jump to navigation

Pengembangan Software ECU Motogp dibekukan Mulai GP Assen 2015 17 April, 2014

Posted by Taufik in motogp.
Tags: , , ,
trackback

460x110_april

460x110

magneti-marelli-ecu-2013

Bro sekalian, Update terbaru dari persiapan Menuju wajah baru Peraturan MotoGP tekuak kembali, Via GpOnedan Motomatters di ketahui bahwa MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association) sepakat bahwa Mulai gelaran GP Assen Belanda 2015 nanti Pengembangan Software ECU Motogp akan dibekukan,  .. .  artinya Bukan Single Software karena Pabrikan Yang factory Class masih akan tetap menggunakan software hasil kembangan mereka, cuma pengembangannya saja yang dihentikan, cmiiw

banner-440x100px

banner-460feb14

Seperti Kita Ketahui bersama, Saat ini ( awal musim 2014) MotoGP diselenggarakan paling tidak dengan 3 pilihan kelas  sebagai berikut

  • Factory Class yang diikuti Honda  HRC dan Yamaha Factory racing dimana ECU Nya sama Yakni Magneti Marelli dengan Software ECU yang asli buatan Pabrikan dan boleh sesuka hati dikembangkan oleh Pabrikan. Engine development Freeze, pembatasan 5 buah mesin, pembatasan pengetesan, dan pembatasan bbm 20 liter
  • Open Class Murni Yang diikuti tim seperti Aspar Honda maupun Yamaha Forward dimana ECU Nya sama Yakni Magneti Marelli dengan Software ECU Juga Sama dari Magneti marelli dan tidak boleh diutak atik ( ECU software Development Freeze ), No engine development freeze, mesin bisa sampai 12 unit dan bbm sampai 24 liter, Plus ban kompon lunak untuk kualifikasi
  • Factory 2/ Open Factory Class yang diikuti Oleh Ducati Corse dimana Ducati menggunakan ECU Magneti marelli, Software buatan sendiri namun memperoleh beberapa kemudahan Open class yakni No engine development freeze, mesin bisa sampai 12 unit dan bbm sampai 24 liter Plus ban kompon lunak untuk kualifikasi. Namun Jika salah satu, atau Kombinasi dari rider Tim manufaktur ini dalam keadaan Dry race ( balap kondisi kering) bisa podium pertama sekali saja atau Dua kali runner up atau tiga kali juara 3, maka bbm nya akan di kurangi dari 24 liter menjadi menjadi 22 liter saja. Dan Jika tim Tim Manufaktur / team factory sempat 3 kali menang, selain pengurangan bbm tadi, mereka kehilangan Hak menggunakan Ban tipe kompon lunak

Lalu ada informasi bahwa Mulai Musim 2016 nanti  keputusan GPC yang memaksakan sistem Single ECU Software/ Championship software mulai dari MotoGP 2016.  artinya Mulai Musim 2016 tidak akan ada lagi perbedaan factory Class dan Open Class . ..  semua sama rata soal ECU dan Softwarenya dan sama pula soal regulasi ban maupun regulasi mesin

with_puig_nakamoto

Soal masalah Single Software ECU . . .  Dorna akan memberikan order pembuatan Software ECU melalui Magneti Marelli berdasarkan input pengembangan dari parikan Juga, jadi nggak sendiri. Shuhei Nakamoto dari HRC sendiri pernah tmcblog wawancarai di Losail Qatar beberapa pekan yang lalu mengatakan kira kira begini ” dengan semangat kebersamaan dan berfikir untuk pengembangan Balap MotoGP kedepan, HRC siap bekerja sama dengan Dorna dan Pabrikan lain untuk bersama sama mengembangkan Software ECU ” ( rekaman wawancaranya ada di tmcblog belom sempet upload) . . . sungguh kontras nih sama reaksi penolakan HRC di saat awal awal dulu😀 . .  people Change so fast sometimes😀

petrucciAprilia1NEU_2jpg

Nah untuk menuju 2016 kan butuh persiapan dan pembiasaan nih . ..  mungkin ini alasannya kenapa mulai 2015 motoGP memulai Single ECU dan Penghentian pengembangan software ECU . . . Ini juga dimaksudkan agar Pabrikan bisa lebih konsentrasi melakukan kerja bersama membuat Software Championship yang akan digunakan oleh semua Peserta MotoGP Mulai 2016 nanti . . . hmmm akan kah hal ini akan bisa memuarakan tujuan awal dorna untuk membuat Baapan MotoGP lebih murah . . .?

suzuki-motogpspanish-testshighres3_slideshow_169

tinjauan TMCBlog sih belum sampai kesana, Namun mudah mudahan ini tentu akan membuka peluang banyak Pabrikan Lain seperti Aprillia, Kawasaki, Suzuki, KTM, MV Agusta dan lain lain untuk kembali nyemplung di MotoGP karena mereka tahu, ada basis cost yang berkurang yakni cost pengembangan software, cmiiw, imho . . . bagaimana pendapat mas bro semua, silahkan share dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Sumber

http://www.gpone.com/en/2014041413266/Elettronica-stop-ad-Assen-2015.html

http://motomatters.com/news/2014/04/15/msma_agree_to_freeze_electronic_developm.html

 

 

Comments

1. potretbikers - 17 April, 2014
2. baha - 17 April, 2014

masih lama itu

Bayu - 17 April, 2014
ridertasik - 18 April, 2014
kampret - 18 April, 2014

najong motogp gak ada kemajuan. Percuma digelari prototipe.
Pertama RPM dikurangin dari 18k jadi 16k
153 kg jadi 157 kg
Double ECU dibikin jadi single ECU
Single ECU dibikin jadi 1 supplier
1 supplier dibikin jadi 1 software

Tapi motogp masih lebih baik daripada F1 sih karena gak pake turbo. F1 turbo sekarang lebih lambat 3 detik

warungasep - 18 April, 2014
3. RPMspeed - 17 April, 2014

kenaikan

——————————————–
Test New Scorpio Z
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/17/sensasi-berkendara-yamaha-new-scorpio-z/

4. baha - 17 April, 2014

masih lama itu y wa haji

5. RPMspeed - 17 April, 2014

kok komen saya menunggu moderasi terus wak ?

——————————————–
Test New Scorpio Z
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/17/sensasi-berkendara-yamaha-new-scorpio-z/

6. baha - 17 April, 2014

sepi pada kemana nc?

7. baha - 17 April, 2014

podium habis

8. Follower - 17 April, 2014

k45 mana lagi niiihh..

9. gaaralovers - 17 April, 2014

Sip!

10. gaaralovers - 17 April, 2014

Jos!

11. gaaralovers - 17 April, 2014

๓คภtคק

12. gaaralovers - 17 April, 2014

ค๒รєภ

13. halimcz - 17 April, 2014

wohooowww seru….. kontestan dituntut membuat bumbu racikan lain selain ecu dan ssg……..

14. Sanghyangasmara - 17 April, 2014

Sing duwe ECU girang temen… Produk e d develope bnyak pihak.
Nangka runtuh… ^,^

15. Mas Odi - 17 April, 2014

setuju🙂

16. Ari CX Rider - 17 April, 2014
17. Kobayogas - 17 April, 2014
18. kaji topik - 17 April, 2014

10

19. monkeymotoblog - 17 April, 2014
20. Bocah_Ugal - 17 April, 2014

bawah ane maho kagak pakek ecu ccinnn

21. kaji topik - 17 April, 2014

GA SAPETY…GUE MUNDUR….

22. d3nggol - 17 April, 2014

tidak berkembang maka tdk akan berbuah, gitu kah?

23. KomMotor - 17 April, 2014
24. rhizal - 17 April, 2014

Saya tunggu kabar ttg projek K45 ajha wak

25. aas - 18 April, 2014

14 besar, lumayan msh dpt poin

26. mbah ted - 18 April, 2014

Masih 2016…mudah2an penyetaraan spek software ECU ini bisa membuat tontonan MotoGP™ bisa seseru era GP500/GP990 ya wak haji..!

27. Rudy SouL - 18 April, 2014
28. cahyadip - 18 April, 2014

Akan diupdate seandainya masih mengandung bug (nyamuk) he he

29. peyek - 18 April, 2014

dan itu pertanda CASEY STONER is back. Jos biar ada yg bisa menyaingi markues

0yoo - 18 April, 2014

bisa jd bgt, stoner persiapan kontrak utk musim balap 2016

30. Polisi Korup Makan BPKB - 18 April, 2014

Mantaaap

31. warungasep - 18 April, 2014

Semoga tidak jumpstart😀
warungasep.wordpress.com/2014/04/18/☠-kuntilanak-itu-beli-baju-putihnya-di-mall-mana-ya-☠/

32. Ahmad - 18 April, 2014

Daytona ECU R15 yang akan dijual YIMM itu bagaimana bos? Sepertinya performa R15 bakal nampol juga ya?

33. Riz14 - 18 April, 2014

Kalau enter tetap honda yg dominasi. Pasti banyak fb yg bilang ah itu software kembangan honda. Pastinya untungin honda. Wkwk..

34. Riz14 - 18 April, 2014

Feeling ane bilang kalau honda udah ada persiapan untuk 2016 nanti. Jd nya mereka berubah pikiran.

35. Z1 Mania - 18 April, 2014

Makin banyak pembatasan2… ckck :3

36. daniel - 18 April, 2014

Gambar gsx rr yg bawah kaga ada cakram depannya ya. Cuman ada kaliper doang

37. satrianunggangvixie - 18 April, 2014

Gak ikut2an repot,yg penting nonton aja ane mah…

38. Bonsai Biker - 18 April, 2014
39. kebo ijo - 18 April, 2014

tiwaz mumet… sng pnting balap jd lbh seru ae…..

40. abuabbas1 - 18 April, 2014

bukan adu motor lagi tapi adu skill lebih ditonjolkan pak taufik?
tips trik mekanik motor terapan http://www.auto-champion.blogspot.com

41. ramsky - 18 April, 2014

semoga aprilia, bmw, kawasaki, mv agusta ikut turun gunung… biar rider2 motogp sekarang gak jomplang statusnya…
sayang bakat2 kayak ianone, aleix, redding dll gak bisa dapet motor kualitas factory..

42. embro mania - 18 April, 2014

setujuuuuuuu…… Masa yg balapan cuman 3 pabrikan motor? Yg lain pd kemana? Yap mudah”an langkah DORNA d 2015 bisa membuat pabrikan lain kembali lagi ke balapan motor paling bergengsi d dunia ini,,, Pasti seru kalau pesertanya banyak

43. nurahmanafandi - 18 April, 2014

Reblogged this on nurahmanafandi.

44. Blitz-r - 18 April, 2014

Mungkin ini cara dorna mencuri kekayaan intelektual yang dimiliki honda,yamaha, dan ducati?

45. pembalap karung - 18 April, 2014

Halah. Ujung2nya jadi honda omr motogp. Ngemeng2 udah paham omr semua kan?

46. terjadi galat - 18 April, 2014

Honda ga ngaruh sm pengurangan bbm (emang jagoan irit🙂 ), yamaha mulai kesulitan. Jadi ga seru ding kl cm honda doang dipodium.
Kl mau murah ya pake karbu plus platina atau ga pake mesin.

47. Pemakai saja - 18 April, 2014

Ternyata kemajuan teknologi bisa dikebiri juga karena pertimbangan bisnis.

48. 0yoo - 18 April, 2014

1 ecu utk smua, 1nya cocok belum tentu lainnya

49. Mas Sayur - 18 April, 2014
50. ipanase - 18 April, 2014

sekarang saatnta pol polan,,, akankah pengebirian ini akan miirip F1 saat ini yang,.. nguengggggg
http://pertamax7.com/2014/04/16/yamaha-new-yzf-r15-rp-28-jutaan-otr-jakarta-bisa-naik-tergantung-daerah/

51. motor batangan - 18 April, 2014

Wow, HRC yang keras bisa melunak gitu.. tawaran apa yg diajukan Dorna nih? menarik.
Wait, kalo ini jadi diterapkan, berarti selama semusim ga ada pengembangan samsek donk dr pabrikan? Mereka hanya ubah settingan motor setiap seri. Paling kalo pun ada pengembangan ya baru di musim berikutnya; orang pengembangan ecu, mesin, dan ban dibekukan kan? sama rata semua.

Paling yang masih bisa dikembangin hanya chassis dan body work doank. Gimana, Kang?

Kalo gini jadinya motogp ga bisa jadi medan riset pabrikan lagi..

52. motobikerz - 18 April, 2014

Pengalaman pakai Jaket Respiro Skelter R3 plus base layernya
http://motobikerz.com/archives/3262

53. motorohim - 18 April, 2014
54. eiscell - 18 April, 2014

tahu kenapa HRC melunak????
gosipnya stoner bakal nongkrong di paddock HRC.
dan stoner suka kalau kontrol software dikurangi.

55. nivikoko - 18 April, 2014

Mantap wak haji ulasanya.. Kelebihan single software, ecu dan ban.. Memang faktor rider yang sangat berpengaruh. Namun kedepanya jika ada masalah… Seperti halnya ban bridgestone yang saat ini centre berita negatif. Karena kualitas antara satu ban dan lainya tidak sama… Walaupun compound sama.

56. pengamat - 19 April, 2014

bagus deh jadi mesin kembali kehabitatnya, jeroan ringan bikin akselerasi cepet tp bensin boros coz main rpm tinggi terus bbm dibatasi. ngak bisa pake ecu sendiri tambah mumet tim pabrikan jepang…..wkwkwk

57. Roy (Sempak Operpret) - 19 April, 2014

udah balik ke karbu ajah…
semua kontrol elektronik di hilangkan…

58. dave - 21 April, 2014

mantep neh,, mudah2an yg terjadi adalah pertandingan antar skill pembalap dan kekuatan mesin motor aja,,

59. namharira - 21 April, 2014

Wow, kalimat terakhir dalem artinya
people Change so fast sometimes😀


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: