jump to navigation

Ngaji di Blog . . . akhlaq 28 February, 2014

Posted by Taufik in Ngaji di Blog.
Tags: , ,
trackback

lumba

Bro sekalian, ketemu kembali di artikel religi ala Jumat yang tertunda setelah beberapa banyak bulan hehehe, kali ini kita akan mencoba mengupas sesuatu hal yang sering kita bicarakan menyangkut sifat dan tindak tanduk manusia yakni Akhlaq . . . akhlaq atau akhlak itu apa sih sebenarnya ? Jujur artikel ini terinspirasi dari ucapan ustads AA Gym yang tmcblog coba bawakan dengan style ala tmcblog

Akhlak itu pada dasarnya adalah tingkah laku baik fisik berupa perbuatan, perkataan, tanggapan, bahkan sampai pemikiran seseorang. namun Bagaimana mengukur akhlak seseorang ? menurut AA Gym yang menukil pendapat Imam Al Ghazali, AKhlak seseorang itu bisa diukur dari respons cepatnya terhadap kejadian yang menimpa dirinya atau pun terjadi di hadapannya . . . ingat respons cepat.

Tanpa mengecilkan dan menganggap personal yang hadir di pengajian itu tidak berakhlak mulia, namun jangan mudah menilai dan melihat akhlak seseorang ketika duduk disebuah halaqah/ taklim/pengajian . ..  atau ketika sedang berada di hadapat calon mertua, di hadapan Presiden atau orang orang yang terhormat . ..  biasanya ada saja godaan dan bisikan setan yang membuat ia berkecenderungan menjaga Image ( JAim) supaya ‘terlihat’ berakhlak mulia . ..  lho jadi gimana dong menilainya?  . ..  ya itu dia . . . respons cepatnya terhadap suatu kejadian . . .

Misalnya di jalan seorang biker mendapati ban belakangnya tertusuk Paku . ..  lihat kira kira apa yang akan keluar dari mulutnya . ..  apakah sumpah serapah baik yang cuma kecil atau bahkan sampai keluar semua penghuni kebun binatang . . . ataukah ucapan istighfar, atau bahkan ucapan out of the box misalnya ” Alhamdulillah, jadi pagi pagi olah raga dengan nyopot ban” atau ” Alhamdulillah, jadi pagi pagi olah raga dengan ndorong motor sampai tukang tambal ban ” itu hanya satu contoh .  . contoh lain

Lagi enak enak nyetir lalu ada yang tiba tiba nyalip dengan membahayakan plus dengan kecepatan yang tinggi tanpa memberikan sinyal terlebih dahulu . . . apa respons mas bro . . . kekagetan plus sumpah serapah apakah mengucapkan misalnya ” subhanallah, mungkin si bapak sedang terburu buru karena istrinya dirumah sudah mules mules pembukaan 4 mau melahirkan ” . . .

atau apakah isi komentar dalam artikel blog dalam menanggapi suatu artikel bisa juga jadi parameter pengukuran akhlaq? silahkan didiskusikan😀

Tapi jelas mas bro . . .  respons cepat di atas terutama yang baik baik, nggak bisa di sengaja dilatih . . . itu semua keluar dari hati . . . kalau hatinya (QALBU) bagus maka, respons bagus akan keluar secara alamiah dan sebaliknya . ..  nggak percaya? boleh dicoba kayaknya nih yaa

nahhh jadi githu . . . artkel ini sendiri sebenarnya sebagai pengingat untuk diri tmcblog sendiri . . . karena jangan mudah menilai akhlak seorang dari tulisannya . . . Nulis artikel tematis “ngaji di Blog” tidak bisa jadi ukuran utama menilai diri saya/tmcblog berakhlak baik, wong nulis dibaca sekian ribu orang, tentu tendensi tulisannya nggak mau yang keliatan jelek thooo? . . . tmcblog harus selalu mengevaluasi akhlaq sendiri dan itu terlihat kala nanti keluar respons cepatnya di saat menemui kejadian . . . Mari kita sama sama memohon ampun kepada yang maha kuasa, beristifghfar buat yang muslim semoga bermanfaat bagi kita semua

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. udinsastro - 28 February, 2014

One day one juz ustadz

extenderjilq.com - 28 February, 2014

slalu berusaha yg terbaik

tukang boneka - 28 February, 2014

اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّالْعَلَمِيْنَ

Pagi pagi sudah dapat ilmu gratis

Plus uji kesabaran inet lemot galat galau🙂

2. gaaralovers - 28 February, 2014

Sip!

3. rezaholic - 28 February, 2014

kelimax!

4. ruri - 28 February, 2014

khutbah jumat

5. extenderjilq.com - 28 February, 2014

hmmm begitu ya kang…

6. udinsastro - 28 February, 2014

Semoga istiqomah, amien

7. T-166-ER - 28 February, 2014

joz ah

8. cah Nglegok - 28 February, 2014

Trim Pak Haji….

aseeeeeg….Kuliah Jum’at hadir lagiii….

9. vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 28 February, 2014

Alhamdulillah Insya Allah Jumat berkah🙂

10. king_julien - 28 February, 2014

bekel jemuahan..

11. k14 - 28 February, 2014

sip

12. orong-orong - 28 February, 2014
13. ayok - 28 February, 2014

akhlak mulia
bukan mengumpat apalagi m*wek.

14. hendiemansuherman - 28 February, 2014

Bismillah

15. syaiful - 28 February, 2014

Dadi sesek dodo q moco artikel iki..kelingan akeh dosone.. astaghfirullah

16. tukang boneka - 28 February, 2014

اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّالْعَلَمِيْنَ

Pagi pagi sudah dapat ilmu gratis

Waduh…
Plus uji kesabaran inet lemod galat galau🙂

17. sodiqcho - 28 February, 2014

MAnteb,ada tausyiahnya juga
Lanjutkan

18. yurry1 - 28 February, 2014

Inspiratif sekali kang taufik artikel nya,,,, saya sangat setuju dengan respon cepat mengucapkan alhamdulillah … (dilanjut penerus), saya juga fans nya aa gym waktu jaman kuliah, sekarang udah jarang mendengarkan lagi.😦
Kangen artikel penyejuk hati.
Makasih udah bikin tulisan ini ya.
Sukses terus kang!

19. kang_ulid - 28 February, 2014
20. setia1heri - 28 February, 2014
21. Ayah Nisa - 28 February, 2014

saya dukung om Taufiq,,, semoga bisa menambah pengetahuan agama dan bisa diterapkan dalam kehidupan se-hari2:)

22. monkeymotoblog - 28 February, 2014
23. Fiki Nuril - 28 February, 2014

Saling mengingatkan dalam kebaikan..
*astaghfirullah kesalip komen yg pada ngebut, mungkin emang ane telat bacanya*
(‾⌣‾)♉

24. mahmudin - 28 February, 2014

Amin..
hari ini tambah 1 lagi ilmu saya
Terima kasih wak haji🙂

salam jos gandoz…

25. arsyadkafabih - 28 February, 2014

Kalo khusus hari jum’at di buat artikel religi boleh juga mas, nambah urat-urat akhlaq yang baik supaya kita semua ngerti dunia ini bukan segalanya, jadi ada filter-nya juga buat peredam ataupun balance buat kita semua ,meskipun para pengunjung blog ini bagian dr fb dan sales marktng…walaupun beda tp ttp bisa rukun dan slg mnghormati..

26. monkeymotoblog - 28 February, 2014
27. mul - 28 February, 2014

lha…gimana mas Taufik dgn…bro2 yg suka nulis macem2 di kolom komentar..? mudah2an itu semua cuma candaan saja ( yg keterlaluan)…..:)

28. lupuz - 28 February, 2014

Alhamdulillah …makasih bang haji…pencerahannya…..bener bener ane banget dah . ……hik hik hik….moga ane hari ini seterusnya…memperbaiki aklag ane yg nggk baik…

29. ari - 28 February, 2014
30. Pritikiew - 28 February, 2014

akhirnya.. Muncul juga nih artikel. Kangen euy,setelah sekian lama.

menurut saya,komentar buruk dari komentator dapat mencerminkan akhlaknya.
Lha gimana coba,yang namanya menulis itu lebih sulit daripada ngomong,ditambah lagi tidak adanya identitas yg jelas pada komentator.
Sehingga dapat disimpulkan… komentatator yg berkomentar jelek pasti akhlaknya juga jelek.
Termasuk saya.
Saya menyadari akhlak saya masih buruk wak.
astaghfirullaah..
Udah ah,ga mau ngumpat komentator lagi…

Thanks a lot wak haji🙂

31. jaelan.. - 28 February, 2014

artikel khusus dihari jumat….. biasakan kang.

32. Bayi Kawak - 28 February, 2014

bahan khotbah bagus nih. hehe

33. rizkiyupz - 28 February, 2014

Jumat depan sebelum jumatan ditunggu ilmu yg lainnya kang..

34. sejutaumat - 28 February, 2014

itu betoel adanya kang

jadi terinspirasi waktu pernah hampir nyerempet pengamen jalanan yang dari sisi zahir terlihat pakaiannya awut-awutan, rambut gondrong, tapi begitu hampir keserempet motor ane eh dia secara “responsif” berucap “Astaghfirullah!”

Luar biasa kejadian itu bener-bener bikin ane tersedarkan, memang betul bahwa untuk bisa seperti itu harus “dibiasakan” mengucapkan kalimat-kalimat baik (zikir)

35. hos - 28 February, 2014

terima kasih bagi2 ilmunya wak haji,

36. kuclux - 28 February, 2014

waduh….
panas………..
panas………..

37. fb wong deso - 28 February, 2014

kali ini yg koment sadar semua wak haji. .
Suasanay jd kekeluargaan s.e.s.u.a.t.u bgt
tp. .sekarang? Ntar klo ada artikel fbh,fbhy,fbk,fbs,dan fb2.
Ga tau nih?
Cm usul, ,gmna klo stiap nulis artikel terakhiry dikasih kata2 mutiara atau apalah. . ,ben yg koment jd sejuk hatiy

38. fb wong deso - 28 February, 2014

oh ya. .tambahan.
Katanya org yg rajin solat jumat itu jd keliatan gantheng orgnya.
Jere wong tua.

39. romanza - 28 February, 2014

bener bang Taufik, salah satu cara mengukur sifat natural kita adalah dengan melakukan tindakan dengan spontan baik perbuatan maupun ucapan

40. ilmu pengetahuan umum - 28 February, 2014

Kayakx bahas 1 hadist tiap jum’at bagus kang…..

41. cicak kreatip.com - 28 February, 2014
42. peyek - 28 February, 2014

copas wak haji
…beristifghfar buat yang muslim.

Nulisnya kelebihan huruf ” f ”
matur suwon artikelnya buagus.

43. motor rider - 28 February, 2014

alhamdulillah

44. siadisoft - 28 February, 2014

Alhamdulillah. Adeeem.

45. KomMotor - 28 February, 2014

Tulisannya meresap, tapi susah banget dipraktekinnya nih.
Tetep berusaha ah.. Semangat…!!

46. archan - 28 February, 2014

intinya always keep positive thinking yo..

47. paijo - 28 February, 2014

alhamdulillah jos wak haji..bahan koreksi diri ane pokoke nyimak

48. potretbikers - 28 February, 2014

Asyikk, edisi Jum’at siang….🙂

49. rims - 28 February, 2014

Alhamdulillah, sejuk sekali bacanya pak haji, mdh2an dalm 1 minggu minimal 1x ada artikel sprti ini,
Jujur kalo d jalan emng lebih sering ngeluarin A,B,C,D klo ada pengguna jalan lain yang bermanufer mandadak or geber2 g karuan, baru setelahnya istigfar,

Makasih pak haji buat artikelnya mudah2an akhlak kita semua semakin hari semakin baik, Aminn

“Hargai pengguna Jalan lain di jalanan umum, utamakan keselamatan”

50. YOSH! - 28 February, 2014

Ini baru namanya pak haji… hehehe…

51. dalank - 28 February, 2014

Jd makin ngefans ama kang Taufik…

52. irfan_b - 28 February, 2014

Kalo ana tergantung mood kang aji. Kalo mood lagi oke/normal, disalip biker seruntulan mungkin masi bisa sabar, istighfar, ato mungkin berpikiran baek aja macem yang dicontohin. Tapi kalo mood lagi kaco, ada biker alay sruntulan cari masalah, masi sabar juga. Cuma nenangin dirinya lebih kearah “ngedoain” yang aga ga bener, macem : “udah deh Irfan, nanti biker macem gitu bakal kena seleksi alam sendiri” wkwkwkw

53. Mas Odi - 28 February, 2014

Betul kang. Reaksi cepat. Ahlak seseorang ketahuan juga kalo di depan istri sendiri😀

Kasihan, kebeletnya di tengah jalan. Biar deh kita disalip, disuruh minggir lah. Biar, siapa tau istrinya mendadak hamil juga😀

54. dave - 28 February, 2014

sip2

55. dekisugi - 28 February, 2014

perilaku biker di jalan mencerminkan ahlaknya…. saya suka tulisan ini…

56. imanuel_khan - 28 February, 2014

Saya sangat setuju sekali. Tapi ada satu yg mohon saya dikasih pencerahan jika saya salah. Pada paragraf: “respons cepat di atas terutama yang baik baik, nggak bisa di sengaja dilatih . . . itu semua keluar dari hati . . . kalau hatinya (QALBU) bagus maka, respons bagus akan keluar secara alamiah dan sebaliknya”. Saya sendiri meyakini bahwa semua hal itu musti dilatih termasuk akhlak. Bukankah ketika kita sholat, puasa, bisa kita maknai sebagai melatih diri untuk selalu (secara terus menerus) ingat dan berserah padaNya? Qalbu secara alamiah (fitrah) dlm keadaan bagus dan terjaga (hati nurani). Seiring proses pendewasaan diri kita dihadapkan pada hasrat yg secara alamiah memang cenderung menghalalkan segala cara. Disinilah perlunya melatih diri untuk mengendalikan hasrat dengan qolbu yg dari sonoNya memang baik. Di dunia sufi jawa ada istilah “tirakat” atau “lakon”. Dalam konteks inilah mungkin bisa kita pahami. Pendek kata Qalbu / hati nurani secara niscaya adalah baik karna inilah modal dasar moralitas manusia. Tindakan baik harus dilatih termasuk respon cepat terhadap tindakan baik. Nuwun Pak Haji mohon maaf kalo salah n kepanjangan.

57. Abi Nugroho - 28 February, 2014

BAROKALLAHUMMAFIKUM

58. ex tigi rider - 28 February, 2014

suasana hati dan lingkungan kadang mempengaruhi akhlak kita…

59. ipanase - 28 February, 2014
60. tole - 28 February, 2014

subhanalloh…alhamdulillah..Allohu Akbar!!!

61. TiCtAc - 1 March, 2014

jozz

62. @buf@thim@ - 3 March, 2014

bismillah,
artikel yg ringan dan mudah ‘dikunyah-2’, semoga kita semua bisa istiqomah…amiin.
http://www.konsultasisyariah.com/makna-akhlak-yang-baik/


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: