jump to navigation

Counter Steering, Buat Touring dan Trackday Sih Oke, Buat Harian?? 5 February, 2015

Posted by monkeymotoblog in Blogging activity.
Tags: , , , ,
trackback

afg9312

Sahabat IMN yang luar biasa, riding adalah bagian dari hidup para bikers. Riding juga macem-macem, ada yang hanya berdasarkan insting, dan ada juga yang full pake teknik. Nah, salah satu teknik riding, tepatnya teknik belok yang bener-bener memudahkan itu adalah counter steering. MMBlog yakin, sebenernya temen-temen udah sering banget kok ngelakuin counter steering, Cuma sering gak nyadar aja.

Jadi gini Sob, IMHO counter steering adalah sebuah teknik sederhana buat belok yang mana apabila kita ingin belok ke kiri, maka setang kiri cukup kita dorong ke depan (agak sedikit ke kanan dan menekuk ke dalam), otomatis motor bakalan ngebuang ke kiri Sob. Gak usah pake tenaga dorongnya, pake satu jari aja coba, pasti langsung ngebuang ke kiri! Begitu juga kalau mau belok kanan, tekan atau dorong aja setang kanan ke arah dalam agak ke kiri, pasti motor langsung kebuang ke kanan dengan luwesnya! Fungsinya apa sih??

afg9079

Jelas Sob, buat belok dengan kecepatan tinggi jadi amat sangat mudah! MMBlog udah jajalin teknik ini pas trackday dengan MV Agusta Indonesia beberapa minggu lalu. Belok kanan, setang kanan tekan kedepan agak kedalam ke arah kiri, badan juga miringin, motor ngikut Sob! Asli ajaib banget! Menurut MMBlog pribadi, teknik ini bisa dilakukan juga untuk mengetahui seberapa lincah handling motor yang bersangkutan. Terus pas touring gimana? Dengan kelokan yang twisty, hiperbolik, teknik ini juga halal untuk dilakuin. Gak percaya? Coba aja temen-temen praktekin.

macet jakarta

Terus kalau buat harian?? Ini dia yang seru, hehe. kayaknya agak susah ya Sob dipake buat harian, apalagi kalau jalanan macet bin padet! Ya cukup defensive riding aja dan pake naluri deh, xixixi :mrgreen: . boro-boro inget teknik, wong lobang di depan mata tiba-tiba bisa muncul πŸ˜† . terus yang dibutuhin lagi pas pagi riding harian di dalem kota apalagi? Yang paling penting itu sopan santun dan toleransi, hehe.

Oke deh, berkendara dimanapun kapanpun, yang paling penting itu hati-hati dan selalu berdoa. Tapi serius, kalau belum pernah jajalin counter steering jajal deh Sob. Dengan catetan, jalanannya kudu bagus dan udah kita kenal yah, serta agak lowong, soalnya emang motor bener-bener cepet banget nikungnya. Semoga berguna (IMN – Vandra MMBlog)

Advertisements

Comments

1. Kobayogas - 5 February, 2015

awas masuk gravel pann.. πŸ˜€ di kobayogas

2. beatfi - 5 February, 2015

Ane nyoba make beatfi, ampe kena standard samping kang

3. danisubject - 5 February, 2015

yah kalo jalanan sepi mah terus mid speed ya counter . kalo macet yang mau di counter steering apanya πŸ˜€

4. wong deso - 5 February, 2015

oooo….

5. aldinasyah - 5 February, 2015

yups, nyobain di jalanan kosong dan bagus, motor belok sendiri, gak perlu pake tenaga lebih …

6. lorengzo - 5 February, 2015

Semua jenis motor bias ga om? kalau matic gmn ya?

monkeymotoblog - 5 February, 2015

Bisa kok mas, malah jadi lebih enteng lagi beloknya

7. johanheru - 5 February, 2015

kalau biker turing kadang ndk kenal istilah2 counter steering tapi sudah dipraktekan, salam johanheru.wordpress.com

8. Motor Batangan - 5 February, 2015

Hahahahaha gue tiap hari di Jakarta naik skutik pake teknik ini, malah lebih asik kok :))
Tapi kalo lagi selap selip di kemacetan ya nggak, krn counter steering butuh motor lagi jalan utk dipraktekin, kalo selap selip antara mobil kan gak mungkin. Tapi kalo lagi mau belok di gang pun, walau kecepatan rendah pun gue pake ini. Ringan, lebih terkontrol, lebih asik. Kalo baca mungkin agak sulit ngerti, tp kalo dah praktek gampang kok.

monkeymotoblog - 5 February, 2015

Betuuulll

9. harisnanggala - 6 February, 2015

masa sih..

10. manyoen moeloe - 6 February, 2015

Wahhh… gimana tuh ? Bahaya ga sih bro ?
Belon pernah nyoba kitaa πŸ˜€

11. suta - 7 February, 2015

Kalo jalan macet kyak di foto… Teknik counter steering bisa berasa main pinball lho..skornya bisa tinggi πŸ˜‚πŸ˜‚

12. Vespa Ijo Rider - 13 February, 2015

ane pas naek pesvah..beloknya dibantu pake body.. (ini teknik apa yachh..??)
kalo punya nyali lebih, malah bisa sambil lepas tangan… asal kaki2 pesvahnya masih sehat, tikungannya lebar en jalanan sepi ..gampang koqq ngelakoninnya.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
secara gitu lohh.. pesvah entu 2 tak, jadi brake engine-nya kecil en masih bisa meluncur cepat tapi tetap terkendali.. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

ciaoo..!!

13. kohl's interview - 15 August, 2015

kohl’s interview

Counter Steering, Buat Touring dan Trackday Sih Oke, Buat Harian?? | TMC-MotoNews

14. Tajir - 31 January, 2016

Ane udh jajal pake sepeda..
Hahaaha

15. surabayasticker.com - 2 February, 2016

boleh dicoba ..
mampir ya di surabayasticker.com spesialis sticker mobil dan motor


Sorry comments are closed for this entry

%d bloggers like this: