Knalpot Undertail, Kenapa Ya Semakin Ditinggalkan? 4 February, 2015
Posted by monkeymotoblog in Blogging activity.Tags: big bike, exhaust system, moge, sport bike, undertail exhaust
trackback
Sahabat IMN yang luar biasa, pada tahun 2000-an awal, knalpot undertail adalah knalpot yang umum digunakan di motor-motor sport. Ada banyak sekali Sob motor-motor sport yang menggunakan knalpot dengan model begini, CBR series dari CBR600RR hingga CBR1000RR Fireblade menggunakan knalpot ini, Ducati Superbike pakai, Kawasaki ZX6R pakai, MV Agusta pakai, Yamaha R1, Triumph Daytona, dll. Tapi kok, melihat fenomenanya, knalpot model begini semakin ditinggalkan yah?
Menurut pendapat MMBlog pribadi, knalpot undertail atau knalpot yang letaknya di bawah jok ini dapat mempercantika tampilan motor Sob. Motor-motor sport yang slim akan jadi terlihat makin slim dengan aplikasi knalpot undertail. Ya gak ada bagian yang menonjol jadinya kan? Dengan kata lain dapat membuat tampilan motor jadi lebih kompak. Udah gitu juga motor-motor dengan knalpot undertail begini jadi punya ground clearence yang tinggi.
Saat ini yang konsisten menggunakan knalpot undertail adalah Honda CBR600RR, MV Agusta F4, hmm silahkan tambahin lagi Sob. CBR1000RR terakhir pakai knalpot model begini pada tahun 2007, Yamaha R1 tahun lalu, ZX udah dari tahun 2006 juga. Malahan jadi lebih populer dipake di motor-motor naked yah, itupun letaknya gak persis dibawah Jok, tapi agak disamping. Terus kira-kira semakin ditinggalkan kenapa yah?
Kalau menurut MMBlog mungkin karena untuk ngurangin cost juga, soale pipa knalpotnya jadi kepanjangan, xixixi. Selain itu motor juga jadi lebih “panas” ya karena melintir kemana-mana, malah menjalar di sasis motor. Itu menurut pendapat MMBlog, mungkin sahabat IMN yang budiman bisa ngasih pencerahan?? (IMN – Vandra MMBlog)
Comments
Sorry comments are closed for this entry
Menurut saya membuat tdk nyaman pembonceng
desmo rr, sapa yg mau duduk di jok belakang
dan knalpotnya bisa “nembak” muka rider di belakang :soktau hehhehe
—
https:// .wordpress.com/2015/02/04/ -dengan-mr-shuhei-nakamoto/
Kalau mau irit dan tidak merusak penampilan, dibuat seperti Pulsar 200NS saja, knalpot dibawah bodi.
leher knalpot panjang dan banyak lekukannya juga nahan power motor kan?
ngurangin bobot jga kayannya..
Kalo untuk model sih paling joss, tapi untuk kebutuhan power mungkin kurang. Betul juga kalo nambah bobotnya. Tapi ya kalo moge massal kaya CBR 600RR, R1, Agusta, dll tetep harus mempertahankan knalpot undertail. Knp? Udah kenceng. Wkwk
Ane punya R1 2012(knalpot undertail) bro. Nyatanya tetep jadi raja jalanan. Hehehe 😀
Kecuali kalo <250cc mungkin ga recommended kali ya
panas coy 😀
————
kisah ichiro the destroyer car…
Motornya jadi terlihat slim, tapi buntut motor jadi nggak slim lagi. Lebih suka underbelly
plus masalah estetika desain…
aku malah lebih seneng… apalagi F4RR…
pertemuan rahasia 2 generasi:
http:// .com/2015/02/04/ -generasi-tahun-ehe-dengan-generasi-abad-21/
nembak muka pengendara dibelakangnya, Bro… hehehehe….
aneh
titik berat nya berantakan klo undertail 😉
B-king…..undertail BAZOOKA
bikin panas si”anu”…
buat ground clearence kayak nya sama aja . kan under belly di taroh catalist juga . yang gede kek punya byson . atau PNS . undertail muffler cuman buat keren aja secara performa mah jadi jelek … tapi undertail gini ada manfaatnya kalo lagi banjir 😀 atau mau masuk ke sungai .
kasian yang dibonceng bro kepanasan tuh pantat
ane malah kurang demen sama knalpot undertail…. kalau ganti knalpot racing, gak bisa showoff bentuk knalpotnya 😀
ane paling suka desain knalpot CBR 1000 yang sekarang ini, lekukannya senada dengan fairing bagian bawah
power dikebiri
https:// .wordpress.com/2015/02/04/ -x-200-se-memikat-hatiku/
kalo undertail pipanya panjang jadi powernya nyembur di rpm atas, jadi untuk jalanan umum kurang memenuhi passion sang rider… jalanan umum lebih main rpm bawah dan menengah jadi dibutuhkan knalpot yg pendek aja supaya di rpm bawah powernya udah terasa….
membuat telor yg di bonceng mateng… qqqq