jump to navigation

[Press release] 745 Siswa SMK se-Indonesia Ikuti Uji Ketrampilan Teknik AHM 5 June, 2014

Posted by Taufik in Honda R2, Press Release.
Tags: , , , ,
trackback

AHM__02

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji kompetensi teknik sepeda motor terhadap 745 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia melalui kegiatan kontes keterampilan teknik tingkat SMK. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya perusahaan berkontribusi menciptakan generasi muda yang berkualitas dan siap memasuki dunia kerja.

Kontes keterampilan teknik tingkat SMK yang pada tahun ini memasuki tahun ke-5 diikuti 745 siswa dari 127 SMK Binaan Honda tersebar di seluruh Indonesia. Para siswa ini berkompetisi di tingkat regional untuk kemudian mengikuti proses seleksi di tingkat nasional. Berdasarkan proses seleksi tersebut, terpilih sebanyak 41 siswa SMK yang berkesempatan unjuk kompetensi dalam Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional pada 5-6 Juni 2014 di Astra Honda Training Center (AHTC).

Dalam kontes teknik ini, para siswa diuji kompetensinya sesuai kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah, baik dari pengenalan tools dan komponen, pemasangan dan pelepasan komponen, serta menguji kemampuan trouble shooting sepeda motor Honda berteknologi injeksi.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan perusahaan secara konsisten mendukung program Link and Match dunia industri dan dunia pendidikan khususnya SMK melalui berbagai kegiatan, salah satunya kontes keterampilan teknik tingkat SMK.

“Kami berharap kontes ini dapat memacu para siswa SMK untuk terus meningkatkan kompetensinya di bidang otomotif roda dua sehingga kedepannya dapat menjadi tenaga-tenaga terampil di dunia kerja. Kami pun menfasilitasi siswa-siswa berprestasi dari lulusan SMK Binaan Honda untuk ikut bergabung di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).”

AHM menyediakan beragam hadiah untuk para siswa pemenang kontes keterampilan teknik SMK tingkat nasional. Hadiah diberikan kepada siswa pemenang pertama sebesar Rp 8 juta, pemenang kedua sebesar Rp 5 juta, serta pemenang ketiga sebesar Rp 3 juta. Setiap pemenang juga berhak mendapatkan piala. Sementara untuk sekolah, AHM menyiapkan 1 unit Honda PCX sebagai sarana praktek bagi SMK asal pemenang pertama. Selain hadiah untuk ketiga pemenang utama, seluruh siswa SMK yang telah lolos hingga tingkat nasional berhak mendapatkan plakat dan medali.

Kontes keterampilan teknik SMK ini merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di tingkat SMK yang dilakukan AHM bersama jaringan main dealernya. Pengasahan kompetensi siswa yang diperoleh melalui KTSM Honda diuji dan ditingkatkan kualitasnya dalam kontes ini.

KTSM Honda dilaksanakan dengan menyusun silabus khusus yang bisa diimplementasikan di tingkat SMK, yang dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa alat praktik dan laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih. Hingga Mei tahun ini, AHM sudah bekerjasama dengan 152 SMK di seluruh Indonesia.

Lebih jauh, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, AHM menyiapkan sebuah sistem untuk menguji kompetensi guru SMK. Program ini diimplementasikan dengan memilih SMK Ma’arif 1 Wates, Yogyakarta sebagai Tempat Uji Kompetensi dan Sertifikasi Nasional Teknik Sepeda Motor (TSM) pada akhir tahun lalu. Di sekolah ini, kompetensi dan keterampilan para guru dan juga mekanik dapat diuji sebelum akhirnya mendapat pengakuan bagi mereka yang dianggap mampu.

Comments

1. ipanase - 5 June, 2014

lanjutkan


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: