jump to navigation

Clutchless Gear Up Shifting . . . . Naik Gigi Tidak Menggunakan Kopling 9 May, 2014

Posted by Taufik in Safety Defensive Riding.
Tags: , ,
trackback

460x110_april

460x110kemanapun asik

R1551

Bro sekalian, dua artikel tmcblog tentang test akselerasi Yamaha R15 baik yang standar maupun Racing Kit terlihat bagaimana R15 yang dibesut tmcblog digeber dari diam sampai kecepatan 100 km/jam tanpa menarik tuas kopling padahal transmisinya tetap naik dari satu ke dua ke tiga  . . . gimana penjelasannya?

Road to MotoGP 440x100

banner-460feb14

Oke kita ulang dulu dari dasarnya ya . . . jadi (menarik) kopling saat gear shift ( pindah gigi) itu fungsi dasarnya adalah untuk memutus sementara transfer tenaga pada “drive system” sehingga berban transmisi berkurang dan agarn tidak terjadi hentakan yang bisa membuat kopling cepat haus. Nah masalahnya kalo digunakan pada saat kompetisi atau saat melakukan test akselerasi, proses penekanan kopling saat pindah gigi itu akan dapat mengurangi waktu.

brutale_675_39

oleh sebab itu di dunia racing diciptakan macem macem sistem untuk mengurangi kemungkinan habisnya waktu seperti quick shifter yang mulai di aplikasikan di motor produksi massal seperti MV agusta Brutale 675 dan R6. Sampai level tertingginya di ciptakan Seamless gearbox sehingga baik naik ataupun turun gigi kita bisa gunakan tanpa menekan tuas kopling .. . nah kalo soal Quick gear Up Shifting ( quick shifting ) atau me naikkan level gear (gigi) tanpa menggunakan Kopling Gimana?

TestRide_Brutale675_1

TMCblog sempat bertanya kepada beberapa ahli sepeda motor, salah satunya ke mas Imam bengkel Sepeda Motor. menurut mas Imam Quick Shifting itu intinya mengontrol Gas dan mengontrol RPM mesin. Jikalau saat menggunakan kopling, perpindahan dilakukan saat kopling ditekan, maka jika tidak menggunakan Kopling bisa dilatih dengan cara :

Saat melakukan akselerasi, siapkan bagian depan-atas sepatu kaki kiri untuk mencungkil dan berikan  tekanan pelan  . . . lalu cobain deh lakukan Blip ( Tutup buka gas sedikit dengan cepat) dan biasanya gear shift up (kenaikan gigi transmisi ) akan terjadi. Membuka-Menutup Gas dengan cepat (blip) dimaksudkan untuk menghilangkan beban Transmisi saat gear di oper (dinaikkan)-sama fungsinya dengan penarikan tuas kopling.

Tapi tetap, Quick Shifting di sini punya banyak konsekuensi . . . mulai dari ban belakang skid, rompalnya transmisi, dan lain lain . . . Quick Shift bukan merupakan sebuah pengganti teknik perpindahan gear yang semestinya (menggunakan kopling) dan tidak direkomendasikan untuk pemula maupun penggunaan harian . . . use the clutch. It is there for a reason . . . ride safe  😀

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. emir99 - 9 May, 2014

Joozz

prasetyo676 - 9 May, 2014

Joss infonya wak, jadi pengen nyoba juga sesekali. 🙂

Nitip, Skuter menjadi incaran pencuri di Perancis.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/09/skutik-menjadi-incaran-pencuri-di-perancis/

Mas Wiro - 9 May, 2014

Sering dulu saat pake motor kopling…
Hanya dari Netral ke 1 yang paké kopling…
Selanjutnya nggak paké…soalnya tangan kiri pegang
sesuatu…gak safety sih…tapi terpaksa sampai gear 5
Sedikit hentakan sekali-sekali gpp 😀
—–
http://nyobamoto.com/2014/05/08/video-drag-200-mtr-tidak-resmi-yzf-r15-dan-cbr150r-di-parkiran-sentul/

mariodevan - 9 May, 2014

owalah baru tau ternyata bisa juga, pantes pernah tanpa tekan kopling krn lupa, gigi bisa berpindah…
———————————————————————-

yang disurabaya wajib ikut nie Kawasaki user

http://mariodevan.com/2014/05/09/this-is-play-ground-acara-asyik-dari-kawasaki-di-surabaya/

Lovemotobike - 9 May, 2014

joss,,,dulu pernah nyoba ginian, rante jadi mulur mulu, gatau knapa -_-

—————————————————–
minggu depan honda bakal perkenalkan k45??

http://lovemotobike.com/2014/05/09/minggu-depan-honda-akan-luncurkan-cbr-250-dual-headlampmungkinkah-honda-k45-juga-akan-diperkenalkan/

Motorcycle Fun Blog - 9 May, 2014
ridertasik - 9 May, 2014
monkeymotoblog - 9 May, 2014
cahyadip - 9 May, 2014

Everything’s for the reason….dalemmmm 🙂

nivikoko - 9 May, 2014
Devi Kurniawan - 9 May, 2014

ooo ternyata mmg bisa (dgn konsekuensi yang cukup serem)…

jadi gak ya WR250 datang di Indo…
http://devmoto.blogspot.com/2014/05/yamaha-wr250x-concept-for-indonesian.html

nivikoko - 9 May, 2014
2. BeniTo - 9 May, 2014

Aetikel mruput.

Motorcycle Fun Blog - 9 May, 2014
3. mas joe - 9 May, 2014

khusus pro nih…

4. kura kura - 9 May, 2014

ide creative

5. kuro balap - 9 May, 2014

subuh mbah

6. bayu aji - 9 May, 2014

thanks pak…artikel yang saya cari selama ini 🙂

7. Donny Prabowo - 9 May, 2014

Iya di video R15 kmren kang taufik gak ada acara tekan tuas kopling..
Makanya saya sedikit kaget, sama pihak Yamaha nya gak masalah kang?

Taufik - 9 May, 2014

gak ada alhamdulillah 😀

8. abd_choliz71 - 9 May, 2014

maksudnya R15 bisa pindah gigi tanpa tarik kopling aman wa aji

Taufik - 9 May, 2014

ya, tapi lebih baik gunakan kopling

9. trx - 9 May, 2014

produk sebelah meskipun pake clutch tp ttp rompal…he2

bark.. - 9 May, 2014

bahaha.. rompal dr orok nya..

10. gondez46valen - 9 May, 2014

siiip

11. titok - 9 May, 2014

kalau beda sama kopling yamaha f1zr dahulu apa mas ? yang semi kopling itu loh ?

Taufik - 9 May, 2014

maksute semi otomatis kayak di bebek bro?

titok - 9 May, 2014

cb liat teknologi yamaha fizr spesial edition yg marlboro . . dy semi clutch

12. bark.. - 9 May, 2014

emm.. intinya kalo buat harian ga usah coba dehh itu teknik.. banyak rugi nya ketibang cuman buat gaya doank maa..
tp kalo race sii itu wajib! buat mangkas waktu.. 😀

budi arlan aditya - 9 May, 2014

Setuju ane, rompal ia , beda kalau lagi balapan

Taufik - 9 May, 2014

sip banget, untuk daily, gunakan kopling

13. mas huda - 9 May, 2014

Dulu kayaknya pernah nyoba di RPM 7000an… eh pengaruh g ya RPM pak haji?

Ibu ini keren banget manfaatin peluang http://bit.ly/1mAmYr6

14. komatkamit89 - 9 May, 2014

Silahkan kalau ada yang mau pakai buat harian, opo ora emannnn duite,kanggo ngunu kui… wkwkwk

http://komatkamitblog.wordpress.com/2014/05/07/otobursa-tumplek-blek-siap-di-gelarsiapkan-isi-dompetmu/

15. TiCtAc - 9 May, 2014

lumayan untuk plan B ketika tali kopling putus,.
hanya aja downshift yg susah, atau mau netral, dan payah bnget klw lg ktemu lampu merah dlm perjalanan pulang berstatus emergency (tali kopling putus).
ngga tau dink klw utk yg kopling nya uda hidrolik.
blm prnh punya motor mahal yg kopling nya uda hidrolik
kayanya bisa tuh request utk di bikinin artikelnya sama om taufik,.
kali aja ada pabrikan yg mw nelurin motor sport reguler harian yg terkompori pake fitur hidrolik clutch
(yg mau nambah value di motornya/sekedar diferensiasi)

Taufik - 9 May, 2014

thks tambahannya bro

kuclux - 9 May, 2014

part kupling hidroliknya sj harganya dah 1,5jt lbh.
Motore mau dihargai berapa?

TiCtAc - 9 May, 2014

gan kuclux,.>
ya saya kira biaya bisa di tekan kalau dibikin massal aka kolektif,.
btw prinsip kerja ga jauh beda dgn rem cakram depan (yg sebelah kanan) kan, klw yg kanan (cakram depan) bisa di hidrolik~in, yg kiri (kopling) knapa engga?
komponennya, tuas, cantelan ke handle, selang, tabung minyak rem > (master) dan perangkat ungkit/geser untuk ke kait kopling yg di bak mesin, malah gk pake kaliper dan kampas,
sorry nubie
just IMHO dan CMIIW,

antotrd - 10 May, 2014

kopling hidrolic kitaco 1 jt an hehe

16. cheetah250hp - 9 May, 2014

wes tau…
hehe

17. Purbad - 9 May, 2014

Kayak motor bebek dong wak…?naik turun gigi koplingya semi otomatis..

18. trend abank - 9 May, 2014

Jossss

19. Opak_Jampang - 9 May, 2014

dulu pernah nyoba..pake shogun sp, tp bukan buat balapan..nganterin makanan pake rantang, jd gk bisa maen kopling hihi..

20. RPMspeed - 9 May, 2014

kalau buat harian gimana wak ? ,apa efeknya slain kopling aus 😀

===========================
Kenali Jenis,Kelebihan dan Kekurangan Aki
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/09/jenis-jenis-aki-sepeda-motor/

21. Mas Jokokarta - 9 May, 2014

ah ini mah teknologi Yamaha mas…………coba yang pernah naik Bebek Yamaha 75………itu motor masukin gigi langgsung bletak!! ngurangin juga……beletak ngeeeeennnngggggg……rrrrrrrr…..beda sama Honda Pitung……

22. kang onar - 9 May, 2014

tidak direkomendasikan untuk
pemula maupun penggunaan harian . . .
***************************
Owh . . .begitu . . .

23. MbahManten - 9 May, 2014

patut dicoba nih. Tapi pertanyaannya, agar aman dimesin pada “rpm” berapa sebaiknya kita melakukan hal ini Wak?

Taufik - 9 May, 2014

biasanya di rpm tinggi

namharira - 9 May, 2014

di RPM tinggi, lebih enak pas udah mau sedikit lagi mentok limiter malah gampang

24. Joko - 9 May, 2014

Ada yang perhatikan nggak, betapa miripnya bebek dgn moto gp jaman sekarang. Mulai dari pola perpindahan gigi, pindah gigi tanpa narik kopling dan tangki bensin di belakang. Padahal di sini bebek jadi spesies yang paling turun penjualannya. Ironi kepraktisan vs gaya hidup.

subaru - 9 May, 2014

Motogp lama2 bakal jadi balapan matic kok kalo teknologinya semakin canggih

25. kebo ijo - 9 May, 2014

dari diam sampai kecepatan 0 km/

ngopi disik wak nec ngantuk,… nec nulis salah kwi loww…. 😀

26. "ngelindur" - 9 May, 2014

Waktu saya dulu masih pake RX-King biasa aja tuh up shift tanpa clutch,tp kalo down shift ampun dah jd kaya orang belajar motor,,, badan bisa mendahului motor… 😆

27. KomMotor - 9 May, 2014
28. aryodwi - 9 May, 2014

R15 alias metic

29. enoanderson - 9 May, 2014
30. prasetyo676 - 9 May, 2014

Mas Taufik jagonya quick shifting nih, tiap test akselerasi motor baru.
Ntar pengen nyoba juga sesekali. 🙂

31. afan - 9 May, 2014

siapa yang mau ngetes di jalan raya pas saat lampu ijo menyala? hehehe…

Taufik - 9 May, 2014

saya tidak merekomendasikan ya 😀

32. Rider_Enom :D - 9 May, 2014

wah berarti bebek pake seamless gearbox tuh… :p hahaha…

33. Adi T - 9 May, 2014

Dulu jaman saya masih senang kebut2an,pernah coba di satria r & rx king :
Tombol klakson dimodif,difungsikan sbg engine cut off.Saat rpm tinggi & mau naik gigi tdk perlu tarik kopling,cukup colek sedikit (sepersekian detik) tombol klakson lalu segera oper gigi dgn gas tetap dipanteng.Perlu latihan agar proses naik giginya halus.

34. kokekoke234 - 9 May, 2014

Yayaya dicopay lg good info wak aji,! Mau cobain deh klo gt biar gak penasaran sm odong2 gua hέghέegEhέghEhέghee:p°º☺º°˚=)) lansun.,

35. Yudith - 9 May, 2014

Saya suka lakuin teknik ini pake motor CBR 150 saya. Buat tambahan aja, teknik ini bisa dilakuin dengan smooth di rpm atas (saya biasa lakuin di deket rpm max power /10500 rpn). Cuman ya sarannya jangan terlalu sering, selain transmisi gampang jebol kalau rpmnya gak pas, mendingan kalau buat daily riding mah mending normal2 aja deh..

36. tope - 9 May, 2014

dulu… waktu saya masih pake vespa 2tak sih lumayan pernah lebih dari sekali pindah gigi tanpa tekan kopling….
hoahahahaha…. tau sendiri penyakit vespa 2tak, kalo ga kabel rem yg putus, kabel kopling deh…

37. Mas Jokokarta - 9 May, 2014

yang penting jangan tanggung-tanggung………motor sport dengan kopling RPM rendah kalau downshift biarpun sudah dikopling tetap kasar………..malah kalau RPM tinggi lebih halus…….coba aja

38. eko354 - 9 May, 2014

Sebenarnya cara naik gigi tanpa kopling ini kalo di motocross udah lama koq.
Dulu pembalap2 motocross teman2 main saya tahun 1977 (37 tahun yg lalu!), sering mengajarkan naik gigi tanpa kopling, cukup turunin gas sedikit.
Memang kadang giginya ada yg rontok, tapi buat balapan khan udah resikonya.

gung - 9 May, 2014

kalo dirtbike / motorcross pake rekluse buat pindah gigi tanpa kopling.
kalo disini diimpor oleh pak rudy rudypoa.com
karya indah motor

39. Hermawan - 4G92Mivec - 9 May, 2014
40. k14 - 9 May, 2014

yang mesti diperhatikan dari artikel doatad adalah resiko “rompal”

41. Silent Reader - 9 May, 2014

Makasih ilmunya kang Taufik, saya sering mampir kesini untuk dpt ilmu baru walaupun cuma sebagai pembaca saja… (y)

42. Maskur - 9 May, 2014

kaya kalo naik bebek

43. gung - 9 May, 2014

mohon dengan hormat..
artikel berikutnya pak haji taufik membahas transmisi NC700X yang di stangnya ada tombol pilihan auto/manual transmission.
please…

44. kampret - 9 May, 2014

pake part khusus utk quickshift

kalo pengen tanpa perlu neken kopling sama sekali ya pake dual clutch gearbox. Contohnya ya supercar & honda VFR1200

45. Mechanoid - 9 May, 2014

Saya pernah belajar wak, pertama nya iseng liat video di YouTube.
Ternyata seru jg QuickShifting itu, tp ttp resiko ngerusak komponen seperti rumah kopling, kampas nya, itu cepet rusak dah..

Ga di anjurkan terus2an, tp kalo mw coba 1 ato 2x boleh..
Dan jangan pernah turunin gigi ga pake kopling.. Hehwhe

46. Mat Solar - 9 May, 2014

Jika ada kata “rompal” maka pikiran kita tertuju pada sosok Cebong

47. aripitstop - 9 May, 2014
48. irvan hasyim - 9 May, 2014

waaaa kirain aman buat harian kang.. ane udah nerapin sejak kang nunjukin di vidio r15. lain kali klo yg ragu2 langsung dikasi penjelasan aja ya biar yg baca g ikut praktek.. kirain jawabannya aman.. rh malah rompol.. siap2 rompol deh vx ane 😀

49. Erit07 - 9 May, 2014

Wih,mantap…

50. Vespa Ijo Rider - 9 May, 2014

teknik lawas itu kang..!!

ane sering gitu kalo pas si ijo odong2 kabel koplingnya putus…
asal tau caranya en feelingnya tepat ngatur rpm.. mao shift up ato shift dowm, gak masalah tuch..
bahkan saat start dilampu merahpun bagi ane gak ada masalah..

masalahnya cuman satu..kalo pas lagi macet2an…mending didorong dechh.. 😀 😀 😀

ciaoo..!!!

51. Roy (Sempak Operpret) - 9 May, 2014

teknologi Honda?

kamandanu - 9 May, 2014

jelang dos!

52. cizzy - 9 May, 2014

om, jadi agak bertanya-tanya, jika memang begitu kenapa ndak pake semi otomatis sekalian kyk bebek ya? daripada riset seamless gearbox mahal2.. apa ada perbedaannya kah?

53. macantua - 9 May, 2014
54. daryono jomblang - 9 May, 2014

jozzzzzz

55. Rollerman - 9 May, 2014

namanya juga part mekanis, jadi kalau sedang bergerak biar “aman” ya harus d coupling(dlepas dari beban).

56. cbtkp - 9 May, 2014

Dari 2008 pake N250R sering sekali pake teknik ini quick shifting sampe sekarang gk ada masalah kok.

57. Bonsai Biker - 9 May, 2014

Minggu depan New CBR 250 2014 double head lamp bakal meluncur minggu depan!
http://bonsaibiker.com/2014/05/09/setelah-tpt-dan-njkb-keluar-kini-cbr-250-siap-diluncurkan-14-mei-ini-27-29-hp-gan/

58. Mechman212v - 9 May, 2014

yah lebih amannya pake alat diatas..
klo pke kopling, kadang ada gejala slip, jd rpm yg turun saat pergantian gear relatif lebih banyak, klo pke itu alat (translogic Quick Shifter) sy amati di youtube sekitar 15000an rpm turunnya waktu shifting…
penggunaan di ninja:

Mechman212v - 9 May, 2014

1500 rpm mksdnya…

59. orong-orong - 9 May, 2014
60. kuclux - 9 May, 2014

cebong dah pakai seamless rcv teknologi motojipih kok msh rompal jua?

Ngoahoahoa

61. aman - 9 May, 2014

Berarti system nya mirip dg yamaha F1ZR jadul ya soal pengoperan giginya ya…

Roy (Sempak Operpret) - 9 May, 2014

itu mah kopling banci…

62. Rully Agung P - 9 May, 2014

Tapi tetap, Quick Shifting di sini punya banyak konsekuensi . . . mulai dari ban belakang skid, rompalnya transmisi, dan lain lain . . . Quick Shift bukan merupakan sebuah pengganti teknik perpindahan gear yang semestinya (menggunakan kopling) dan tidak direkomendasikan untuk pemula maupun penggunaan harian . . . use the clutch. It is there for a reason . . . ride safe 😀

–> mitos aja.

teknik CGS yg diterapkan dengan benar justru memperpanjang usia kopling dan transmisi secara umum. kalo diterapkan dengan benar perpindahan gigi bisa jauh lebih halus daripada menggunakan kopling kok. gak ada sentakan ataupun suara2 misterius lainnya.

bahkan buku manual GSXR menyarankan untuk memanfaatkan clutchless shifting untuk memperpanjang usia komponen transmisi. silakan cek kalo ga percaya.

kopling memang ada disitu untuk satu alasan yaitu ketika kita mulai jalan dari stasioneri, bukan digunakan untuk memindah gigi.
mungkin untuk downshift iya tapi lebih ke untuk menghindari roda belakang mengunci aja. teknik CGS untuk downshift agak sedikit berbeda karena untuk melepas beban akselarasi/deselarasi justru kita harus nge-blip (BTW blipping itu buka gas trus tutup lagi dengan cepat, kalo CGS upshift kebalikan dari blipping, yaitu tutup lalu buka lagi dengan cepat)

Roy (Sempak Operpret) - 9 May, 2014

tergantung motornya/kendaraan nya kalo gak mendukung mending pake kopling…

Yudith - 9 May, 2014

betul, mas Rully. saya pernah baca juga kalo CGS justru akan memperpanjang usia transmisi..

63. bambang - 9 May, 2014

pantes akselerasinya lumayan ternyata gak pake tekan kopling. gak fairt dibandingkan dengan test akselerasi motor lain yg ngopling.

64. ipanase - 9 May, 2014
65. kudo78dk - 9 May, 2014
66. dave - 9 May, 2014

wah,, berarti secara ga langsung mas taufik ngajarin ga bener dong?
soalnya kan bisa merusak motor,,
kasian d tuh motor,,
pantesan kalo naek beat atw mio cepet rusak,,
saya naik turunin gigi nya ga pake kopling #eh

67. ridertasik - 9 May, 2014

mantaaaap nambah refrensi 🙂

68. danisubject - 9 May, 2014

wah lama lama jadi bebek ya 😀

69. monkeymotoblog - 9 May, 2014
70. Irfan Pinandhityo - 9 May, 2014
71. NMC (NeViL May CRY) - 9 May, 2014

Ane sering pake teknik ini saat riding jauh ke luar kota.
Up-shift di atas 11rb RPM tetap maknyus,tapi butuh feeling yg tepat utk buka-tutup throttle biar perpindahan gear bisa mulus.
Sebaliknya utk down-shift tetap pake narik handle kopling dulu agar engine-brake gak merusak mesin.
Teknik blipping (dg menarik handle kopling terlebih dulu) lebih cocok utk down-shift (imho). Di balap moto2 banyak tuh yg nglakuinnya.

Mechman212v - 9 May, 2014

klo di moto2 perasaan down-shift juga dah g pke tarik kopling,, cuman bukan SSG, tapi semacam sensor d throtle buterfly yg aktif mirip gerakan blping saat paddle shift dicungkil ( Moto2 menganut GP shift/reverse shift) penejelasannya di sini buffer dukit):

NMC (NeViL May CRY) - 9 May, 2014

Masa’ sih bro? Moto2 kan pake mesin massal CBR600.
Down-shiftnya tetap harus tarik handle kopling dulu disertai teknik blipping dipadukan dg teknik rear wheel steering.
Paling cuma pake teknologi slippery clutch biar engine-brakes gak bikin roda belakang ngunci.
Motor GP aja masih harus tarik handle kopling sebelum down-shift lhow (kecuali RC213V).
Masa’ motor moto2 lebih canggih dr motor GP? :mrgreen:

Mechman212v - 9 May, 2014

lah mbok lihat tuh video.. itu CRT nya NGM forward loh.. g perlu SSG buat bikin downshift tanpa tarik tuas.. beberapa team besar WSBK juga dah make sistem nih,,, Penjelasannya ada di video..

72. tri - 9 May, 2014

Saya sering nih mas shift up tapi ga pake narik kopling. Terutama pas jalanan sepi dan ada kesempatan buat ngebut saya hampir selalu shift up tanoa tarik kopling. Awalnya sih emang nyentak terus tapi lama kelamaan mulai terbiasa dan hentakannya jadi berkurang. Tapi saya baru tau kalo konsekuensi nya begitu. Ga lagi deh. Oh ya mas, kalo engine brakes buat harian konsekuensi nya apa? Saya sering juga pake engine brakes

73. zbull zigwin - 9 May, 2014

fbh ngerti gak yah?kn sehari2y pake matik.hohoho

74. Imamudin - 9 May, 2014

gara-gara obrolan singkat mas taufik dengan adik saya Ki Salim Aroma RPM, saya nyoba di pio langsung.. hehehe tapi sebatas nyoba beberapa kali sih, soalnya kan ga pake quickshifter.

nitip mas 🙂
http://khoirulimamudin.wishenterprise.com/oper-gigi-tanpa-kopling-new-scorpio-z

75. Ady Aulia - 9 May, 2014

pernah liat juga di youtube cara gear change tanpa menginjak kopling di mobil, di video tersebut juga ada teknik blip dan pada RPM berapa bisa dilakukan, kalo tidak tepat RPMnya bunyi ‘ngueeeeek’ monggo di cari di youtube

Imamudin - 9 May, 2014

saya nyoba di pio, klo rpm 8500, lumayan smoth, dan lebih smooth lg memang dengan teknik blip tadi.

76. Redribbon Army - 9 May, 2014
77. smashrider.com - 9 May, 2014

Absen aja ah…. 🙂

78. r6 - 9 May, 2014

kalo yang ga mudeng jangan di coba takut rompal browwwwwww

79. ARMORED RIDER GAIM - 9 May, 2014

tidak disarankan

bahkan dilarang untuk cebong yg punya penyakit rompal dari orok

80. ajun - 9 May, 2014

dulu ane sering pakai teknik ini pak haji. memang enak, ga ada gejala loss power tp resikonya plat koplng ane jd aus karna sentakan.

81. romesleh - 9 May, 2014

biasa saya gunakan saat nurunin gigi ketika jalan mendaki, sebelum tenaga mesin melemah disaat pendakian… jika dilakukan pada timing yg pas maka tidak ada hentakan dan motor kembali bertenaga. beda jika harus menekan tuas kopling, pada tanjakan akan terasa hentakan yg kuat…

82. cahyadip - 9 May, 2014

Everything for the reasons…..dale bingittt he he
http://cahyadip.wordpress.com

83. cahyadip - 9 May, 2014

Everything is for the reason….dalem bingidd.. 🙂
http://cahyadip.wordpress.com

84. nivikoko - 9 May, 2014
85. ki Salim - 9 May, 2014

pertanyaan ku kemaren ternyata di jadiin artikel wak haji… padahal mau tak buat artikel biar jadi kejutan hihihihi… judule “wak haji jarang narik kopling” ekekekeke… tapi josss wak..

86. debbyk0101 - 9 May, 2014

http://m.youtube.com/watch?v=WYBCy3AYNCA
ni video ane yg persis dipake wak kaji.. 149kpj tnpa tekan kpling 😀

87. initial_d - 9 May, 2014

wak, klo pengennya naikin gigi tapi keliru injeknya justru nurunin gigi sampe bunyi nguungg… itu bisa ngrusak gigi ato mesinnya nggak ?

88. woko - 9 May, 2014

pernah nyobain seperti itu wak haji. tapi di mesin bunyi “krak” sekarang nga lagi deh,eman mesinnya.

bener for the expert only.

89. Mechman212v - 9 May, 2014

banyak yg komentar disini klo teknolog MotoGP (khususnya RCV) sekarang bikin rider ky naik bebek padahal tidak sesderhana itu, FYI itu di bebek pke dual clucth; kopling sentrifugal & kopling manual ( ada kanvasnya ky motor laki) kopling sentrifugal bekerja stationer dan gigi tidak netral, sehingga mesin tidak mati -yang bila di motor laki tidak demikian- dan seiring naiknya putaran rpm/bukaan throtle maka daya baru diteruskan ke kopling kedua, baru dtransver ke gigi-lalu roda..
nah anehnya mengapa bisa dikatakan motor2 GP sekarang justru ky bebek…????

FYI di MotoGP n race bike menggunakan reverse Shift ( Motor Massal gigi 1 down- gigi 2 Up) dan downshifting kebalikan dengan upshifting, “the rider keep the throttle completly close and downshift and press the paddle (up) – in this moment the electronic send signal to buterfly to open like rider make bliping movement, and this allow the gear to enter the lower gear”. ( sistim ini digunaka untuk race bike yg belum mengaplikasikan SSG).

Wak haji Request tentang cara Start para rider MGP, manakala start selalu menekan tombol di setang bagian kiri.. ( bahasan ini similar dengan CGS yg dibahas – perbandingannya dengan cara start yg manual ).

90. rdx - 9 May, 2014

kalau saya tetap gunakan clutch wak haji saat geber motor,, biar awet part transmisinya nya,, untuk mempercepat akselerasi ya saya hanya mengasah skill clutching saja

91. titok - 9 May, 2014

iya bebek tp yg yamaha F1Z R spesial edition (marlboro)…kan semi kopling…bs pake kopling bs juga tanpa kopling . . nah cara kerjanya kalo yang balap apa seperti itu?

92. trx - 9 May, 2014

up / down shifting ga pake kopling? saya yakin dlm jangka panjang pasti ada efeknya…

se4g4te - 9 May, 2014

Imho… menggunakan engine brake bkal ngrusak trnsmisi am engine krn mreka dipaksa berputar melebihi btasan limiter piston speed

93. nivikoko - 9 May, 2014
94. shuvit - 10 May, 2014

ane pernah dulu waktu tes speed di old vixi ane tp ga terlalu signifikan pengurangan waktunya

95. Dika Reladi (@dikarld) - 10 May, 2014

Youtuber “RoyalJordanian” selalu menggunakan teknik “Clutchless Shifting” di semua motor-motornya. Kata dia sih menggunakan teknik kayak gitu ga akan berdampak apa-apa, kalo gak salah begitu katanya.

96. milemotoblog - 10 May, 2014

gaberani ane

salam dari http://milemoto.wordpress.com/

97. motorohim - 12 May, 2014

yang canggih itu mirip yamaha F1ZR, semi cluth, ya tapi klo tuas kopling ga ditarik, harus nurunin rpm/gas dulu, baru bisa pindahin gigi.
http://rohimmoto.wordpress.com/


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: