jump to navigation

MV Agusta F3 800 Circuit Test by TMCBlog 20 March, 2014

Posted by Taufik in MV Agusta, Test Ride.
Tags: , ,
trackback

AHM Oil EksNus 460x110

uk460x110feb

F3800_test

Bro sekalian, saat Track Day bersama Komunitas MV agusta yang lalu jujur , TMCBlog banyak disodori motor motor bengis nan menawan seperti BMW R600, Ducati 748 dan lain lainnya . . . namun karena pendeknya waktu test saat itu karena berbenturan dengan test Supra X 125 di tempat lain . . . Yo wes Fokuskan ke satu Motor saja yakni MV Agusta F3 800, secara Motor ini adalah satu satunya supersport MV Agusta 3 silinder reciprocal piston di kelas 675-800 yang belum tmcblog coba geber di sentul, Brutale 675 sudah, F3 675 sudah, Brutale 800 pun sudah . ..  nah sekarang waktunya MV Agusta F3 800 nih

banner-440x100

banner-460feb14

Ergonomi

Saat pertama Kali Naik MV Agusta F3 800 . . . Perasaan yang didapat hampir sama dengan saat Naik F3 675 dimana ini Motor nggak tersisa gaya Motor eropa nya mas bro . . . malah mirip motor jepang dimana Jangkauan tangnnya lebih pendek sehingga buat rider rider asia akan jauh lebih user friendly. Letak setang under Yoke, footpage lebih kebelakang membuat ergonomi Racy khas Motor balap. Yap sama persis pokoke sama F3 875, begitu pula ketinggian joknya yang mencapai 80,5 cm kembali membuat tmcblog harus jinjit balet lagi menahan bobot motor 170-an kg saat diem . . . gak masalah dan nggak terlalu mengintimidasi deh . . . Pedrosa aja bisa, mosok aku nggak bisa😀

F3800

Handling

TMCBlog membandingkan handling F3 80 dengan Brutale 800 . . . karena motor ini ergonominya sudah racy plus ditambah steering damper membuat gejala mental mentul saat melibas tikungan dengan Brutalle 800 terminimalisir dengan sangat. dibanding dengan F3 675 juga lebih asik F3 800 ini, disinyalir karena suspensi depan F3 800 yang menggunakan 43mm inverted Marzocchi fork lebih advance dibanding F3 675. Begitu Juga pengereman lebih advance dengan kehadiran Brembo four-piston, radial-mount, monobloc kaliper dengan cakram lebh lebar 2 mm dibandingkan F3 675  . . . so Ngerem dari kecepatan 200 km/jam tentu bisa lebih safety

DSC_0453

Performance

Jadi F3 800 ini seperti yang pernah tmcblog jelaskan di saat test ride Brutale 800 memiliki sifat mesin yang lebih long stroke ( over stroke) dibanding F3 673 . . . nafas geberan rpm tentu lebih panjang. Tepatnya mesin F3 800 adalah mesin  798 c 3 silinder segaris dengan teknologi Counter Rotating Chamshaft ukuran bore x strokenya 79 mm x 54.3 mm . . . teknologi Counter Rotating Chamshaft ini mirip mirip dengan filosofi Crossplane Crank nya Yamaha dan sebenarnya sudah bayak digunakan di Mobil mobil sport.namun Jika Brutale 800 Powernya dikebiri hanya sampai 125 hp @11.600 rpm, maka F3 800 punya peak power  148 hp dengan torsi Maksimum 58.9 lb-ft @ 10,600 rpm

F3800_speed

Bagaimana top speednya? sayang top speed yang tmcblog capai nggak terekam di Action Cam . . . namun jangan khawatir . . . data speednya masih terekam di racelogic koq . . . Terlihat di gambar atas . . . Speed tertinggi On GPS race Logic (mendekati True Speed ) adalah 212 km/jam belum redline tentunya . . . gak tau deh speed maksimumnya berapa hehehe

accel2

accel

Akselerasinya Gimana? Dengan segala keterbatasan tmcblog sebagai rider biasa, Data raceLogic menhasilkan informasi bahwa 0-60 km/jam  . .. 3,08 detik . . .  dan 0-100km/jam 5,87 detik  . . . . ini asli serem nyobanya mas broooww . . . dan kayaknya nggak terlalu maksimal, karena nggak kayak di motor kecil, ini adalah kali pertama tmcblog nyoba akselerasi . ..  motorgear netral, masukkkan gear satu dimana kopling masih masuk . . . dan nggak berani ngehentak kopling mas brooo . . . takut wheelie widiiih deg degan hahahah . . . yo wis yang penting dapet hasil dulu walaupun nggak maksimal hehehe . . . semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

Comments

1. mfariseka - 20 March, 2014

Jos

Lovemotobike - 20 March, 2014

Kapan yak bisa nyobain mogeh😦

———————————–
Opini tentang penjualan motor matic dan motor sport
lovemotobike.com/2014/03/20/jualan-matic-boleh-unggul-di-kuantitas-tapi-jualan-motor-sport-bukan-berarti-kalah-untung/

monkeymotoblog - 20 March, 2014

nebennnnggg, harusnya tempo hari langsung ngacir ke sentul aja kali ya kang, hehe

http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/19/motor-caferacer-sangat-enak-dipandang-sepertinya-tidak-enak-ditunggang/

www.dbikers.com - 20 March, 2014

mantab ergonominya asiik

cekuash - 20 March, 2014
Bintang Jati - 20 March, 2014
masshar2000 - 20 March, 2014
2. gaaralovers - 20 March, 2014

A aa

3. gaaralovers - 20 March, 2014

Sip!

4. gaaralovers - 20 March, 2014

Jos!

5. gaaralovers - 20 March, 2014

Mantap!

6. hardiasbantuly - 20 March, 2014
7. carauntuk.com - 20 March, 2014

mantep

devi kurniawan - 20 March, 2014

ngeri ngeri sedap ya wak… thx wak sering2 ngasi artikel ginian, jadi bisa ikutan ngebayangin walau belum ikut mencicipi langsung😛

maju terus TMC blog!
http://devmoto.blogspot.com

8. adhyg13 - 20 March, 2014

sip

9. Bapak'e Salma - 20 March, 2014

motor dan ridernya keren🙂

kudo78dk - 20 March, 2014
10. kotos2 - 20 March, 2014

Mantap kang…

11. KomMotor - 20 March, 2014

Cadas…. ane suka kata2 yang ini Kang.. : “Pedrosa aja bisa, mosok aku nggak bisa”
Zuper Zekali… candaan yang memotivasi… wkwkwkwkwk…:mrgreen:
http://komputermotor.com/2014/03/20/jadwal-race-motogp-qatar-2014-begadang-pemirsah-d/

12. kang onar - 20 March, 2014

wuîhh. . .pedrosa aja bisa,masa wak haji ga bisa. . .hehehehe. . . .

13. warungasep - 20 March, 2014

Kereeen kang Haji,mantap

14. warungasep - 20 March, 2014

Dilihat dari stylenya,udah cocok jd pembalap,saya dukung dh,hehe😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/20/yamaha-global-menciptakan-becak-masa-depan-produksi-masal-wow/

15. korrodok - 20 March, 2014

Ih ngeri ngeri sedap wak haji…

16. pujo - 20 March, 2014

Cuma bisa pengen

17. yudi - 20 March, 2014

Mantaapp..

18. rizkiyupz - 20 March, 2014

WAoo..motoridaman..

19. d3nggol - 20 March, 2014

duck a tie =……..?

20. monkeymotoblog - 20 March, 2014

wow, akhirnya muncul juga artikelnya kang, mantap dahhh. selain cantik ini motor kenceng juga yak

http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/19/motor-caferacer-sangat-enak-dipandang-sepertinya-tidak-enak-ditunggang/

21. cahyadip - 20 March, 2014

Wak haji sudah betul dgn tidak menghentak di gigi satu #seremmm kalo ber wheelie he he

http://cahyadip.wordpress.com

22. kasmin - 20 March, 2014

kebanting banget om, masih gedean motornya.😀

23. Junior - 20 March, 2014

20 besar

24. Roy (Sempak Operpret) - 20 March, 2014

F3 800 punya peak power 148 hp dengan torsi Maksimum 58.9 lb-ft @ 10,600 rpm
————————————————————————————
Mirip ama NSR500V tahun 1996. Peak power bisa 150hp, Carb43 punya HRC…

25. teguhriders - 20 March, 2014

Kalau MV Agusta ini ane yakin 1000% bisa lebih 151 kpj. Yak nggak mas iwan?

dave - 20 March, 2014

hah? mas iwan?

Roy (Sempak Operpret) - 20 March, 2014

ente mabok bro…
mending ente minum air got dulu…
😉

cHurUtZZzz - 20 March, 2014

whahaha kalo motor kayak gini ga main lagi 150 kpj om…..dah ga level, ini mainnya dah 200 up..up… kayaknya masih mimpi nih org dkira mas iwan…hahahaha

baris93 - 20 March, 2014

yah elah broo.. lha itu topspeed wak haji 210kpj.
ente kebanyakan oplosan ini.

Jilad Ludah 4.0 - 20 March, 2014

ngakaaakkkk

balik sono ke habitat asalmu

Sanghyangasmara - 20 March, 2014

Kakean kenek Doktrin Crypton BrokeUp iku… hehe…

26. Leopold S - 20 March, 2014

luar biasa.. lengkap dengan supporting data.
Thanks for sharing kang. Tambah nyesel ga bisa ikut…

27. Radentono - 20 March, 2014

ngeri

28. k14 - 20 March, 2014

nyawang tok rakuat tuku

29. kudo78dk - 20 March, 2014
30. mbrebet - 20 March, 2014

enak banget jadi wak haji. bisa nyicipin mongtor ekslusip >_<

31. chep fabregas - 20 March, 2014

jooossssss kang haji

32. setia1heri - 20 March, 2014
33. dave - 20 March, 2014

begh,, ganteng neh motor,, ckck..
tapi kesan nya simple c,,
kalo motor2 jepang kan kynya dah full desain,,
ky yamaha honda gt,, kesan nya padat gt,, imho,,
btw neh motor bisa di geser2 ga ya belakang nya?
secara ga ada pegangan buat di belakang,, cmiiw..

wtf170 - 20 March, 2014

ilok ahhh…moge d geser…..encok ntar….maju mundur dong

34. eles - 20 March, 2014

dilihat dari data, akselerasi Kang Taufik juga sdh joss kok..

35. Bapak'e Salma - 20 March, 2014
36. aripitstop - 20 March, 2014
37. ikansarden - 20 March, 2014

waduh cycleworld juga lagi ngebahas
http://www.cycleworld.com/2014/03/18/ducati-899-panigale-vs-mv-agusta-f3-800-vs-suzuki-gsx-r750-comparison-test-and-performance-data/

hebat juga sijuki harga lebih murah,tenaga lebih kecil,elektronik biasa aja tapi bisa ngepretin motor2 itali.

38. enoanderson - 20 March, 2014
39. kuda jingkrak - 20 March, 2014

mantaaaab beneeeer…..
Cal Crutchlow dalam sesi latihan menjelang motoGP QATAR HEHEHEEE….😀
Gayanya itu lho yg bikin ga nahaaan….😀

40. Kobayogas - 20 March, 2014
41. peyek - 20 March, 2014

hhm,,, wak haji tetep,,,,

durung iso kne down nikungnya,,,:mrgreen:

42. UGee - 20 March, 2014

om ini pake tas punggung ya?

wtf170 - 20 March, 2014

buat wadah race logic dan es teh manis

43. hendiemansuherman - 20 March, 2014

hati2 wak haji

44. cekuash - 20 March, 2014
45. Sanghyangasmara - 20 March, 2014

Motor Syeremmmm…. Jos!

46. Lovemotobike - 20 March, 2014

misi kang, numpang jemuran lagi:mrgreen:

————————————————————
custom decal vixion movistar yamaha motogp

http://lovemotobike.com/2014/03/20/yamaha-vixion-custom-decal-movistar-yamaha-motogp/

47. Kobayogas - 20 March, 2014
48. r6 - 20 March, 2014

wew……….. sungguh berat hati… mung iso nyawang aq……….

49. calmk1d - 20 March, 2014
50. ari - 20 March, 2014
51. albeatles - 20 March, 2014

mantp ji

52. orong-orong - 20 March, 2014

woh ternyata wak haji nyalinya juga masih gede

53. abdi - 20 March, 2014

Maknyos nih wak haji…..

54. gaaralovers - 20 March, 2014

Wuz wuz

55. androbeck - 20 March, 2014

exotic bgd ni motor… liat foto keren bgd, apalagi aslinya..😀

56. belalangmerah - 20 March, 2014
57. Rudy SouL - 20 March, 2014

weeh…kereenn kang..

Antar Blogger pun saling tunjuk “kamu FBH,kamu FBY ya… – http://wp.me/p208su-1Qv

58. boerhunt - 20 March, 2014

Howaaa.. kereennn.. motor idaman nih.. cuma bisa megang doank pas JMCS

http://boerhunt.wordpress.com/2014/03/17/supermoto-ketika-sebuah-kata-dipahami-dengan-definisi-berbeda/

59. yurry1 - 20 March, 2014

Serem,,, test motor 250 cc aja udah kaya dijambak2, apa lagi 800 cc horor euy.
Haha..

60. mantan kacung - 20 March, 2014

Mantap wak haji…!

61. woko - 20 March, 2014

ni termasuk keluarganya mimin kale wak. colek gas dikit bisa terbang.🙂

62. ipanase - 20 March, 2014
63. pengen tau - 21 March, 2014

joss gandos bang haji….pengen.

64. potretbikers - 21 March, 2014
65. papaeimo - 21 March, 2014

Jauh lebih ringan dari Z800 ya…. harganya yg alamaaakkk….hihihi


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: