jump to navigation

Kupas Sistem Quick Shifter 6 May, 2014

Posted by Taufik in Teknologi Otomotif.
Tags:
trackback

460x110_april

460x110kemanapun asik

MV_F3_11

Bro sekalian, Kita akan membahas sebuah bahasan teknikal dengan sederhana nih. Kali ini kita akan membahas tentang Quick Shifter. Quick Shifter hadir dengan pemikiran bahwa saat melakukan pindah gigi pada motor manual biasanya kita menekan dulu tuas kopling, nah ini tentu butuh waktu dan akan ada proses akselerasi yang ditinggalkan karena kita biasanya sedikit menurunkan betottan gas, Nyatanya rata rata rider melakukan proses ini selama 600 mili detik, dan untuk rider denan skil hebat biasanya sampai 300 mili dedetik .. .  Buat pembalap atau tukang drag ini tentu menghabiskan waktu . . . nah gimana quick shifter membantu menolong biar naik gigi cuma butuh 50 mili detik saja?

Road to MotoGP 440x100

banner-460feb14

Jadi gini, konsep pemikiran dibalik penggunaan kopling pada saat pergantian gear (gigi) adalah untuk memutus transfer tenaga dari Crankshaft ke sistem penggerak (via sistem transmisi) secara sementara untuk menjaga durabilitas dari kampas kopling ( Biar nggak cepat haus ). Nah bagaimana biar proses ini bisa dilakukan lebih cepat dari 300mili detik?

Caranya adalah mengganti batang pemindah gigi (gear shift rod) Biasa (standar) dengan batang pemindah gigi yang telah dilengkapi sensor mekanik yang dihubungkan ke ECU sehingga ECU tahu banget saat tuas gear di congkel (saat naik) bahwa si rider pengen naiikin gear.

quickshifters

sensornya bisa macem macem, dari sensor posisi biasa atau pun sensor tekanan . . . pokoknya apa saja yang bisa memberikan informasi akurat kepada ECU bahwa rider sedang mau melakukan perpindahan gigi ke atas

MV_F3_13

Nah saat memperoleh informasi ini, ECU akan mematikan sesaat pengapian (ignition) atau mematikan sesaat suplay bahan bakar ke mesin ( biasanya sekitar 0,15 mili detik) . Nah dengan berhentinya mesin sesaat ini, maka beban terhadap sistem transmisi akan berkurang tepat di saat yang baik untuk bisa berpindah ke gear selanjutnya tanpa menyebabkan gesekan berlebih pada kampas kopling dan part lainnya

FAST_II_Injection_part6

Nah itu kan buat Motor FI . . . Bagaimana Buat motor yang masih menggunakan Karburator? ada juga mas bro Quick shifter . ..  juga berupa batang pemindah gigi, namun dihuungkan langsung ke koil pematik api (ignition Coil) sehingga lecutan pengapian ke mesin bisa diinterupsi sebentar guna melakukan perpindahan gigi

SSG

Nah oleh sebab itulah kenapa rider/ pembalap bisa melakukan perpindahan gigi tanpa melakukan proses penekanan kopling terlebih dahulu. Tapi Quick shifter ini digunakan baru untuk naik gear (gigi) saja . ..  Kalau mau menurunkan gigi tetap pake kopling . . . Mau yang turun gear tanpa Kopling? silahkan pake seamless gearbox hehe cuma ya harganya masih selangit😀 . . . Oke silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

Comments

1. ipanase - 6 May, 2014
chakim92 - 6 May, 2014
ridertasik - 6 May, 2014
monkeymotoblog - 6 May, 2014
nivikoko - 6 May, 2014

gass pokoke wak, nebeng megison alon asal kelakon:mrgreen:

Gimana perasaanmu NVL ngasepi CB150SF di Jalan raya
http://nivikoko.wordpress.com/2014/05/06/hot-kini-terkuak-alasan-logis-honda-cb150sf-kalah-adu-top-speed-dengan-yamaha-new-vixion-dijalan-raya/

2. ipanase - 6 May, 2014

lihat videonya di motogp nampak enak , ga usah kopling2 lagi

cicak kreatip.com - 6 May, 2014
Plat-R - 6 May, 2014
terjadi galat - 6 May, 2014

Megison ga pake quick shifter bisa pertamax terus.

jongos - 6 May, 2014

lama lama moto gp motor matic

ipanase - 6 May, 2014

tetep kopling om, di start😀

3. ipanase - 6 May, 2014

kalau diaplikasikan di motor yang memang tidak di desain untuk QS meski dipasang QS aftermarket gimana ya

Muzammar - 6 May, 2014

wah minat untuk si megison nih mas?
kalau megison pake ini pasti joss mas ipan, he he😀

Tukimin - 6 May, 2014

pasang microswitch dkt tuas gear (arah blkg). microswitch (normaly close) 2 kbl di hub bisa ke (pulser out) sblm cdi.
switch saat upgear >> sesaat ignition off.
CMIIW

4. Follower - 6 May, 2014

haloo

5. pit onto - 6 May, 2014

bwadala…

6. ipanase - 6 May, 2014

riset dalam negeri😀

7. rc25 - 6 May, 2014

Mantaaaabbss

8. ipanase - 6 May, 2014

nguengggggggggg klek klek klek klek klek

9. Follower - 6 May, 2014

pak haji kalau lagi berhenti mati ga motornya..kalau ga tarik kopling???enak juga nih motor kopling rasa motor bebek…

Taufik - 6 May, 2014

mati lah, kan sensor nggak ngebaca kalo bakalan ada shifting gear karena tuas pemindah gear nggak ditekan . . . pun kalo ditekan penghentian pengapian hanya sebentar doang 15 mili detik . . . motor pasti akan mati karena gearnya masuk, cmiiw

10. warungasep - 6 May, 2014

Mantap

11. Adit - 6 May, 2014

Teknologi seamless shift gear box beberapa tahun kedepan mungkin akan di aplikasikan buat motor massal, kyak fitur control traksi + abs (imho)

Taufik - 6 May, 2014

saya juga yakin itu mas

12. ween - 6 May, 2014

“Mau yang turun gear tanpa Kopling? silahkan pake seamless gearbox hehe cuma ya harganya masih selangit” banyak yang murah koq…….dari revo, vega, smash titan sampe supra x125, shogun, semuanya bisa turun gear tanpa kopling…..kalo bisa yang murah, kenapa harus yang mahal😛

pizzzz

Tama.013 - 6 May, 2014

Ahahaha….😀 (y)

Follower - 6 May, 2014

motor matik mirip2 seamless loh..hahahaha

rifz - 6 May, 2014

kalo di mobil ada tu dual clutch 7 gear automatic cvt, seperti di mobil matik honda dengan virtual gear nya.
pindah gear tinggal pencet tombol mirip F1.
sensasi manual di mobil matik

Taufik - 6 May, 2014

dual cluth juga ada di motor

subaru - 6 May, 2014

honda sini kayaknya brlum dual clutch, yang dual clutch baru vw dengan dsg, audi dengan smg, porsche dengan dobelkupling cmiww

13. Tama.013 - 6 May, 2014

Kalau R15 udah dilengkapi Fitur untuk QS` apa Belum ya wak…?

Devi Kurniawan - 6 May, 2014

😀 jawabannya lihat di foto2 yg sdh ada

http://devmoto.blogspot.com/

14. Noerdin emoh ngetop - 6 May, 2014

Wak haji ga ngantuk kah ??
Jam segini posting artikel …

15. beradpit - 6 May, 2014

loh turun gigi tanpa kopling supra pit ane bisa kang bahahahaha gaperlu pake ssg….

16. Dewa - 6 May, 2014

Apa Hrs ada ketentuan d minimal rpm brp perpindahan gigi tanpa tarik tuas kopling?

Taufik - 6 May, 2014

nanti kita bahas tersendiri ya

sontoloyo - 6 May, 2014

tiap2 kendaraan suka beda2 rpm yg bebas. jadi musti hapal di rpm berapa anda musti pindah gigi naik maupun turun tanpa tarik tuas kopling/injak kopling. saya pernah praktekan di vespa dan mobil.

17. kemalkautsar - 6 May, 2014

benernya kalo bisa main power commander sama bisa elektro dikit2 sih bisa bikin sendiri wak haji… monggo dilihat disini

http://www.gsxr.com/showthread.php?t=97202

http://zx6r.com/guides/32642-how-homemade-power-commander-iii-quick-shifter.html

18. Iam - 6 May, 2014

Mas tanya maaf OOT
gimana masalah inden r15 off line… Ga kebagian yg on line mas

19. tomcat - 6 May, 2014

begadang jangann beegadangggg….

20. Mas Jokokarta - 6 May, 2014

bebek yamaha75 udah pake ini………..

21. baha - 6 May, 2014

nais inpoh

22. dimensiv - 6 May, 2014

Dulu pake Rx King pernah nyoba. Mau naikin gigi tinggal mencet tombol klakson yg udh di-modif yg cara kerjanya memutus pengapian. tp nurunin gigi yaaa msh tarik kopling.. mayan buat ngedrag xixixi

23. Muzammar - 6 May, 2014

itu termasuk racing parts di R15 gak kang?
pantesan test ride “anak SMA ke sekolah pake r15” kemarin naik gigi ga tekan tuas kopling he he😀

Taufik - 6 May, 2014

wakakakkkaak asyeeemm

24. emir99 - 6 May, 2014

Toleransi shifting gear-up di sistem quick shifter ini bisa sampai brp Level maximum dr 2-3-4-5-6, wak ?

25. adiezz - 6 May, 2014
26. randystrife - 6 May, 2014

Owh… gitu toh… enaknya minimal rpm brp untuk melakukan quick shift ini wak?

27. Rudy SouL - 6 May, 2014
28. kudo78dk - 6 May, 2014

ulasan mantab dengan bahasa yg mudah dimengerti… muantaaaabbbb wak haji…
http://78deka.wordpress.com/2014/05/06/ahm-belajar-dari-kasus-mio-bagaimana-yamaha/

29. motospeedmagz - 6 May, 2014
30. mbah krama - 6 May, 2014

kalau kecepatan diatas 50 km/jam pakai RX king au turun apa naik gii ga pakai tekan tuas kopling ga masalah OK Ok saja kok…ga terasa nggajluk…kecuali kalau kecepatan rendah agak susah

31. harmijo - 6 May, 2014

wuih keren…bisa dicoba nih kayak motong beebek

32. potretbikers - 6 May, 2014
33. jo - 6 May, 2014

Khusus buat naikin gear? Lha terus Gimana kalau pas nurunin gear lupa narik kopling?

34. dani - 6 May, 2014

Itu makanya di video r15 tmc ane liat gas terus…dah pake ini tooo

Taufik - 6 May, 2014

yang di r15 nggak pake ini, cuma pake teknik quick shifting

35. sejutawarnaa - 6 May, 2014

mantep wak, tambah pengetahuan

36. ♧♣Tiger26 (the power of dream)♣♧ - 6 May, 2014

itu hny honda yg pny teknologinya…honda dlawan….ora iso,coy!!!…ngoahaha….

37. lekdjie mumet-ndhase.com - 6 May, 2014

Haduh,wong kopling kok dikunyah-kunyah..iso mumet-ndhase.com untu ku..

Taufik - 6 May, 2014

:mrgreen:

38. embro mania - 6 May, 2014

terus berapa kisaran harganya wak Haji TMC’?…

Taufik - 6 May, 2014

misalnya quick shifter merk power comander bisa tembus 2 jutaan

39. raja ngimpi - 6 May, 2014

ow jd gt ya wak!tp apa g pgaruh dgn durabilitas kopling/komponen yg lain klu kt lakukn pada pmkaian harian wak???

Taufik - 6 May, 2014

kalo pake quickshifter mah saya pikir nggak

40. Z1 Mania - 6 May, 2014

jos. Di motor bebek mungkin ga ya dipasang begituan ?:mrgreen:

41. kebo ijo - 6 May, 2014

sma kyk bebek, beda d kl ini pmutusan pngapian n kl bbek pmutusan putarn yg wak..???

Taufik - 6 May, 2014

bebek pake semi automatic clutch ya?

42. akbar - 6 May, 2014

mptor bebek berarti udah pake quick shifter sama seamless gearbox semua yak? hihihihi

43. adiezz - 6 May, 2014

Klo dibikin manual bisa g wak buat motor injeksi. http://adiezz86gasspoll.wordpress.com/2014/05/05/menunggu-serangan-balik-ahm/

44. RPMspeed - 6 May, 2014

wiih sekarang saya dah ngeh wak😀

—————————————
Tentang Bodi Protector Termignoni
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/06/knee-dan-elbow-protector-merk-termignoni/

45. prasetyo676 - 6 May, 2014

Wah joss infonya wak.

Nitip, Boss Hoss BHC-3-LS3SS Motor raksasa bertenaga dahsyat dari Amerika.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/06/boss-hoss-bhc-3-ls3ss-motor-raksasa-bertenaga-dahsyat-dari-amerika/

46. aripitstop - 6 May, 2014
47. Irfan Pinandhityo - 6 May, 2014
48. warungasep - 6 May, 2014
49. Roy (Sempak Operpret) - 6 May, 2014

naek metik aja wak aji…
tinggal ngegas doank…

50. cysers64 - 6 May, 2014
51. ewod - 6 May, 2014

semakin canggih nya

52. Hensuya - 6 May, 2014

Ane awam banget nie juragan, tapi terus ngikutin blog ini, brarti mending gak pake kopling donk??trus guna si kopling dalam hal ini apa? naik udah pake quisck shifter,,turun udah pake seamless gearbox?jd kyk bebek aja dibikinnya..mohon pencerahan

53. java135 - 6 May, 2014

wak haji.. kemarin waktu tes r15 di sentul pake bbm apa wak ??

54. JOSS - 6 May, 2014

klo up shift, pake quick shifting… tapi klo down shift nya, pake bliiping shift wak.. :DDDDDDDDD

55. dave - 6 May, 2014

kalo buat pemakaian sehari2 quick shifter gini ga guna ya mas?

Mechman212v - 9 May, 2014

guna banget klo menurut saya..
conth: akselerasi lebih cepat, karena rpm g turun terlalu jauh, minim 1500rpm lah turunnya klo pke ni alat, dan direntang semua rpm bisa digunakan..( review nya sy amati dr moge2 di youtube)..

56. anton - 6 May, 2014

aplikasi ke Beat FI bisa nggak yaaa…

57. wayne - 6 May, 2014

wak haji tolong bahas lebih detail lagi ya, masih perlu penjelasan lebih lanjut nih! Quick shifter yg hrganya 2000k tsb sudah bisa digunakan d motor2 seperti cbr/ninja 250 kah?? teknik quick shiftingnya wak haji amankah klo kita praktekin utk motor harian? trus teknikny seperti apa ya??

58. Febrian - 6 May, 2014

seamless gearbox di produksi massal,jamin harganya murah

59. dogol - 6 May, 2014

kya bebek atw matic, jd tuas kopling g kpake tuh

60. orong-orong - 6 May, 2014
61. mas huda - 6 May, 2014

Seamless gearbox… mantap dong

Pengen ke lampung dah http://bit.ly/1jmt135

62. eiscell - 6 May, 2014

motor apa saja ya yg dah pakai ni sistem ?????

Roy (Sempak Operpret) - 6 May, 2014

Honda Vario, Honda Beat, Honda Spacy, Honda Xeon, Honda Soul GT, Honda Mio J, Honda Mio Sporty, Honda Lexam…

ARMORED RIDER GAIM - 6 May, 2014

bangke honda semua

ngoahahaha

Taufik - 6 May, 2014

iyah koq honda semuwah:mrgreen:

63. think - 6 May, 2014

dulu f1zR ada yang semi manual… pake kopling bisa… labgsung juga bisa…
cmiww

Roy (Sempak Operpret) - 6 May, 2014

Honda F1ZR?

64. gundoz - 6 May, 2014

wadyeh, semprot pun berakhir jadi matic juga ini wakakakakaka

65. fb wong deso - 6 May, 2014

xlo dimobil yg msh manual bisa ga , naikin gigi tanpa injak kopling

66. danisubject - 6 May, 2014

bukanya turun juga pake kopling ?? setau ane di bawah berapa ribu rpm harus pake kopling deselerasi juga😐 ga tau deh cmiiw aja

67. adeliasantika - 6 May, 2014

absen ae

68. Mat Solar - 6 May, 2014

Awas rompal,seperti. Cebong nanti.

69. stoner27 - 6 May, 2014

Jaman SMA dulu kalo tali kopling putus.. biasa aja ngoper ga pake kopling.. cuma lompat2 aje..😀

Taufik - 6 May, 2014

itu rpm rendah ya om stoner?

70. monkeymotoblog - 6 May, 2014

biasanya kang Taufik kalo lagi test sentul gak pencet kopling, hehe
http://monkeymotoblog.com/2014/05/06/kawasaki-atpm-pelepas-dahaga-rider-indonesia/

71. nivikoko - 6 May, 2014
72. rotz - 6 May, 2014

kalo teknik Quick Shifting pas test R15 di sirkuit kemaren gmn caranya kang? dipasangi alat ini ato enggak?

Taufik - 6 May, 2014

Itu qyick shifting methods .. Kita bahas di artikel mendatang ya bro

73. margono - 6 May, 2014

Boleh juga om

74. yurry1 - 6 May, 2014

saya belum bisa quick shifting.. takut rompal.. hehe…
sekalian sama contohnya dong kang, seperti pada tiger untuk gigi 1 ke 2 pada rpm berapa? 2 ke 3 biasanya rpm berapa..
kita juga pengen nyobain elmu kanuragan quick shifting.
makasih kang infonya.

75. yurry1 - 6 May, 2014

saya belum bisa quick shifting.. takut rompal.. hehe…
sekalian sama contohnya dong kang, seperti pada tiger untuk gigi 1 ke 2 pada rpm berapa? 2 ke 3 biasanya rpm berapa..
apakah harus motor baru (klo rantai & gear yg udah 1 tahun apakah masih bisa?)
kita juga pengen nyobain elmu kanuragan quick shifting.
makasih kang infonya.

76. Konseptor Yamaha Jepang - 6 May, 2014

jadi pada intinya motor moto GP yang pake quick shifter+seamless gearbox gak usah pake tuas kopling juga gak masalah gitu ya?

jadi tuas kopling istilahnya cuman buat pajangan dong kalo begitu

77. milemotoblog - 6 May, 2014
78. bayu aji - 6 May, 2014

kalau motor batangan biasa (cb vixion dll) apa biasa quick shifter tanpa alat itu?? pertanyaan yang mengganjal berbulan -bulan yang pengen banget saya tanyakan sama pak taufik?? mohon dijawab pak hehe

79. varezta - 6 May, 2014

Berarti kaya mainin moped aja yah wak??
atau ada cara tersendiri??

80. Rully Agung P - 7 May, 2014

CGS kali oom,.. clutchless gear shift…

kalo quickshifting sih artinya shifting yg dipercepat, ya yg dibantu dgn alat ini.

81. Clutchless Gear Up Shifting . . . . Naik Gigi Tidak Menggunakan Kopling | tmcblog.com - 9 May, 2014

[…] di dunia racing diciptakan macem macem sistem untuk mengurangi kemungkinan habisnya waktu seperti quick shifter yang mulai di aplikasikan di motor produksi massal seperti MV agusta Brutale 675 dan R6. Sampai […]

82. Mechman212v - 9 May, 2014

guna banget klo menurut saya..
conth: akselerasi lebih cepat, karena rpm g turun terlalu jauh, minim 1500rpm lah turunnya klo pke ni alat, dan direntang semua rpm bisa digunakan..( review nya sy amati dr moge2 di youtube)..

83. Mechman212v - 9 May, 2014

Aplikasi buat Ninja

84. motorohim - 12 May, 2014

teknologi yang dulu hanya angan”,,
http://rohimmoto.wordpress.com/


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: