jump to navigation

Tuas Tambahan kecil di setang kiri MotoGP . . . Berikut penjelasan fungsinya 26 March, 2014

Posted by Taufik in motogp.
Tags: , , , ,
trackback

AHM Oil EksNus 460x110

uk460x110feb

PA1440132

Bro sekalian, seperti pernah di post oleh Crash.net bahwa ada tambahan tuas kecil di setang kiri beberapa motor di MotoGP seperti pada Motor M1 Lorenzo- Rossi begitu juga di RC213V nya Marquez, Pedrosa, Bradl, Bautista  ini jelas menimbulkan banyak keingin tahuan kita . . . itu Tuas apa dan Fungsinya Buat apa?

banner-440x100 (3)

banner-460feb14

SSG

Bisa jadi pula tuas ini ada di motornya Smith dan Pol espargaro. Oke untuk mencari jawaban ini, terpaksa TMCblog Blusukan nanya ke temen temen Jurnalis Internasional di Press Centre Losail Qatar kemarin. Penjelasannya mau tmcblog buat sistematik nih . . . Jadi Gini kita ambil dulu saja sinyalemen awalnya . . . Tuas ini hanya di pakai di Motor2 factory seperti M1 Lorenzo dan RC213V nya Marc . . . dan tidak ada di motor motor  priveter atau motor non Factory seperti Motornya Hayden dan Aleix . .  so  . . . ada sinyalemen bahwa tombol tersebut ada hubungannya dengan SSG atau Seamless gearbox.

Lho Ada Hubungannya dengan SSG  . . . Gimana Model Hubungannya?

jadi Gini Untuk proses Pindah gear Konvensional kan polanya adalah 1 N 2 3 4 5 6 . . . Nah Pola ini bila diaplikasikan ke Seamless hearbox . . . Otomatis pengaruh SSG hanya terjadi saat pemindahan dari 2 ke 3 ke 4 ke 5 dan ke 6 tidak bisa diaplikasikan efectnya ke perpindahan dari 1 dan 2 karena harus melewati dulu gear N alias netral

PA1462853

Untuk Mengoptimalisasi Seamless Gearbox, maka Pola perpindahan gear harus diubah menjadi N 1 2 3 4 5 6 (yap mirip gear motor bebek) .  . Pola ini akan membuat seamless gearbox mulai bekerja saat perpindahan dari 1 ke 2 dan ini bisa membuat banyak keuntungan terutama saat start, dan adalah Honda yang lebih dahulu mengaplikasikannya karena SSG ebih dahulu di aplikasikan di Repsol Honda  dan akhirnya terakhir pola ini pun digunakan oleh Yamaha factory racing . . .

Namun Pola N 1 2 3 4 5 6 ada negatifnya yakni saat rider down shift misalnya dari straight kenceng diatas 250 km/jam masuk ke R1 maka gear akan diturunkan . . . ada kemungkinan trus diturunkan dan mencapai gear N . .. kalo kejadian masuk ke Gear N atau Netral jelas berbahaya . . .nggak ada engine Brake, dan motor nggak bisa dikendalikan bisa nyelonong dan crash, impuls gerungan rpm mesin akan tinggi banget pun nggak sehat buat mesin dan membuat durabilitas berkurang  . . . nah untuk mengantisipasi ini terjadi di ciptakanlah modifikasi tombol tersebut . . .

So . . . Tombol tersebut dibuat untuk membuat Transmisi motor masuk ke gear Neutral dan ini contohnya terjadi saat Rider masuk Pit . . . Bila tombol tersebut nggak diaktifkan maka perpindahan gear ganya bisa terjadi di angka 1 2 3 4 5 dan 6 dan nggak akan mungkin bisa masuk ke Neutral ( N ), cmiiw

Lho Motor Ducati GP14 nggak ada tombol ini mas bro? kan Ducati GP14 juga pake Seamless Gearbox? Yap Seperti yang tmcblog jelaskan diatas, dengan seamless gearbox pun bisa tanpa tombol tersebut, namun ya itu dia disinyalir model perpindahan gear di Ducati GP14 masih 1 N 2 3 4 5 6 , cmiiw Gimana bro, cukup kah penjelasannya, atau masih ada yang ditanyakan? Monggo . . . semoga berguna

Taufik of BitenZorg

 

Comments

1. gaaralovers - 26 March, 2014

Sip!

Mas Wiro - 26 March, 2014
bikerlover250 - 26 March, 2014

emang otaknya honda jooss
bukan otaknya ahaem lo
bisanya kan bikin matic doang

tholelol - 26 March, 2014

mmg otaknya AHM HONDA JOSS
bukan otaknya YIMM YAMAHMUD ya!

devi kurniawan - 27 March, 2014

dikira parking brake lock😀

Terjemahan bebas Yamaha R25
http://devmoto.blogspot.com/2014/03/yamaha-r25-mass-production-v1.html

Vespa Ijo Rider - 27 March, 2014

ih..hi..hi.. kirain “Rem Jempol” ala Mick Doohan era GP500.. 😀 😀 😀

Penggemar ninja - 27 March, 2014

ooo gw kira yg kayak di matic honda, buat rem klo tanjakan..:D

2. gaaralovers - 26 March, 2014

Jos!

Extender Jilq - 26 March, 2014

bangt…

3. gaaralovers - 26 March, 2014

Mantap!

4. wtf170 - 26 March, 2014

tuas wajib freestyler itu…ngahahaha

bark.. - 26 March, 2014

kefikiran bgt yaa kaya gitu.. ahaha😀

5. ruri - 26 March, 2014

jozzzz

6. aris tok - 26 March, 2014

Kangen sama artikel RR MONO loh wak haji,.😦

Taufik - 26 March, 2014

sabar sabar . . . masih jetlag nih . . . udah ada koq update terbarunya . . . sabar yaa

m4dc4t - 26 March, 2014

Sama nih lagi kecanduan ama berita si mono , hehehehe. Kemarin sudah mampir ke Kawasaki and coba langsung mono merah. Mantep nih motor handling, bobot ama powernya.

7. Khairil - 26 March, 2014

Mantap

8. orong-orong - 26 March, 2014
9. Bapak'e Salma - 26 March, 2014

keren

10. ujang - 26 March, 2014

sip

11. wisnu3ds - 26 March, 2014
12. Iyan Dm - 26 March, 2014

Kenapa gak sekalian pke metic aja yak.?

wkwkwk

13. nivikoko - 26 March, 2014
14. jowanese - 26 March, 2014

ngono to

15. aripitstop - 26 March, 2014
16. sugiyantokenz - 26 March, 2014

AKHIRNYA TEKNOLOGI MOTOR BEBEK DISEMATKAN😀

17. kimcil balap - 26 March, 2014

making canggih aja..

Bruuud - 26 March, 2014

sangat Cangih men.. itu kan kl di Yamaha M1 sebagai tombol/tuas Destructive. terbukti kmren di Losail Qatar tombol itu di pake Lorenso… begitu komstir M1 aka Memble One mulai Oblak gk bisa belok, Lorenso langsung tarik tuas kecil di stang Kiri. Dhuarrwrwrwwrrr langsung brodol kabeh M1 nya. bener bener cangih…

18. ari - 26 March, 2014
19. Mas Wiro - 26 March, 2014
20. kudo78dk - 26 March, 2014
21. mariman - 26 March, 2014

Berarti kalo lagi buat balapan, motornya gk ada gear “N” gitu ya wak, langsung 1,2,3,4,5,6

Taufik - 26 March, 2014

bener banget . . . saat start misalnya dari warm up lap . . . rider teken gear ini untuk berhenti dulu . . . lalu masukkan gear 1 tekan kopling . . . start deh . . . selama muter muter gak bakalan masuk ke Gear Neutral kecuali tuas ini ditekan

kharis27 - 26 March, 2014

wah baru mudeng aku

22. masshar2000 - 26 March, 2014
23. Bruuud - 26 March, 2014

Loo ini kan udah di bahas IWB kang… Ujung2nya Yamaha jiplak Honda lagi kang.. setelah SSG Honda di jiplak Yamaha, skrng tuas kecil ini di jiplak Yamaha juga kang….

kebo ijo - 26 March, 2014

ehh.. tante bruudd…. msih oon y???

ssg tuch bkn milik hnda, pi kl g slh yg prtmax pke team F1 bmw..
hnda mnjiplak n mngplikasikn pd mtornya…

tw bruuddd….??? ngrti orak..????😀

Taufik - 26 March, 2014

oh sudah dibahas ya aku yo rapopo
sudah dengan latar belakang nya ya

kebo ijo - 26 March, 2014

heheee… gara” tiap hri matengin blog pean wak, boleh kn ilmunya ane serap😀

KAMEN RIDER GAIM - 26 March, 2014

bruud kan jelmaan marwoto

sama2 otak udang, ngertinya cuma honda

wkwk

peyek - 26 March, 2014

wkwkw,,,
marwoto punya kembaran ya,,,

buahaahaa,,,

sayang ya,,, sama2 p3kok,,,

buahahaha,,,

bdt - 26 March, 2014

mungkin maksundnya brood,

kok ymh telat mikir,

kenapa setelah ONDA buat, baru ymii IKUTAN buat.

(persis dimarih, fitur honda buat dulu, baru ymii)

kan awalnya lin jarvis blg” ssg yamaha ngak perlu,

karena kami punya pembalap hebat yg bisa mempercepat

waktu 1 dtk / lap,

sedangkan ssg cuma mempercepat 0,002 dtk/lap

CMIIW

Pritikiew - 26 March, 2014

naaahh,dadi fbh ki koyo bdt iki lho…. Pinter,ora waton njeplak. yen ngomong dipikir disik nganggo utek. Ora nganggo dengkul..

KAMEN RIDER GAIM - 26 March, 2014

yimm??

buahaha

sejak kapan yimm ikutan motogp?

wkwk

bdt - 26 March, 2014

(persis dimarih, fitur honda buat dulu, baru ymii)
===========
baca dulu om

24. Mas Wiro - 26 March, 2014

Dalam bahasan yang pernah saya baca berfungsi,
“semacam” mengungsi gear netral atau tidak memfungsikan
gear netral…mbuh bener opo nggak ngono iku…

Cara mudahnya memahami😀

Mas Wiro - 26 March, 2014

Ralat…
mengunci…kok jadi mengungsi😀

25. angel - 26 March, 2014

teknologi mahal

26. jetwan tumpaker - 26 March, 2014

makin banyak tuas, tombol, switch, rider motojipi dijamin stress kalo otaknya lemot, wkwkwk

27. rayap aspal - 26 March, 2014

jadi berfungsi penghilang gear netral waktu di trek kah wak haji?

Taufik - 26 March, 2014

penghilang bisa, pengunci bisa .. .pokoke intinya saat race itu gear N nggak bisa disentuh tanpa mengoprasikan tombol/tuas tsb

28. KUDA jingkrak - 26 March, 2014

posisinya kan dblakang kopling.apa narik koplingnya trus tuas kcilnya langsung ikut ya? Atau di tarik sendiri?😀 maaf awam wak heeee..

Taufik - 26 March, 2014

di tarik manual mas

Bruuud - 26 March, 2014

Kl di tarik bareng bareng itu tarik tambang agustusan men…

29. FAIRING WANNABE - 26 March, 2014

tuh kan di tiru lagi..

30. klonengan - 26 March, 2014

Kirain buat parkir ditanjakan, kaya metik

31. kebo ijo - 26 March, 2014

prsaing yg trkencang n tingkat keamann n knyamann mkin topp..
tinggl tunggu rider yg jd rja…😀

32. macantua - 26 March, 2014
33. FU'ers - 26 March, 2014

Namun Pola N 1 2 3 4 5 6 ada negatifnya yakni saat rider down shift misalnya dari straight kenceng diatas 250 km/jam masuk ke R1 maka gear akan diturunkan . . . ada kemungkinan trus diturunkan dan mencapai gear N . .. kalo kejadian masuk ke Gear N atau Netral jelas berbahaya . . .nggak adaengine Brake, dan motor nggak bisa dikendalikan bisa nyelonong dan crash, impuls gerungan rpm mesin akan tinggi banget pun nggak sehat buat mesin dan membuat durabilitas berkurang

=================

lah bukannya Seamless gearbox emang gk ada engine Brake, ya pasti klo pake ssg meski masuk gigi and gas di lepas gk bakalan ngerem tuh motor pasti nyelonong aja..

Taufik - 26 March, 2014

SSG tidak menghilangkan engine brake, . . . cuma mengurangi

vario kinclonk - 26 March, 2014

bukannya semua motor di motoGP udah pada pake slipper clutch ya..? CMIIW wak haji

34. KUDA jingkrak - 26 March, 2014

trims wak penjelsannya… Akhirnya bisa mnjawab rasa ingin tau dan rsa panasaran pengunjung… Heheee ga sia” wak haji jauh” ke qatar. Top markotop deh…. Bisa langsung liat sndiri tuh tuas ajaibnya xixixixi😀

Taufik - 26 March, 2014

sama sama

35. 4G92Mivec - 26 March, 2014

Wow…gitu ya…baru tahu. Mantap bener wak haji ini🙂

http://4g92mivec.wordpress.com/2014/03/25/suzuki-indonesia-jagonya-discontinue-motor/

36. paperiders - 26 March, 2014

apa kayak semacam rotarinya hilang😀, jadi linear ya pak..

Taufik - 26 March, 2014

hehehe rotari nanti dari 6 bisa langsung ke 1 dong kayak bebek ya

37. Rio Dhika - 26 March, 2014

tak kirain itu tuas TOA kang..😀

Taufik - 26 March, 2014

emang motor turing pake toa dan strobo

38. rdy - 26 March, 2014

oalah teknologi transmisi bebek n 1 2 3 4 5 6
bearti memasukkan gigi kaya bebek dong ??
masukkan gigi di injek mengurangi gigi di cungkil ??
ini mah sama kaya Jupiter mx old kopling dulu …masukkan gigi di injek ngurangi di cungkil dr gigi netral ke 1 2 dst.. walau pakai kopling

Taufik - 26 March, 2014

saya rasa naik gear di injek semua mas bro

Bruuud - 26 March, 2014

Tu kan FBY bingung dewe… makanya YIMM kl bikin motor bebek sama sport (Katanya sendiri) di bedakan persnelingnya. masak motor sport Prsneling injek depan injek belakang kayak bebek. tapi emang motornya sama sama mesin bebek sh SOHC operstruk jadi ya emang sama..

39. dred - 26 March, 2014

kirain teh tombol penghancur…atau tombol anti rudal..🙂

KUDA jingkrak - 26 March, 2014

wakwakwak klo tombol itu sih dah hak patennya motor satria baja hitam xixixixi😀

Taufik - 26 March, 2014

sekalian aja tombol pintu ajaib doremon😀

Bruuud - 26 March, 2014

Emang tombol penghancur men… kmren aja di pake lorenso waktu di Qatar. begitu Komstir M1 oblak langsung tarik tombol penghancur… brodol kabeh motor Lorenso…

40. Ibn Sam - 26 March, 2014

Gak usah injek/ungkit tuas porsneling…. Mantap!

41. Roy (Sempak Operpret) - 26 March, 2014

saya kirain mirip fungsi tangan kecil kek si pilem alien…
😆

42. terjadi galat - 26 March, 2014

Ooo.. Begitu.
Thx Wak Haji.

43. Bayu - 26 March, 2014

Nyam nyam

44. rdy - 26 March, 2014

iyaaa gear motor mirip bebek…josss gandos

45. Raditya - 26 March, 2014

jadi bukan lampu tembak ya😀

46. sean - 26 March, 2014

Disini banyak yang main game Clash of clans ngga bro?

47. salmanpedrosa - 26 March, 2014

Ane kira tuas turbo,wkwkwkwkwk

48. rdy - 26 March, 2014

jd masukkan/naikkan gigi di injek mengurangi gigi di cungkil mirip kaya old Jupiter mx kopling walaupun pakai kopling masukkan gigi di injek dan mengurangi gigi dicungkil

49. queen - 26 March, 2014

jgn nulis Honda mengaplikasikanny duluan wak….dianggap fbh lho….

Taufik - 26 March, 2014

di motogp memang honda duluan karena ssg duluan di honda, tapi hukannya honda yang menemukan . . . karena memang ssg ditemkan sebelum dipakai di motor . . . hehe gak takut diangap macem2 saya karena semua yang dijelaskan sesuai data dan fakta😀

ripcord - 26 March, 2014

@Queen..
Mengaplikasikan pertama blum tentu yg menemukan pertama broo..

50. enoanderson - 26 March, 2014

Nice inpoh kang haji….

51. peyek - 26 March, 2014

ooo,,

ngono tho,,,,
ane kitain itu tombol untuk NOS,,,

peyek - 26 March, 2014

:mrgreen:

52. mbah Modiar - 26 March, 2014

kirain bwt lampu dim klo mau nyalip

53. peyek - 26 March, 2014

PERTAMAX diamankan😀

honda memang joz tak ada tandingannya

54. peyek - 26 March, 2014

mongtor seport itu harus DOHC,,,!!!!

buahahaha,,,,,

p3kok kok di peli ara,,,
piara kambing lebih bermanpaat,,,😆

klonengan, klonengan,,,

55. ayok - 26 March, 2014

ssg itu
sama dengan daging babi
haram kata mbah dorma.

56. peyek - 26 March, 2014

wak haji,,,,
artikel ninin jomblo naked dong wak,,,,
kok kagak ada inpo lebih lanjutnya,,,,,

Taufik - 26 March, 2014

bentar lagi dikunyah2 ya

peyek - 26 March, 2014

ok wak haji..

aku bukan pahlawan berwajah tampan, sayap ku pun terbakar... - 26 March, 2014

jomblo udah di patentkan sama fbh
mono hanya untuk fbn

57. peyek - 26 March, 2014

wuih UEDIAN!
angka hits wak haji sedikit saja jd nmr CANTIK nih😀

tmcblog.com Stats 66,666,642 Hits, thks to The Visitors

58. aku bukan pahlawan berwajah tampan, sayap ku pun terbakar... - 26 March, 2014

kalo kawat bendrat buat besi cor buat apa tiu?

serius!!

59. peyek - 26 March, 2014

wak haji,,,

tanduk di ujung setang sebelah kanan mongtor,,, pungsinya untuk apa wak haji,,,,

kalo kagak salah,,, tuh tanduk ada di beberapa tahun belakangan aja,,, sebelum2 nya kagak ada wak,,,,

Taufik - 26 March, 2014

Brake lever protector ya biasanya buatan rizhoma

Aladin - 26 March, 2014

sepertinya agar tuas rem depan tidak terganggu/terpencet kalo terjadi senggolan antar pembalap..
CMiiW😀
kalo terpencet kan bisa2 motor nge-rem mendadak dan jatoh..

60. duarodaku - 26 March, 2014

Mas, bukannya memang gak ada engine brake karena aplilssi slipper clutch?

abu reza - 26 March, 2014

Θȋ̊ HONDA UĐƏђ ada dual clucth sedangkan ϑȋ̊ YAMAHA semakin ketinggalan!

KAMEN RIDER GAIM - 26 March, 2014

lo kira F1 pake sistem dual clutch?

dual clutch dilarang di motogp

norak dah

-__-

61. haryudh4 - 26 March, 2014

Oh, untuk skip N toh… Makin canggih aja balap sekarang🙂

62. adhe setiawan - 26 March, 2014

mantap , udh jelas . .
pantesan mahal harga nya. . !!

63. albeatles - 26 March, 2014

klw boleh tahu harga 1biji ban batlax motogp bara ji?

64. manteb - 26 March, 2014

lama-lama motogp jadi balapan motor matic..
akhirnya motor sport di jalanan pun jadi matic..
nanti ibu-ibu ke pasar bawa motor sport tapi matic..
hehehe..

65. andika - 26 March, 2014

jadi tombol ini ada hubungannya dengan ssg rupanya, bedanya dengan quick shifter apa ya

66. jon - 26 March, 2014

do motor honda bebek kan ada rotari tuh gearnya.. nah kalo rodanya muter dia ga bisa masuk netral dari gigi 4. nah knapa ga pake sistem kaya gitu aja ya?

67. simol - 26 March, 2014

Oh…ngono to…

68. zhoexyno - 26 March, 2014

ternyata aplikasi oper gigi di bebek di pakai di motor gp…mantap….bearti yang punya motor laki oper gigi tipe bebek jangan kecewa lah wong di aplikasikan di motogp kasta tinggi

69. Andrian - 26 March, 2014
70. nivikoko - 26 March, 2014
71. kuda besi liar - 26 March, 2014

saya rasa gear netral nya terpisah sama SSG makannya tuas netral d buat terpisah atau seperti mobil 4WD jaman dulu yg mesti tarik tuas tersendiri buat aktiifin 4WD nya. CMIIW.
untuk engine brake yg hilang pake teknologi slipper clutch, dan pindah persneling tanpa tarik tuas kopling pake quickshifter. jadi menurut saya SSG hanya mempersingkat gap antar perpindahan gigi sehingga laptime tidak terbuang percuma.

72. mbah ted - 26 March, 2014

O…gitu toh fungsinya tuas mungil cedak kopling wak haji. Wes mudeng sa’iki…

73. cahyadip - 26 March, 2014

Kirain tombol turbo qi qi

74. bdt - 26 March, 2014

http://proud2rideblog.com/2014/03/24/rossi-dan-lorenzo-request-seamless-down-shift/

Karena dengan susunan transmisi saat ini (1-n-2-3-4-5-6) akan sangat berbahaya bila diterapkan sistem seamless down shift (turun gigi tanpa jeda). “Kami mencoba menurunkan gigi seperti pembalap Honda, namun tidak bisa secepat mereka,” keluh Lorenzo.

Rossi juga mengalami kendala yang sama,”Honda punya seamless down shift (turun gigi tanpa jeda). Sedangkan kita tidak. Hal ini yang terus saya minta pihak Yamaha untuk kembangkan.”

75. fb wong deso - 26 March, 2014

SAYA KIRAIN ITU TUAS KECIL BUAT WIPER AIR. . Fungsinya biar raidery ga ngantuk!
Guyon. .kwkwkw

76. Kobayogas - 26 March, 2014
77. vario GT - 26 March, 2014

Parking brake lock buat motor balap kirain saya dulunyah

78. basri - 26 March, 2014

Kalo tuas dibawah tuas kopling yamaha SR fungsinya apa ya wak?

79. nbsusanto - 26 March, 2014

wah keren kalo ini.. tuas khusus netral..

80. Dreadlock - 26 March, 2014

Sekali sekali dibahas dong ssg vs dsg:mrgreen:

81. BillYosafat - 26 March, 2014

Kalo gitu dari gigi 3 bisa langsung netral dong kalo tuasnya d tarik kang?

82. kang onar - 26 March, 2014

O. . . lha siPol espargaro itu gimana?
kok nyelonong saat masuk R1. . .

83. pembalapkampung - 26 March, 2014

pertanyaan buat mas Taufik,apa bedanya seamless gearbox,close ratio gearbox dan penggunaan quick shifter?

Taufik - 26 March, 2014

*buka kitab

84. nivikoko - 26 March, 2014
85. dave - 26 March, 2014

masi ga ngerti c,, haha

86. ipanase - 26 March, 2014
87. Robby_Akrs - 26 March, 2014

weww, bisa berarti quick shifter yg diilangin N(netral)nya, terus krn kalo prsneling di cukil2 trlalu mainstream jadi di bikin bebek mode😀

88. bagus - 26 March, 2014

kang, mau tanya, apa iya motor bisa masuk ke N saat rpm mengah ataupun tinggi?soalnya motor bebek saya pun, kalo lg jln normal, g bisa masuk ke N wlwpun d injek2 terus tu shift knob. harus bener2 pelan(hampir berenti) kira2 10km/jam, baru deh mau masuk ke N. mohon pencerahannya kang. motor saya kawasaki athlete.

Taufik - 26 March, 2014

kalo di motor sport mungkin aja . . . cobain deh lagi 10000 rpm ngebud gear 5 pake R6 misalnya trus ketemu tikungan teken kopling lalu turunin sampe ketemu netral . . . tetep bisa . . . tapi motor langsung nggak hisa dikendalikan dalam artian traksi bannya soale nyelodong sendiri kayak lagi ditekan kopingnya saja

89. milky bo - 26 March, 2014

perasaan motogp pake slipper clutch wak jadi motor ga ada engine brake…

Taufik - 26 March, 2014

saya sudah pernah pake motor gede fairing dengan slippery clutch . . . masih terasa engine Brakenya, cuma memang minim banget

90. bagus - 26 March, 2014

kang, mau tanya, apa iya motor bisa masuk ke N saat rpm mengah ataupun tinggi?soalnya motor bebek saya pun, kalo lg jln normal, g bisa masuk ke N wlwpun d injek2 terus tu shift knob. harus bener2 pelan(hampir berenti) kira2 10km/jam, baru deh mau masuk ke N. mohon pencerahannya kang. motor saya kawasaki athlete..

91. Deniboshter - 26 March, 2014

Jadi ky motor itik dunk..

92. monkeymotoblog - 26 March, 2014
93. yogo - 26 March, 2014

Tak kiro tombol go mabur wkwkwk

94. 0yoo - 26 March, 2014

. . . Bila tombol tersebut nggak diaktifkan maka perpindahan gear hanya bisa terjadi di angka 1 2 3 4 5 dan 6 dan nggak akan mungkin bisa masuk ke Neutral ( N ), cmiiw
……………………………………………………………………………………..
kok CMIIW bang, apa blm 100% kebenarannya?😆

95. hayyu motor - 27 March, 2014

Di motor bebek lokal juga banyak di terapkan tuas tambahan kecil di stang sebelah kiri, hasil modifikasi putra bangsa mengakali tuas choke yang patah dan ada juga yang sekedar gaya-gayaan😀

96. TiCtAc - 27 March, 2014

menurut efbeyeh ini klw di NVL utk ngidupin tampilan tulisan ajaib di dashboard
“Hi Bro, Mau ngebut dimana ” ?

97. Thurston River - 27 March, 2014

engineer pasti udah mikir untuk engine brake buat alasan safety, bang mungkin mekanisme SSG itu lebih unik daripada gearbox biasa ketika menetralkan perslening otomatis SSG bakal menahan raungan mesin, kalo SSG ga ada engine brake nya otomatis bakal nyumsep semua rider2 yang pake SSG.
coba dengerin suara dari knalpot pas trek lurus menjelang tikungan, buat nyari tau ada atau ga suara yg khas engine brake.

98. Itu Tuas Choke ! - 27 March, 2014

Kang Haji, itu mah tuas choke….kalo pagi-pagi mau panasin kudu ditarik tuasnyaaaaaa……..

99. Ranggaaa - 27 March, 2014

anehhhh yaa ternyata banyak tuas” tersembunyi :v

————————————————————-
Kumpulan Misteri & Fakta Unik http://detikdunia.blogspot.com/

100. milemotoblog - 27 March, 2014

numpang promo ya kang
Monggo diintip blog ane

hasil tes bbm NVL:

http://milemoto.wordpress.com/2014/03/27/hasil-tes-konsumsi-bbm-new-vixion-rute-perkotaan/

dan artikel lainnya hanaya di http://milemoto.wordpress.com/

101. pembalapkampung - 28 March, 2014

kitabnya udah dibuka mas taufik? jawabananya apa?


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: