jump to navigation

Knalpot Undertail, Kenapa Ya Semakin Ditinggalkan? 4 February, 2015

Posted by monkeymotoblog in Blogging activity.
Tags: , , , ,
trackback

CBR600RR-01-1200x716

Sahabat IMN yang luar biasa, pada tahun 2000-an awal, knalpot undertail adalah knalpot yang umum digunakan di motor-motor sport. Ada banyak sekali Sob motor-motor sport yang menggunakan knalpot dengan model begini, CBR series dari CBR600RR hingga CBR1000RR Fireblade menggunakan knalpot ini, Ducati Superbike pakai, Kawasaki ZX6R pakai, MV Agusta pakai,  Yamaha R1, Triumph Daytona, dll. Tapi kok, melihat fenomenanya, knalpot model begini semakin ditinggalkan yah?

Menurut pendapat MMBlog pribadi, knalpot undertail atau knalpot yang letaknya di bawah jok ini dapat mempercantika tampilan motor Sob. Motor-motor sport yang slim akan jadi terlihat makin slim dengan aplikasi knalpot undertail. Ya gak ada bagian yang menonjol jadinya kan? Dengan kata lain dapat membuat tampilan motor jadi lebih kompak. Udah gitu juga motor-motor dengan knalpot undertail begini jadi punya ground clearence yang tinggi.

R1_2014_2

Saat ini yang konsisten menggunakan knalpot undertail adalah Honda CBR600RR, MV Agusta F4, hmm silahkan tambahin lagi Sob. CBR1000RR terakhir pakai knalpot model begini pada tahun 2007, Yamaha R1 tahun lalu, ZX udah dari tahun 2006 juga. Malahan jadi lebih populer dipake di motor-motor naked yah, itupun letaknya gak persis dibawah Jok, tapi agak disamping. Terus kira-kira semakin ditinggalkan kenapa yah?

2015-Yamaha-YZF-R1-EU-Racing-Red-Studio-001

Kalau menurut MMBlog mungkin karena untuk ngurangin cost juga, soale pipa knalpotnya jadi kepanjangan, xixixi. Selain itu motor juga jadi lebih “panas”  ya karena melintir kemana-mana, malah menjalar di sasis motor. Itu menurut pendapat MMBlog, mungkin sahabat IMN yang budiman bisa ngasih pencerahan?? (IMN – Vandra MMBlog)

Comments

1. Udin - 4 February, 2015

Menurut saya membuat tdk nyaman pembonceng

ademadan - 4 February, 2015

desmo rr, sapa yg mau duduk di jok belakang

SuRyA - 4 February, 2015

dan knalpotnya bisa “nembak” muka rider di belakang :soktau hehhehe

https:// .wordpress.com/2015/02/04/ -dengan-mr-shuhei-nakamoto/

2. sucahyoaji - 4 February, 2015

Kalau mau irit dan tidak merusak penampilan, dibuat seperti Pulsar 200NS saja, knalpot dibawah bodi.

3. bombom - 4 February, 2015

leher knalpot panjang dan banyak lekukannya juga nahan power motor kan?

4. praptoR - 4 February, 2015

ngurangin bobot jga kayannya..

5. frodie - 4 February, 2015

Kalo untuk model sih paling joss, tapi untuk kebutuhan power mungkin kurang. Betul juga kalo nambah bobotnya. Tapi ya kalo moge massal kaya CBR 600RR, R1, Agusta, dll tetep harus mempertahankan knalpot undertail. Knp? Udah kenceng. Wkwk

Ane punya R1 2012(knalpot undertail) bro. Nyatanya tetep jadi raja jalanan. Hehehe 😀

Kecuali kalo <250cc mungkin ga recommended kali ya

6. Kobayogas - 4 February, 2015

panas coy 😀
————
kisah ichiro the destroyer car…

7. Oishi is Ozzy - 4 February, 2015

Motornya jadi terlihat slim, tapi buntut motor jadi nggak slim lagi. Lebih suka underbelly

8. yht2506 - 4 February, 2015

plus masalah estetika desain…

9. ardiantoyugo - 4 February, 2015

aku malah lebih seneng… apalagi F4RR…

pertemuan rahasia 2 generasi:
http:// .com/2015/02/04/ -generasi-tahun-ehe-dengan-generasi-abad-21/

10. mr.ngantuk - 4 February, 2015

nembak muka pengendara dibelakangnya, Bro… hehehehe….

11. FЭЯY - 4 February, 2015

aneh

12. kompor - 4 February, 2015

titik berat nya berantakan klo undertail 😉

13. andikakusumaharyanto - 4 February, 2015

B-king…..undertail BAZOOKA

14. 150. Samin - 4 February, 2015

bikin panas si”anu”…

15. danisubject - 4 February, 2015

buat ground clearence kayak nya sama aja . kan under belly di taroh catalist juga . yang gede kek punya byson . atau PNS . undertail muffler cuman buat keren aja secara performa mah jadi jelek … tapi undertail gini ada manfaatnya kalo lagi banjir 😀 atau mau masuk ke sungai .

16. motorio14 - 4 February, 2015

kasian yang dibonceng bro kepanasan tuh pantat

17. Aladin - 4 February, 2015

ane malah kurang demen sama knalpot undertail…. kalau ganti knalpot racing, gak bisa showoff bentuk knalpotnya 😀

ane paling suka desain knalpot CBR 1000 yang sekarang ini, lekukannya senada dengan fairing bagian bawah

18. ukin - 4 February, 2015

power dikebiri

https:// .wordpress.com/2015/02/04/ -x-200-se-memikat-hatiku/

19. wong deso - 5 February, 2015

kalo undertail pipanya panjang jadi powernya nyembur di rpm atas, jadi untuk jalanan umum kurang memenuhi passion sang rider… jalanan umum lebih main rpm bawah dan menengah jadi dibutuhkan knalpot yg pendek aja supaya di rpm bawah powernya udah terasa….

20. aa - 2 February, 2016

membuat telor yg di bonceng mateng… qqqq


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: