jump to navigation

Pukulan Keras Terhadap PCX 150 CBU Dari Dalam Dan Luar, Harus Diantisipasi! 27 January, 2015

Posted by monkeymotoblog in Blogging activity.
Tags: , , , , ,
trackback

nmax_main

Sahabat IMN yang luar biasa, menarik melihat pergerakan dan animo publik terhadap maxyscooter beberapa hari ini. Dipicu oleh YIMM yang memperkenalkan Yamaha Nmax 150 kepada khalayak, serta harga yang bikin banyak bikers galau 27,4 juta rupiah, hal ini membuat kompetitor dari Yamaha NMax, Honda PCX 150 yang berstatus CBU jadi terlihat mahal dan overpriced. Ini baru hantaman dari luar Sob, dan baru sekali, ada juga hantaman dari dalamnya, apakah itu?

PCX_thai

Yup, strategi melokalkan PCX menjadi salah satu opsi yang mau gak mau harus dilakukan. Berdalih kalau PCX 150 adalah produk CBU dengan kualitas wahid, fitur mumpuni, eksklusif, dll, wah agak sulit yah kalau mau bersaing. Soalnya Honda adalah brand Jepang kalau mau bicara eksklusifitas, apalagi fitur-fitur PCX juga ada di Nmax yang harga terpaut jauh lebih ekonomis, terlebih Nmax juga menyematkan rem cakram untuk roda belakang, yang mana RDB (Rear Disc Brake) adalah sebuah strong point dan value added bagi sepeda motor yang dijual di Indonesia.

PCX_2015_03

Dengan melokalkan PCX, tentu harga yang diinginkan adalah setara, atau kompetitif dengan Yamaha Nmax. User PCX CBU ini tentu merasakan shock teraphy yang lumayan bikin kepala pusing, gak nafsu makan, susah tidur, mata berkunang-kunang:mrgreen: (ini mah kurang makan). Agak mirip dengan kondisi CBR150 K45 dan CBR CBU, tapi untuk hal ini PCX VS NMAX tampaknya lebih rumit. Karena apa? Karena PCX baru saja mendapatkan update fisik, mau dilokalkan dengan fisik yang mirip dengan versi CBU? Terus harganya terpaut jauh dengan versi CBU? Tampaknya AHM harus mempertimbangkan hal ini karena bisa membuat user PCX CBU broken heart. K45 dan CBR CBU memang beda tempat produksi, tapi wujudnya juga ikutan beda Sob.

Hantaman lainnya adalah apabila nanti YIMM juga menjual Yamaha XMAX 250 dengan harga 40 juta, WOW, matik 250 CC dengan harga segitu, powerfull, akomodasi mantap, nyaman, fitur lengkap. Harga beda tipis dengan PCX CBU, dilema tidak hanya dirasakan oleh pengguna PCX 150 CBU, tapi juga dari AHM sendiri. Tapi ini baru sebatas skenario ya Sob, segalanya masih dapat terjadi.

Oke deh Sob, kita pantau aja bareng-bareng yah. (IMN – Vandra MMBlog)

Comments

1. jebhe - 27 January, 2015

Uwow pada koreksi2 harga nih..
Siap siap diskon2an ala inazuma & cbr150r

2. Jangkung - 27 January, 2015

Untung ada yamaha konsumen jd g d suguhi motor yg itu itu aja n overprice,,,ahm mesti ny wes melek dngn kasus r series vs cbr ny

monkeymotoblog - 27 January, 2015

Mantap

3. prabu - 27 January, 2015

Inilah ok nya yimm,berani melakukan gebrakan. Sehingga membuat harga sepeda motor pada umumnya menjadi lebih value.
Meskipun ahm sangat bisa untuk mengkonternya,tapi…tetap saja ujung2nya adalah HARGA TURUN!

GOOD JOB YIMM.

monkeymotoblog - 27 January, 2015

Josss

4. ardi - 27 January, 2015

kalau xmax 40jtaan yah mikir lg deh untuk pinang pcx. mending tuh celengan ayam sy tambah 1biji lg dapat deh xmax, yah biar lbih lama dikit gak pa2

5. blade-in - 27 January, 2015

Semua kayaknya dah diperhitungkan YIMM saat mengajukan proyek NMax155 sebagai Model Indonesia untuk numbangin PCX. Secara Honda bakalan kesulitan lokalin CX150. Kenapa? Karena basis produksi PCX kan baru pindah dari Vietnam ke Thailand. Gak mungkin digeser lagi ke Indonesia. Pilihan kedua bagi Honda mungkin melokalkan Forza. Tapi Forza yang ada hanya 125 dan 300cc. Gak ada yang 150. Lagian spek Forza terlalu tinggi untuk matic yang mau dijual 25 jutaan. Di Eropa, lawan Forza 125 secara spek adalah X-Max125. Bagaimana dengan Forza pake mesin Vario150? … Juga gak mungkin karena secara brand Forza itu di atas PCX. Apa kata Honda Jepang kalo body Forza dipakein mesin Vario150….

Pusing 7 kliling AHM !!!??? Pastinya begitu! PCX bakalan innalillah dan Vario150 bakalan layu sebelum berkembang (kalau benar NMax Standar dibandrol 23-an) !!! Padahal Yamaha belum keluarin senjata matic yang diseting di rentang harga 18 – 20 lho …. Bayangin kalo GT125 disulap YIMM jadi GT150 yang dikasih baju S-Max dan dibandrol 17-18 jutaan makin klojotan matic AHM di mid level !!!

blade-in - 27 January, 2015

Maaf, kebalik. Basis produksi PCX pindah dari Thai ke Vietnam …

Bro_Jol - 27 January, 2015

tergantung .. sayangnya orang Indonesia banyak yg seneng dek matic itu rata buat angkut barang .. jadi vario 150 masih ada kans ..

6. Pamiarsa Tea - 27 January, 2015

Gak sabar pingin lihat kelanjutan War of maxi scoot episode kali ini..hmmm good job Yimm..

7. MAMAT - 27 January, 2015

terimakasih YIMM, engkau telah uang konsumen sangat bermanfaat.

8. beel - 27 January, 2015

bagus dah, kalau gak gini yaa bisa semena2 dan konsumen yang di rugikan😀

9. Sanusi - 27 January, 2015

Akhirnya honda dibikin ketar ketir..diliat strategi yg salah alur dimulai new beat keluar dua model dua duanya tdk ada yg nampol alias modelnya basi tdk pulpres baru yg malah mio m3 yg berkesan gen punya roh penerus beat’ trus vio150 dri awal sebelum peluncuran banyak konsumen dan calon mengharap banyak vio150 ber gen pcx..aduh mlah mdl tetap kekeh gen vio125 mlh vio125 pun berbaju vio150..akhirnya maxiscoter dibuka yam suka tdk suka yg ngidam maxi yg tdi ngarep vio150 gen pcx pasti lari ke nmax ap lagi bda dikit yg bkin vio150 berkesan overpreeet…dibanding nmax non abs…honda harus cpat rubah strategi mungkin dgn merubah harga vio150 dibikin dibawah 20jt..(ubah juga tu model newbeat so elek tdk banyak inopasi disektor bodi ap lgi diliat penjualan m3 mkin hri naik trus)

10. SANSINNO.COM - 27 January, 2015

keras sekali malah😀

—————————-
Cewe Modern tidak suka motor dengan suara knalpot berisik..??

http :// .com/2015/01/27/ -jaman-sekarang-tidak-suka-motor-dengan-suara-knalpot-berisik/

11. ulin indonesia - 27 January, 2015

weleh,,,matic 250CC? nunggu diskon gila”an dari PCX klo gitu,,,haha,,,

12. Singgih - 27 January, 2015

DILEMA HONDA…..,

Mau melokalkan PCX? ….rasanya gak mungkin. Plan produksi PCX barusan dipindah dari Thailand ke Vietnam, masak mau dipindah lagi ke Indonesia?

Gmn kalau dibagi 2 Vietnam dan Indonesia.? ….weleh-weleh, total produksi vietnam tahun kemarin berapa? kalau dibagi dgn Indonesia dapat berapa untuk Indonesia? wong jualannya disini jg cuma segitu, berat di ongkos bro.

Kalo melokalkan matic 150cc type lain, piye? ….naah, ini yg agak logis. Tinggal cari model global yg bisa bersaing dgn N-Max trus produksi di Indonesia untuk pasar global juga biar “nyucuk” dgn ongkos produksinya.

Model apa dong?… Forsa kah? silahkan,….. dipilih-dipilih!

Harga berapa? …..pastinya mepet N-Max ABS 27jt-an, nonABS 24jt-an, kalo bisa dibawahnya donk! (ngarep tenan)…hehehe.

Harganya 24jt-an (nonABS) ? …… Trus, calon konsumen New Vario 150 gmn donk???…. Bubar!!! naik kelas aja.

Pusiiiing deh gue….., kata orang AHM.

13. bikerkampung86 - 27 January, 2015

just wait n see wae om
https :// .wordpress.com/2015/01/26/ -mie-ayam-mas-wahyu/

14. pindana - 27 January, 2015

Pcx lokal tdk sulit buat ahm, tinggal spec down aja terus dengan dana yg berlimpah perkuat komunikasi marketing dan bilang ke konsumen bahwa pcx lokal lebih baik drpada pcx cbu, agak bohong dikit jg gpp lah, beres kan ?! Mirip kasus cbr150 gitu, walau kenyataannya tetap lebih baik cbr150 cbu
Hehehe…just opinion

15. Anjas - 27 January, 2015

Udah saatnya pola pemikir honda jaman bek grend mandra harus ditinggalkan..bkan ditinggal lgi tpi dibuang jauh…liat hasilnya mentang lku inopasi mandek klah ama yam…yg benar benar keluar dri pemikiran tradisi yg ada…kerja bagus yamaha…

16. discovery - 27 January, 2015

great job YIMM. this one will hit very hard AHM..

17. Anjas - 27 January, 2015

Gunakan selogan—-satu hati mu untuk merangkul royalis mu bukan mlah sakit hati dgn produkmu yg tidak berkembang..jangan sampai mereka berpindah kelain hati, ( contoh kecil beat ada kah inovasi yg menyeluruh mesin oc..tpi model jadul..yg pop jelek …semua tau hon lbih tau klo beat itu mtr 2juta umat..disini mestinya hon berpikir dgn mdl mci seperti itu para royalis pasti jenuh…dri kejenuhan itu akan mencari alternatip lain dgn palu lebih tapi maci punya roh beat…yam membuka itu dgn mio m3)

18. Bro_Jol - 27 January, 2015

NAH INI baru desain kelas wahid tapi harga bisa toh ngga mahal .. AHAHAHAHA😀

19. SuLe - 27 January, 2015

Cepet2 dah buka kran inden.. Biar potensial buyer vario 150 pindah..

20. prajaone - 27 January, 2015

Konsumen makin banyak pilihan. Saya pikir ahm sudah punya plan lebih dahulu untuk mengcounter n-max. Nanti kita lihat pasar siapa yg laku, siapa yg gak, dan siapa yg lebih smart strategi
nya.

21. robertdenura - 27 January, 2015

Itulah manfaatnya kompetisi..industri tidak boleh dikuasai satu perusahaan aja alias monopoli..nanti bisa seenaknya maenin harga.. Thanks to Yamaha, Suzuki, dkk..

22. nganu ngini - 27 January, 2015

buset NMAX 250 mau dijual 40jutaan? Burgman abis disikat NMAX nih
gila YIMM mau nyikat semua segmen dia…kecuali bebek…

23. st3v4nt - 28 January, 2015

Paling2 strateginya rilis PCX lokal dengan spek mesin sedikit dikilik tapi fitur dimepetin sama Nmax ….trus siap2 rilis Air Blade 150 dengan harga deket vario 150, strategi AHM kan gitu selalu dual prong….jepit atas bawah….pricing dimainin

24. MotoZhein - 28 January, 2015

NMax – PCX…..mati kutu dah AHM,,,


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: