jump to navigation

Know How . . . CrankCase Emission Control System (CECS) 19 February, 2014

Posted by Taufik in Tentang Motor.
Tags: , , ,
trackback

460x110-okfeb

uk460x110feb

PCV-s

Bro sekalian, Mungkin ada yang baru sekali mendengar tentang Crank Case Emission Control System (CECS) . . . oke gak masalah masbro kita akan bahas di artikel ini dengan brief. Jadi CECS ini adalah salah satu sistem dalam mesin yang berfungsi untuk menekan emisi buruk dari kendaraan, nah menuju euro 3 agustus nanti, kayaknya ada deh Pabrikan yang akan mengadopsi sistem ini agar emisinya jauh lebih bagus . . . oke mari kita mulai

440-x-100-revfeb2

banner-460feb14

Kita Ulang dari masalah pembakaran ya bro . . . Jadi gini pembakaran di mesin itu berawal dari campuran Udara dan bbm yang homogen dilecut leh bunga api yang berasal dari busi . . . tiga sekawan ini  udara-bbm-api kalo dah ketemu akan menjadi sebuah ledakan, nah ledakan ini terjadi di Ruang bakar silinder ( combustion Chamber ). Hasil dari ledakan akan mendorong piston ke bawah. Dorongan piston selain akan mengembalikan piston ke atas, juga akan menggerakkan sistem transmisi, yang selanjutnya akan menjalan kan kendaraan . . . begitu secara singkatnya mesin motor bekerja

namun kadang karena tekanan di dalam chamber ada saja  campuran udara-bbm yang masuk ke sela sela piston ring dan terus masuk ke bagian dalam Crankcase. campuran udara -bbm ini tidak diinginkan karena disinyali bisa mengganggu bagian mesin di Crankcase. Jaman dahulu sebelum tahun 60-an campuran udara-bbm yang disebut juga Blow-by ini dihilangkan dengan cara di membuat ventilasi udara masuk ke Crankcase sehingga bisa bercampur dengan gas blow-by dan membiarkan hasil campurannya menguap keudara bebas . . . nah buangan inilah yang termasuk emisi buruk

PCV2

Sampai akhirnya tahun 60-an ditemukan apa yang disebut positive crankshaft ventilation (PCV) yang akan menjadi cikal bakal CrankCase Emission Control System (CECS). PCV ini berupa sebuah saluran balik (berupa pipa kecil) yang akan memompakan gas yang masuk ke Crankcase tadi kembali masuk ke Intake manifold untuk kembali di diledakkan bersama Campuran bbm-udara dari injector dan throtle body di dalam ruang bakar sehingga  . . . boleh dibilang emisi buruk akan semakin dikurangi . . . nahhh sekarang tebak tebakan daaahh, kira kira Motor apa ya yang bakalan atau sudah memakai sistem ini? monggo dikunyah kunyah dan ditebak hehehehe, semoga berguna

Taufik of Buitenzorg

Comments

1. sodiqcho - 19 February, 2014

Jos

hulssay - 19 February, 2014

numpang jawara dulu ah..🙂
misi yay kaka..😀

http://hulssay.com/2014/02/19/6-game-indonesia-yang-mendunia/

Ndang - 19 February, 2014

prinsipnya mirip sama cara kerja turbo gak wak? maaf y klo salah prtanyaanya

tuxlin - 19 February, 2014

owalah ternyata kayak gitu *masih mencoba memahami😀

http://www.kisahfoto.com/2014/02/susu-segar-boyolali-vs-wedang-jahe-gepuk.html

2. ebik - 19 February, 2014

jos

Joko Verza Rider's - 19 February, 2014

what the F……. new tigi?

Aluvimoto - 19 February, 2014

tau tentang CECS ini pas baca leaflet karisma x jaman 2005. dulu masih sma jadi ga tau fungsinya apaan, tapi makin gede makin gede jadi ngeh:mrgreen:
http://aluvimoto.com/2014/02/19/first-sight-klx-150-l-26-jutaan-harga-on-the-road-jogja/

monkeymotoblog - 19 February, 2014
3. dexter - 19 February, 2014

Ooowww…

4. ruri - 19 February, 2014

jozzz

5. deni - 19 February, 2014

Pertamax suzuki kayanya ,, hihi

edi - 19 February, 2014

suzuki namanya PAIR ( Pulsed Air Intake Reed)

6. kui - 19 February, 2014

Blade f1?

7. deni - 19 February, 2014

Telat satu menit pertamax nya ,, hiks hiks

8. kang boher - 19 February, 2014

teknologi mahal kah?

9. lanangbagus - 19 February, 2014

pagi

10. suneo - 19 February, 2014

mejeng dulu

11. mariman - 19 February, 2014

Kayaknya sekarang lagi rama ninja rr mono, jawabannya rr mono kayaknya wakhaji

12. antree - 19 February, 2014

kayaknya supraX 125 udah pake sistem ini ya wak?

13. mariman - 19 February, 2014

Salah ternyata….

Semua motor Honda make CECS ya wak…

14. hayate_kawasaki - 19 February, 2014

Pertamax….Honda Supra 125 Fi hehehe

tsaqifabu - 19 February, 2014

Setuju kang, supra x 125 series

15. dani - 19 February, 2014

r25

16. Gondes - 19 February, 2014

Ini baru pabrikan yang tahu lingkungan,apa mungkin dipasang di ninja 150 2tak biar usianya lebih panjang

rr150se - 19 February, 2014

di ninja rr 2 tak dah ada. tapi selang hawa oli dari bak kopling. kalo di 2 tak gak perlu karna gas blowby akan di pompa lagi ke ruang bakar melalui port transfer dan bilas, beda sama 4 tak.

17. k14 - 19 February, 2014

koyone bkn gawean ahm wak, ngompor . . .wkwkwk

18. dalank - 19 February, 2014

Kalo satria fu termasuk ngak..?

19. mickanosieg - 19 February, 2014

supra x 125 non injeksi dah pake ini kyaknya ya hihi ada pipa besi hitam soalnya..

20. Nebula - 19 February, 2014

Untuk honda kalo gak salah semua generasi sonic udah pake

21. paman sam - 19 February, 2014

waaaahh pagi” dah dkasih PR ma wak haji😀
Mudah”an tuh di aplikasikan ke Ninja150rr… Kawasaki bisa bikin uero 3-5 tanpa harus pake FI😀
Yg pke ninja banyak yg modif pke PCV atau apalah tuh namanya😀

Joko - 19 February, 2014

Ninja 150 sudah jadi 250 mono, dan pakai fi.

22. jorge - 19 February, 2014

megi pret ternyata dah make CrankCase Emission Control System

23. N.N. Shtuchkin - 19 February, 2014
24. Ki Sanak - 19 February, 2014

honda new supra 125 injeksi wak haji?

25. Kolojengking 225ps - 19 February, 2014

Tanya saja ke juongos2 ngèpbéyé

26. Rocker - 19 February, 2014

Supra X baru yg gak helm in.

27. thamtom - 19 February, 2014

Kalo selang yang dari crank case ke filter udara itu PCV apa CECS kang??kayaknya semua motor sekarang ada tuh….

28. jauaeotz - 19 February, 2014

supra x 125

29. bang_rizzkhan - 19 February, 2014

Mongtor Ɣǝ̥nƍ udh Ǎϑȃ selang besi item kecil itu , brrti Ûđαħ pake kyk nya, hahaha

30. chakim92 - 19 February, 2014
31. aca - 19 February, 2014

weleh telat semenit…..aseemmmm

32. k14 - 19 February, 2014

wak haji ngasih tebak2an, jawabannya sepeda ontel

33. motoblast - 19 February, 2014

akhirnya teknologi bicara..siipp..dg bgini..polusi bisa berkurang..juooss….
http://motoblast.org/2014/02/18/modif-kawasaki-ninja-250-rr-mono-2014-buntut-kalibri/

34. sam joas - 19 February, 2014

Lha di thunder 125 jg udah ada… Pcv di bajaj n tvs jg udah ada kan?

35. Duinnn - 19 February, 2014

Kalau pembuangan gas blow-by langsung ke intake belum tahu, tapi kalau ke filter udara sepertinya sudah lama diterapkan.

36. aa - 19 February, 2014

vote: kawak n250 mono daah…

37. milky bo - 19 February, 2014

efek jeleknya oli jadi gampang menguap

38. joki - 19 February, 2014

Fitur biasa aja kok. Kalau dibesar besarkan sebagai fitur yang sangat mutakhir maka orang yang g tahu mesin akan terkesima. Padahal g lebih baik dari fitur kayak rangka yang stabil, forged piston n diasyl silinder, cat body yang bagus.
yamaha selalu punya teknologi yg bagus. Tapi g gembar gembor fitur. Orang yg tahu mesin tahu keunggulannya.

vario GT - 20 February, 2014

semua motor ada.
Motor2 yang pake aplikasi tersebut semata2 untuk alasan bisa dijual terkait hasil pengujian supaya keluar TPT.
(Supaya bisa lulus euro2)

seperti halnya ninja 2tak, supaya tetap bisa dijual, berbagai “manipulasi teknologi” dijejalkan.

Maaf saya melek hukum dan tidK dibutakan merek yang hoby pencitraan dan ngejar simpatisan

39. k14 - 19 February, 2014

kali ne tak jawab serius ah, tp balik nanya wak haji apa kayak ais punya rx king tu ya?

40. nggandenz - 19 February, 2014

Yamaha Mio

vario GT - 20 February, 2014

semua motor ada.
Motor2 yang pake aplikasi tersebut semata2 untuk alasan bisa dijual terkait hasil pengujian supaya keluar TPT.
(Supaya bisa lulus euro2)

seperti halnya ninja 2tak, supaya tetap bisa dijual, berbagai “manipulasi teknologi” dijejalkan.

Maaf saya melek hukum dan tidK dibutakan merek yang hoby pencitraan dan ngejar simpatisan

41. martin - 19 February, 2014

rata² motor jaman sekarang sudah pake semua.
pertanyaannya, berarti campuran bbm yang dibakar selanjutnya sudah tidak fresh donk? yang artinya power pembakarannya tidak optimal. bener ga? imho

42. donnyprabowo - 19 February, 2014

iya kang, Supra X 125 yang baru kang.. Soalnya Honda mau jadi first mover sebagai motor ramah lingkungan.. Dulu tahun 2005 saat pertama kali Honda merilis Supra X 125 sudah dibekali dengan berbagai perintilan untuk mengurangi emisi kendaraan nya kang..

vario GT - 20 February, 2014

Hoda bukan pelopornya, di hampir semua motor ada.
Motor2 yang pake aplikasi tersebut semata2 untuk alasan bisa dijual terkait hasil pengujian supaya keluar TPT.
(Supaya bisa lulus euro2)

seperti halnya ninja 2tak, supaya tetap bisa dijual, berbagai “manipulasi teknologi” dijejalkan.

Maaf saya melek hukum dan tidK dibutakan merek yang hoby pencitraan dan ngejar simpatisan

43. Roy (Sempak Operpret) - 19 February, 2014

itu teknologinya Honda ya wak aji?
emang top banget AHM, penuh inovasi…

vario GT - 20 February, 2014

semua motor ada.
Motor2 yang pake aplikasi tersebut semata2 untuk alasan bisa dijual terkait hasil pengujian supaya keluar TPT.
(Supaya bisa lulus euro2)

seperti halnya ninja 2tak, supaya tetap bisa dijual, berbagai “manipulasi teknologi” dijejalkan.

Maaf saya melek hukum dan tidK dibutakan merek yang hoby pencitraan dan ngejar simpatisan

44. adhe setiawan nie - 19 February, 2014

NEW SUPRA 125 R FI

45. orong-orong - 19 February, 2014
46. jetwan tumpaker - 19 February, 2014

teknologi ini ada setelah era ’60an? brati udah lama bingit dong seumuran abah aink! koq ane baru tahu? wkwkkk

47. Swer - 19 February, 2014

ngukur emisi gas buang bukannya lewat knalpot ya? kalo gitu apakah blow by sebagai emisi kotor ini bisa terukur?

48. yudha depp - 19 February, 2014

Trims atas infonya Pak Taufik,,,
ngemeng-ngemeng kapan nih rumah baru saya masuk ke RT Indomotoblog

http://yudha79.wordpress.com/2014/02/18/ninja-2tak-pensiun-dengan-rasa-bangga/

49. slamet moelyo redjo - 19 February, 2014

kan suzuki shogun wes aplikasi sistem ngunu kui mas

50. Rudy SouL - 19 February, 2014

nambah ilmu lagi…

nitip jemuran aja🙂

Ini daerah sekitar lereng gunung kelud setelah meletus. – http://wp.me/p208su-1KL

51. achmadarif - 19 February, 2014

D vixi dn nvl, nmanya AIS (air induction system), klw kawasaki ninja HSAS (high performance secondary air systek)😀

52. dave - 19 February, 2014

wahh,, ini dari pabrikan mana dulu?
kalo yamaha ya r15 r25,,
kalo honda ya supra x,,
kalo suzuki yg kemaren tuh yg matic 200cc,,
kalo kawasaki gatau d,, soalnya mono RR nya uda keluar,,
kalo pabrikan laen,, entahlah,,

53. tipsaneh - 19 February, 2014

absen pagi.

54. aneh - 19 February, 2014

Honda Nice 110cc udah pake sedjak 2001 brooo…motor ini tidak populer karena masuk built up dari thailand cuma 200unit..ahass aja tidak semua kenal motor ini

55. woko - 19 February, 2014

generasi motor sekarang dah pakai wak haji. tu dr crankcase ada selang ke box filter udara.

56. sontoloyo - 19 February, 2014

di mobil hal ini sdh biasa walaupun blm semua mobil. kalo di motor2 kecil yg beredar sekarang blm ada yg mengapkikasikan. kalau ga salah moge2nya honda sdh pakai system ini.

57. keueung288 - 19 February, 2014

Kayanya supra ane ( helm-in )dah pake tuch, kang !!bener gak ?

58. Denymon - 19 February, 2014

Supra 125X😀

59. ipanase - 19 February, 2014
60. Pritikiew - 19 February, 2014

kalo dimotor saya adanya selang dari crankcase trus nyambung ke box filter.
Ga tau namanya apa.
Kata temen sih selang hawa,biar tekanan mesin ga berlebih gitu….
Motor ane jupiter z 2005

61. pengamat - 19 February, 2014

kayanya berbeda dr ais/sis. dan hanya bisa digunakan pada mesin yg bbmnya di semprot ( injeksi) coz kalo karbu ada udara masuk ke leher intake jd ngempos karena kevakuman berkurang, bensin kurang tersedot ke ruang bakar. standar euro 3 membuat desain knalpot kurang optimal atau gas buang tertahan shg performa berkurang. teknologi ini dipadu dgn desain noken overlap 0+engine balancer(sport)/crackshalf berat(bebek

62. GandemLover - 19 February, 2014

Supra motor keluarga Indonesia😀

63. dion - 19 February, 2014

Tambahin dikit ya kang, pcv selalu bekerjasama dengan blow by gas, karena beda momen bukanya. Pcv akan terbuka saat adanya sedotan vakum di throtle body, dan ini terjadi saat stasioner, sebaliknya saat akselerasi atau saat throtle terbuka penuh, maka pcv tertutup, dan tekanan berlebih akan ditelan lewat jalur blow by gas. Biasanya bengkel akan ketambahan kerjaan untuk senantiasa mengecheck pcv valve, saat pcv valve sudah rusak, stasioner bakal ngga keruan, dan pembakaran jadi berantakan, knalpot pedih di mata.

dion - 19 February, 2014

Jadi tebakan saya jatuh pada beban kerja bengkel yang agak sedikit, suzuki.

64. pengamat - 19 February, 2014

akankah ahm akan merubah desain muflernya? coz yamaha sudah all out di mio j series.

dion - 19 February, 2014

Kalau salurannya berhubungan dengan muffler, beda sistem, sistemnya ais/ air induction system, dengan menyuntikan udara bersih ke pangkal knalpot dengan harapan bisa membakar sisa pembakaran yang tidak sempurna sebelum dilepas ke udara bebas. Kan itu tadi syaratnya ledakan : uap bensin, api, dan udara.

65. dion - 19 February, 2014

Semua selang dari silinder head yang mengarah ke filter udara itu blow by gas, sedangkan sistem pcv yang dibahas kang Taufik itu, selang dari silinder head ke intake manifold/leher karbu, atau throtle body injection.

sontoloyo - 19 February, 2014

betul

66. вeenToЯ - 19 February, 2014

motor baru wak…

wkwkwkwkwk

67. adji - 19 February, 2014

motor’2 honda dari generasi supra fit ampe skarang udah bgtu wak haji. itu selang hawa mesin di salurkan ke box filter udara… yg nanti’nya di isap kembali ke karbu atau injector,

68. pengamat - 19 February, 2014

gara2 standar euro3 gas diknalpot muter2 dan terlalu banyak sekat yg dilewati akibatnya ada akumulasi panas berlebih di knalpot. nah itu yg membuat performa mesin tertahan, mesin cepet panas, boros bensin dan oli cepet menguap. cimiw

69. Geng - 19 February, 2014

Neotech dah dari dulu

70. dion - 19 February, 2014

O ya, satu lagi kang, sistem pcv ini hampir sangat sulit diterapkan pada mesin single silinder, sebesar apapun ccnya, minimal pada mesin multi silinder dengan gerakan naik turun piston bergantian. Kecuali dilakukan penyesuaian dan modifikasi lebih jauh pada pcv valvenya.

Mas Odi - 19 February, 2014

Loh kan skutik honda di luar sudah pakai ini. Kalo gak salah! Kan mas taufik sudah kasih bahasannya waktu itu. Btw itu 1 silinder bro! Konsepnya sederhana, tapi faktanya gak sederhana. Butuh hitungan. Tapi dengan begitu gesekan yang terjadi di mesin dapan diminimalisir. Artinya power bertambah baik. Indikasinya pembakaran sempurna dibanding sebelumnya.

71. Pulsar silver lupromax - 19 February, 2014

Cbr 150 old thailand

72. Pulsar silver lupromax - 19 February, 2014

Cbr 150 old thailand kayak e

73. macantua - 19 February, 2014
74. wisnu3ds - 19 February, 2014

teasernya suprax125 yah….mantapsss

75. sontoloyo - 19 February, 2014

kalau mau lihat aplikasinya di mobil paling gampang silakan lihat mesin kijang yg masih karburator. di ujung tutup silinder kop dekat firewall ada selang menjulang lalu turun ke bawah karbu. nah sistem yg di maksud.

jadi tidak ada hubungannya dengan pairs/ais atau blow by gas yg masuk ke depan box filter.

76. terjadi galat - 19 February, 2014

GLPro neotech udah ada tp ke box filter.
Tiger 2000 jg sama.

77. warungasep - 19 February, 2014

Motor apa yg mengadopsi system ini?

78. kang_ulid - 19 February, 2014

kayaknya pernah tau teknologi ginian… tpi d motor apa ya…
http://ulidblog.com/2014/02/19/kayaknya-bagian-dari-ninja-250-slmono-inilah-yang-dimodif-duluan/

79. Mas Odi - 19 February, 2014

Motor bebek. New HSX 125???

80. Mas Odi - 19 February, 2014

Oh saya lihat HSX 125 saya pakai kang😀

81. Ndang - 19 February, 2014

the new supra x 125 pasti udah tau wak haji hehe

82. Eiscell - 19 February, 2014

kalau yg menyuntikan udara fresh ke klepbbuang itu namanya apa om… yg biasa diipakai yamahonda?

83. untitle - 19 February, 2014

bukannya yamaha mx n vixion sudah lama menerapkan ini.. CMIIW..

84. dede - 19 February, 2014

Ternyata semua motor Honda sudah mempergunakan teknologi ini. Juoz!

85. penggemar honda - 19 February, 2014

Salah mas Taufik, kalo itu yang dibahas adalah SASS. liat aja dalam skema tidak ada saluran dari crankcase….

keueung288 - 20 February, 2014

Salah semua ! nyang bener,teknisi nyang buat,bener gak kang ?!..gue jadi pusing nie,cukup kang Taufik aje nyang pusing, blusukkan n’cari info,gue tinggal kunyah-kunyah aze. Gitu Aza koq repottt ! ( alm. Gus Dur ).

86. monkeymotoblog - 19 February, 2014
87. pengamat - 19 February, 2014

menurut saya jg bgt, kaya skema ais.

88. motor batangan - 19 February, 2014

Hmm.. Sulit diaplikasikan ke mesin multi silinder dan baru ikut penjelasan yamaha soal teknologi injeksi.. Ini punya R25 ya Kang..🙂

89. Penyemplak Vario WTF - 19 February, 2014

Yang jelas Vario 125 udah pake sistem ini yang mana disinyalir menjadi penyebab utama suara ngorok.

ngruoooooook

90. lupuz - 19 February, 2014

Ninin fi dan mono rr….paling lo….

91. edi - 19 February, 2014

Astrea grand dan tiger lawas, emisi udara crankcase dibuang ke udara bebas…. Selang pembuangannya bisa buat niup peluit.

92. cicak kreatip.com - 19 February, 2014

mantep mas…blo by itu cenderung di 2 tak mas yo..?😀

93. Follower - 19 February, 2014

SUPRA X 125, baru kemudian di ikuti Motor2 Yamaha, di Jupiter dan Vega

94. Dion - 19 February, 2014

Bedakan antara PCV dengan blow by gas. Sudah jelas di skema atas ada dua jalur. Kalau dari kepala silinder ke boks saringan udara, itu namanya blow by gas, sudah sangat umum. PCV itu jalurnya ke intake manifold/leher karbu. Dan di kepala silinder ada klepnya, namanya PCV valve, jadi ngga plong seperti jalur blow by gas. Motor yang ada di Indonesia, belum ada PCVnya.

95. keueung288 - 20 February, 2014

Salah semua ! nyang bener,teknisi nyang buat,bener gak kang ?!..gue jadi pusing nie,cukup kang Taufik aje nyang pusing, blusukkan n’cari info,gue tinggal kunyah-kunyah aze. Gitu Aza koq repottt ! ( alm. Gus Dur ).

96. kongkong - 20 February, 2014

Itu inovasi honda gan..jd semua merk ikut2an .. Mulai dr honda 70 sdh pake.. Cuma pipa nya ga kelihatan..lihat banyak produk YAMAHA ygmirip honda..krn honda kelas dunia..gt…

97. New Honda Supra X 125 FI dibandrol Mulai 15,35 Juta OTR jakarta , Berikut Spesifikasi Lengkapnya | tmcblog.com - 26 February, 2014

[…] ini dihasilkan karena penggunbaan sistem Injeksi PGM FI beserta beberapa sistem pendukung seperti Crankcase Emision Control System, Penggunaan Katalitik Converter, dan penggunaan Sensor O2 yang membuat sistem Injeksi dari HSX 125 […]

98. aryo - 28 February, 2014

Jos


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: