jump to navigation

Pengunjung TMCBlog Bertanya – AHM Menjawab . . . Tentang New Honda Supra X 125 FI 4 March, 2014

Posted by Taufik in Honda.
Tags: , , , , , ,
trackback

460x110rev_feb21

uk460x110feb

supraX_2

Bro Sekalian, Via Artikel ini tmcblog mau menyelesaikan beberapa amanah berupa pertanyaan yang telah mas bro semua sampaikan Via artikel penggalangan pertanyaan mengenai Honda SUpra X 125 FI . . . tmcblog tulis beberapa, karena nggak semua prtanyaan bisa di tanyakan . . . Namun mudah mudahan beberapa jawaban ini bisa menjawab keingin tahunan mas bro semua . . . Oh ya yang menjawab pertanyaan yang kebanyakan berkutat dengan masalah teknis adalah mas Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM) selain itu ada pertanyaan yang berdasarkan experience tmcblog terhadap motor ini  . . cekidot

banner-440x100

banner-460feb14

rezaholic – Maret 1, 2014 [Edit]     titip pertanyaan, top speed gigi 2 masih 90 kmh, kayak yang karbu ngga pak haji?

wow, apa iya gear 2 sampai 90 kpj . . . kalo di HSX 125 FI yang baru gear dua sampai limiter berkisar di 60-an km/jam

supraX

nafirakhmad – Maret 1, 2014 [Edit]     material plastiknya gimana bang, ntar gak usah tanya ahm, langsung diketok2 aja bang…

siap ini tmcblog ketokin khusus buat mas bro, silah di analisa sendiri yaaa

kemalkautsar – Maret 1, 2014 [Edit]   ngecasnya pas riding aja atau ditinggal parkir juga bisa ngecas pak haji?

Asal kunci kontak On, maka arus akan ngalir Via Charger mas bro, cmiiw . . . monggo simak disini

aselole – Maret 1, 2014 [Edit]    Teknologi injeksi yang skrg sama supra injeksi dlu apa bednya wa haji???   Soalnya saya pnya supra injeksi … :d

Supra Injeksi (Susi ) yang dulu Injeksinya Step 2 sedangkan Yang baru ini step 5 . . . perbedaannya ckup signifikan berupa ukuran ecu dan kelengkapan sensor sensornya mas bro

rikoajah – Maret 1, 2014 [Edit]     sya mw nanya wak   apa nanti smw mtr honda pake charger hp.?

AHM nggak mau menjawab mas bro, soale menyangkut strategy new product katanya

powerUotlet#4

 terjadi galat – Maret 1, 2014 [Edit]    Kl jalan atau bermacet ria apa ga panas bagasinya? Bikin hp/gadget rusak dong.  *pernah taro netbook di bagasi beat, alhamdulillah lsg dirawat inap ke service center netbooknya.

Bisa baca disini mas bro, menurut ahm aman karena ini konstruksi bebek beda sama skutik

HSX_125_FI_0001 (2)

Thurston River – Maret 1, 2014 [Edit]    Bang Taufik, coba test rem depan, soalnya di Supra sebelumnya rem depan banyak yg ngeluh licin n dikecepatan tinggi motor berasa melayang.   Test handling , bang katanya pake sasis baru.

pengereman perasaan saya beda, lebih pakem karena kalipernya beda pake satu piston tapi segede jengkol. Lalu Soal handling, mirip Honda Blade yang sekarang . ..

budi – Maret 1, 2014 [Edit]

wak haji titip tnya yaa🙂
1. knapa rem depan jadi pistonggal dan disc break datar?
2. knapa speedo gak digital lagi?
3. knapa boncenger blom gantung?
4. knapa kabel speedo jadi di depan lg?
5. knapa shock blakang jadi pendek kyak revo?

Menurut riset internal AHM , tenyata konsumen membutuhkan fitur tambahan tapi dengan cost harga yang tidak terlalu membebani sehingga terjadilah ada semacam subsidi silang cost untuk penambahan fitur lain seperti led dan soket charger, jadi bebarapa part yang sepertinya akan menurut tingkat ke hi tech-annya seperti kabel speedo lebih ditekan costnya karena hal ini.

HSX_125_FI_0004 (2)

mas4ri – Maret 1, 2014 [Edit] boleh ikut nambahin juga ya, apa boleh isi bensin premium coz kompresi nya masih 9,3 : 1 dan ada efeknya nda

Masih Boleh mas bro kata AHM

ripcord – Maret 1, 2014 [Edit]

1. Injeksinya udah generasi ke berapa?
2. Sudah pake capasitor bank untuk cadangan listrik ke ECU dan FI?
3. Selain injeksi, pengembangan jeroan mesin yg laen apa ya?

Generasi kelima, sudah pake capasitor bank, jeroan sama banget sama Supra X helm In, perbedaan power dikarenakan perubahan gear dan perbedan detail piston

46sukses.com – Maret 1, 2014 [Edit]

Titip=Sama yg karbu untuk di tekak tekuk enakkan mana?

IMHO, enakan iniuntuk ditekuk , mirip Blade

zzzz – Maret 1, 2014 [Edit] 1…ada stand hp nya gak di box nya???antisisapi goncangan..saat cas gadget hp dll…

Gak ada mas bro

HSX_125_FI_0008

ocecoco – Maret 1, 2014 [Edit] knp knalpotnya gak kaya hsx karbu yg silencernya full chrome… apakah utk menekan harga biar murah ?

AHM menjelaskan bukan penekanan harga namun lebih ke subsidi silang dengan fitur tambahan

afan – Maret 1, 2014 [Edit] kenapa pake manual lagi odometernya dan fuel meternya?

subsidi silang cost dengan fitur  baru mas bro

oji bin ojek – Maret 1, 2014 [Edit] …satu lagi bang haji…klo ad trabel pada perangkat cas hp trus konsletni ceritanya…pengaman sikring bin fuse itu dipisah ap digabung dengan sistem kelistrikan lainnya.. haturnuhun

Ya ada sikring nya mas bro 5A, baca di sini ada

powerUotlet#3

jijil – Maret 1, 2014 [Edit] tanya wak, apa t4 charger ga korslet klo semisal kita taroh mantol yg basah baik tutup charger tertutup maupun terbuka

kalo tertutup tidak, kalo terbuka bisa jadi, tapi kalau korslet, ada sikringnya yang akan memutus arus

 areif – Maret 1, 2014 [Edit] klo bagasiny gmna? Kapasitas brp liter? Stoplamp led ny compatible ga ma supra slim ver. Sebelumny tnpa mrubah dudukan?

bagasi, nggak masuk helm stoplamp LED nggak Compatible maksute PnP Dengan Supra lama

 jongos – Maret 1, 2014 [Edit] nitip pakDhe klo dp 2 juta cicilan 23 bulan berapa jatuhnya…

Silahkan tanya sama dealer ya😀

isal – Maret 1, 2014 [Edit] Nitip kang haji soal kualitas bodi plastiknya dan catnya gmn? Apakah sudah ada peningkatan? Trus sparepartnya jgn mahal2 donk. Oya, knp spidomtrnya berubah jadi full analog semua?

Kualitas Cat saya nggak bisa ngomong, biar waktu yang membuktikan, soal kualitas body plastik, ada vdeonya diatas . . . spido jadi analog spertinya ada subsidi cost dengan fitur lain

malikmal – Maret 1, 2014 [Edit]    Tameng depan (tempat sein) bisa diaplikasikan ke Supri X 125 yg sebelumnya ndak?

Nggak bisa Plug and Play, ada perlu modifikasi stay (bracket)

Cah Ndeso – Maret 1, 2014 [Edit]

kang haji nitip pertanyaan :

1. bagaimana dengan sektor mesin apakah mengambil basis supra x 125 karbu atau helm in? krn perbedaan ke 2 mesin tersebut kl gk salah penggunaan rantai keteng. (utk supra x 125 karbu rantai keteng awet banget)

2. penggunaan kabel gas apakah sudah push pull? krn penyakit kabel gas nyangkut saat kehujanan sering dialami dan apabila sdh push pull apakah bisa diaplikasikan untuk supra x 125 karbu?

sekian saja terima kasih.

1. Basis Supra X helm In FI, perbedaan di gear dan detail piston (mengenai detailnya saya belom lihat)

2. Push pull yap . . . pengaplikasian ke supra Karbu butuh modifikasi di tarikan throttle

classiclover – Maret 1, 2014 [Edit] btw, kenapa motor sekarang pada nggak pakai tutup rantai ? kadang ngeri ngeliat pakaian wanita yang hampir masuk rantai – gir…

saya lupa nanya yang ini mas bro, maap yaa

HSX_125_FI_0058

dodol – Maret 1, 2014 [Edit] Bentuk chargernya gmn tuh wak haji?mirip dimobil ato sudah usb charger?trus akinya ga gampang soak tuh,sekarang ampere batrei henpon sudah tinggi2,apalagi yg dobel power

kayak dimobil persis, kata AHM sih sudah diuji dan tidak membuat aki soak, lagi pula pemakaian dibatasi sampai beban 1 A saja kata AHM

kura kura ninja – Maret 1, 2014 [Edit] Cuaca panas, macett..mesin yg panass…apa itu tidak merusak elektronik jika didalam bagasi?

Kata AHM Aman mas bro🙂

koplakers – Maret 1, 2014 [Edit] kenapa swing arm new supra spoke gepeng old teknologi c100 kuno gak kotak kaya versi cw ?

alasan cost mas bro😉

Ananda Putra Nugraha – Maret 1, 2014 [Edit]

1.apakah Honda supra x 125 bisa ngecas phablet minimal 6 inchi atau tablet minimal samsung atau ipad???

2.cas handphone dengan ukuran yang besar akan mengurangi intensitas listrik apakah anggapan itu ada di honda supra x yang terbaru ini???

1. 6 inchi masuk mas bro

2 yang penting sesuai dengan spesifkasi chargernya mas bro 12V, 12W, 1A

bukan pengguna HSX – Maret 1, 2014 [Edit] part apa yang bisa di substitusi ke HSX lama. dah itu aja

kalo maksud bro Plug and Play . . . paling cuma ban doang😀 sueer semuanya new dalam artian jika body mau dipake di HSX lama perlu modifikasi more and less. IMHO

anggiwirza – Maret 1, 2014 [Edit] 1. apakah charger supra 125 ini dijual bebas?
2. yang paling diunggulin di supra baru ini apa? apa cuman bisa ngecharge aja?

  1. Sebagai sparepart mungkin mas bro beli bebas di AHASS,

  2. powe rnambah, sasis mirip blade

89. Cinklay – Maret 1, 2014 [Edit] Wak haji nambah dong, pengencang ketengnya pake roll apa berupa bilah ?

lupa lihat saya, pokoke mirip Supra x 125 helm in FI

Oke mohon maaf belom bisa memuaskan semua, namun ini udah maksimal banget😀 . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. gaaralovers - 4 March, 2014

Sip!

hulssay - 4 March, 2014
rezaholic - 4 March, 2014

wah.. jadi 60… limiternya lebih rendah atau speedometernya yang semakin akurat ya pak??

Bagaimana perusahaan otomotif meningkatkan keuntungan?😀
http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/04/bagaimana-perusahaan-otomotif-meningkatkan-laba/

2. ruri - 4 March, 2014

jozzzz

extenderjilq.com - 4 March, 2014

ok juga…

motoblast - 4 March, 2014
3. dexter - 4 March, 2014

Jozz

4. iwe indrawibowo - 4 March, 2014

pertamax

5. gaaralovers - 4 March, 2014

Jos!

6. gaaralovers - 4 March, 2014

Mantap!

7. sodiqcho - 4 March, 2014

Sy komentar

8. ipanase - 4 March, 2014
9. orong-orong - 4 March, 2014
10. Mase - 4 March, 2014

masih sepi

11. exobar - 4 March, 2014

malu bertanya sesat di jalan….banyak bertanya malu”in….

12. Dian - 4 March, 2014

komplit uy😀

13. surel - 4 March, 2014

jwabane aman kabeh

14. surel - 4 March, 2014

kalo gaman bisa dibredel neh artikel😆

Taufik - 4 March, 2014

subhanallah

15. Lombok botol - 4 March, 2014

1😀

16. Maniak Motor - 4 March, 2014

Josss

17. rian - 4 March, 2014

rem cakram belakang old supra ga ada pakem2xnya…helm in pakem banget cakram belakangnya..semoga serupa dengan helm in cakram belakangnya..

18. Kobayogas - 4 March, 2014
19. dadot - 4 March, 2014
20. zzzz - 4 March, 2014

rezaholic – Maret 1, 2014 [Edit]
titip pertanyaan, top speed gigi 2
masih 90 kmh, kayak yang karbu
ngga pak haji?

wow, apa iya gear 2 sampai 90
kpj . . . kalo di HSX 125 FI yang baru
gear dua sampai limiter berkisar di
60-an km/jam

iya bener..ane dulu punya nyang 2005 … cuma gak ampe limit ane coba sampe 80kpj kang kalo top speed 120kpj mentok tok..///

mungkin sekarang dibuat lebih safety x yaaa ma AHM…

Taufik - 4 March, 2014

iyah berarti kenceng banget yaa ediiyaann

Roy (Sempak Operpret) - 4 March, 2014

bukan…
spido nya beda makanya tampilnya beda. 90kpj di supra x mungkin realnya cuma 60 an, lha wong top speed 120kpj real nya cuma 98kpj an…
😉

k14 - 4 March, 2014

ngakak waelah bebek 2 tak ja gak sanggup gi2 2 pe 90kpj

OOO - 4 March, 2014

iya 90kpj speedo ngibul, realnya cuma 60kpj doank😆

21. wisnu3ds - 4 March, 2014

ciamik laaah….dah lumayan menjawab semua kok wak haji…berarti mang buat velue nya cost down menggantikan fitur yang laen…smarth startegyc deh…..mudah2an…gak cost down material besi aja…..

Taufik - 4 March, 2014

ya menurut ahm memang itu, menurut ahm yang penting fitur tetep ada, cuma hi technya berkurang . . . diganti ke penambahan fitur

wisnu3ds - 4 March, 2014

yup setuju kalo sekedar gimick boleh digantikan….kualitasplastik boleh dikurangin asal material besi sebagai pilar dari motor…istilahnya manusia mah tulangnya kudu “ajib”

cendol_ireng - 4 March, 2014

masih sanksi sama catnya…soalnya aku punya revo 2010, cat di sudut bodi sudah keliatan cat dasarnya…shock depan juga..sparepartsnya ternyata juga lebih mahal..soalnya saya juga punya bebek suzuki..

wisnu3ds - 5 March, 2014

oooh…catnya juga ampir semua merk sama kok masbro….

22. nivikoko - 4 March, 2014
23. azra - 4 March, 2014

Mau nanya masalah injeksi nya wak haji…

Kalo Supra Injeksi yg pertama kan step 2 ya kalo ga salah…

Supra Helm In FI step 4, katanya fuel filter bs diganti terpisah…

Nah kalo Supra FI slim ini step 5, perbedaan di komponen injeksinya apa aja wak?
Trus yg slim ini close loop (+ O2 sensor) juga? Detil sensor sm persis seperti Supra Injeksi ndut?

Makasih🙂

Masih nungguin Vario 110 FI😦

24. buncir - 4 March, 2014

Modif spidonya biar digital😀

25. 0yoo - 4 March, 2014

lubang chargernya sm spt dimobil ga bang? misal dipasangin pematik api spt dimobil bisa masuk g?

26. at0zz - 4 March, 2014
27. boerhunt - 4 March, 2014
28. budi - 4 March, 2014

makasih wak haji udah di jwab..hehe
di tggu hasil feel ridingnya..haha

29. Cinklay - 4 March, 2014

Wah makasih ya wak, nggak jadi dah beli motor ini, kalau ketengnya nggak awet, ntar jadi kayak artikel ini dah

http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/22/346226/207/27/Usir-Berisik-di-Mesin-Supra-X125-Helm-in-Cek-Keteng-dan-Guide-nya

30. lovemybike - 4 March, 2014
31. peyek - 4 March, 2014

terjadi galat – Maret 1, 2014 [Edit] Kl jalan atau bermacet ria apa ga panas
bagasinya? Bikin hp/gadget rusak dong.
*pernah taro netbook di bagasi beat,
alhamdulillah lsg dirawat inap ke service
center netbooknya.
=====

yg bikin netbuk ente di opname bukan krn bagasi beatnya tp krna kena goncangan waktu m0t0r berjalan.

32. monkeymotoblog - 4 March, 2014
33. peyek - 4 March, 2014

classiclover – Maret 1, 2014 [Edit] btw, kenapa motor sekarang pada nggak pakai
tutup rantai ? kadang ngeri ngeliat pakaian wanita yang hampir masuk rantai – gir…
=====
pake matic aja gak pake rante😀

34. KUDA jingkrak - 4 March, 2014

jozzzz gandooozzzz….😀 penyambung unek” konsumen…
Klo unek” saya sih,perlu di adakan jajak pendapat di tiap daerah.kelebihan dan kekurangannya,trus apa sih yg membuat konsumen lebih loyal ke HSX ???
Krn yg sya liat klo lgi mejeng bis plang krja,HSX tuh bnyak bnyak lho yg sliweran..😀 dsamping beat ma vario 125.

35. peyek - 4 March, 2014

pake sepeda pancal aja bro

36. ms - 4 March, 2014

lohh!!!
koq pertanyaan saya nggak ada wak ??

apa karena saya nggak nanya ?

Taufik - 4 March, 2014

hah? hampir saya kaget😀

37. peyek - 4 March, 2014

spido memang sngaja diganti manual oleh AHM supaya merek sebelah tidak terlalu KATROK😛 krn dr jaman mpu sendok sampe skr motor sblah gak ada perubahan sm skli😀 termasuk matik keong gentong yg muahalnya minta ampun jg tetep pake spido analog jaman purba🙂

38. dave - 4 March, 2014

berarti hook barang yg disini jg ga bisa di PnP dong ma beat FI?
semisal saya beli hook nya aja terus di AHASS,,
terus mo tempel di beat berarti musti ada komponen yg dirusak dong?

Taufik - 4 March, 2014

saya belum bisa jawab mas bro, bisa ya bisa nggak🙂

39. jongos - 4 March, 2014

kayak dimobil persis, kata AHM sih sudah diuji dan tidak membuat aki soak, lagi pula pemakaian dibatasi sampai beban 1 A saja kata AHM

klo kapasitas batre 2000Mah soak dong ecu

40. angel - 4 March, 2014

depannya mirip kawak edge

41. rikoajah - 4 March, 2014

makasih wak atas jawban nya. .
tp mash berharap bgd si vario 125 pake charger hp…

42. ocecoco - 4 March, 2014

menurut sy ini sih downgrade.. yg mau ngambi hsx monggo ambil yg karbu jika stok masih ada, feeling sy sih nanti harga 2nd nya tinggian yg karbu🙂

43. monkeymotoblog - 4 March, 2014
44. O=O - 4 March, 2014

utk terang lampu depan sma kepakeman rem belakang kok blm ada jawaban ya kang haji??

Taufik - 4 March, 2014

maap belum ngetest kedua itu mas bro, kebawa gaya riding dari sentul, pake nya remd epan mayoritas . . . mengenai lampu, susah soale siang siang

45. Cah Ndeso - 4 March, 2014

terima kasih kang haji… pertanyaanku sudah terjawab.

Taufik - 4 March, 2014

sama sama sabar menunggu tho . . . saya tahu sampeyan sudah gemes nungguin dari kemaren😀

46. Bintang Motor - 4 March, 2014

Yuk beli motor Honda Supra X 125 FI di Bintang Motor !🙂

47. Amin Nurdin - 4 March, 2014

wah banyak yg dikurangkan. Supra injeksi (step 2) yg lama, gear 1 bisa 55, gear 2 bisa 90.

48. peank - 4 March, 2014

kurang jelas opo nek ngene,he?
hahaha, nice inpo wak haji

49. Sanghyangasmara - 4 March, 2014

Mantabs infony….,

50. fauzi bin rifai - 4 March, 2014

ternyata pertanyaanku mmg nda ditanggapi soal penutup rantai, pada merem kali ya para petinggi AHM…….payah

Taufik - 4 March, 2014

dari ahm belom dapet mas bro . . . tapi saya pernah dapet jawaban, tapi dari yamaha saat itu . . . karena menurut survey terkini, mayoritas kebanyakan malah pengen yang terbuka mas bro

fauzi bin rifai - 16 March, 2014

apa sudah dibuktikan pak haji ? kegunaan dari lebih besar dari ketiadaannya

51. rossifumi - 4 March, 2014

Ga kreatif bikim design, jadul, ketinggalan jaman, batok lampu dalam 3bulan juga udh geter + bunyi kretek2, tarikan gak ada paling kayak supra sebelumnya, masuk lobang bunyi grotak kenceng bgt, tipikal bebek honda, ampas, 1 lagi, ngebul :p

52. Rol Kampret - 4 March, 2014

TMCBlog :
oke kalo fitur-fitur unggulan di HSX karbu dihilangkan (katanya) untuk subsidi silang

tapi soal mesin yang mengambil basis HSX Helm In sangat mengecewakan saya sebagai pecinta Supra sejak versi 97cc (kan cc-nya 97 bukan 100cc hehe..)

Kalo alasan lebih hemat menggunakan 1 varian mesin untuk beberapa varian,harusnya AHM tau diri lah, HSX helm in vs HSX karbu laris mana??

Sebagai perbandingan HSX125 karbu di Januari 2014 laku 32ribu unit,sementara HSX Helm In cuma 3ribuan unit,la jelas laku mesin HSX karbu, harusnya sih HSX Helm In yang pake tipe mesin sejenis HSX karbu demikian juga Blade 125 nanti.

fyi, saya sudah pernah pake HSX Helm In, suara mesinnya tak sehalus HSX karbu,dan teknologi rol kamprat seperti balik ke era mesin tipe C,malah dibanding rival sekelas baik Kawasaki Edge atau Shogun Axelo sama sama sudah meninggalkan pengencang keteng ,yang di sebut rol kampret eh kamprat ini,mending pake bilah lebih awet. (fyi buat balap,mekanik juga tak suka memakai pengencang keteng model rol kamprat karena gampang aus)

Itu saja uneg-eneg saya ,intinya kecewa saja kenapa AHM mematikan mesin 125 generasi HSX125 karbu,yang sebenarnya masih aman terhadap standar Emisi Euro 3
(ingat MSX125 di Thailand walau pgmfi masih memakai mesin sebasis HSX125 karbu)

Taufik - 4 March, 2014

saya mengerti mas bro, mungkin yang dilihat ahm , ketidak monceran penjualan dari Helm In bukan dari sisi mesin, tapi dari segi bentuknya yang mungkin kurang pas bagi pasar, imho
ini opini pribadi

53. sosi - 4 March, 2014

mantap penjelasanny..komplit..

54. masshar2000 - 4 March, 2014

wah mantab nih…gini nih harusnya para bloger yg ikutan kesana…jd tidak hanya test ride aja..kl test ride doang mah bisa kapan aja…makin cucok nih blog.
http://masshar2000.wordpress.com/2014/03/04/kelebihan-dan-kekurangan-injeksi-aki-penentu-kinerja-injeksi/

55. Bikerz - 4 March, 2014

Tetap saja selalu menjadi Market Leader …
Bravo HSX 125 FI …. yang lain semakin ketinggalan …

56. Choi Woo Young - 4 March, 2014

pertanyaannya bloon loh gigi 2 sampe 90 kyk supra x lama gak. silakan standar tgh panteng sampe mentok posting vidionya coba. ane perasaan =D kalo bner ane beli 2ndnya lgsg

57. Kelvin - 4 March, 2014

Follow yuk all Twitter @Otomitof_Motor, kita share bareng” di situ tentang motor, ada info” tentang motor jg loh, admin nya asikk ahhaa

58. Kelvin - 4 March, 2014

Kok Body sayap bagian bawah ga nyambung lg ya ? kan keren kLau nyambung kyk HSX karbu, Moga” New Blade nyambung bawahnya

59. Bixzan - 5 March, 2014

Yo iki bloger seng joss

60. Mr.Bow - 7 March, 2014

Woww kliatannya keren tu supra x 125 fi… Tu ngomong2 rasio gearnya brpa ya..?? kliatannya lebih gedhe..??


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: