jump to navigation

Motor Kurang Dari 100 CC, Bagaimana Kansnya Di indonesia? 31 January, 2015

Posted by monkeymotoblog in Blogging activity.
Tags: , , ,
trackback

Honda ape 1

Sahabat IMN yang luar biasa, saat ini, tren sepeda motor lebih kepada motor yang ber-CC besar. Pabrikan-pabrikan di tanah air pun, berlomba-lomba untuk membuat kubikasi motornya semakin membengkak. Skutik yang tadinya 110 CC, kini sudah mulai bermunculan yang 150 CC. Bebek juga demikian, yang tadinya 100CC, nampaknya akan menjadi sangat umum apabila kedepannya bakalan ada banyak bebek berkubikasi 150 CC. Lantas, apakah motor berkubikasi kecil masih punya potensi?

Kubikasi kecil yang MMBlog maksud adalah kubikasi motor yang benar-benar kecil Sob, alias di bawah 100 CC! Pada 20-30 tahun silam, motor berkubikasi 50-70 CC adalah wajar di tanah air. Seperti eperti Honda C50, C70. Bahkan pada tahun 2000-an awal, sempet hadir juga Jialing dengan Jialing Kancilnya yang berkubikasi 70 CC.

honda ape

Beberapa motor kecil  bentuknya unik-unik. Contohnya seperti Honda monkey dan Honda Ape. Motornya klasik, jadul, tapi manis dan ngegemesin, xixixi :mrgreen: , kubikasinya ada yang 50 CC dan ada juga yang 100 CC. Menurut website Honda Jepang, motor-motor ini 1 liter bensin dapat mencapai jarak tempuh hingga 90 kilometer, weleh irit amat. Tapi larinya berapa yak?

Nah, ini juga yang jadi kendala. Motor-motor kecil begini bisa ngacir berapa ya? MMBlog udah pernah riding pake Jialing Kancil, topspeednya mentok di 85 km/jam on Speedo euy, itupun aneh, kalau dipanteng terus tiba-tiba pelan sendiri, wkwkkw :mrgreen: . jarum speedonya turun gitu. Kalau jarum takometer turun mah wajar, apalagi kalau ganti gigi, lah ini jarum speedo, gas dipanteng, tiba-tiba turun, terus naek lagi :mrgreen: .

Tentu agak sulit bersaing sepertinya ya. Kebanyakan motor-motor begini ini diposisikan sebagai motor entry-level. Motor entry level sama dengan motor operasional. Motor operasional harus bertenaga juga, siap diajak boncengan, siap diajak nerjang jalanan rusak. Walaupun masih bisa dijadikan sebagai motor hobbist, tapi kecenderungan motor hobbist lebih ke motor besar, perlu strategi khusus! Sebagai contoh streetcub 50-70 CC penggemarnya bejibun!

Terus gimana menurut sahabat IMN yang budiman?? Masi mungkin gak kira-kira motor dengan CC 50 atau 70 mendapatkan hati para bikers Indonesia?? Monggo dishare pendapatnya Sob! Atau mungkin juga bisa ngasih testimoni riding pake motor ber-cc imut bangeetttt?? Top speed berapa? Ditanjakan gimana? Pas boncengan gimana? Kayaknya bisa nih jadi tambahan referensi. (IMN – Vandra MMBlog)

Advertisements

Comments

1. Udin - 31 January, 2015

Utk sekedar belanja muter2 kampung dan sekolah sdh cukup. Sayang mindset orang sini motor itu harus kencang. Susah laku

2. Handaru Doank - 31 January, 2015

Untuk saat ini cc segitu kelaut aja

3. luthfi - 31 January, 2015

Susah laku klo disini, mindset orang indo motor harus serba bisaa
bisa boncengan bertiga, bisa bawa 4 karung beras, dll

padahal modelnya asik
klo dkasih mesin 125cc asik jg nih

4. winduhap - 31 January, 2015

Kalau cc dibawah 100 tapi model retro seperti C70 dengan harga yg murah, sepertinya masih laku. Buat jalan2 santai aja

5. kodokijo - 31 January, 2015

Huff… lagi2 terbentur ama selera mainstream market sini. Kyk saya yg mendambakan Nouvo series atau Air Blade yg kaga kunjung msuk ke sini hanya gara2 selera mainstream di sini kaga demen dek gak rata. Bener2 konyol!
Mau masukin motor2 cc kecil? Hahaha… mikir dulu 1000x! Kecuali pabrikan msh nganggep konsumen minoritas macam saya. Kl ngincernya market sejuta umat, itu sama aja ngimpi tanpa tidur!

6. wong deso - 31 January, 2015

size does matter….

kalo kubikasi kecil disinyalir ga laku mazbro, takut dikejar penjahat….

7. praptoR - 31 January, 2015

min 110 cc body standard tpi classic, mnosock niscaya bnyak yg msih minat..

8. SANSINNO.COM - 31 January, 2015

jgn deh bahaya..hehe

9. fa74 - 31 January, 2015

Bisa aja klo harganya 7jt an 😀

10. danisubject - 31 January, 2015

yang speedo turun lagi paling kena limiter kalik …

11. widi - 31 January, 2015

Bisa jika UU Lalu lintas mendukung. Motor kecil diatur untuk kecepatan maksimal 45 km/jam dan enggak perlu SIM, untuk pelajar. Resikonya jalan makin macet. Forget it.

12. suta - 31 January, 2015

Wah..kalo saia pakek motor kecil trus goncengin istri ya ksian mesinnya…saia n istri kelas berat seh 😁
Dulu waktu pake mio aja sering banget mampir tambal ban 😰
Untungnya satria tua belum dijuwal…mesin 120cc 2tak 5spit cukup mumpuni untuk wirawiri n jarang2 mampir ketukang ban….bengsin juga gag jauh beda dgn si matik…. ketambahan oli 2t aja.
Kalau buat hobi mungkin iya… Karna hobi kan selera juga..gag harus motor besar kan?? ☺

13. nandiafzapo21 (Sijo) - 31 January, 2015

bisa juga kang… lha wong cb aja komunitasnya udah banyak kayak teri. tapi ya itu min harus 100cc atau 110cc dan kalo di buat turing nyaman.

14. frodie - 31 January, 2015

Paling ga minimal macam kawak KSR, honda MSX, honda X-Zoomer. 110-125cc

Dibawah itu ga bisa menjamin laku dipasaran. Ga ada yang minat top speed cuma 80kpj. Hahaha

Kecuali 50cc 2tak macam NSR 50 dan TZ 50 yang top speed bisa 120kpj

15. SuLe - 31 January, 2015

125cc aja udah cukup irit,, knp harus yg ber-cc kecil…


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: