmax wow

75. bousquet191 - 29 December, 2013

ya semoga nasibnya lebih bagus dari leksam.. 😀

76. achmadarif - 29 December, 2013

matik moge dohc larang, cman nonton aja deh

77. Redribbon Army - 29 December, 2013

artinya Lexam salah satu masterpiece motor cc kecil dari Yamaha dengan konsep mirip moge… tapi sayang ga laku 😦
http://pasukanredribbon.wordpress.com/2013/12/29/ideal-nya-sebuah-motor-sport/

78. ᅫᅫᅫTORRESᅫᅫᅫ - 29 December, 2013

ᅧᅧᅧᅧᅧᅧadaᅧᅧᅧᅧᅧᅧᅧmaticwowwᅧᅧᅧᅧᅧ

79. andi - 29 December, 2013

Lexam itu akan laku kalau bodinya itu ikut ke matic (terutama footstepnya) bukan bebek, diinjeksikan, trus dibikin central monoshock. Yamaha tuh hny butuh memperkuat dna sportynya daripada berlomba fitur dgn Honda. Desain girboknya gak ada masalah sbnrnya.

80. Rollerman - 29 December, 2013

jgan2 maxiscooter yang mau dbuat YIMM(dger2 sih sebagai produk global) nanti pakai sistem kayak gini?? (maybe??)

81. ipanase - 29 December, 2013
82. anak mamah - 29 December, 2013

bodynya gede beud kaya kuda nil.. padahal yamaho kan pernah nyindir honda, “matik ko gede”.. lah sekarang metik die sendiri pada gede, yang mau rilis januari nanti apalagi buncit kaya orang cacingan..gakgakgak yamaho dasar pabrikan sampah, si munafik bermulut besar..wkwkwkwk 😀

83. bikerlover250 - 29 December, 2013

kenapa gk bkn motor superspot menggunakan sistem serupa lexam!!

84. tholelol - 29 December, 2013

metik moge rasa mio GT (Geol Terus)

85. sasuke - 29 December, 2013

keren, tp sayang terlalu mahal dan bagasi kurang besar.

seharusnya design ini dipasang ke xeon, ini xeon malah design GT.

marketing yamaha sekarang payah nech, apalagi urusan design dan fitur.

ane sendiri ga pake yamaha, pakenya honda, bagasi lebih gede dan fiturnya lebih enak, walau soal kendali masih lebih nyaman yamaha.

ane kasih saran berkali-kali sejak tahun kemarin, sampe sekarang ga di implementasiin sama YIMM, kecewa….

ga peka sama konsumen petingginya.

86. akhdwi - 30 December, 2013

Buat hadang PCX udah ada, XMAX 125 atau XMAX 250, desain lebih gahar bila dibqnding PCX

87. st3v4nt - 30 December, 2013

Keputusan penggunaan model transmisi seperti itu di T-Max supaya transfer tenaga lebih penuh (selain karena pergerakan swing arm) tapi rawan kotor, makanya di buat double cog biar kotoran yg nempel bisa rontok dan gak bikin selip.

88. papaeimo - 30 December, 2013

Yamaha sering telat ngluarin model baru Oom Taufik, udah lama pingin lihat Tmax/VMax dalam versi mesin kecilny

89. ibuyasmin - 30 December, 2013

LANJUT SGP SENIN : 30-12-2013

A-I : 0~3~6~9
C-B : 0~6

UNTUK BOCORAN ANGKA 2D 3D 4D
KLIK AJA WEBS YG ADA DI BAWAH

http://www.ramalantogelsgp47.webs.com

90. ibuyasmin - 30 December, 2013

mau di bantu jalan
togel yang akan keluar
hari senin telpon 082=313=336=747
ki soleh sudah
3kali putaran saya menang
kemarin menang lagi 4d
9086 syukur dapat 275jt
ini semua bantuan ki soleh
silahkan anda buktikan sendir
yang punya room terima kasih
tumpangannya semoga sukses selalu
(’•.¸( ‘•. ¸* ¸. •’´)¸.•’´)
«´ Thanks sOb rOoMnya»
(¸. •’´(¸.•’´ *’•.¸)`’•.¸ )
██▓▓█████▓▓████
SALAM KOMPAK SELALUH

91. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 December, 2013

nyontek punya honda wak aji..

😉

92. dave - 30 December, 2013

males bikin desain nya kale mas kalo 115cc,,
kalo yg ini kan tinggal import

93. wewBUU - 30 December, 2013

@mas taufik

maksudnya, jadi ada nilai idle di titik terntentu yang di mix sensor di ban sama axelerometer.
semua sensor itu kan dah murah. nee dasar mau cari peruntungan jangka panjang di bagian aftersales saja.

perusahaan jepang ini cuma bikin kantong kita kempes. nggak mau berinovasi yang loncat.

asem tenan. tapi apa mau dikata, uang berbicara je.

94. mydasign - 30 December, 2013

T MAX 250 ajah, kalo 150 sudah ada majesty
kalo buat diseting diharga 30 jt keatas kayaknya no problem deh kang. kalo buat harga dibawah 20 jt rugi bandar.hehehehe

95. devidev - 31 December, 2013

mas di Eropa ada Yamaha X-max 125 & 250, adiknya T-max desain jauh lbh bagus dr majesty


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: