jump to navigation

Test Ride 2014 Honda Supra X 125 FI oleh tmcblog 7 March, 2014

Posted by Taufik in Honda, Test Ride.
Tags: , ,
trackback

460x110rev_feb21

uk460x110feb

test_supra_X_125_FI#7

Bro sekalian, setelah agenda product Knowledge plus tanya jawab mengenai Honda Supra X 125 FI dengan Jajaran AHM yang diakhiri dengan foto foto produknya. . . tibalah saatnya untuk mencoba motor ini secara langsung. Yoi riding gear / racing Suit yang tmcblog pakai saat menggeber panigale 1199 masih belom dibuka ..  . jadi yaaa langsung saja  dicoba (jangan kaget kalo foto fotonya menggunakan jaket merah karena memang itu sesi khusus foto😀 ). Rute yang digunakan adalah memutari kawasan bumi perkemahan cibubur, jalanannya sih beragam dari jalan utama yang lebar sampai kebanyakan jalan sempit sempit . . .

banner-440x100

banner-460feb14

test

test_supra_X_125_FI#10

🙄 photo : nur Budi susanto

Ergonomi dari Honda supra X 125 FI ini more or less sama dengan motor bebek Honda pada umumnya, ya segitiga ergonomi ya komuter banget mas bro. ketinggian tempat duduk gimana, yah pas lah buat rider kebanyakan di indonesia. Duduk diatas joknya dan melihat daerah dashboard, terlihat memang desain SupraX ini cukup ramping di daerah legsield/ sayap samping . . . Okeh mulai mempelajari basis dashboardnya . . . Pada dasarnya nggak beda sama Revo FI termasuk pencetan Tombol klakson yang sudah pindah ke sebelah luar . ..  okee . . . Mulai jalan memutari Bumi perkemahan Cibubur . . . betot trotel dikit . . . enteng, mungkin karena pengaplikasian dua kabel trotel push pull ya, imho

test_supra_X_125_FI#2

Oke ketemu beberapa tikungan di lingkungan Buperta cibubur . . . Terasa banget Supra X punya karakter sasis yang mirip dengan sasis New Honda Blade yang secara feel lebih enak ditekuk dibanding Supra X slim jenis lama . . . so Boleh dibilang soal nekuk nekuk, Honda New Supra X 125 FI ini lebih baik dibanding yang lama . . . hmmm jangan kaget deh kalo di arena balap mendatang bukan hanya Blade yang bisa disulap menjadi basis motor bebek balap, supra ini disinyalir bisa disulap pula jadi kuda balap hehe

test_supra_X_125_FI#6

Torsi di HSX 125 FI baru ini nggak terasa mengintimidasi . . . lembut banget . ..  ini bisa tmcblog rasakan saat melakukan downshift mendadak, proses downshift terasa cukup soft nggak membuat ban belakang slide karena rpm mesin yang mendadak impuls meninggi . . . hmmm nice, friendly buat komuter harian . . . tapi buat yang demen sama performa mungkin ini diartikan mesinnya kurang galak . . . yaaa, githu deh ini hanya soal pilihan .. .

akselerasi-_supra-X-125

Performa gimana mas bro? tmcblog mencoba setidaknya 7 kali percobaan akselerasi menggunakan racelogic yang ditempel langsung di panel port catu daya Supra X yang berada di bawah joknya. . . cuma emang agak bingung kalo dilakukan di bebek, Kalo di skutik tinggal tekan rem depan belakang belakang kuat kuat kalo di motor sport tinggal tekan kopling . ..  lha kalo di bebek . . . ? Ya yang dilakukan tmcblog adalah . . .  bejek trotel hingga sedikit meraung di gear netral, lalu tekan gear satu . . . serem . . . ban depan ngangkat, wheely dikit maklum, sory soale ECUnya bukan Magneti marelli yang punya Sensor Kendali whelly qiqiqiqi

akselerasi

wah tmcblog suer puyeng kalo mau nyari titik tertinggi power dari motor bebek, soale nggak susah menentukan di rpm mana musti pindah, maklum cuma pake modal perasaan dan pendengaran dari suara mesin  ..  . udah teriak apa belum ? haha mumet . . . Yo wes dari sekitar 7 kali percobaan dengan segala keterbatasan metoda dan ilmu drag tmcblog 0-60 km/jam diperoleh dalam 6,32 detik (paling cepet) . .  entah cepet atau lambat hehehe

test_supra_X_125_FI#4

Suspensi boleh dibilang standar saja, tmcblog mencoba mengira ngira dan membandingkan dengan revo . . . yaaah mirip miriplah, agak soft sih . . . kalo mau Ilmiah kudu di hitung Konstanta pegasnya . . . cuma ini kan test ride bukan Praktikum Fisika dasar wakakakak . ..  Yo wes pake kira kira saja

test_supra_X_125_FI#1

Pengereman tmcblog kira cukup baik, Supra X slim karbu lama sering dikeluhkan akan rem depannya yang ‘licin’  . . . gejala itu tidak tmcblog temukan di supra X 25 FI ini . . . Yoi bentuk kaliper rem dan discnya beda bro . . . terutama Kaliper, bentuknya segede jengkol satu piston sekarang . . . Secara Umum, selain fitur charger dan perbedaan cantolan (hook) nya . . . tmcblog terkesan oleh perbedaan feel ridingnya bila dibandingkan dengan supra X lama, versi 2014 ini lebih mendekati feel riding terutama saat menikung ke feel riding Honda New Blade . . . Oke sekian Review Singkat ini . . .memang butuh pembuktian mengenai feel ridng motor ini untuk komuter di jalan umumyang rapat dan macet plus berapa konsumsi bbm real dari Supra X 125 FI ini . . . Mudah mudahan dalam waktu kedepan akan ada sesi percobaan tersendiri yang bisa kita explore lebih dalam . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. rezaholic - 7 March, 2014
aripitstop - 7 March, 2014
hulssay - 7 March, 2014
ojobkuayutursolehatporakolod - 7 March, 2014

sedikit koreksi masbro reza, iku gambar tampak depan ga bisa dibandingkan scr langsung krn posisi pengambilan foto RR Mono SL agak sedikit nungging (kliatan tutup tangki n buritan) jadi persepsi stang motor krg presisi ….. tp dr foto tampak samping ud kliatan kok riding positionnya

rezaholic - 7 March, 2014

Oke broi

motoblast - 7 March, 2014
zero - 7 March, 2014

kalo di bebek teken aja gigi1 tapi gak diangkat (diinjek terus) trus gas diputer deh kalo udah cukup baru dah di lepas giginya

2. gaaralovers - 7 March, 2014

Sip!

monkeymotoblog - 7 March, 2014
3. gaaralovers - 7 March, 2014

Jos!

4. mfariseka - 7 March, 2014

Wuih keren

5. rusman - 7 March, 2014

mantap

6. az11 - 7 March, 2014

manteep

7. iwe indrawibowo - 7 March, 2014

nyimak wae lah

8. hgt - 7 March, 2014

Lho, itu wearpacknya ditutupin jaket merah lagi atau gmn Pak?
hihi….

Dobel2 dong bajunya…

Makasih review nya….

Taufik - 7 March, 2014

itu jaket merah dipakai saat test kali ke dua, kali pertama pake werpak, gak ada fotonya, gak ada fotograpernya . . . nah ini mas ari dari AHM yang moto

hgt - 7 March, 2014

Ok Pak…

hohoho

9. manik - 7 March, 2014

vario new kapan muncul???

10. abank - 7 March, 2014

Sarapan dulu

11. oji bin ojek - 7 March, 2014

…hhmmm….

12. akhmed86 - 7 March, 2014

mantep

13. R15 - 7 March, 2014

cocok buat harian

14. Sigit - 7 March, 2014

rasa bebek

15. warungasep - 7 March, 2014

Wah balapan bebek…

16. Ferboes Richardson - 7 March, 2014
17. wahyu - 7 March, 2014

please..
motor bebek kok buat ngebut..
mau ngebut pake motor laki sana.. hadeh..

ripcord - 7 March, 2014

Syalah.. Mau ngebut, pake motor balap sana..😀

Taufik - 7 March, 2014

mau ngebut tunggu review selanjutnya MV agusta F3 800 yaa😀 . . . baru deh ngebut ngengebutnya . . . semua ada tempat, situasi, kondisi, dan peruntukannya😀

Hasdo - 7 March, 2014

motor bebek buat angon bebek di sawah ya…..😀

18. warungasep - 7 March, 2014
19. dikisepterian - 7 March, 2014

Book dulu baru baca

20. ongkowijaya - 7 March, 2014

buat ngantor nih,, modal ngirit

21. k14 - 7 March, 2014

pas buat bapak2 dan ibu2 atau yg kalem buat saya pribadi msh suka yg bs kalem tp tiba2 galak,
bahasanya halus bgt wak haji mungkin ini yg bikin warung adem

Taufik - 7 March, 2014

yang penting makna nya dapet tanpa membuat panas hati . . .😀

k14 - 7 March, 2014

sip kepala dingin jd sharing bs jalan gak gontok2an terus
mau nanya wak, mungkin gak di indo diterapin peraturan khusus buat biker pemula atau diadakan motor khusus pelajar, dah gerah ne ma alayer yg rata2 dibawah umur

don95ol - 7 March, 2014

yups,, bhasa yg punya blog jg pengaruh…

Dan yang lebih utama disini bukan BESKEM nya FBY!!!

Endas gundul diiliri,ademe coooy..

22. Happy Zaka - 7 March, 2014

keren !

23. Kobayogas - 7 March, 2014
24. vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐, - 7 March, 2014

Joss

25. imexa - 7 March, 2014

kerenlah. . Wak. .gantian bahas MS Feb. biar makin keren rame jelase. .

OOO - 7 March, 2014

sales detected😆

26. Anto - 7 March, 2014

Untuk akselerasinya dari 0-60 cenderung inferior untuk kelas 125 cc cuma dapat 6,3 det, sebagai pembanding shooter 115 aja bisa dapat 5,9 det

Roy (Sempak Operpret) - 7 March, 2014

AHM gak bisa buat 110-125cc dengan power yang gede. shooter itu irit tapi tarikan nya kenceng…

27. orong-orong - 7 March, 2014

bannya sudah tubeleskah wak haji?

Taufik - 7 March, 2014

belum, tapi kata ahm sudah ready tubeless

28. belalangmerah - 7 March, 2014
29. aripitstop - 7 March, 2014
30. Roy (Sempak Operpret) - 7 March, 2014

51. motoralay – Maret 4, 2014
bebek,hanya utk yg berdaster dan lipstik..

kwek kwek kwek
————————————————————–
pake komengtar ini dulu ya wak aji…

31. Ariel - 7 March, 2014

Kalo nginjak kopling/ persneling tapi ditahan dulu/ ga langsung dilepas gimana wak? Bukannya sama aja dengan narik kopling pada motor sport? Jadi lepas tuasnya pas udah mencapai RPM yang diinginkan (kira2). Cuma ya…. awas wheelie aja =D

Taufik - 7 March, 2014

ooh githu ya? asli kayak setengah koplingyah? oke kapan kapan saya pake itu ya😀

32. fb wong deso - 7 March, 2014

ngetes motor anyar ya wis jelas kepenak.
Apa lg,tiap keluar produk baru psti akn lbh baik.
Coba ngetesnya xlo dah dipake 1th.
Msh enak ga??
Itu yg penting.
(motor cina ajah xlo test baru yo kepenak,tp klo dah sebulan?? Meneketehe

OOO - 7 March, 2014

betul 3x😆

bdt - 7 March, 2014

ngetes apa ja kalu msh baru yach enak om.

itu mah ndah usah dibicaraken

budi - 7 March, 2014

klo nggu min 1th tgntung yg pgang mtor spa ??
klo kerawat yaa enak klo gak yaa gtu lahh..hahaha

O=O - 7 March, 2014

klo udah 1 thn namane bkan test ride lg mas broh…

33. OOO - 7 March, 2014

yg jaket merah kurang nunduk wak:mrgreen:

Taufik - 7 March, 2014

itu ane . . . emang bukan sembalap😀

34. topan - 7 March, 2014

Josss

35. RPMspeed - 7 March, 2014
36. Sanghyangasmara - 7 March, 2014

Komuter…. Tringat ssuatu ^,^
Cm nambahi bbrapa ratus ribu olh sing lbh Value… Mantabs!

37. Rollerman - 7 March, 2014

kenapa test akselrasiny gak injak pedal gear aja baru d gas pool kang?? kan kalau d injak tanpa d lepas artinya mekanisme koplingnya sedang bekerja, ya hampir mirip dengan motor laki

Taufik - 7 March, 2014

oke noted, saya baru tahu sueer😀

38. HoYaSuKa - 7 March, 2014

Pengen njajal motore priyayi..

39. Bintang Motor - 7 March, 2014

Keliatan jagoan😀

Beli motor Honda Supra X 125 FI di http://www.bintangmotor.com

40. peyek - 7 March, 2014

motor ahm memang joz gandoz

Roy (Sempak Operpret) - 7 March, 2014

51. motoralay – Maret 4, 2014
bebek,hanya utk yg berdaster dan lipstik..

kwek kwek kwek

41. budi - 7 March, 2014

motor ane brasa jd jadul nehh..
nggu taun dpan aja motor baruny, pasti byk yg baru ..
2014 taun produksi ntar nysel klo bru2..hehehe

42. bdt - 7 March, 2014

beberapa thn lalu

kalu hari jumat wak haji bikin artikel selingan tausiah?

Taufik - 7 March, 2014

nggak selalu tiap pekan mas bro😀

43. monkeymotoblog - 7 March, 2014
Taufik - 7 March, 2014

kagak ada😀

44. Aragani - 7 March, 2014
45. sosi - 7 March, 2014

itulah hebatny honda..walaupun bebekny g kencang banding kompetitor tp tetap aja paling laku..itu semua krn kualitas yang sudah teruji..

46. ipanase - 7 March, 2014
47. MotoGP - 7 March, 2014

ditunggu bung taufik informasi konsumsi BBM si Supra X yg bru ini.

Taufik - 7 March, 2014

siappp😀

48. Komon - 7 March, 2014

Bebek lugu dan melegenda di test ride😀

49. albeatles - 7 March, 2014

sudah menganut SSG ji? Ha ha ha

Taufik - 7 March, 2014

belom
*serius amat jawabnya ya ?😀

50. dave - 7 March, 2014

wah,, lupa mo komen apa.. -_-

51. comedy videos - 7 March, 2014

We use SMS4PC as a communication and business tool.
You can also very well inject humor at any part of the conversation.
We showed him the laptop with the videos, he goes browsing the videos as everyone else is doing
their own thing when he freaks.

52. dred - 7 March, 2014

giginya masih dalem ga wa?? Dulu pnya hsx tiap oper gigi trek tok trek..nginjeknya kudu dalem..ga bisa ditowel dikit joss!

53. Wiraprima - 7 March, 2014

Setuju sama bro ariel.
Buat bebek kopling otomatis,masukin perseneleng 1st jgn dulu dilepas,nanti efeknya samaaa kaya nrik kopling..udah rpm aga tinggi baru lepas deh injekan persenelingnya😀
Atau maasukin persenling dulu,lepas,lalu teken setengah….bejek gas….lepas perseneling…wheeli dehh :p

54. zero - 7 March, 2014

kalo di bebek teken aja gigi1 tapi gak diangkat (diinjek terus) trus gas diputer deh kalo udah cukup baru dah di lepas giginya

55. bass_betot - 7 March, 2014

ada goyang getarnya ga ya..??

pak tarno - 7 March, 2014

gausah ditanya, jawabannya pasti ada. tinggal tungu 2 bulan aja

56. N.N. Shtuchkin - 7 March, 2014

pasar bebek ttp ada biar banyak matik n sport
http://tiktok-net.blogspot.com/

57. Lakon - 7 March, 2014

bejek trotel hingga sedikit meraung di gear netral, lalu tekan gear satu . . . serem . . .

———————

Bukan serem lagi tuh^^ untung gak prontol juga ^^
seperti comment yg lain tekan di gear 1 atau 2 jangan langsung lepas, ini juga baiknya lagi jalan bukan lagi berhenti karena bukan motor manual itu yg saya tahu, koreksinya jika saya salah hheu..

Peace wa Haji ^^

Taufik - 7 March, 2014

hahaha gapapa protol . . . motor test ride inih😀

58. Tuwir - 7 March, 2014

Review konsumsi BB nya ya kang…. Banding GT 125 iritan mana..??

59. lovemybike - 7 March, 2014

weleh, adu drag sama sapa tuh kang??

———————————————————
yamaha dan kawasaki dalam pandangan lovemybike

http://lovemybike.wordpress.com/2014/03/07/yamaha-dan-kawasaki/

Taufik - 7 March, 2014

sama iwan🙂

60. monkeymotoblog - 7 March, 2014
61. bayu - 7 March, 2014

“terutama Kaliper, bentuknya segede jengkol satu piston sekarang”
maksudnya dengan adanya jengkol ini artinya apa ya? lebih baik atau tidak lebih baik ya? maksudnya efek yang diakibatkan itu apa ya?#newbiemotor

Taufik - 7 March, 2014

kalau dihitung secara fisika sih, area antara dua kaliper sama satu kaliper kalo luasan segede jengkol sih sama aja / mirip mas bro, cmiiw

62. alexbagas9 - 7 March, 2014

Versi terdahulu, 2 piston rem…
Sekarang 1, segede jengkol…

Bisa jadi, teknologi baru…
Bisa jadi, mengirit cost…
Bisa jadi, …

63. akbar - 7 March, 2014

om taufik, sudah punya data FC nya untuk pemakaian harian dalkot? real condition ya klo bisa,, stop and go, gas pol rem pol, ya tipikal daily driving deh, jangan eco driving,,😀
thanks om

Taufik - 7 March, 2014

belom bro

akbar - 10 March, 2014

ditunggu infonya ya om, nuhunn

64. Mas Odi - 7 March, 2014

Terima kasih mas taufik buat reviewnya. Jadi penasaran😀

65. ardi - 7 March, 2014

foto paling atas kaya om valentino rossi sama m1 nya😀

66. Rol Kampret - 7 March, 2014

pindah gigi 1 ke 2 keras gak wak haji??

soale di supra helm in keras banget

Taufik - 7 March, 2014

harusnya mirip nih . .. soale basis mesinnya sama

67. potretbikers - 7 March, 2014

menyimak penjelasan pak guru fisika… #Aku rapopo😉

http://potretbikers.com/2014/03/07/ingat-pesan-guru-tempo-doloe/

68. kuda besi liar - 8 March, 2014

wah baru tau nih klo teknik startnya wak kaji klo naik bebek persis para pembalap liarr…..
dri netral ke persneling 1 langsung d bejek dlam kondisi mesin meraung
joki balap liar nih yee.. wkwkwk

69. YUSOF BIN ISHAK - 9 March, 2014

Iya mudah2an dilancarkan dalam sesi test drive aslinya di jalan raya.amin

70. swolverine - 4 May, 2014

Alow tmcblog, saya mau minta saran donk, saya berniat mau beli motor tipe bebek (tanpa kopling) dengan budget 15-20jt. Dan tujuan motor yang mau dibeli itu dipakai untuk touring (berarti maunya sih sanggup disegala medan, baik di tanjakan, bebatuan, dan tanah).

Oia, tinggi badan 172cm dan berat 60kg, kalau bisa sih tipe yamaha / honda.😀

Jadi kira2 saran dari tmcblog, motor apa ya yg cocok?🙂

71. swolverine - 4 May, 2014

Alow tmcblog, saya mau minta saran donk, saya berniat mau beli motor tipe bebek (tanpa kopling) dengan budget 15-20jt. Dan tujuan motor yang mau dibeli itu dipakai untuk touring (berarti maunya sih sanggup disegala medan, baik di tanjakan, bebatuan, dan tanah).

Oia, tinggi badan 172cm dan berat 60kg, kalau bisa sih tipe yamaha / honda.😀

Jadi kira2 saran dari tmcblog motor apa ya yg cocok?🙂

trymble - 6 May, 2014

numpang wak …
pakek HSX aja mz bro..dari pengalaman q dh pakek HSX buat touring Solo – Palembang & ke segala medan dia (HSX) ga ada masalah..

suryato - 7 May, 2014

ow… mantap lah… HSX ya.. sip sipp… thx u atas sarannya..😀

72. YUSOF BIN ISHAK - 11 May, 2014

Saya juga setuju sama saran trymble .pakai HSX 125 aja .baik yg helm-in maupun yang tipe R cocok kok untuk touring jauh


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: