jump to navigation

Konsisten Menggunakan Salah Satu Tipe Konfigurasi Mesin, Jati Diri Motor Eropa & Amerika! 28 January, 2015

Posted by monkeymotoblog in Blogging activity.
Tags: , , ,
trackback

IMG_5404

Sahabat IMN yang luar biasa, karakter sangat diperlukan untuk membangun sebuah brand image. Selain itu karakter juga dapat mempengaruhi “nilai” dari brand itu di mata publik/customer. Dalam industri sepeda motor, salah satu karakter yang dapat mendongkrak image dan membuat brand tersebut terdiferensiasi serta punya jati diri adalah dengan menggunakan salah satu tipe mesin, dan konsisten dalam menggunakannya!

Ducati Scrambler, Knalpotnya Kurang "Scrambler" nih

Pada umumnya, pabrikan sepeda motor yang punya konsistensi tinggi dalam menggunakan satu varian tipe mesin adalah pabrikan yang berasal dari Eropa dan Amerika. Sebutlah BMW yang identik dengan mesin boxer, Ducati yang terasosiasi dengan mesin L-Twin, Moto Guzzi yang betah dengan mesin V melintang, MV Agusta yang betah dengan konfigurasi mesin tiga silinder, dan Harley Davidson yang gak mau berpaling dari mesin V-Twin, parahnya lagi Harley Davidson malah punya karakter dan konsisten hanya melahirkan motor-motor bergenre cruiser!

bmw gs

Konfigurasi mesin itu satu sama lain punya karakter masing-masing Sob. Ducati dengan L-Twinnya punya mesin yang bertenaga, dengan getaran dan suara yang khas. MV Agusta punya karakter mesin yang “menyeramkan” dengan tiga silindernya, BMW punya karakter mesin yang tangguh, luar biasa, dan siap kemana aja dengan mesin boxernya. Maka gak heran, motor-motor ini punya penggemar setia yang akut, bukan sekedar fanboy, tapi udah menjadi brand advocate! Atau pembela dari brand itu sendiri!

03_MotoGuzzi_StelvioNTX

Berbeda dengan pabrikan Jepang, pabrikan Jepang memproduksi sepeda motor dengan berbagai tipe dan berbagai tipe mesin. Mesin V ada, mesin inline ada, mesin boxer ada, tiga silinder ada, hal ini membuat motor-motornya hanya menjadi “only the bike”. Tapi hal ini bukan berarti motor Jepang jauh dari kata sempurna ya Sob. Motor Jepang malah punya reliabilitas yang mumpuni, mesin yang bandel, tangguh, bisa dibilang motor yang sempurna. Malah di ajang MotoGP, motor-motor dari pabrikan Jepang kan yang menjadi juara :mrgreen: .

Nah, yang jadi sedikit problema adalah pricingnya, biasanya motor-motor dengan karakter yang luat tersebut pricingnya juga pada kuat-kuat Sob, wkwkwk :mrgreen: . nah, motor Jepang yang punya banyak pilihan tentu harganya lebih kompetitif.

2014-yamaha-yzf-r6-race-blu-03

Oke deh temen-temen, sekilas mengenai opini MMBlog yang beberapa waktu belakangan sedang intim-intimnya sama motor-motor Eropa nih :mrgreen: . mungkin temen-temen juga ada pengalaman serupa ketika sedang bermain dengan motor Eropa beserta komparasinya dengan motor Jepang?? Silahkan dishare pengalamannya Sob.

 

Comments

1. ardee - 28 January, 2015

yang spesialis emang mahal, contohnya dokter … 😀

2. Erik - 28 January, 2015

Pertamax

3. ardiantoyugo - 28 January, 2015

terkenal Vtwinnya…

cbr 250 v-twin:
http :// .com/2015/01/28/ -cbr-250r-v-twin-cylinder-cakep/

4. dwanz - 28 January, 2015

kepincut ama ducati dan mv agusta..😁

5. kadalaspal - 28 January, 2015

nomer satu ya Honda wes pokoke
sopo seng bantah?
operasional ya beat/revo
sport tulen yo cbr series sari 150-1000sese
wes pusing nyebutinnya
Gold wing? siapa yg gak tau
motor eropa dan harleh(amerika) ga ada lawan gengsinya

6. Yudakusuma - 28 January, 2015

Memang image minded sih yang namanya motor eropa itu… kalo jepang kan… yang penting laris hahaha…
Setidaknya masih ada piaggio yang bisa mendekati segmen pasar mojap

============
Toyota Alphard dan Toyota Vellfire baru launching, tampilan agak emmm….
http :// .com/2015/01/27/ -alphard-2015-dan-toyota-vellfire-2015-telah-launching-siap-siap-pak-bos-merengek-beliin/

7. luthfi - 28 January, 2015

Motor impian ane MV Agusta
liat pricelist nya nangiss guling2

8. motobikerz - 28 January, 2015

so…

Simak video Bikerz ION menikmati Trek Gunung Kidul – Wonosari – Pantai Indrayanti
http :// .com/archives/

9. fa74 - 28 January, 2015

Motor jepun jg punya identitas sebenarnya, perfectnya. cm kalah sejarah.
Eropa amrik bs menang krn mrk dianggap lebih maju dr asia. Gaya hidup mengacu kesana krn mmg kita lebih g mampu dibanding mereka.
Org amrik dengan sombongnya mengatakan produk mereka trbaik dgn produk yg besar2, body besar cc besar.. Tp ttp aja banyak kekurangannya. Org eropa bangga dengan seninya, shg motorpun adalah barang seni buat mereka, dan seni adalah eropa. Motor seni mereka pun banyak kekurangannya.
Jepang hadir dgn kesempurnaan (sebenernya bkn sempurna sih). Tp mo bagaimana, asia bkn gaya hidup, jadinya kesempurnaan itu tidak menjual.

Opini ane doank sih. Klo salah ya maapin krn mmg bukan ahlinya 😀

10. kerupuk - 28 January, 2015

belum mas vandra…
siapa tau diajak mas vandra dateng di sesi test motor eropa.
haha


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: