jump to navigation

Teknik SlipStreaming 12 May, 2014

Posted by Taufik in race.
Tags: , , ,
trackback

SAATC_ID_RIDERS_005

Bro sekalian, Pernah melihat ada satu pembalap bertah berlama lama meguntit dibelakang rider lain tanpa berusaha untuk mengovertake sama sekali sampai saat yang tepat? kali ini kita akan kembali membahas salah satu istilah dalam teknik balap Yakni Slipstreaming. Asal kata Slipstreaming adalah Slipstream . ..  Slipstream adalah daerah di belakang objek bergerak dimana di daerah tersebut biasa terjadi sebuah efek turbulensi yang memiliki tekanan lebih rendah dibanding daerah sekitarnya. Nah daerah ini menjadi daerah yang sangat favorite dihuni oleh para pembalap yang melakukan tekni slipstream  ..  kenapa?

TMCB5581 (Copy)

Yap, Jika kita bisa menyamakan kecepatan pembalap di depan dan menguntitnya dengan kecepatan yang sama persis dibelakang, maka kita dinamakan membalap di daerah slipstream . . . teniknya dinamakan slipstreaming atau “mencuri angin” . tekni Slipstreaming atau mencuri angin ini sangat ampuh dilakukan jika power motor masbro sedikit di bawah motor kompetitor. Dengan menguntit persis dibuntut kompetitor, maka bro tidak akan memperoleh hambatan gesekan Udara sebesar Rider di depan . . . alhasil motor jadi tampak lebih bertenaga karena nggak ada hambatan, Ban jadi tidak terlalu bekerja keras sehingga lebih awet, dan konsumsi bbm pun bisa lebih ditekan

SAATC_ID_RIDERS_008

Cuma masalahnya adalah, Jika anda suruh race tempur lawan Marquez, pedrosa, dan Lorenzo dengan motor yang senilai dan spek performa yang sama, apakah bro sangup mengejar  Marq, atau sanggupkah bro nguntit selama bemenit menit di belakang Marquez atau Lorenzo?😀

IRS_150

Apakah teknik ini hanya memberi keuntungan untuk sang “Pencuri angin” ? ternyata bukan bro . . . Teknik Slipstreaming selain menarik bagi sang ‘pencuri angin’ ternyata  ini juga menguntungkan bagi yang dicuri anginnya atau ‘the leader’ karena akan kehilangan efek yang bisa terjadi karena hadirnya ‘daerah bertekanan rendah’ yang terjadi karena efek turbulensi. Walaupun tentu saja keuntungan ini tidak terlalu besar bila dibandingkan keuntungan bagi rider yang mengekor. So secara teori aerodinamikapun, Rider yang dicuri anginnya pun akan lebih cepat speednya bila dibandingkan dengan rider yang membalap sendirian . ..  Nah ada yang mau menambahkan . . . silahkan mas bro . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. ipanase - 12 May, 2014
prasetyo676 - 12 May, 2014

Mbuntuti mas Ipan, slip streaming ah..

Yamaha YZF R1 2014 – Superbike 1000 cc Andalan Yamaha.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/12/yamaha-yzf-r1-2014-superbike-1000-cc-andalan-yamaha/

nivikoko - 12 May, 2014
rezaholic - 12 May, 2014

slipstream dulu sama yang podium satu, hehehe

Kebohongan Honda dibalik roadshow dynotest CB150 Streetfire!
http://rezaholic.wordpress.com/2014/05/12/pembodohan-otomotif-mengungkap-kebohongan-roadshow-dynotest-cb150r-streetfire/

monkeymotoblog - 12 May, 2014
2. ipanase - 12 May, 2014

slipstream gas polll

Dian - 12 May, 2014

pertamax

3. kudo78dk - 12 May, 2014
4. SilentReader - 12 May, 2014

Komeng…

5. ipanase - 12 May, 2014

mayan nebeng kencepatan😀

6. warungasep - 12 May, 2014

mantap

7. aripitstop - 12 May, 2014
8. maknyuz - 12 May, 2014

nice info..!

9. ipanase - 12 May, 2014

curi angin nambah kencang😀

10. Baby Cheetah - 12 May, 2014

10

11. Kobayogas - 12 May, 2014

kaya di tol, ngintil bus, tapi jangan deket2 wkwkwkkw

http://kobayogas.com/2014/05/11/otobursa-cant-stand-to-buy-one-or-two-things/

Taufik - 12 May, 2014

itu lebih serem . . . ada ‘makewave’ nya yang nyedot ke dalem

12. frunze - 12 May, 2014

kalau motornya sama? mau betot gas aja mikir, 1000cc, 200hp +++ mending jadi penonton aja dah

13. 46sukses.com - 12 May, 2014

Kalo masuk angin justru bahaya,,,hihihihihi,,,,

Taufik - 12 May, 2014

obatnya kerokan😀

Stop n' Go - 12 May, 2014

Bukan kang, tapi dipijet….lebih ampuh..^_^

14. def - 12 May, 2014

pasti bisa mengekor di belakang marques bahkan melewatinya asalkan ban belakangnya kempes

15. hulssay - 12 May, 2014
16. Baby Cheetah - 12 May, 2014

Aku Baca dulu aja bisa dpt no.7😛

17. java36 - 12 May, 2014

teorinya kaya yg di anime Let’s & Go ya wak

ax125 - 12 May, 2014

wkwkwk tamiya :v

java36 - 13 May, 2014

Hahaha

18. haha - 12 May, 2014

Kalo nyuri angin terus di kiloin laku berapa ya bang??

19. si jack - 12 May, 2014

Kalo kebanyakan angin minum tolak angin dijamin bablas

20. cahyadip - 12 May, 2014
21. kang_ulid - 12 May, 2014

jozzzzz…

Abu Nawas Mencari Ibu Sejati – _http://wp.me/p1nATW-W5

22. Tukimin - 12 May, 2014

air ram (air duct) follower bs kurang pasokan udara.
Agak nyamping biar dpt power (moge)

TiCtAc - 12 May, 2014

nah ilmu nie

Taufik - 12 May, 2014

itu juga perlu diperhatikan bro

23. Erwin - 12 May, 2014

ini yang dapa dapet pertamax pada engga tidur apa yaa…??

24. demungan - 12 May, 2014

Saya juga sering melakukan hal ini klo riding. Terutama saat malam. Bukan buat nyolong angin, tapi buat deteksi dini kehadiran lubang sialan yang makin hari kok kayaknya makin banyak aja seiring musim hujan. Patokannya motor didepan. Klo ada lubang dpn saya bisa menghindar kemungkinan besar saya bisa ngindar juga. Klopun dia kena lubang at least saya bisa siap2 dan menghindar.

Abol - 12 May, 2014

Setuju kang bro!

DORNA MAJU TERUS!! - 12 May, 2014

teknik balap diterapkan pada keadaan berbeda ini namanya bro. gue jg gitu :V wkwkwk

25. Mat Solar - 12 May, 2014

Angin kan sudah gratis,tidak bayar,kok masih saja mencuri.
wkekekek…

26. motor batangan - 12 May, 2014

Kalo di jalan raya namanya tailgating, tapi beda sama di balapan, tailgating ini relatif berbahaya karena rawan tabrakan belakang bahkan bisa jadi beruntun kalo di jalan raya. Di beberapa negara bagian Australia dan negara lain pun dilarang.

27. ewod - 12 May, 2014

betah kek c pedrosa nguntit di blakang trus ngisep kenalpotnya paling betah ,untung itu moto gp mesinya bukan diesel. . Ngasep item Kek damri goyobod wkwkwk

DORNA MAJU TERUS!! - 12 May, 2014

anda salah arti ttg diesel. diesel itu mesin masa depan bro. mercedes benz sampai bmw dan banyak merk mobil mewah pakai diesel. karena diesel itu gak pakai busi bro. makin panas makin wuaaahhh…. dan diesel adalah generasi mesin masa depan. bahkan diesel itu mesin yg kuat pakai turbocharger, karena gak pakai busi, jadi komponennya mampu menahan tenaga besar. makanya nama tokoh film balapnya vin diesel. hahaha
beda diesel truck sama metromini disini bro.
#saran aja biar gak salah paham ttg karakter diesel😀

28. daivan - 12 May, 2014

weleh, kebetulan udah ada tulisan dengan topik yang sama di draft. angkat ah… http://daivangelion.wordpress.com/2014/05/12/pengaruh-aerodinamika-di-sepeda-montor-true-story/

29. kagawa - 12 May, 2014

Kalo leadernya ban selip,bisa ikut celaka nih yg nyuri angin..

30. setia1heri - 12 May, 2014
31. pembalap karung - 12 May, 2014

wah. pembalap depan harus pake jurus tandingan: buang angin. biar dicuri sepuasnya sama yg dibelakang.
huihihihi.

46sukses.com - 12 May, 2014

Wahhh???? Kalo itu yg di belakangnya kudu pake jurus kipas angin bro,,,,,hihihihihi,,,,

32. Mas Jokokarta - 12 May, 2014

slipstreamning servis pack windows 7………..aakkakakak……..

33. 46sukses.com - 12 May, 2014

Absen pagi,,smbil cari angin,,hihihii

34. paijo - 12 May, 2014

Yg seru pas jamannya rossi tempur lawan stoner (ducati). Keliatan bgt pas itu power m1 lebih kecil, makanya rossi sering bgt slipstream dibelakang stoner

35. eko354 - 12 May, 2014

Waktu di Texas dulu, saya kadang2 tailgating di belakang “rig” (truk trailer yg bawa container) walaupun illegal. Krn biasanya rig punya “police radar detector”
Kalo di sini saya nggak berani.

36. fitrisand - 12 May, 2014

Sip

Galaxy Young

“tmcblog.com” wrote:

37. agungnugraha23 - 12 May, 2014

ane tau beginian dari game NFS.hehe

38. ramsky - 12 May, 2014

sering dipake kalo lewat jalan solo jogja…
rata2 rider2 disitu cepat2 bawa matornya, ngintilin aja deh… begitu keder diikutin terus, baru overtake… hahaa

apa lagi klo yang buka jalan bis jawa timuran, wes ngintilin aja deh… hehee

39. motorohim - 12 May, 2014
40. peyek - 12 May, 2014

wak haji,,,,

gimana jika rider yang di depan nambahin angin untuk rider yang lagi mencuri angin di belakangannya,,,,

apakah berpengaruh juga,,,,???

41. dave - 12 May, 2014

ati2 masuk angin mas,,
btw bisa jg yg di belakang nya itu ga tau jalan mas,,
jadi ngekor terus,, kalo nyusul/duluan nti nyasar,,
atw emang kebiasaan konvoi? jd ga susul menyusul? :p

eko354 - 12 May, 2014

Wkwkwk, saya pernah waktu mau ke Trenggalek, di Madiun krn ada pengalihan jalan jadi bingung, ngikutin truk, eh dia masuk ke kampung. Sopirnya nanya “bade teng pundi pak”, akhirnya dikasih petunjuk jalannya ama dia.

42. orong-orong - 12 May, 2014

yang penting jangan sampai meleng karena harus berkonsentrasi tinggi.
http://orongorong.com/2014/05/12/fenomena-bloger-jaman-sekarang/

43. Kian - 12 May, 2014

hmmmmmmmmmmmmm . . .

44. irwan ec - 12 May, 2014

INTINYA AERODYNAMIC DAN DOWNFORCE
cuman jeleknya di motor nggak ada rekayasa rear diffuser murni, seperti di f1

45. nbsusanto - 12 May, 2014

sembalap….

46. ♣♠™ MB@H D@RMO ™ ♠♣ - 12 May, 2014

Kalo ada pencuri angin kasi aja angin yg dibuangin dari knalpot yg 1 lagi (knalpot tuk buang angin itu lho :D)

47. nivikoko - 12 May, 2014
48. abimanyu - 12 May, 2014

Niru ilmunya burung (bangau) yang terbang rombongan ya, mereka selalu membentuk formasi “V” dengan satu leader di depan (dan selalu bergantian begitu yang paling depan sudah capek). Yang belakang “nyuri” angin dari leader di depannya.

gegek - 12 May, 2014

gak usah jauh2 ke binatang lah, balapan sepeda aja pake teknik seperti ini

49. setsunafexia - 12 May, 2014

Yg sering main game balap sering manfaatin hal ini. buntutin lawan trs overtake

50. leito - 12 May, 2014

kalo lagi hujan deres ngekor aja diblakang truk/bus, pasti ga kena hujan

51. littlewawan - 12 May, 2014
52. monkeymotoblog - 12 May, 2014
53. adityaprad - 12 May, 2014
54. ochad - 12 May, 2014

Klo di balap sepeda teknik ini sering bgt dipake. malah jd 1 peleton ( slipstreamnya rame2) atau pace line. efektif bgt. beda bgt effortnya antara sendiri sm ditarikin (di blkg org) hehe..

CMIIW!

Taufik - 12 May, 2014

bener banget . . . bahkan kadang leadernya gantian😀

55. blogkitta - 12 May, 2014

ternyata begitu. .

56. kepepet - 12 May, 2014

ada teknik mirip slip streaming dan hanya dapat dilakukan saat hujan. yaitu teknik “ngintili” truck gandengan atau kontainer biar gak kehujanan, sambil berdoa mudah2an perempatan depan pas lampu hijau.

57. nanangqh - 12 May, 2014

kang taufik, kalo di game NFS namanya DRAFTING…🙂 kalo draftingnya lama NOS bisa ke isi penuh lho

# gak nyambung kwkwkwk

Taufik - 12 May, 2014

sama banget slipstream dan drafting adalah istilang yang mirip mirip

58. ax125 - 12 May, 2014

Reblogged this on Ax125 blog and commented:
Mantab.. Penjelasan tentang Slipstreaming😀

59. ochimkediri - 12 May, 2014

foto ketiga nih keren tengab…😛

60. ewod - 12 May, 2014

kalo nguntit mobil dari blakang di sarankan jangan pas tengah body nya..tpi pas banya..biar gak tekor kna lobang sgede gaban tar jumpalitan buahaya…

kanghakeem - 14 May, 2014
kanghakeem - 14 May, 2014

eh salah… ini link-nya
TIPS Berkendara : Menghindari Jalan Berlubang
http://kanghakeem.wordpress.com/2014/01/16/jalan-berlubang-membawa-petaka/

cuman berbagi

61. 0yoo - 13 May, 2014

trek lurus paling efektif kyknya

62. milemotoblog - 13 May, 2014

kalo di jalan raya gimana ya… gubrakk

Keep update with http://milemoto.wordpress.com/


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: