jump to navigation

5 Alasan kenapa Gelaran FIM CEV Sangat Kesohor Buat Mendidik Kadet Pembalap 7 April, 2014

Posted by Taufik in race, Racing.
Tags: , ,
trackback

460x110_april

uk460x110feb

FIM_CEV_moto3

Bro sekalian, tulisan ini adalah hasil Kunyahan yang tmcblog dapet dari tulisan Dennis Noyes ( anaknya ikutan di Supersport CEV 2014 ) di situs Cycle World yang menerangkan kenapa Gelaran FIM CEV Sangat Kesohor dan cukup penting Buat Mendidik Kadet Pembalap dan menjadi salah satu kawah candra dimuka dan jalan utama Menuju Gelaran GP . ..  Oleh karena itu jangan heran Jika Malaysia sangat getol juga mengumpankan pembalap mudanya di gelaran ini. Silahkan simak 5 alasan nya  . ..

banner-440x100 (5)_mar

banner-460feb14

Latar belakang

Sebelum masuk ke 5 alasan, mari kita dalami dulu latar belakangnya . . . CEV sendiri merupakan kepanjangan dari Campeonato de España de Velocidad. Sejarahnya dimulai semenjak 16 tahun yang lalu dimana Dorna membeli kepemilikan hak penyelenggaraan balap 125cc, 250cc, dan Supersport 600cc yang awalnya diselenggarakan oleh Royal Spanish Motorcycle Federation (RFME). Tujuan Dorna saat itu membuat CEV Populer, Profesional dan membuat seri nasional yang berfungsi memproduksi pembalap GP. Namun pada perjalanannya CEV nggak lagi murni balapan Nasional. Seperti BSB ( Britist Superbike) yang juga dilangsungkan di Assen Belanda, CEV juga dilangsungkan di Portimao Portugal.

Bukan Hanya itu, Fakta hanya 35% pembalap Spanyol ( 65% lainnya pembalap non spanyol ) yang ikut dari total 117 Pembalap membuktikan bahwa CEV sudah sangat Plural banget dari segi kebangsaan Pembalapnya. Lihat saja ada 9 perancis, 8 Italia, 6 Ingris Raya, 6 Jerman, Kanada, Portigal, USA, Jepang, Malaysia, Kazakstan, Indonesia . . . you name it

walaupun cuma 35%, pembalap Spanyol dalam 16 tahun terakhir telah memenangkan 40 dari 45 gelar CEV. Pembalap Non-Spanyol Pertama yang memenangkan kejuaraan ini adalah Martin Cárdenas dari Kolombia . ..  bakan Stefan Bradl Pun pernah jadi Juara 125 cc di CEV tahun 2007. Marc Marquez pun pernah jadi stating grid dan podium di kelas 125 cc FIM CEV . . . dan masih banyak lagi nama nama tenar MotoGP yang awalnya berjibaku di FIM CEV. hmm 4 Paragraf belum juga masuk ke 5 alasan kenapa Gelaran FIM CEV Sangat Kesohor Buat Mendidik Kadet Pembalap . . . oke mari kita masuki satu satu

marc

1. Paspor menuju ke balapan GP

Alasan Pertama Yang disebut Denis Noyes ini berdasarkan statistik dimana dari 91 Pembalap yang akan nge Gass di MotoGP, Moto2 dan Moto3 Austin Texas Akhir pekan ini, 50,5% atau 46 pembalap diantaranya pernah paling tidak setengah musim memiliki pengalaman Ngegass di FIM CEV . Banyak banget Pencari Bakat Moto2 dan Moto3 di world Championship pasang mata di gelaran ini. Hasil Baik di gelaran CEV bisa berujung di pemanggilan team GP. dan Untuk yang di kelas Superbike bisa berujung pemanggilan di tim WSBK atau WSTK

2. Sirkuitnya bertaraf GP dengan tingkat keselamatan Yang sama

CEV ini dilangsungkan selama 9 seri di 7 sirkuit. dari 7 sirkuit lima diantaranya : Jerez, Catalunya, Motorland Aragon, Valencia, dan Le Mans adalah sirkuit berhomologasi MotoGP semua standar, Race seperti garis marka Race, Marshall, keselamatan dan standar penanganan sirkuitnya selevel dengan MotoGP. Keuntungan Buat pembalap adalah . . . tentunya Pengalaman balap di lintasan sekelas MotoGP tentunya

3. Organisasi yang  sangat Profesional

Yap Walaupun beberapa bulan terakhir dituding macem macem karena regulasi yang kadang mudah berubah di MotoGP. Dorna tetaplah Dorna . . . Perusahaan Swasta pimpinan Carmelo Ezpeleta ini adalah Organisasi Yang sangat Profesional dalam mengurus event balap Tingkat Dunia . . . mau tau cerita Keprofesionalitasannya . ..  Baca tulisan tmcblog yang ini : Kupas Tuntas Logistik MotoGP . . . Interview Dengan Carles Jorba Dir. Operasional Dorna Buat pembalap , tentu sebuah pengalaman juga bagaimana bisa mengetahui ncara cara profesional dan diurus sama Organisasi yang super profesional.

4. Coverage media terutama TV

Yap Spnsor, tim, pembalap, keluarga semua senang jika bisa melihat secara langsung balapan. Dan FIM CEV ini di coverage siaran langsung oleh Energy TV dan Movistar TV . . . Dan Dunia digital semakin berkembang . . . dorna pun berusaha membumikan FIM CEV lebih Luas lagi,nggak gaptek teknologi digital dan soalial media. . . Oleh karena itu mulai kemarin pun balapan bisa dilihat streaming langsung Live Via Youtube . . . mantabbb

5. Spanyol

Yap Spanyol boleh dibilang negara dengan aura sport yang kental . . . silahkan simak cabang cabang olahraga beken didunia, sepakbola, tenis, balap motor, balap mobil .. .  mungkin hanya badminton yang jarang atlit spanyolnya . . . nah maksud dari denis disini adalah, Pembalap akan merasakan atmosfer kompetisi ala Spanyol yang secara positif bisa jadi akan menempa psikologis dan fighting spirit pembalap . . .

moto2_CEV

Oleh Karena itu jangan heran Jika Tahun Ini Astra Honda Motor mencanangkan Satu Pembalapnya untuk Ikut di gelaran CEV ini Yakni Dimas Ekky ( gambar di atas berdiri dua dari kanan ) . . . Dimas seperti yang kita ketahui pada debut perdananya sudah cukup membuktikan motonya : Keep pushing and never give up Yap walaupun start dari posisi 22 yang artinya termasuk pembalap ‘terpelan’ di Kelas Moto2 saat kualifikasi  . . . dimas pantang menyerah dan bisa sanggup merangsek 11 posisi kedepan selama 17 lap . . . dan finish di posisi 11

yamahaRacing

Bagaimana Yamaha Indonesia (YIMM) , seperti bisa brolihat dari Strategy Global jangkanmenengah Motor sport Yamaha Indonsia diatas . . . Tahun 2017 Yamaha Indonesia pun sudah mencanangkan Spain race (sangat mungkin yang dimaksud adalah FIM CEV ini ) sebagai salah satu kawah candra dimuka pembalapnya sebelum Joint MotoGP di 2018 nanti. Oke semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber : http://www.cycleworld.com/2014/04/05/fim-cev-repsol-international-championship-motorcycle-racing-series-begins-at-jerez/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

http://www.cycleworld.com/2014/04/05/fim-cev-repsol-international-championship-motorcycle-racing-series-begins-at-jerez/

Comments

1. potretbikers - 7 April, 2014
Taufik - 7 April, 2014

wiihh pertamax . . . anda dapet gelas cantik (tapi digital):mrgreen:

potretbikers - 9 April, 2014

Hahaha, asyik…dapat gelas😆 (kirim by e-mail):mrgreen:

warungasep - 7 April, 2014
cahyadip - 7 April, 2014

Duh termoderasi terus hiks hiks

TOKO CETAK - 7 April, 2014

numpang pertamax

2. dexter - 7 April, 2014

Mantap…

monkeymotoblog - 7 April, 2014
3. wtf170 - 7 April, 2014

panjang bener

Taufik - 7 April, 2014

biar berisi dan bikin puas😀

4. Fitready - 7 April, 2014

mantabe

5. gondes - 7 April, 2014

Jooss eki teruslah semoga bisa berprestasi go

6. Le lembut - 7 April, 2014

joss

7. masshar2000 - 7 April, 2014
8. ketemulagidisini - 7 April, 2014

Absen wak haji.. spanyol jg mengingatkan sejarah islam dahulunya wak..

9. woko - 7 April, 2014

biar kadet dr indonesia ng kaget atmosfer balap pro. asah skill +mental

10. arrivo - 7 April, 2014

terorganisir dg rapi…. Joss

11. curut ngebut - 7 April, 2014

bukan balapan bebek kwek kwek!

12. stoner27 - 7 April, 2014

itu MM fotonya imut banget.. wkwkwk..

Taufik - 7 April, 2014

hallo bang stoner, lama tak bersua😀

stoner27 - 6 May, 2014

Tiap hari sih sarapan TMC, cuma dah lama ga komen aje..😀

13. fb wong deso - 7 April, 2014

menurut wak hji. Klo yamaha ga ikut pasar senggol 150 dgn alasan sirkuit yg tidak aman,membahayakan dan krna tdk mau pembalapy cidera tnpa hasil yg akhiry tdk bisa menuju jenjang gelaran balap yg lbh tinggi moto 3,2 ato gp. Menurut saya yamaha itu bkn takut tp lbh melihat kedpn buat pembalapy.
Klo wak hji dn para bloger tnh air gmna nih pendapaty.
Klo fbh sih jelas mencela

Taufik - 7 April, 2014

sebenarnya tanda tanda yamaha withdrawl sama sport 150 sudah dari lama mas bro . . . paling tidak dari februari lalu :

http://tmcblog.com/2014/02/20/tanggapan-yamaha-terhadap-indoprix-kelas-150-cc/

memang semenjak saat itu tarik ulur soal alasan safety ini. Kalo saya pikir . .. mungkin yamaha wild card saja, ikut hanya di sirkuit yang besar besar saja sentul dan binuang . . . yap baik lagi ini kebijakan internal

KOMedi-pUTER bengong di parkiran Austin - 7 April, 2014

coba baca analisis mbah dukun satar wak..

“safety” tu cuma topeng belaka

Taufik - 7 April, 2014

hahahaha iya saya sudah baca, di artikel terdahulu itu bukan opini saya tapi konfirmasi dari pabrikannya

14. Mas Dani - 7 April, 2014
15. Ferboes Richardson - 7 April, 2014
16. KOMedi-pUTER bengong di parkiran Austin - 7 April, 2014

Wak haji, balapan motor sport itu gak safety!!

harus pake spek bebek supaya safety
😆

17. gondes - 7 April, 2014

Malah jijkik sama yimm jadinya kenapa jadi kurang flexible pisan sih,seting aja motornya harus gimana biar safety kaya orok lu amit amit deh

KOMedi-pUTER bengong di parkiran Austin - 7 April, 2014

orok kan suka jilat ludah

18. KOMedi-pUTER bengong di parkiran Austin - 7 April, 2014

Wak haji gimana nih gak mengulas super hot issue R-15 ..

Iwanbanaran, Pertamax7, Indobikermags, Kobayogas, Motogokil,
semua kompak angkat jilat ludah 7.0 ala YIMM

Wak haji sebagai simbahe blogger, harus urun pendapat donk

ditunggu ya wak mumpung masih anget

Taufik - 7 April, 2014

hahahahhaaha . . .kompor gasss

19. orong-orong - 7 April, 2014
20. AryoBlackstar - 7 April, 2014

ayo kirim pembalap yang banyak.. pertamina juga sponsorin dong.. jangan kalah sama petronas..

Balapan bebek Jadul
http://aryoblackstar.wordpress.com/2014/04/07/ninety-fifty-race-balap-ketahanan-8-jam-bebek-jadul-only/

21. kudo78dk - 7 April, 2014

semua pakai sistem berjenjang..tdk ada yg instan… hanya kudu dimulai sedini mungkin
http://78deka.wordpress.com/2014/04/07/yamaha-berusaha-mengikat-lorenzo-dan-rossi-lebih-lama/

22. aripitstop - 7 April, 2014
23. cahyadip - 7 April, 2014

Joss wak haji, info padat buat para calon pembalap…. (mudah2an ngga termoderasi

http://cahyadip.wordpress.com

24. Sanghyangasmara - 7 April, 2014

Smga…

25. ndas becak - 7 April, 2014

lihat aja tar 2017 dimas eky pasti digebukin pembalap yamaha…ngohahahaha…

26. ipanase - 7 April, 2014

seperti naik ke lantai atas, ada tangga maupun lift jalur yang jelas, tidak tiba2 manjat atau terbang😀
http://pertamax7.com/2014/04/07/penjualan-sepeda-motor-di-india-selama-februari-dan-maret-2014-hero-38-honda-28-bajaj-19-yamaha-3/

27. monkeymotoblog - 7 April, 2014
28. megalodon150 - 7 April, 2014
29. motorohim - 7 April, 2014
30. OTOSL - 7 April, 2014

Ini dia.. touring Dream Club Indonesia
http://stephenlangitan.com/archives/86779

31. sijidewe - 7 April, 2014

mas taufik maaf oot.. nitip ulasan dong teknologi broadcast (IT) motogp mulai dari kamera,sistem transfer gambar dari motor ke ruang editor, hingga penyiaran ke seluruh dunia

Taufik - 7 April, 2014

mantab nih, ntar saya cek dulu gambar gambarnya .. . saya pernah ngeliput nih 2011 waktu di sepang

32. nivikoko - 7 April, 2014
33. sopia - 7 April, 2014

moto2 yah …yang jelas mesinnya honda cbr600rr yah ….hehehe

Jilad Ludah 7.0 - 7 April, 2014

masih kalah dibanding R15… MotoGP aja lewaatt

34. monkeymotoblog - 7 April, 2014
35. dave - 7 April, 2014

banyak banget bacaan nya,,

36. kebo ijo - 7 April, 2014

KOMedi-pUTER#mw mngadu domba nich..😀

ssuai nmanya.. sukanya balap ala komedi puter krn bs teriak” d pingir trek dg gaya ggah brani sprti jagoan neon… ;D

kl mnurut ane sih mending kl IP150 cm d gelar d sentul n binuang aj wak..!!!

prtama alasan safety sprti yg jd alasn ymh slm.ini
kdua dmi pnjenjang rider, krn dg pke sirkuit ini kmampuan rider bs optimal, rider bs lozz ngegas mtor, kn tjuannya bs go inter smua rder kita, kl d psar senggol g kn bs d gali full tuch potensi ridernya.krn gaya balapnya stop n go…
😀 kl da slh d korek y wak..

vario kinclonk - 7 April, 2014

ngatain org adu domba dirinya sendiri aja suka suudzon ama org, wkwkwkwk

37. cub 70 - 7 April, 2014

mm93 bocah…balapan pake motorsport disirkuit karungpasir…dia bisa ngesot2 bisa ngontrol dg bagus tujuannya pembiasaan bodylanguage pada motorsport.
pamor bebek semakin lama semakin pudar…harusnya ip bebek juga semakin memudar, pangsa sport meningkat harusnya ip sport juga semakin rame maka jualan bisa semakin laris.

38. dimaz_13 - 7 April, 2014

sudah saatnya balapan itik dihapuskan, ganti balapan motor sport beneran…. biar semakin banyak pembalap kita punya peluang ke jenjang balapan dunia….
INDONESIA BISA!!!

39. bang kojay - 8 April, 2014

pak haji, yg lebih tepat istilahnya ‘pebalap’ bukan ‘pembalap’. Merujuk pada aturan bahasa, bahwa yg dimaksud pebalap adalah orang yg berprofesi balap. Pembalap adalah pelaku balap. Seperti petinju dan peninju, pebasket bukan pembasket, pebulutangkis bukan pembulu tangkis, atau pesepakbola bukan penyepakbola. Jd tanpa sisipan.. Trims

40. Mechman212v - 8 April, 2014

sorry bukan membeda2 bedakan, tapi postur tubuh mnerut saya IMHO, berpengaruh ke performa seorang pembalap, palagi dengan ukuran motor yg besar, terbukti lebih lincah liuk2 pembalap dengan postur tubuh jangkung contohnya Dimas, lalu supersic, Rossi, Reading, Ianone, selain jg dari pengaruh kehandalan sasis yg didesain..

41. Guest Blog, Manuel Pecino : Mengenal Siapa Aleix Espargaro | tmcblog.com - 3 May, 2014

[…] Jalur karirnya dimulai dari saat usianya 15 tahun 3 bulan 20 hari, saat itu Aleix menjadi juara Spanish 125 cc championship. Saat itu sebenarnya Aliex sedang ditangani oleh Emilio Alzamora yang sekarang merupakan manager […]


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: