jump to navigation

Soket Power Pada New Honda Supra X 125 FI . . . All You Need To Know ( termasuk Video test nya ) 3 March, 2014

Posted by Taufik in Honda.
Tags: , ,
trackback

460x110rev_feb21

uk460x110feb

powerUotlet#4

Bro sekalian, pada ahad kemarin di acara riding experience Honda Supra X 125 salah satu tujuan yang mau tmcblog lakukan adalah mencoba secara langsung Soket Power yang menjadi fitur baru pada New Honda SUpra X 125 FI. Beberapa pertanyaan mengenai Soket Power ini berdasarkan penggalangan Pertanyaan Pengunjung tmcblog sudah pula TMCblog tanyakan kepada ahm yang diwakili oleh bapak Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM) . Berikut hasil tanya jawabnya . .

banner-440x100

banner-460feb14

TMCBlog : Spesifikasi dari Power Outlet ini apa mas?

Endro Sutarno : Seperti terlihat dan terbaca di portnya sendiri Maksimum bebannya 12 W dengan tegangan 12 V dan maksimum arus 1 Ampere. Biasa untuk Charge Ponsel ampere (arus) yang digunakan di bawah 1 A

TMCBlog : Apakah Arus dan tegangannya Aman ?

Endro Sutarno : Aman

TMCBlog :Apakah Arusnya Stabil?

Endro Sutarno : Ya stabil, ada Regulator dan kapasitornya

TMCBlog : Apakah Soket ini menggunakan Pembatas Arus ?

Endro Sutarno :  Ya Menggunakan Pembatas arus atau sikring 5 A

TMCBlog : Apakah di dalam Box bagasi ini tidak panas sehingga dapat merusak Gadget?

Endro Sutarno : Tidak, ini tidak seperti Skutik dimana di bawah mesin skutik langung mesin dan panas dari mesin skutik yang umumnya tidak terbuka kadang menghangatkan bagasi. tapi ini konstruksinya motor bebek dimana mesin tidak langsung di bawah bagasi dan konstruksi mesinnya lebih terbuka, jangan Khawatir

TMCBlog : Apakah AHM sudah mencoba soket power ini terlebih dahulu?

Endro Sutarno : Ya tentu kami telahmelakukan test pakai soket power ini beberapa lama sebelum launching

TMCBlog : Kenapa tidak menggunakan soket USB?

Endro Sutarno : Untuk sementara ini kami mau mencoba dulu suatu hal yang lebih general menggunakan soket power yang sudah umum digunakan dalam industri Otomotif, namun kedepan jka memang ada banyak masukkan mengenai hal ini  tidaklah menutup kemungkinan untuk jadi opsi pengembangan fitur Motor Honda kedepan.

TMCBlog : Apakah aman ketika ada jaket Hujan basah masuk ke dalam bagasi?

Endro Sutarno : aman, kan ada tutupnya, kecuali jika jaket basah dimasukkan saat ponsel di Charge . . . gak bagus untuk sistem kelistrikan dan ponselnya juga rentan karena ada air dari jaket hujan. Untuk Kelistrikan jangan khawatik, jika korslet (hubungan arus pendek) maka sikring akan putus terlebih dahulu, tidak akan mengganggu kelistrikan secara keseluruhan

powerUotlet#3

Terlihat dari spesifikasinya, arus yang dirilis memang nggak terlalu besar, namun pernah baca di suatu forum android  . .  sebaiknya gunakan charger yang mensuplai tidak lebih dari 70% kapasitas baterai, misal batre 1500 mAh, charger sebaiknya jangan lebih dari 1A, untuk amannya, 50%, jadi untuk batre 1500 mAh cukup pake carjer 0,7A Slow charge, baik untuk baterai, tapi lama, fast charge, bad for battery health, tapi cepat, jadi ambil tengah  . . . so 1 A cukup lah . . . Nah sekarang waktunya ngetest  . . . TMCBlog tidak membawa Charger Mobile ( Car Travel Charger) untuk Ponsel, namun tmcblog mencoba soket ini langsung ke RaceLogic Performance Box . . . Cekidot  videonya berikut

lnk ponsel

Terlihat memang saat mesin tidak dihidupkan, maka arus tidak mengalir ke soket tersebut, so kekhawatiran akan terus menerusnya gadget terbebani daat mesin mati yang bisa menyebabkan aki tekor bisa dilupakan . ..  sesaat saat kunci kontak masuk ke posisi On, maka aruspun mengalir dan diteruskan ke gadget, atau dalam hal ini diteruskan ke race Logic. Oh ya Pak endro menambahkan bahwa Supra X ini pun sudah dilengkapi dengan capasitor bank yang digunakan untuk menambah power/daya saay mekakukan Starter awal . . . Oke, silahkan dikunyah kunyah dan ditanyakan kalo masih ada yang nggak jelas . . . sukur sukur mas endro langsung membaca tulisan ini hehe  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. Ember Sowek - 3 March, 2014

teng tong

motoblast - 3 March, 2014

woohh cocok bagi anak alay yang hobinya smsan saat mengendarai motor..wkwkwk

http://motoblast.org/2014/03/03/modif-honda-verza-150-2014-kalo-gini-klop-gak-ya-masbro-he/

Tukang Ojek - 3 March, 2014

wow

Ferboes Richardson - 3 March, 2014
huma - 3 March, 2014

g mkn kali smsan sambil brkndara wong hp d bagasi kok!!! jd klo mnilai jngn ad tendensi apa2!!!!

lovemybike - 3 March, 2014

kalo mesin ga dijalanin berarti nyedot arus aki dong ya

http://lovemybike.wordpress.com/2014/03/02/valentino-rossi-rider-bermuka-dua/

Taufik - 3 March, 2014

iyah betul

@motoblast
kan ponsele di masukkan di box gak bisa sms-an dong kecuali pake kabel panjaaaang

surel - 3 March, 2014

klo cm 1A mending langsung USB

mrongos - 3 March, 2014

apa gak bhaya kalo ngecas hp dhdupkan, kan dket tangki bbm

hulssay - 3 March, 2014
tuxlin - 3 March, 2014
MENONE - 4 March, 2014

keren gan

atlantison - 5 March, 2014

ting ting,,, matic aja dah

LAnjutan cerbung ane kmrn gan, titip yak ^_^…makasih

http://atlantison.com/2014/03/05/standar-ganda-ini-ujian-matematika-kan-episode-2/#more-174

2. gaaralovers - 3 March, 2014

Mantap!

monkeymotoblog - 3 March, 2014
lekdjie mumet-ndhase.com - 3 March, 2014
3. exobar - 3 March, 2014

Supri…maneh

edi - 3 March, 2014

Dapet soket / colokan cigarette lighter to USBnya nggak?

4. ipanase - 3 March, 2014
5. orong-orong - 3 March, 2014

keren

orong-orong - 3 March, 2014
6. ipanase - 3 March, 2014

jadi ngechargenya ndak bisa saat mesin mati ya, waw

Taufik - 3 March, 2014

Yes . . . . .as you can watch on the Video

ipanase - 3 March, 2014

waah belum bisa buffering ntar ah,,, tapi kalau di pakai apa nggak gemblodak yak

Kobayogas - 3 March, 2014

kunci wajib di ON kalau mau… kata pak siapa ya lupa wakakaka
tapi gak rekomen…

http://kobayogas.com/2014/03/02/full-review-official-test-ride-honda-new-supra-x-125-fi-bersama-blogger-dan-ahm/

7. bead revoist - 3 March, 2014

perasaan sy dibagasi motor bebek atw metik tuh panas..apa iya aman

scnk - 3 March, 2014

Ntu di atas dah di jawab..segala sesuatunya telah di perhitungkan bero

8. Maniak Motor - 3 March, 2014

Josss

9. fb wong deso - 3 March, 2014

ke 4

10. Kian - 3 March, 2014

kereeeeeen . . .

11. kalel - 3 March, 2014

Wuiik

12. vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 3 March, 2014

Nice inpo😀

13. Donny Prabowo - 3 March, 2014

makasih kang buat penjelasan atas pertanyaan kemarin..

Taufik - 3 March, 2014

oke sip

14. .manguddien - 3 March, 2014

makin keren nih

15. fb wong deso - 3 March, 2014

bisa buat penerangan ga yahh. Mksudy saat mati lampu.(lmpu yg dah diksh kabel truz disambung ke motor gtu)
Lumayan klo mati lampu dirumah.
Tinggal nyalain motor(bremm.brem) nyala deh.
Kan ngirit ga sah beli ganset

Taufik - 3 March, 2014

bisa asal sesuai spesifikasi dari output listrik yang keluar dari soket tersebut bro . . .

bikerlover250 - 3 March, 2014

beli genset yamah* aja bro

Andieianto - 3 March, 2014

Lah, bukanya motor ada lampu? Saran saya matilampu jangan nyalain motor. Tar bisa keracunan gas co apa lagi saat ruangan tertutup

fb wong deso - 3 March, 2014

thnks. .inponya wak hji

andi@ lampu motor beda ma lampu neon ,kurang nyebar.

plorot - 3 March, 2014

tambahin aja inverter 220volt udah bisa jadi genset silent lagi.., karena bagasi gede.. ganti aki pake aki mobil yg lebih gede lagi.. jos gandos tuh.. cocok buat daerah yg sering mati lampu…….

edi - 3 March, 2014

Bahaya gas Karbon monoksida, sama kasian mesin motor jadi overheat.

16. bikerkampung86 - 3 March, 2014

supri ane besok mau dibuat gtu juga aaah…..

17. Nubigan - 3 March, 2014

baru kali pertama denger suaranya wak haji, suaranya keliatan kayak abg,. heuheuheuhue😀

Taufik - 3 March, 2014

wkwkwkwkwk😀

dave - 3 March, 2014

kedengeran ky suara abg kale bro..
suara masa keliatan? :p
btw mustinya kemaren itu nonton bukan 4 mata..
kan ada mas taufik adu argumen ma tukul,,
cm emang suara mas taufik waktu itu kurang lantang,, hehe

18. gendhon - 3 March, 2014

Oh gitu mekanismenya

19. penggemarmotor - 3 March, 2014

wueh lengkap banget infonya oom

20. monkeymotoblog - 3 March, 2014

wah, kemaren lupa gak eksplor fitur itu kang, amanlah pokoknya ya, gak terlalu panas juga bagasinya
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/03/test-ride-honda-new-supra-x125-fi-biangnya-bebek-part-1/

21. ary - 3 March, 2014

Mantabs ..

22. Bintang Motor - 3 March, 2014

Kreatif !

23. Sanghyangasmara - 3 March, 2014

Smkin terjal jln BeCeny… hehe….

24. Dreadlock - 3 March, 2014

1A kalo buat ponsel high end macam note 3 apa Xperia Z2 butuh waktu 8 jam lebih buat full charge *pengalaman*

25. sugiyantokenz - 3 March, 2014

Manteb Power BANK Model Baru😀 namanya Supra X125

budi - 3 March, 2014

power bank 16 juta, beli power bank gratis motor

26. Tukang Ojek Anti cina - 3 March, 2014

MAXNYOSSSSSS

27. squatident - 3 March, 2014

boljug

28. acilz - 3 March, 2014

juozzz

29. tukang_gorengan - 3 March, 2014

powerbank berjalan hihihi…

30. Maskur - 3 March, 2014
31. Andieianto - 3 March, 2014

Tambahan wak, kalo mau cas, gunakan kabel ori aja, baik aksesoris tambahan maupun engak, itu ada pemutus dayanya, biasanya di ios. Kalo kabelnya ga ori ada peringatan

Kalo android biasanya yg ga kedeteksi di pc itu ga ori

Taufik - 3 March, 2014

makasih tambahannya mas bro

32. Roy (Sempak Operpret) - 3 March, 2014

mending pake USB deh…

33. Pritikiew - 3 March, 2014

kalo akinya tekor bisa tetep aman ngecharge ga?

34. dave - 3 March, 2014

btw ini supra pake kopling ga mas?

Taufik - 3 March, 2014

nggak bro

Petruk - 3 March, 2014

kalo ga pake kopling ga bisa jalan motornya😀
yg bener pake kopling otomatis / automatic clucth

Taufik - 3 March, 2014

ya betul , maksute semi automatic clutch

35. peyek - 3 March, 2014

teknologi n fitur honda memang sangat JEMPOLAN.
Yang laen gak bs ngikutin. Ngoahaha

36. peyek - 3 March, 2014

Wak HAJI, apa bener kata komentator diatas, wak haji hbs jadi bintang tamu BUKAN EMPAT MATA mas Tukul arwana?

Taufik - 3 March, 2014

bener dulu sama yamaha

rdy - 3 March, 2014

VALUE = Vega Ayu….wkwkwk

37. pulsar 135 - 3 March, 2014

ga faham ane ma kelistrikan…

38. MasterTarno - 3 March, 2014

kapasitor berfungsi ketika aki soak… karena sudah injeksi maka kapasitor bertugas mengisi arus ke fuel pump jadi ketika di kick stater mtr bisa nyala… entah mtr injeksi lain yg blm pake kapasitor bisa nyala ga ya walau diselah berkali kali….
*dibantu ya prok prok prok

motoralay - 3 March, 2014

Tarno yang ini baru smart…
nggak spt yang satunya..

kwek kwek kwek

39. ripcord - 3 March, 2014

Jadi ada ide.. Kenapa ga sekalian aja bagasi motornya dikasi lampu. Jadi saat malam2 misal diparkiran, mo buka bagasi motor, lampu bagasi langsung nyala, menerangi bagasi (kayak model lampu interior mobil). Jadi bisa membantu penerangan bagasi pas malam hari.

Lampunya ga usah gede2.. cukup led bening aja 1-2 biji, 1-2 watt..
Jadi masih awet di Aki..😀

Taufik - 3 March, 2014

bisa jadi manteb nih idenya

Eiscell - 3 March, 2014

prototype lampu bagasi dah dibikin
mampir saja ke http://injeksirodadua.blogspot.com

prototype charger hp di hsx juga ada🙂

T-166-ER - 3 March, 2014

gmana bisa nyala kontaknya bwt buka jok..?
pengalaman yg suka gelap-gelapan..

40. yurry1 - 3 March, 2014

Lumayan lengkap bahasannya utk fitur baru…
Jadi tergiur.
Hahay…

41. nivikoko - 3 March, 2014
42. fb wong deso - 3 March, 2014

mp3 nya keliwatan nih..
Lbh aman berkendara ada mp3 nya,,anti ngantuk,anti bengong

43. doyokcaem - 3 March, 2014

mantab., terobosan terbaru dari ahm semoga kompetitor bnyak yang menirunya

44. afan - 3 March, 2014

ga praktis, krn skrg jamannya powerbank. nah, power outlet di hsx125 ini malah lebih praktis utk nge cas powerbank😀 anggap saja ke kantor 1 jam, lumayan buat nambah “isi” powerbank

Kobayogas - 3 March, 2014

Nah … tuh jos pendapatnya, intinya buat gadget, P-Bank kan termasuk gadget, tapi gak semua punya P-Bank toh? Masih banyakan yang punya HP hehehe

http://kobayogas.com/2014/03/02/full-review-official-test-ride-honda-new-supra-x-125-fi-bersama-blogger-dan-ahm/

edi - 3 March, 2014

Buat bikin audio motorcycle aja bos, setel musik dangdutan.

45. masgen - 3 March, 2014

fitur sederhana tp sangat dibutuhkan buat gadget mania..

46. paperiders - 3 March, 2014

kunci harus on dulu lek biar ada arus ngecharge? atau dalam keadaan mati bisa ngecharge (kunci di lepas)..
Pas di buat jalan apa dalam keadaan diam saja bisa ngecharge nya?

47. Marquezisasi - 3 March, 2014

Oya mas Taufik of BuitenZorg, apakah Supra X ini sebagai pioneer ? Nah abis itu kan ada New Blade 125, lalu Update New Vario, dll apakah juga mulai diberlakukan soket charger ini di dalam bagaisinya ? Oke kalo skutik kan langsung bawah bagasi mesinnya, nah kalo New Blade gimana ? Makasih mas Taufik.

Taufik - 3 March, 2014

saya udah nanya ke AHM . .. tapi ya namanya juga next new Product . . . jawaban AHM pasti “tunggu tanggal mainnya”😀

Marquezisasi - 3 March, 2014

Hahaha sangat tertutup ya AHM. Tapi ini sudah langkah awal yg bagus menyematkan feature soket charger. Makasih infonya mas Taufik.

48. NuKasev - 3 March, 2014

berarti engkol gak mubazir Kang Haji?

49. monkeymotoblog - 3 March, 2014
50. sosi - 3 March, 2014

mantap..honda emang plg tau kebutuhan konsumen..

51. Rudy SouL - 3 March, 2014
Taufik - 3 March, 2014

kalo jawabannya disinyalir . . bisa jadi mas

52. Eiscell - 3 March, 2014

ooo pake power soket thooo…
kiraiin pake usb…
power soketnya dikasih apa dijual terpisah ya?

T-166-ER - 3 March, 2014

banyak di toko bro..

53. Cah Ndeso - 3 March, 2014

pertanyaanku belum terjawab…

Taufik - 3 March, 2014

kalo pertanyaan non soket nanti ada artikel khusus mas bro

54. at0zz - 3 March, 2014

nunggu diganti pake port usb or ahm kasi gratis konektornya, hehehe

http://at0zz.wordpress.com/2014/03/03/new-honda-supra-x-125-pgm-fi/#comment-881

55. T-166-ER - 3 March, 2014

asli keren..wak haji urun rempug…gt dong kang..ada yg coment bales..jadi hangat seperti keluarga…terkadang ada jg pengunjung yg blm ngerti dari maksud wak haji..(bagi yg gaptek)

hgt - 3 March, 2014

Tergantung waktunya jg,
ga mungkin Pak Taufik standby depan komputer terus buat balas komentar…

hehe,

pengunjung warung yang lain jg boleh ikut urun rembug

Taufik - 3 March, 2014

haha iyah mohon maap tergantung waktu, maklum belum jadi blogger full time kayak iwan

T-166-ER - 3 March, 2014

good lah moga blognya tmbah
maju wakhaji ane doain..
beda blog beda karakter beda
gaya penulisan..
maaf y wakhaji gak ada maksud
biar coment ane di replay tpi
jujur kata hati..ibarat negara gak
ada rakyaknya…sepi..

56. setia1heri - 3 March, 2014
57. MasterTarno - 3 March, 2014

sy mah nungguin pengganti tiger nih… blm ada kabar ya kang haji???

Taufik - 3 March, 2014

ada 2015

58. fb wong deso - 3 March, 2014

inpo tes motogp nya donk.
Kan dah mulai diphilip islan

59. NaLakTak@By - 3 March, 2014

Kang Taufik kalah Elmu. Wkwkwkwkkkk!!!!

60. ♥♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♥ ( utusan iwata ) - 3 March, 2014

kalo di tancepin magic com bisa gak ,?

buat nanak nasi ,?

😀

Taufik - 3 March, 2014

lihat saja speknya masuk nggak ?
Maksimum bebannya 12 W dengan tegangan 12 V dan maksimum arus 1 Ampere

61. BC-Mania - 3 March, 2014

Keren ya, lumayan bisa antisipasi lowbatt pada smartphone yg rata2 boros batre..

62. N.N. Shtuchkin - 3 March, 2014

Hebat bisa cas hp
http://tiktok-net.blogspot.com

63. RPMspeed - 3 March, 2014
64. fb wong deso - 3 March, 2014

inpo. inpo. . Motogp nya nih . Update

65. dekisugi - 3 March, 2014

overcharge + overheat. gak rekomen cas hp dalam tempat tertutup macam bawah jok.

66. rdy - 3 March, 2014

walah motor ane juga bisa
tinggal di plester powerbank tempelin ke bagasi jadi…xixi
motor tvs dah aplikasi nih cas hp di motor
fitur biasa aja gak ada yg wah

67. agil - 3 March, 2014

bagi saya sangat membantu sekali nih fiturnya, semoga di semua model speda motor apapun mrk motornya bisa mengaplikasikan fitur yg seperti ini.

68. Redribbon Army - 3 March, 2014
69. T-166-ER - 3 March, 2014

good lah moga blognya tmbah maju wakhaji ane doain..
beda blog beda karakter beda gaya penulisan..
maaf y wakhaji gak ada maksud biar coment ane di replay tpi jujur kata hati..ibarat negara gak ada rakyaknya…sepi..

T-166-ER - 3 March, 2014

kenapa nongolnya dimari..

70. bakul akek - 3 March, 2014

wawww… sangat fungsional sekali berohhh.pengalaman touring/jln jauh hape mati,
bisa nge charge powerbank jg ya bang taufik?

71. nivikoko - 3 March, 2014

wak itu kalo motor nyala kemudian buat carger hp apa nggak mempengaruhi aliran listrik di lain part? kemudian apakah semakin kita betot gas apakah kondisi suplay listrik ke hp berubah artinya makin besar/kecil arus listriknya:mrgreen: ? kemudian jika aki udah mulai tekor apa recommended buat charger hp, secara kan suplay listriknya udah mulai kecil ampernya? apa pengaruhnya di batre ponsel jika sering di charge menggunakan inovasi dari new supra x ni, apakah sama saja dengan menggunakan listrik biasa atau berbeda?
:mrgreen:

http://nivikoko.wordpress.com/2014/03/03/garasi-rumah-ketambahan-vario-techno-tahun-2011-nyaman-nda/

Taufik - 3 March, 2014

sudah ditulis diatas . . . ada regulatornya mas broo

nivikoko - 3 March, 2014

hehehe yupss ding… cuman apakah sudah di trial n eror long therm hingga capability-nya bagus wakk:mrgreen: fitur ini sangat bijak di tempelin di seluruh motor.. kalo bisa improbve nya model USB wakk… juwossss😀

72. zhoexyno - 3 March, 2014

mantap nih inovasi…..di bebek…emang lebih dulu TVS

73. Bikerz - 3 March, 2014

Yang lain semakin jauh ketinggalan …

74. ari - 3 March, 2014

joss nih

75. anggiwirza - 3 March, 2014

penasaran sama jeroan chargernya. btw kenapa gak dapet bonggol chargernya ya biar langsung masukin ke kabel usb?

76. edi - 3 March, 2014
77. cahyadip - 3 March, 2014

Sama baru dengar suara wak haji, seperti suara Anang he he

78. Kelvin - 3 March, 2014

Follow yuk akun twitter @Otomotif_Motor / https://twitter.com/Otomotif_Motor kita sharing aja, ada info” motor terbaru jg loh !

79. TiCtAc - 4 March, 2014

sip, berarti sesuai klaimnya >> gk hanya niru dari tvs
beberapa hal lain jg uda di persiapkan,.
smg pabrikan lain juga menambah nilai fungsional produknya,.
bukan Fans Boy <<

80. Pengunjung TMCBlog Bertanya – AHM Menjawab . . . Tentang New Honda Supra X 125 FI | tmcblog.com - 4 March, 2014

[…] Asal kunci kontak On, maka arus akan ngalir Via Charger mas bro, cmiiw . . . monggo simak disini […]

81. wawa - 4 March, 2014

koq gak ditaruh di luar ya kang kayak TVS, kl ada telpon masuk cuma bs bikin geter2 ajib aja nih… mau dikasi headset jg kurang panjang


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: