jump to navigation

Kenapa Eropa Pakai cc nya 125 . . Kenapa Nggak 150? 8 May, 2014

Posted by Taufik in Blogging activity.
Tags: , ,
trackback

460x110_april

460x110kemanapun asik

yamaha-mt-125-2014-39

Bro sekalian, beberapa pengunjung tmcblog bertanya, kenapa di eropa itu nyentrik . . . kalo di asia ada CBR 150R, R15, dll . . . Tapi di Eropa malah keluar R125, CBR 125R dan lain sebagainya . . . Pokoke 125 cc  . . . nanggung amat ya kenapa nggak 150 cc . . . oke ini karena . . .

Road to MotoGP 440x100

banner-460feb14

Sistem penjenjangan Surat ijin mengemudinya memang begono mas bro . . . jadi di eropa itu ada penjenjangan surat ijin mengemudi untuk sepeda motor (motorcycle driving licence) dari Mulai AM, A1, A2 sampai A

honda-cbr125-2012_3

AM itu adalah Sim awal dimana pengendara hanya bisa mengendarai Skuter/moped dengan kubikasi mesin nggak boleh lebih dari 50cc dan kecepatan nggak boleh dari 45 km/jam. minimum usia adalah 16 tahun

image

A1 adalah sim lanjutan AM dengan syarat lulus AM  . . . motornya harus 1 silinder dengan kapasitas nggak boleh lebih dari 125 cc dan power tidak boleh melebihi 11kW  . . . Nah peraturan ini lah yang membuat di Eropa motor beginernya pakai 125 cc, bukan 150 cc

A2 adalah sim motor lanjutan dari A1 dengan pembatasan power motor nggak boleh lebih dari 35kW dan Power to weight rationya nggak boleh lebih dari 0,2 kW/kg . . . nah motor apaan nih . ..  sejenis Ninja 300r masuk yaa . .. oh ya minimum usia untuk A2 adalah 19 tahun

A adalah kasta sim eropa paling tinggi dengan pembolehan mengemudikan motor dengan power diatas 35 kW  . . .

F3800_test

Nah jadi jelas ya kenapa di eropa kubikasi mesin 125 cc yang dipilih produsen motor dibanding 150 cc  . . . kalo dilihat lihat sih, sistem penjenjangan gini mungkin ada bagusnya ya . . . jadi orang yang baru belajar motor nggak ujug ujug bisa pake Motor Ninja 250, atau CBR 250R, atau GW250, atau R25 nanti . . . atau bahkan beli moge moge diatas 500 cc karena mungkin finansialnya mencukupi . . . jadi ada proses pembelajaran yang dipaksakan dengan penjenjangan ini . . . pembelajaran aspek teknis berkendara dan Juga pembelajaran dalam hal kedewasaan dalam berkendara . . . bagaimana menurut pendapat mas bro sekalian? semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber bacaan :

Comments

1. mfariseka - 8 May, 2014

Pertamax?

Masdaniblog - 8 May, 2014
Ajey - 8 May, 2014

Bagus wak.. selain sistem nya yg bagus, model2 motor disana lebih keren yak. Jd envy😮

Motorcycle Fun Blog - 8 May, 2014

kapan di indonesia juga gitu ya ada sistem perjengjangan…?? hee mimpi…

_________________________
http://motorcyclefunblog.wordpress.com/2014/05/08/rayakan-ultah-ke-30-ninja-kawasaki-siapkan-edisi-special/

Kobayogas - 8 May, 2014
lingkaran - 8 May, 2014

mas taufik
itu gambar cbrnya yang 125cc ya?
yang mesinnya SOHC ya?
jangan ditampilin mas krna epbeh4 alergi sama motor SOHC

monkeymotoblog - 8 May, 2014
2. rio - 8 May, 2014

ohh….

yudha depp - 8 May, 2014
3. KenunK - 8 May, 2014

podium

4. dexter - 8 May, 2014

Seepppp…

5. Dwi Abu Dzaki - 8 May, 2014

Bagus juga systemnya…

6. sodiqcho - 8 May, 2014

Biar hemat bbm, krn ga subsidi

7. jetwan tumpaker - 8 May, 2014

diterapkan di indonesia? yang protes malah atpm, hahaaa

numpang_lewat - 9 May, 2014

tul banget….
bs2 g laku tuh dagangan….hahaha

8. Reza Rider Xeon - 8 May, 2014

Mantab wak haji……

9. Reza Rider Xeon - 8 May, 2014

Pertanyaan ane akhirnya dijawab juga sama wak haji hehehe😀

10. gundoz - 8 May, 2014

patut di tiru sistemnya
tpi 125 nanggung, harusnya pasin 150😀

11. #034 - 8 May, 2014

Wakaji jarang fb an ya? Disumon gak nongol2..wkwkwk

Dosen Cakil - 8 May, 2014

Malas ngobrol sama FBH pekok macam kamu

#034 - 8 May, 2014

Iiidiiih…spa jg yg ngajakin kmu ngobrol??wkwkwkwk

aku bukan pahlawan berwajah tampan, sayap ku pun terbakar... - 8 May, 2014

fbh ini udah pakai plat hitam, jadi oon dan tulalit dan lelet

#034 - 8 May, 2014

Hah??yg lelet aj cma beda 0.07dtk..aplgi yg gresss??bsa dibalik tu jd beda 7hri 7mlm ats cbr..ngiaaahahaaa

igo junior - 8 May, 2014

faruk tuh dh disuru cuci ducati sm si bos.gayanya ngaku2 punya ducati.semua org dh tau siapa loe..beli cbr bekas aja dibangga2in mati2an..saya tau cbr anda dh di modif tpi harga modif ninjaku dh dpt cbr mu ruk

#034 - 9 May, 2014

Aduuh bocah cilik ga sopan bgt bacot lu! Ank blm bsa apa2..smw msh mnta sma orgtua aj smbongnya udh slgt!kmu buat bli speda roda 3 aj blm tntu mampu bli sndri..ank mnja kya kmu yg sllu difasilitasi ortu klo suatu saat orgtuamu mati mau ap?sy igtin g msti nymbong2in hrta orgtuamu..sklh yg bner.bljr brsikp.

12. warungasep - 8 May, 2014

Oh gitu ternyta,andai di Indonesia diberlakukan seperti itu? Hehe

13. warungasep - 8 May, 2014
14. Ages - 8 May, 2014

Nice info…..

15. Riz14 - 8 May, 2014

Indonesia juga perlu ini..

16. kang onar - 8 May, 2014

yupz . .ane setuju . .tapi endonesah kan paling kreatif,motor bebek aja bisa dibikin kentjang . . percuma. . .

17. ucilgun - 8 May, 2014

Sip pnjenjanganya, tapi saya juga pengen r125nya

18. initial_d - 8 May, 2014

lha sim-nya wak haji sim c kok numpaknya udah sembarang moge, pelanggaran nih ….🙂

19. wowo - 8 May, 2014

hahaha.. cerdas bgt si wak ini.. “. . . atau bahkan beli moge moge diu atas 500 cc karena mungkin finansialnya mencukupi . . . ” telak banget nyindir

20. bayu aji - 8 May, 2014

bagus sih..tapi tetep enakan di indonesia😀

21. iphong - 8 May, 2014

wih baru tau nih…

22. tri - 8 May, 2014

jossss

23. Mas Sayur - 8 May, 2014

indonsia mana bisa sim Di jenjangkan begitu…. banyak “horang kayah baru ” di sini… 😉

http://bakulkangkungjpr1.com/2014/05/08/menghidupkan-barang-mati-bag-2-pembongkaran-di-mulai/

24. warwerwor - 8 May, 2014

ooo..ngono to critane…baru ngeh….

25. margono - 8 May, 2014

Jos iku. Wajib ditiru supaya adik adik kita tertib tapi bisa mob

26. Archi - 8 May, 2014

Ohh, maaf ya. Saya orang hebat, langsung aja sim A. Baru umur6 langsung naik ducati superleggera B)

27. yen - 8 May, 2014

Pantes di indonesia kecelakaan lalulintas jadi pembunuh nomer wahid.. Wong aparat negaranya gak becus ngurus hal2 kayak begini… Byuhhhh… Ngeropah systemnya josss!!!

28. yen - 8 May, 2014

Pantes di indonesia kecelakaan lalulintas jadi pembunuh nomer wahid.. Wong aparat negaranya gak becus ngurus hal2 kayak begini… Byuhhhh… Ngeropah systemnya josss!!

29. yen - 8 May, 2014

Ya ampyuunn moderasi

30. yen - 8 May, 2014

Pantes di indonesia kecelakaan lalulintas jadi pembunuh nomer wahid.. Wong aparat negaranya gak becus ngurus hal2 kayak begini… Byuhhhh… Ngeropah systemnya josss!

31. Karis - 8 May, 2014

rapinya mereka menata…. kita? ah sudahlah

32. cheetah250hp - 8 May, 2014

kelamaan prosesnya…
salam tempel langsung beresss…

hahahaha

33. Madao - 8 May, 2014

itu kenapa kubikasi nya 125 kan wak haji
trus pertanyaan ane kenapa motor eropa rata2 punya spek yang lebih wow daripada motor2 yg beredar di asia ?
kenapa ga diseragamin ajah gitu ?
thanks

Roti Goreng - 8 May, 2014

Nyoba njawab.
Daya beli disana kuat. Jadi kalau bertarung harus all out juga kan? Nah kalau disini untuk jual produk itu juga harus lihat daya beli masyarakat. Makanya ada perbedaan spek yang dijual di Eropa sama asia. Disana motor udah kayak mainan. Kalau disini? Buat mainan juga buat harian. Hehehehehe
Kalau diseragamin takutnya ntar masyarakat yang daya belinya rendah atau kemampuan finansialnya tidak setinggi eropa ga kuat beli, jadinya ga laku deh produknya. Kalau dibalik, barang yang dijual Eropa standar masyarakat dengan daya beli rendah, akhirnya ga laku juga karena dianggap murahan.

34. Nofgi - 8 May, 2014

Ini bagus, ada penjenjangannya.
Jadi gak semerta-merta langsung naik motor peforma gede.

http://nofgipiston.wordpress.com/2014/05/06/apa-komentar-kalian-tentang-foto-sepeda-motor-yang-satu-ini/

35. masshar2000 - 8 May, 2014

bagusnya spt itu ya…terutama buat pelajar..byk yg naik 250 cc..
http://masshar2000.com/2014/05/08/mengurus-sim-hilang/

36. november25th - 8 May, 2014

beberapa kali saya lihat di Birmingham, pengendara YZF-R125 wara wiri dengan huruf L gede banget di plat nomernya. Beberapa pengendara motor ‘kecil’ lainnya, seperti CBR125, Spacy dan PCX juga menempel huruf L di platnya.. mungkin maksudnya ‘Learner’ barangkali.. padahal ridernya udah ‘tua’ hehe.. Yang bikin salut.. meski naek motor CC kecil, safety gearnya cukup lengkap.. mereka juga taat aturan dan mengutamakan pejalan kaki.. Oh ya.. sepeda motor cukup jarang ditemui di sini.. maklum.. kurang fungsional kalo winter..😀

cbsf lemot - 8 May, 2014

Wah …plat surabaya laris banget di eropah ya…..banyak orang surabaya dingeropah….xixixixi

#bloon biar dikira FBH

antotrd - 8 May, 2014

wkwkw winter pake motor aja biar disangka murid Limbad.. sakti hahah

Ho_oH - 8 May, 2014

ya jelas kalo bersalju apa pada mau tuh pake motor😀

kalo untuk taat peraturan ya jelas lah kita kalah telak..semua balik ke pemerintahnya dan didikan orang tua dan masyarakat sekitarnya😦

37. Bukan fb ayan - 8 May, 2014

29. Madao
………………………………………………………………
Di kasih spek ala kadarnya saja orang indonesia (kebanyakan) mampunya beli kredit. Dan g jarang tg kreditnya macet..

38. Junior - 8 May, 2014

agak ribet yc om haji tp bagus jg kl diterapkan di Indonesia tc jd g da anak2 skolah yg bawa motor pake cc gede..

39. TAM2 » R15 gua bgt! - 8 May, 2014

aduhh knp gambar’a cbr sama yzf R..
kan kasian tuh cbr jdi kebanting..

FBH biasa - 8 May, 2014

kebanting apanya?😆
Pd amat ente merasa pilihannya paling bagus.
Mungkin ada benarnya kl mata ente lg picek:mrgreen:

40. tourer - 8 May, 2014

harusnya diterapkan jg d Indonesia, kelas pemula 250cc dibikin kategori khusus,hrs ad tes lg utk menilai bs ga dy bawa moge. Dan sim tsb hrs berjenjang, ga bs langsung ke kelas >250cc…harus dimulai dr kategori <110cc dulu. Gw rasa bisa ngurangin tingkat kcelakaan krn mengurangi jumlah anak d bawah umur yg pake motor laki/bebek super.
Tp masalahnya…pabrikan pasti ga terima, ngurangi MS motor2 tertentu soalnya,wkwkwk

cbsf lemot - 8 May, 2014

Nilai gampang dicari…mental susah mbro ….!!!!

tourer - 8 May, 2014

tambahin psikotes jg klo gt,wkwkwkwk.

Ho_oH - 8 May, 2014

kalo udah mental turunan dan didikan ortunya susah bro😀

itulah mengapa kita nggak maju

41. Silent Reader - 8 May, 2014

Sistemnya patut dicontoh disini agar yg baru belajar motor, tidak langsung bwa dengan cc diatas 125,, klo di kota2 besar, anak2 sma yg masih 17 tahun aj bnyak yg berkeliaran pke 250 cc… secara umur pun blm matang..

http://www.tokopedia.com/assundari

cbsf lemot - 8 May, 2014

Bukti keberhasilan sinetron TV…….

42. SOHC SUPERIOR - 8 May, 2014

Cbr 125 sohc 2 klep disandingin R125 kok jd biulukkkkk gitu yah

Ngoahahahahahaahh

43. Kang Donny - 8 May, 2014

Pembahasan yang bagus dan bermanfaat.
Juuooss Kang Taufik. Absen pagi😀😀😀

44. ogoh - 8 May, 2014

ntuuuu buat para sponsor dan para panitia om2 tante2 pakde yg berkecimpung d dunia balap balap denger tuh penjelasan Wak Haji, di eropa utk riding harian aja ada penjenjangannya, apalagi buat balap, lha di indonesia ujug2 masuk moto 2 tanpa ada basic yg mumpuni…
bangga sih ada pembalap kita berlaga di event sejagad, tapi kalo jadi bulan2an alias pelengkap penderita ya tengsin juga euy…

45. SOHC SUPERIOR - 8 May, 2014

Cbr 125 sohc 2 klep…..

Ngoahahahahahahahahha

46. Purbad - 8 May, 2014

Sim AM 50 cc pakai mesin potong rumput dong wak…

militaryhobby - 8 May, 2014

Jangan salah, motor2 eksotis eropa banyak yang 50cc, silahkan googling, yamaha TZR 50, seksehh…. http://blognyamitra.files.wordpress.com/2010/04/yamaha_tzr50_2008_05_1024x768.jpg

47. mandirajati - 8 May, 2014

#kalah banter menang ayem

48. militaryhobby - 8 May, 2014

seandainya peraturan ini diterapkan di indonesia, mungkin bisa mengurangi anak2 alay baru belajar motor yang ugal2an…. tapi, disini apapun bisa dibeli, belum layakpun bisa dapai SIM, hahaha…. #cumadiindonesia

49. cbsf lemot - 8 May, 2014

bagus……setuju spt itu biar anak2 ga pada strunthulan….apalagi bawa mobil, ngebut….berani ga indonesia? Pasti enggak dengan 1001 macem alasan ngeles…..pola yang bagus bagi calon pembuat hukum n keputusan…..

50. otoreblog - 8 May, 2014

Reblogged this on otoreblog.

51. Eropa Sudah Mengaplikasikan SIM Motor Berjenjang, Indonesia? Bisa, Asal….. | RiderAlam.com - 8 May, 2014

[…] – Baca-baca artikel tmcblog tentang perjenjangan SIM di Eropa, koq khayalan tiba-tiba mengarah ke negeri sendiri, Indonesia. Bisa […]

52. Roy (Sempak Operpret) - 8 May, 2014

yang bebek aja sruntulan wak aji…
sebetulnya mayoritas biker Indonesia gak lulus uji sim…

CMIIW

53. black inazuma - 8 May, 2014

Wooyyy, di indo pemotornya aja banyaaakkkk yang ga punya sim, boro2 berjenjang, moge di atas 70% bodong, mobi lsuper mewah juga rata2 bodong (import dari aussie). Mau sim berjenjangnseperti di eropa atau amrik? Mimpiiii… temen bawa cbr fireblade 1000rr, gak pake helm, gak ada sim, kena pokis, cuma pake JEMPOL, pencet beberapa nomor di hp, lewat tuh … asik ya indo … #nyindir

titok - 8 May, 2014

temen situ gaulx salah . . n yg rusak peraturan y kyk temen situ tu lah :-\

54. black inazuma - 8 May, 2014

Oh iya, cbr nya juga bodong btw… alias samasekali ga ada paper. No helm, no sim, no stnk… pokis kalah sama jempol brooooo hahaha

55. baridienbp - 8 May, 2014

Disini usia 13-16 sudah pada pake 150cc buat ke sekolah

56. ramsky - 8 May, 2014

klo di sini sim A sapu jagat, untuk segala jenis kubikasi…
gak heran anak2 SMA yang masih labil dan ortunya mampu dikasihlah motor macam FU, Ninja, Vixion (mungkin setelahnya klan R), CBR….
padahal itu peruntukannya untuk rider berpengalaman…
harusnya cukup tipe cub 110-115 aja, tapi yah namanya Indonesia….

ramsky - 8 May, 2014

ralat sim C….
duh masih belom melek nih…. hahahaaa

karSidi - 8 May, 2014

bener bingid om.. kadang liat tingkah laku nya cuman bisa geleng2 n ngelus dada aja

57. ediser - 8 May, 2014

Bung Taufiq, ini pencerahan yang sangat luar biasa, sangat bermanfaat , krn kita tahu sekarang in banyak sekali anak kecil pada naik motor maka sudah sepantasnya pihak POLRI membuat aturan spt di eropa itu…..mantap krn ini demi keamanan dan keselamatan berkendara.

58. dave - 8 May, 2014

berarti yg pake cbr125 ma r125 itu anak2 bocah dong?
padahal kan power nya sekelas ma cbr 150 ma r15 disini..
terus apa beda nya? dah gt motor nya gede2 lagi,,
berat gt,, power gila2an,, ckck.. jadi ga ngerti d..

mbah krama - 8 May, 2014

bocah eropa kali juga gedenya dua kali wak haji…ga percaya tanya tuh wak haji….jd ga usah bingung

Mechanoid - 8 May, 2014

@dave
Iya, tapi lalu lintas disana lebih tertib.
Ga bisa sembarangan hajar gas mas bro hehe..

Lah coba disini, pake helm aja mikir nya ngerusak rambut..😦

59. kudo78dk - 8 May, 2014
60. karSidi - 8 May, 2014

penjenjangan sim nya sangat bagus..jadi ada proses pembelajaran yang dipaksakan dengan penjenjangan ini . . . pembelajaran aspek teknis berkendara dan Juga pembelajaran dalam hal KEDEWASAAN DALAM BERKENDARA..

seandai nya di sini juga gitu.. di sini sepertinya pihak terkait tidak memikirkan sedetil itu…mungkin cuman meneruskan kebijakan/peraturan masa silam tanpa ada revisi sesuai sikon.. dan sepertinya sudah harus diterapkan bila mengingat seringkali melihat anak2 muda terutama umur di bawah 19 tahun yg “beraksi” di jalanan..dan seringkali juga melihat pengendara di atas 19th pun aksi nya di jalanan sungguh memalukan itu juga karena masa muda nya kurang ada pembelajaran dalam berkendara..
sepertinya ini lebih penting daripada rencana perpanjangan SIM denagn TES…
di sini yg digembar-gemborkan cuman safety riding itupun kurang bersifat memaksa terutama dari segi kedewasaan mental pengendara meski secara sarana dan prasarana sudah dipaksa kedewasaan nyav(misal helm harus berSNI)

karSidi - 8 May, 2014

ah namun saya seringkali pesimis dengan negeri ini..
seringkali REGULASI dari pihak terkait udah bagus… nnamun di lapangan si REGULATOR nya kurang bagus… hadeeuhhh

61. mbah krama - 8 May, 2014

enakan di endonesa, pingin Sim asal ada 500 ribu juga jadi.kalau ga punya 500 ribu siapain aja 50 ribu dijalan sapa tahu kena tilang lima tahun jg ga bakalan kena tilang 5 kali….

Jontor - 8 May, 2014

bini tetangga dah 6 tahun naik motor gk punya sim blum pernah kena tilang..

62. Kobayogas - 8 May, 2014

Bagusnya memang begitu kang…kalau mau dimulai ya sekarang2… lebih baik telat daripada tidak sama sekali

http://kobayogas.com/2014/05/07/firts-impression-piaggio-mp3-250ie/

63. edm135 - 8 May, 2014

mugkin perlu juga sim khusus metik pak….
yang naik matik kenceng kenceng ngawur lagi….

64. emir99 - 8 May, 2014

Wuihhh… Benua Eropa pukul rata ya wak ? Kirain hanya u/ beberapa negara eropa saja

65. teguhjudianto - 8 May, 2014

Karena itulah mau fitur dibikin overkill bahkan overprice juga tetap laku karena cakupan pasarnya jelas.., kualifikasi ini motornya juga harus ini,, maka sepantesnya di beri fitur yang melimpah karena … Pilihanya cuma ini buat grade nya mereka

66. fb maniak - 8 May, 2014

sistemnya bagus itu wak

67. jak - 8 May, 2014

diterapin di indonesia masyarakat banyak yg protes
karena dah kliatan bakal banyak keluar duit buat nembak SIM beberapa kali, yg sekali aja banyak yg males ngurus pa lg berkali2

68. fame R fun - 8 May, 2014

berarti klo mw naik kelas harus sim awal dan motor yang sesuai..begitukah??

69. Rollerman - 8 May, 2014

oh, jadi bila da motor 150cc terkesan nanggung tho. Untuk sim A1 ya g bisa, sementara kalau sudah punya sim A2 ya sekalian aja beli motor 300cc atau 250cc

70. lingkaran - 8 May, 2014

itu gambarnya cbrnya yang 125cc atau 150cc atau 250cc?
desainnya kok terlalu identik ya

71. ken39 - 8 May, 2014
72. ipanase - 8 May, 2014
73. Mas Wiro - 8 May, 2014
74. Adit - 8 May, 2014

Mantab info’nya wak….

75. r6 - 8 May, 2014

top markotop tapi apa iya bisa di terapkan di negaraku tercinta ini ya……….. wwkwkwkkkkwkwkwkwkwk mesti ra do terimo wong kene hihihihi

76. HRS - 8 May, 2014

jos penjejangan sim kyk gini bukan ada baiknya ttp mmg lbh baiknya begitu krn bisa menekan angka kecelakaan..bgmn jk dimari dkasih batasan 5th untuk tiap grade, misal 100cc (u 16-20), 150cc (21-25), 200cc (26-30), 250cc up (31 up) jd sesuai dg karakter kejiwaan ridernya, demi keselamatan.

77. Ho_oH - 8 May, 2014

indonesia kapan??

tunggu aja kalo indonesia bebas korup dan pemerataan pembangunan
#ngimpi aja
hahahahaha

78. rahmatt - 8 May, 2014

Penjenjangan SIM seperti Eropa, kalau diterapkan di Indonesia, mungkin akan mengubah industri sepeda motor. Kalau pun menyesuaikan kubikasi motor yang beredar di Indonesia, aspek keselamatan mesti diperhitungkan kembali. Misalkan SIM C pemula untuk kapasitas maksimal 100 cc, kenyataannya motor 100 cc kecepatan maksimalnya bisa 80 km/jam atau lebih. Yang 110-115 cc bahkan 100 km/jam bahkan lebih. Jadi, penjenjangan SIM artinya juga menata industri sepeda motor. Dan ini mungkin tantangan terberat bagi pembuat regulasi, karena berpotensi melawan pasar.

79. ochiem90 - 8 May, 2014

owh jadi begitu ya kang,jadi mereka akan memulai berkendara dr yg cc kecil dan handlingnya lebih mudah ya

80. sugiyantokenz - 8 May, 2014

manteb tuh kalau system berjalan dengan semestinya dan sesuai dengan aturan, kalau Indonesia mengadopsi sistem itu bakalan banyak cabe2an dan terongan yang nggak bisa naik mio atp beat apalagi sruntulan dijalanan gak jelas

81. daryono jomblang - 8 May, 2014

mantap….

82. eka - 8 May, 2014

Untuk naik ke jenjang berikutnya apakah ada batas waktu minimal atau istilahnya batas minimal jam terbang riding selain skill riding tentunya? Mungkin kalo dari AM ke A1 gak masalah karena power terhitung masih easy to control, tapi kalo dari A1 ke A2 atau A2 ke A powernya kan gede.

83. cizzy - 8 May, 2014

sepertinya system ini digunakan untuk mereduksi biker alay kayaknya..😀

manyoen moeloe - 8 May, 2014

kaya ente ya booosss… ahayyyy…

84. marcus - 8 May, 2014

disini SUPRA125-SHOGUN125-JUPITERMX135-KAWAKZX130… yang bawa anak2, ibu2, ibu2 hamil, bapak2 lanjut usia…

85. mudagrafika - 8 May, 2014

sistem penjenjangan gini mungkin ada bagusnya ya . . . jadi orang yang baru belajar motor nggak ujug ujug bisa pake Motor Ninja 250, atau CBR 250R, atau GW250, atau R25
======================================
Mantap…namun, sepertinya butuh penyesuaian dan kompromi lintas sektoral, jika regulasi ini diaplikasikan di roda dua Indonesia.

86. sade - 8 May, 2014

sistem pejenjangannya sangat bagus sekali dan perlu dicontoh

87. rio - 8 May, 2014

Hrsnya biker sruntulan itu dikasi SIM AM aja, biar speednya <45kpj..

mbah ted - 9 May, 2014

lha yow kuwi pas broow…….koyo alayers SMP/SMA ngendoneisiah sing yak2an numpak FU………

88. Achmad Sya'roni F - 8 May, 2014

kalo proses pembuatan sim masih ‘kotor’ dibikin penjenjangan seperti apapun ya percuma

89. jempol - 8 May, 2014

berarti kalo di eropa gak ada bocah ababil usia SD SMP berseliweran di jalan protokol dong…

90. simol - 8 May, 2014

Wow…pencerahan nh…
Mantabs!!

91. ivan_ - 8 May, 2014

mantap wak haji ulasannya…bisa buat pengetahuan kita..sapa tau besok-besok bisa maen ke eropa..haha

92. djafarbilang - 8 May, 2014

Patut di contoh ni..

93. Bayu Sugiarno - 8 May, 2014

setuju bang Taufik. tapi ane sangat setuju klo R125 bisa biboyong ke Indonesia juga,😀

94. RantauPos - 8 May, 2014

wah kapan negara kita menerapkan hal yang serupa…? saya yakin itu dapat mengurangi kecelakaan.. lah di indonesia belum mahir berkendara dan mental udah bawa motor laki, udah bisa menggas matik series… tinggal gas,.. brummmmm…

http://www.rantaupos.com/2014/05/mau-mewujudkan-mimpi-menjadi-mata-mata-begini-caranya.html

95. bostep - 8 May, 2014

setuju kang..

96. kang_ulid - 8 May, 2014

jozzzzzz tuh sistemnya…

Datsun GO+ Panca, Mobil Murah dengan Fitur Mewah – http://wp.me/p1nATW-VH

97. bukanalay - 8 May, 2014
98. titok - 8 May, 2014

saran sy seh kalau penjenjangan begini y tidak harus menunggu peraturan pusat…mungkin bs dimulai dr perda dahulu…bysax kl salah satu provinsi bs berhasil nerapin..nt br deh yg lain mngikuti…
masalahx dinegara qt sll diseragamkn bl mengaplikasi peraturan br…y hasilx terlihat dmn2 terjadi celah pelanggaran..kesanx…ujung2 tu peraturan cm hitam diatas putih…hukum dganti hny dgn senyum para pahlawan…

99. Pengamat FB.BUDAK MERK. - 8 May, 2014

Di indonesia ..anak ingusan boleh langsung naik mtor 150 cc,250cc klo yg kaya langsung moge
di indonesia kan ga ada safety2 an
berarti d eropa bagus aturannya ga kaya d indo

100. randystrife - 8 May, 2014

Harusnya dicontoh sistem penggunaan sim seperti disana. kl disini mah sim aja boleh nembak. makanya pengendaranya pada ugal2an…

101. arda - 8 May, 2014

Ujug ujug? Kaya bahasa ngapak ek?😀

102. HirRo - 8 May, 2014

Sebagus2nya system, kalo manusia’a brengsek sama ajah ..

Ibarat bahasa, “anger-anget tai ayah”

103. HirRo - 8 May, 2014

*anget-anget tai ayam

104. Deddy Yuser - 8 May, 2014

Bener sekali wak haji.
dan tambahan walaupun umurnya mencukupi, financial mantap tidak semua orang bisa naik tingkat SIM nya.
Untuk naik tingkat Syarat dan ketentuan berlaku ketat nya nauzubillah.
Dengar dengar hampir mustahil seseorang bisa langsung lulus dengan sekali ikut tes, walaupun udh kursus

105. blogkitta - 8 May, 2014

wow. .. ternyata. ..

106. cysers64 - 9 May, 2014
107. Daftar harga honda mobilio - 9 May, 2014

wah bagus tuh sistem sim di eropa, meminimalisir kecurangan. pasti perlu ekstra kerja keras buat dapetin sim. Indonesia bisa nyontoh gak ya🙂

108. Izzieq - 9 May, 2014

makanya Eropa lebih maju…

109. mbah ted - 9 May, 2014

makanya rider Eropa skill dan cara berkendaranya lebih matang……..lha wong SIM aja ada tingkatannya!

110. Beny Saja - 9 May, 2014

ini motor sport fairing 50 cc 2 tak yamaha body keren,, buat pemula banget mungkin ini

http://www.yamaha-motor.eu/se/produkter/mopeder/50cc/tzr50.aspx

111. cahyadip - 9 May, 2014
112. motorohim - 12 May, 2014

Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: