jump to navigation

Honda Kalo Mau Jadi First Mover BeTik . . . Kudu Siap Habis-Habisan !! 19 March, 2010

Posted by Taufik in Honda.
trackback

Bila Pada Artikel sebelumnya saya membahas strategi Yamaha yang justru sepertinya mempersilahkan Honda menjadi First Mover di segmen BeTik, maka Kali ini bahasan lebih cenderung menyoroti Honda yang rumornya akan terlebih dahulu ngebrojolin varian bebek matiknya, yakni sekitar pertengahan 2010 ini. Saya ingat betul mas tri pernah tulis di artikelnya (saya dah lupa judulnya) bahwa second mover bisa mengalahkan first mover . . . dengan syarat first Mover berbuat kesalahan . . . so the First thing  is . . .  Do Not Make any Mistake !! , kalo nggak ingin kompetitor memanfaatkan kesalahann 😀

Menjadi first Mover, apalagi di segmen yang baru memang bukan perkara mudah . . . Honda kudu ekstra keras memberikan pendidikan kepada Konsumen terhadap benda baru ini.  Kalo bisa jangan hanya pendidikan dan pengenalan saja yang digelar . . . sekalian aja habis-habisan menancapkan image dan mindset konsumen bahwa bebek matik adalah Honda, seperti yang sukses dilakukan Yamaha terhadap segmen skutik

Gak usah setengah-setengah . . . . (saya ulang lagi) bangun saja sekalian mindset konsumen bahwa bebek matik itu adalah betik nya honda. Juga image Bebek matik adalah bebek yang menggunakan side stand switch, dan fitur-fitur safety lainnya . . . sehingga bila ada bebek matik lain yang muncul dibelakangnya . . . mau nggak mau akan berkaca pada image yang telah dibangun oleh honda.Tapi jangan Lupa . . . faktor produknya itu sendiri harus bener-bener bisa di terima oleh konsumen nantinya . . . nah untuk soal ini Bagian RnD dituntut kerja kerasnya . . . atau tinggal copy-paste saja dengan Wave AT nya Thailand? . . . harap dipikirkan masak-masak lah 🙂

Memang sih  . . . memerlukan waktu yang nggak sebentar untuk membangun Image, apalagi kalau dilihat dari Time linenya . . . bila sesuai dengan rencana, kompetitor honda hanya akan terpaut beberapa bulan merilis produk serupa . . . so manfaatkan segala media sebagai alat promosi . . . lakukan dengan menarik, masif dan konsisten untuk menanamkan dalam-dalam image produk betik honda . . . ingat jangan berbuat kesalahan, karena market saat ini sangat ketat, semoga berguna, cmiiw

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. binasakan - 19 March, 2010

kudu pake pertamax gak bos ?

Awakku - 19 March, 2010

nomer 2

tongsam - 19 March, 2010

nomor 3….

🙂

Totok S - 19 March, 2010

Nomer 4

ASH - 19 March, 2010

awakku…tongsam….
curang……kena pinalti 10 detik!!!

alice pngen ..... - 20 March, 2010

pertamaxx—pLusz…

Taufik - 20 March, 2010

welwh welwh Podium hanya valid kalo ada Nomer Komentarnya di ujung kiri atas . . .jadi dikolom balas . . . nggak valid xixixixixixixi :mrgreen:

2. xxl123 - 19 March, 2010

terutama promosi di warung ini 😀
kasih aja unit tes ridenya ke juragan warung ini selama sebulan itung2 buat promosi… ayoo AHM sebelum lexam mbrojol 😀

3. macan - 19 March, 2010

mudah-mudahan honda lah duluan..

kapan lagi jadi yang semakin di depan yamaha 😀

4. KINGS - 19 March, 2010

ketgak

5. mbie - 19 March, 2010

iihh.. bisa nomer 5 gak ya (ini juga kalo gak di salip)

6. tongsam - 19 March, 2010

gila…!!! langsung 7

7. Jabrik - 19 March, 2010

batul Kang jangan sampe kalo dah jadi first mover, mengedukasi konsumen dan “mendoktrin” konsumen bahwa betik identik dengan salah satu brand. namun karena kurang melakukan R&D yang disesuaikan dengan keadaan pasar disini mereka (first mover) justru tidak mendapat antusiasme yang baik dari konsumen dan tentunya konsumen akan beralih ke brand lain yang dinilai cocok dengan selera konsumen. coz, bagaimanapun juga konsumen adalah raja. 😀

8. Fagins - 19 March, 2010

Habis2an dan pasti bikin ngos-ngosan . . . Market dah penuh, jd maqin sesak aja . . .

9. pirlo - 19 March, 2010

Kang Taufik, menurut saya kok AHM gak akan terlalu repot angkat image betik ini, coz mrk akan menjadikann abs revo sbg basis produksinya.
Dengan kondisi tenarnya abs revo yg kini jd bebek paling laku, AHM hanya butuh tambahan kata2 pada abs revonya mungkin mjd “abs revo A/T”
Beda kondisinya jika AHM membuat betik dengan desain n basis produksi yg beber2 baru pasti butuh kerja extra keras spt yg Kang Taufik tulis di atas.
Let’s see… Hehe

10. beranda - 19 March, 2010

10 besar

11. beranda - 19 March, 2010

emang bebek matik bakal selaris matik?

12. R⊙nDugl - 19 March, 2010

betul harus abiz2an..
OOT↓
Simonceli konsisten di 15…http://www.motogp.com/en/TestResults/MotoGP+Losail+Test+2010

13. au_ah - 19 March, 2010

Ikut absen aja ach…

14. SkyrideR - 19 March, 2010

bener second player harus belajar dan lebih baik drpd first player. trus buat perbandingan yg dimuat di koran. spt kmrn gw servis white mio eh di dealer yamaha byk tertempel perbandingan dg motor honda yg intinya lebih baik punyanya yamaha

15. fans_ayanami - 19 March, 2010

Setuju ama bro @ pirio ( komen 10)

Untuk menjadi raja di segment ini, engga mesti jadi “motoor perintis” dulukan… Hehehehe
Yamaha semakin di(salip) di depan… Hiks…:(

Kalau dari rupa sih, sepertinya betik Honda akan mudah diterima oleh para konsumen. Modelnya dan posisi rem sama aja dgn absolute revo. Engga bakal repot2 deh honda jor2an mengkampamyekan nih motor. Wong secara kasat mata sama saja kan modelnya.
Dan ini berbeda banget dengan Yamaha. Tampaknya Yamaha cukup sadar posisi mereka. Soalnya LEXAM, bener2 motor baru baik dr mesin terlebih lagi modelnya. Justru kalau Yamaha mau jd pertamax di segment ini. Walah, akan semakin banyak lagi biaya2 edukasi ke konsumenya.

16. Mas Ipan - 19 March, 2010

Kasusnya first mover yang kalah dari second mover kira2 apa ya?

17. snalpot99 - 19 March, 2010

hadir.. Kuartal 2 mungkin muncul

18. Taufik - 19 March, 2010

@jabrik . .
ya kudunya memang begitu edukasi hasbis2an harus dibarengi dengan kualitas produk yang mumpuni dan dapat diterima oleh konsumen . . .lha kalo udah edukasi habis-habisan ternyata produknya jelek dan lebih inferior dari produk kompetitor .. .apa nggak namanya kerja bakti buat kompetitor tuh he he eh , cmiiw :mrgreen:

@pirlo n ayanami
Ya, ngambil basic design Revo itu boleh boleh saja . . . cuma Honda kudu yakin bener bahwa segala pilihan nya adalah berdasarkan hasil study yang bener2 dekat dengan needs yang di inginkan konsumen . . .memang jika berhasil, ini akan memangkas beberapa sektor cost, cmiiw

@ipan
lha skutik itu first movernya kan Kymco . . . second movernya baru yamaha dengan Mio series . . . karena Yamaha jeli dan konsumen sedikit lbih siyap dibanding saat kymco dulu . . . jadi deh seperti sekarang ini . . .image skutik masih menempel keras di mio series . . .sama lah seperti image motor secara keseluruhan . . . di daerah2 masih banyak menyebutkan Motor itu sebagai Honda, apapun merknya, cmiiw

19. b.indt - 19 March, 2010

mas ipan.samplenya ya kymco yg first mover disalip mio

20. moncer - 19 March, 2010

desain yg sama dengan varian laris (abs. Revo) belum bisa jadi jaminan sukses. Contoh nyata Supra injeksi (dan followernya -Shogun), meski model sm dengan varian laris tp jualannya loyo. Image injeksi yg dipelopori Supra justru lbh ngetop di Vixi. Selain harga yg emang terlampau mahal d kelasnya jg gak menawarkan kelebihan lain dbanding varian konvensionalnya baik dari tampilan maupun fitur. Udah gt tidak ada effort yg cukup kuat dari pabrikan untuk mengenalkan varian yg beda ini.
IMHO ga ada salahnya Hn mengikuti strategi pemasaran ala Miyo ato Ngatiyem ZR. Liat betapa Ngatiyem ZR yg semula dianggap underdog n diprediksi bakal tewas dihajar Blade justru meraih hasil yg sebaliknya berkat promosi yg sangat massif, konsisten n membumi. Ga cukup modal iklan di media tapi juga promosi di lapangan yg habis2an.
So, Hn jangan smp hanya bermodalkan tampang yg sama dgn varian laris. Malah kalo bisa, bikin desain + fitur yg berbeda tapi tetap menarik. Selain itu didukung harga yg rasional serta promosi yg mengena di konsumen. Dan tak lupa sarana pendukung troubleshooting mengingat ini varian baru

ASH - 19 March, 2010

comennta mocer euy….

21. Taufik - 19 March, 2010

@Moncer
komprehensive comment !!

“sarana pendukung troubleshooting mengingat ini varian baru”

hmm jadi ingat unit reaksi cepatnya Mio dari bengkel2 resmi dulu waktu awal2 di brojolin.

22. zackyjunior - 19 March, 2010

30 besar

23. moncer - 19 March, 2010

yupp sejenis itu om yg ane maksud, intinya sih langkah2 antisipasi untuk menepis kekhawatiran konsumen. Dulu waktu Supra injeksi masuk banyak kekhawatiran n rumor bahwa injeksi tuh rentan rusak, hanya bs dperbaiki d bengkel besar dsb

24. Onthel - 19 March, 2010

kalo soal harga nya gimana mas?
secara dg spek w*ve (aseli) yg injeksi pasti lebih mahal dari r*vo, trus modelnya bisa dibilang sama.
kayaknya susah utk sukses,
kecuali disini mbrojol nya yg versi karbu dg harga beda2 tipis, bisa deh laku.

@20 moncer.
bukannya v*xy dulu yg mbrojol ya dibanding pgmfi ?
saia lupa2 inget nih

guspur - 19 March, 2010

duluan PGM-FI buanget… 😀

Sniff… sniff…

25. alrozi - 19 March, 2010

saya yakin AHM tidak akan melahap bulat2 desain Wave AT yang secara desain memang telah populer di Indonesia lewat Revo-nya…

😛 😀

26. moncer - 19 March, 2010

onthel
bukan om, Supra injeksi udah muncul di supra 125 generasi pertama. Yg skarang ini kan generasi ke 2

guspur - 19 March, 2010

Pertama muncul di Indonesia malah udah PGM-FI step 2… lebih advanced dr punya Wave-i… CMIIW

Sniff… sniff…

Dani Ramadian - 19 March, 2010

Betul bro…
Sudah ada di HSX125 lampu tunggal
🙂

27. KillBill1 - 19 March, 2010

Nanggung konsumennya nanti, pilih bebek atau matik? (beli revo atau beat) sebaiknya ditunda aja dari pada gagal, sementara fokus ke produk yang sudah laku aja dulu sampai ada trend jenuh/turun penjuwalannya.(IMHO)

28. A Seen - 19 March, 2010

Saya lebih yakin bahwa kesuksesan vixion paling utama bukan karena injeksinya, tapi lebih karena desainnya, seperti tirev yang lumayan sukses dibanding scorpio karena juga desainnya, karena itulah susi injeksi bukan jaminan laris.
Nah untuk betik ini yang bener2 jadi pertimbangan utama adalah masalah desain, sekali diterima akan mengalahkan semua pesaing.

29. martini - 19 March, 2010

betik cuman ganti transmisi ajah ya?! mesin tetep abs revo………paling2 menang irit doang……..

30. pemain baru - 19 March, 2010

40 besar..

cepet keluarkan di indon..
biar c70 ku bisa dijadiken matic juga..(pinjem mesin wave AT) 😀

guspur - 19 March, 2010

PRIIITT!!!…
Jangan pake kata “indon” please… 🙂

Sniff… sniff…

A Seen - 19 March, 2010

setuju, anti kata2 indon

Jabrik - 19 March, 2010

“indon” you’re maligshit huh?

pemain baru - 20 March, 2010

iyes bener banget tuh..
kata2 yang bagus indon..esia.. sipp gus

31. washid - 19 March, 2010

^setuju mas, selain design mungkin harga jg akan banyak berpengaruh.

32. az147r - 19 March, 2010

@skyrider
sama aj bro, d bengkel ahass jg ad poster yg membndingkan beat vs mio, abs revo vs vzr yg jg mybtkan kelbhn pny ahm n kkrgn pny ymki. msg2 ‘hebat’ th dvsi marketing 2 atpm tsbt.
@onthel
kemana aj lo sjk thn 2005an xixixi….
@moncer
sy pernah nanya, apa pernah menemui kasus sx pgm-fi sistm injeksix rusak,dia blg ng pernah, plg service ringan aj katax.

33. Kornet - 19 March, 2010

Hmmm….
Binun mo komen apa…

Sori iot
to pakde nick sms aye donk nomermu ilang:(

ASH - 19 March, 2010

kemana aja bra…ko ngilang neh..

kornet - 19 March, 2010

iya nih jarang kesini padahal mah ol mulu tiap hari:)

34. Elektra/kenthong - 19 March, 2010

Kalau betik AHM yg mau keluar duluan taun ini dan bentuknya menyerupai revo…menurut saya pribadi kurang superior..karna kebanyakan konsument kita memilih produk dgn melihat bentuk fisiknya dulu…bukan mesin yg di gendong motor tsb…
toh orang melihatnya tetap revo yg sudah bersliweran di jalanan…
seharusnya desain betik ini harus benar2 baru…tpi tetap melihat kemauan konsument di indonesia jangan terlalu jauh keluar pakem perbebekan di mari..(kasus cs1) dan strategi ini sebenarnya dah di tinggalkan oleh ymki(f1zr/vega) tapi malah AHM mau memakainya…
yg jelas kalau AHM tetap memakai desain revo untuk betiknya..walaupun fist mover.. tetap akan mudah di pukul oleh lexam…yg secara desain lebih fres…

35. A Seen - 19 March, 2010

betul-betul-betul
“ipin mode on”

36. maticaja - 19 March, 2010

^20 smart coment, bro!
Bikin promosi yang smart dan membumi inilah kelemahan H yang paling menyolok, sehingga motor yang lumayan bagus aja bisa gak bagus di penjualannya. Misalnya, saat konsumen sudah menjadikan motor sebagai bagian dari life-style, dia masih saja sibuk jualan irit. Liat pula iklan H sehalaman penuh di Kompas beberapa hari lalu? Menurut saiya sungguh tidak cerdas! Jenis “iklan terakhir” sebuah Brand. Ngingetin kita pada model kampanye Partai/Incumbent (pilpres/pilkada) yang terancam tahtanya…. Iklan yang membuat orang bertanya: “H, ada apaaaaa denganmuuu?”

37. kilaubiru - 19 March, 2010

mesti berani bikin mindset kalo matik untuk segala usia, kalangan, atau gender.. mainkan peran media, terutama blog… *ngarep.. :mrgreen:
untuk pasar di sini bebek matik harus fungsional, bisa bawa barang belanjaan dari pasar, tapi juga bisa ngebut ngejar waktu. plus desainnya juga melihat selera konsumen dengan survey maupun melihat produk sebelumnya 😉

38. yahonsuwakanja - 19 March, 2010

@elektra
nah itu dia…
yg dikuatirkan promosinya tidak mengena…
dibilang motor baru…calon konsumen tahunya ab.revo….salesnya harus menjelaskan letak perbedaannya…bla..bla..bla…waktu yg diperlukan merubah mindset lebih lama…
lain halnya bila bodinya baru sama sekali seperti Lexam…langsung mengena..selebihnya calon konsumen akan antusias mencari tahu…….
ini baru tahap awal…….

39. Bryant - 19 March, 2010

Menurut saya HONDA mampu menanamkan image produk betik HONDA di masyarakat,apalagi HONDA tertanam brand image yang bagus di masyarakat,dan dari dulu HONDA dipercaya sampai sekarang di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,menurut saya Honda harus serius apalagi persaingan semakin ketat di 2010 ini,TUNJUKAN TaringMu Honda mampu memenangkan Pasar di 2010 ini,BRAVO HONDA…..Good LUCK

40. Onthel - 19 March, 2010

@yahon
bener juga bro, lebih mudah jika design benar2 baru..

41. Taufik - 19 March, 2010

@Aseen#28
masuk akal juga bro . . .masalah desain pegang peranan itama . . .tapi jangan juga terlalu keluar dari mndset konsumen . . . kalo untuk bebek . . .jangan terlalu aneh-aneh desainnya

@elektra feat yahon
mungkin jalan tengahnya mendesain motor baru lagi yang model desainnya gak jauh2 dari mindset konsumen tentang bebek dengan segala kelebihan fungsionalnya untuk disemplak harian . . . walau kalo dilihat detail Wave AT sudah ‘agak’ berbeda dengan abs Revo . . .tapi masih kurang cukup kali yak? :mrgreen:

A Seen - 19 March, 2010

minggu kemarin baca ototrend mas, pertengahan tahun ini katanya 2 matik dengan desain aneh-aneh macem PCX mau masuk

ASH - 19 March, 2010

mas T
kayanya desain revatic ini ama revo cmn sama plek di headlampnya aja….coba klo dipakein headlamp revo 100..kayanya beda deh…terus lekuk body beda kan…mungkin lampu yah…overal cute revatic daripa revo110….

42. Ay - 19 March, 2010

Setuju dg kang, opick… 😀

43. hadi - 19 March, 2010

tambahan lagi….mestinya honda meningkatkan kwalitas bahan jgn spt (contoh kasus di supra x125, bagian cover spedo/tutup lampu dpn bagian blk mudah retak kena panas…..) tutup rante gear depan yg dulu dari logam skrg dari bahan plastik dimana catnya mudah nglotok spt di honda karisma………..
satu usulan lagi buat honda……
ntu motor di tes ke gunung dgn beban maksimal 150-200kg, terserah mau 2 orang + barang, atau 1 orang + barang. kalo naik, bisa nambah image “KUAT DITANJAKAN” semoga…..

Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Iya tuh Supra X 125 batoknya suka getar. Temenku punya Supra Injeksi 2007, di gas dari 0 ke 40kmh di gigi 1 udah bunyi-bunyi batoknya. Padahal aku coba rivalnya(Shogun .red) Gak ada tuh getar-getar

44. mercon - 19 March, 2010

setuju juga ah,, sama bang opik,, 😀

yang penting dapur ngebul,,,,

45. Komengtator - 19 March, 2010

Ane suedtuju Betik Honda harus berbaju baru…
Ato malahan berbaju Revo 100 plus sedikit penyegaran juga malah lebih yahud…

ASH - 19 March, 2010

body dah oke…headlampnya aja kali revo 100

46. A Seen - 19 March, 2010

@Hadi
Kayaknya kalau masalah tanjakan honda banyakan menang, kalau jalan datar yamaha kebanyakan menang.
alkisah ke puncak tiger dengan mudah melewati pio dan vioxon sekaligus pas tanjakan tajam, pas sampek cianjur jalan datar boro2 tiger nglewati pio, nyusul vixie aja ngos ngosan.
begitu juga di daerah Ponorogo pacitan yang lebih parah dari puncak, pas sebelum naik gunung mx dengan mudah membalap supora x yang berboncangan, begitu masuk naik ke gunung si supra yang berboncengan dengan mudah mengover take mx yang tanpa boncenger.
ini kisah nyata bro (tanpa menolak kisah lain yang bertentangan)
selidik-pumnya selidik gir belakang honda umumnya besar-besar jadi kuat di tanjakan, sementar gir belakang yamaha, kecil sehingga top speed mudah diraih dan otomatis menang atas honda di jalan datar.

A Seen - 19 March, 2010

@Mas Taufik
Biasanya jumat ngaji mas, mana yah blm nongol

Taufik - 19 March, 2010

Lupa bikin artikel ngaji aku . .. minggu depan yaa . . . kemaren seharian agak nggak sehat 🙂

A Seen - 19 March, 2010

sep-sep-sep tak tunggu

Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Iya kalau gak salah motor-motor ahm memang di kuatkan di akselerasinya. Kalau gak salah ahm supra fit gir belakangnya 40 ya ?

47. esemelekete - 19 March, 2010

honda kualitasnya JONGKOK..!!!

vario gw masak gak pernah jatuh gak pernah nyenggol tapi catnya dah ngelotok2 bagian CVTnya.. kaco,,.. fiturnya sih oke tapi kualitas tempe…

kapok gw beli honda dah.. besok mo gw photo terus gw taro di blog gw biar pada tahu kualitas honda…
catnya aja pada ngelotok gimana yang lain..

guspur - 19 March, 2010

Iya bro… foto trus tongolin di sini juga… biar yg laen pada bisa bantu nganalisa… penyebabnya apa… apakah krn ketetesan minyak rem mungkin… kegesek…. atau kemungkinan2 yg laen… 🙂

Sniff… sniff…

Taufik - 19 March, 2010

Gus . . .check inbox gus . . .aku baru kirim email

ASH - 19 March, 2010

esmelekete…
katanya mo beli berfairing bro…kok jadianya vario….

pemain baru - 20 March, 2010

bukan kualitas bro
tapi hondaku harus dapet perhatian lebih dibanding ymhku

soalnya lapisan cat pernisnya atau namanya apa ya..lebih tipis..jadi kalo keseringan di lap cepet pudar, tp kalo kasus ngelotok mungkin lupa nyuci..biasanya sering pd bahan almunium yang di cat..misal.. skok depan, tutup mesin..dll..

48. pays - 19 March, 2010

kalau untuk baju mah sepertinya udah cocok ya dengan desain yang di thailand. karena memang dari segi fungsi untuk perkotaan yang macet dan bukan motor untuk speed. jadi lebih cocok ke yang simple dan elegan.

jadi kan percuma desain lancip2 kaya motor kenceng tapi dari fungsi gk menjawab speed dan akselerasinya itu sendiri.

yang menurut saya paling menarik warna coklat susu itu loh…wuiihhh, mantap brow…simple tapi elegan bgt warna itu…

di thailand sendiri kalo baca dari tabloid motor2, honda juga yang jadi first mover kalo gk salah.

49. moncer - 19 March, 2010

perlu diingat pula desain abs. Revo udah memasuki tahun ke 2, bentar lagi mesti facelift. dkhawatirkan konsumen cepat jenuh kalo tetap pake desain Abs. Revo/Wave-AT saat ini

50. KeboGeblek - 19 March, 2010

Modele kalem, mlayune yo mesti kalem. Lha Honda kok.
Buntut wave totok lampu blakang, kok g item kyk revo? Item kyk plastik ember! Wkakaka

51. sabdho guparman - 19 March, 2010

kalau menurutku first mover bukanlah incaran AHM . . . .
petinggi honda mestinya mematangkan konsep dan aspek tehnis .
pengalaman metik series honda mestinya jadi pelajaran berharga dan tidak terulang di pasukan betik, mulai suara “blethak. . .” dan segala macam info kelemahan seharusnya sudah masuk di dapur RnD Honda untuk kemudian di tangani sebagai mana mestinya. . .

keep brotherhood,

salam,

52. esemelekete - 19 March, 2010

@guspur
siap gan… ntar gw upload dah

Onthel - 19 March, 2010

ssttt… jgn diupload…
cat aja pake pylox beres…. (sambil malu mode)

53. Cinta Indonesia - 19 March, 2010

Menurut Saya mending betik Honda luncurin dengan body REVO 100cc dulu, tetapi dengan sedikit perubahan coz jelas2 produk tersebut merupakan produk bebek terbagus yang pernah Honda buat sampai2 semua pabrikan laen ikut nyontek desainnya… ya EDGEnya Kawasaki, ROCKnya TVS ato LEXAMnya Yamaha…

Belajar dari kesalahan Honda Beat…menelan mentah2 produk AP honda dijual dimari….giliran sekarang baru facelift sparbor depan….
AHM harus benar2 memahami selera pasar Indonesia…Jangan mentang2 R&D di Thailand, semuanya terserah AP Honda… Orang Jepang tidak tau selera pasar Indonesia…Orang Indonesia jauh lebih tau pasar Indonesia… Untuk urusan desain belajar dari Yamaha yang selalu cucok buat anak muda……. Buang jauh2 rasa egoismu bertahta selama 30 tahun…..Jgn mau didikte masalah produk oleh Japang….Indonesia punya suara 50% di AHM…Tunjukkan itu….!!!

Onthel - 19 March, 2010

ide bagus nih, pake body yg mirip revo 100, keren…
btw, 50% sahamnya punya astra, astra nya dah punya s’pore ..:(

54. Antrix - 19 March, 2010

indonesia cuma bisa komen doank

ASH - 19 March, 2010

lah elo bisanya ape bro…

55. Taufik - 19 March, 2010

@moncer#49
itu dia mas bro . . .Wave AT yang terlihat penampakannya di Thai . . .udah mengalami face lift minor change tuh . . .tebengnya beda . ..ada semacam DRL nya . . .buritannya juga kena sentuhan dibagian lampu. Yang jadi pertanyaan berikutnya . . .apakah cukup dengan face lift atau butuh perombakan total dengan tetep mengutamakan fungsional harian sebuah bebek

@asemelekete
butuh analisa lebih lanjut . . . apakah ini kejadian umum atau hanya kasus per kasus, sepakat dengan guspur, kudu dianalisa tuh . .. kalo emang bener bisa jadi bahan masukan buat pabrikan

56. Awakku - 19 March, 2010

saya setuju
(setuju sama siapa ya ??)

@guspur
dengar2, kualitas motor2 rakitan Indonesia skrang dah lebih baik dari keluaran Thailand ya ?? benarkah ??
(untuk motor dengan spek yang sama lho, ex : Wave vs Revo atawa mio thailand versus INA)

guspur - 19 March, 2010

Sejujurnya aku ndak tau… ndak layak berkomentar jg tanpa bukti otentik… cm prinsip yg aku pegang dr dulu, tiap pabrikan pasti punya standarisasi yg berlaku scr global…. udah ada “kitab suci”nya…. yg gak bisa dg begitu saja diubah-ubah…
Makanya begitu part2 KLX ku penceng2 ya aku ndak berasumsi bikinan KMI jelek… tapi ya kayaknya emg tuh KLX150 gak dirancang utk medan offroad ekstrim… begitu cak…

Sniff… sniff…

A Seen - 19 March, 2010

hari-hari deket ini Guspur terlihat bijaksan, ada apa gerangan, apakah aslinya begini, ataukah sekarang punya gacoan yang bijak
kikikikoiki

guspur - 19 March, 2010

@asin
Jumat cuk… wayahe “kesurupan”… :mrgreen:

Sniff… sniff…

A Seen - 19 March, 2010

nggih mbah monggo budal, sopo ngerti khotibe enak didengar

Taufik - 19 March, 2010

wkwkwk manteb comentar guspur . ..emang bener dibilang bapak bangsa niy xixiixixi 🙂

guspur - 19 March, 2010

…atauuuu… enak digawe pengantar tidur… wkwkwkwkwkkkk :mrgreen:

Sniff… sniff…

guspur - 19 March, 2010

@mas taufik
Duh! jangan Mas… saya bukan “beliau alm. yth”… makanya dua suku katanya saya sambung, biar beda… 🙂
Saya lebih suka disebut “Simbah Tlethong”… wkwkwkwkkkkk… :mrgreen:

Sniff… sniff…

A Seen - 19 March, 2010

Nek enak berarti bukan pengantar tidur, kalau nggak enak langsung tidur GUs Mbak tlethonk

A Seen - 19 March, 2010

Mas Taufik
Dateng di acara di H.Nawi nggak mas seperti yang diberitakan di webnya Om Stephn Langitan:
http://stephenlangitan.com/2010/03/majalah-bikersmagz-koboi-dari-negeri-blogger/

Taufik - 19 March, 2010

@mas mukhsin
Insya Allah mas . . . kalo badan sudah fit . .. agak2 gak enak badan nih . .. depok panas . . .pulang ke bogor ujan . .. apa nggak bikin pusyiiing he he he he

57. monde - 19 March, 2010

HSX 125 karbu kok lbh diterima daripada yg injeksi? Karena harga atau karena masyarakat belum paham tehnologi injeksi?
Wave dgn model revo mungkin malah bisa jadi bumerang kalau mereka salah memberi penjelasan ke masyarakat Apalagi kalau harganya jauh lbh mahal.
1. Blm mengerti tehnologi
2. Lbh mahal
3. Bodi sama
orang umum lbh mengutamakan bodi daripada tehnologi

Onthel - 19 March, 2010

choose no 2. mahal.. ( klick dimana yak? )

Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Hmm iya ya, Setiap teknologi baru yang dicomot ahm pasti dibandrol jauh lebih mahal. Jadi inget waktu itu lihat di Otomotif, ada orang yang bikin CBS universal dengan total harga lebih murah dibanding CBS versi ahm

58. Stevan - 19 March, 2010

kayaknya lebih baik jadi follower aja.. Coz kalo jadi first mover memang butuh usaha ekstra keras plus butuh pengenalan figur betik itu sendiri ke masyarakat.. Krn betik kan “spesies” baru, sebagian besar masyarakat masih banyak yg blm tau 😛

59. Stevan - 19 March, 2010

& kudu diadakan riset dulu,, apakah betik itu sendiri bisa diterima dgn baik di masyarakat 😉
jangan sampe udah diproduksi tapi kurang mendapat sambutan baik dr masyarakat & ujung2nya penumpukan stok..

60. mario ^_^ - 19 March, 2010

saya kok masih ngerasa aneh ya, dng varian baru ini…ga matic juga ga bebek…hmm……iklannya mo dibwt kyak apa ya…..

61. A Seen - 19 March, 2010

hayo so ngobong ora bro MD

mario ^_^ - 19 March, 2010

ora wes bos…
menghemat bwt tetangga sebelah

A Seen - 19 March, 2010

kikiki lagi tobat

62. martini - 19 March, 2010

belum di launch aja udah heboh di tempatna om topic, jangan-jangan kalo dah nongol inden…..nyari second-nya juga susah…..welweh2…..

63. ASH - 19 March, 2010

klo di thailand kaya beat trus ini…warna2 playfull bgt yah…beda ama yg made in local….belom maximal….makanya vario bisa ditempel ama soul..warn2 soul skrg playfull bgt…….

Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Iya ya, Di Thailand Warna motor keren-keren. Suzuki Skydrive di Thailand punya warna yang keren banget.

64. gustimahardikaputra - 19 March, 2010

Behhh…Mungkin nanti namanya ABSOLUTELY REVO MATIC……

65. xb - 19 March, 2010

menurut saia, klo hanya selisih dibawah setahun, ndak ada yg first mover..
edukasi produk jenis baru itu hasilnya bru keliatan dalam hitungan tahun..
itu di tpt ada yamaha xeon..
mio125?

guspur - 19 March, 2010

Tapi kalo di “lapangan” selisih SEJAM aja udah bisa gak kebagian jatah lho bro… :mrgreen:

Sniff… sniff…

66. xb - 19 March, 2010

@guspur
ho’oh..
jadi boros juga krn minum ndak cukup sekali :mrgreen:

ASH - 19 March, 2010

maksute opo sich….

guspur - 19 March, 2010

Ahahahahahaaaa… belom lagi kalo males2an alasan ngantuk… :mrgreen:

@ASH
Ngomongin Betik… 😀

Sniff… sniff…

67. E.T - 19 March, 2010

klo ninja250 a/t laku gak yah wkwk

68. deede aja - 19 March, 2010

indikator produk bakal sukses, blum brojol udah ada yang mau sewa… buat cetakan part KW.. tuh si byson… Ayo siapa yg punya… ada yg cari tuh di kaskus..

mario ^_^ - 19 March, 2010

wkk…bener tuh??
link donk bro

A Seen - 19 March, 2010

bison laris mesene 250

Taufik - 19 March, 2010

wkwkwkwk . . .kan udah kuapdet jadi status fesbuk kemaren http://bit.ly/apUFgo

mario ^_^ - 19 March, 2010

gak ngikutin FB soalnya hihihi

A Seen - 20 March, 2010

wah ngayal tenan Mas

69. penuai - 19 March, 2010

Klo di sini HONDA yang nomor 1

Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Siapa bilang ah. Dua Bulan Ini penjualannya disalip Yamaha kok

Dani Ramadian - 20 March, 2010

Yahhh…
Ngomongin bulan…
Tahunan gitu lhooo….

A Seen - 20 March, 2010

ketika 2 D berantem
kikiki
tahunan lawan bulanan
kikik
D MX vs D wsp

70. prasasty - 19 March, 2010

nomer 70

kayaknya lebih baek honda tetep jadi first mover deh…
kan qta nggak tau mindset konsumen awam terhadap produk betik ini kayak gimana, nah laku-nggak laku itu urusan belakangan, toh nanti juga betik identik ama honda…

71. Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Kalau menurut aku sih kayaknya Betik agak melanggar pakem disini. Kan Matic disini kebanyakan dipake sama Beginner Rider dan Cewek(Walaupun sebenernya Matic lebih bahaya), karena Ground Clearance nya pendek. Ini yang bikin banyak keluarga pilih matic, karena bisa dipake 1 keluarga, gak peduli pendek atau tinggi(Walaupun agak menyiksa bagi orang yang tinggi banget). Nah kalau bebek matik ini berarti jualan teknologi matic nya doang dong.

Kalau ada orang mau beli Betik maka dia akan mendapat dilema
Cowok : Mending beli motor ber gigi, karena performa manual > matic
Cewek: Mending beli Skutik, Tempat kaki buat pengendaranya gak setinggi bebek

Cmiiw

esemelekete - 19 March, 2010

yang pasti bebek2 sekarang dah pada nyalahin kodrat… gak membantu operasional sehari hari..

sayap 3D menyulitkan gw pas lagi belanja ke warung susah buat nyantelin barang… (pinjem supra X temen)

behel belakang kecil banget.. pas coba bawa lemari pas abis beli di kerfor gak bisa buat ngiket..padahal lemari buat naroh CD 2 susun doang kecil… susah banget ngiketnya

dan masih banyak yang laen…

intinya bebek2 sekarang dah lupa akan kodratnya…

Rizqi Perdana - 19 March, 2010

Enggak, masalahnya Betik ini terkesan setengah-setengah, segment motor ini untuk siapa. Kalau cewek dia bakal lebih prefer skutik, karena gorund clearance nya pendek jadi kaki gak usah ngangkat tinggi-tinggi. Kalau Cowok dia bakal lebih prefer ke motor Manual baik Auto Clutch atau Manual Clutch. Apalagi dengan estimasi harganya, menurut gua bakal menyamai Shogun series atau New Jupi Z series(14 jutaan). Padahal di Range segitu nambah dikit dapet Shogun SP yang lebih macho dan lebih cowok( apalagi Transmisinya ala Sport 1-N-2-3-4)

72. esemelekete - 19 March, 2010

@ASH… itu vario pinjeman 😀 tapi dah kek hak milik 😀 abis punya ce gw sendiri 😛 gw sih masih tetep dengan tekad kuat gw.. gak akan beli motor kecuali seport fering…

73. Roody - 19 March, 2010

Mas udah ada kabar belum tentang facelift honda tiger,saya denger2 sedang d try,

adrishta - 19 March, 2010

Tiger 250cc?

A Seen - 20 March, 2010

sama juga bison 250
250 kali ngimpi

74. Taufik - 19 March, 2010

^ wah saya baru denger nih . ..

snalpot99 - 19 March, 2010

tapi 2012 kali mas bertelurnya 😀

75. nick69 - 19 March, 2010

Numpang eksis ajah
wkwkwk

76. Elektra/kenthong - 19 March, 2010

Numpang ngeyop..mas…taufik
gonku…udan tur mati lampu..sumpek rasane…

77. powerpuffgirlz - 19 March, 2010

Wee setuju tu Mas Taufik…Alat safety Honda tuh banyak banget dan masyarakat Indonesia kudu di edukasi lagee…Pastinya Honda juga makin mengedukasi lewat iklan-iklan baru mereka…Kayak si teknologi EFT itu…Tul gak??

78. moonraker - 19 March, 2010

@73 roody, paling taun depan.. gosipnya sih ada 2 macam.. GL series & CB series.. apa ya? mas opik lebih tau kale..

79. maticgaya - 19 March, 2010

^64. Ntar disingkatnya jadi Absoulte REMATIC, Cucoknya memang dilawan pake BALXAM… xixixi…

80. alrozi - 19 March, 2010

hmmm… masih membaca 😛

snalpot99 - 19 March, 2010

sambil manggut2 + ngelus2 jenggot 😀

81. snalpot99 - 19 March, 2010

ngikut aja deh… saat ini kurang nafsu sama betik..
pokoknya OPER GIGI ADALAH SENI, punya cita rasa tersendiri 😀 (jakasembung ngasah golok xixixi)

Dani Ramadian - 20 March, 2010

Setuju…
Mangkanya prosentase lebih banyak paké
SC1 daripada HSX or BeAT….
xixixi…

cumpurrrr…

Dani Ramadian - 20 March, 2010

Setuju…
Mangkanya prosentase lebih banyak paké
CS1 daripada HSX or BeAT….
xixixi…

cumpurrrr…

(sakah gak sadar aq)
😦

82. Jupi Z - 19 March, 2010

@guspur
Tuh dicari cak giri di blognya
http://prado2.com/dimas-ekky-pratama-calon-pembalap-dunia.htm
Komen #22
Katanya guspur gak pernah mampir ke blognya karena sungkan ditunjukan bukti Moriwaki bikin GP Mono pake enjin Suzuki = MD250S

Iya tho gus???

83. adminwadung - 20 March, 2010

hebat nih mas… jadi top rank… gile bener…
bagi resep nya dong, aku baru bikin BLOG nih mohon bimgingannya para master sekalian

84. pangeran - 20 March, 2010

AHM jgn kelamaan keluarin motor entr di salip trus sama garpu tala…

85. Joko - 20 March, 2010

Yg meningkat kan pangsa pasar matic, yg turun bebek. Jadi kayaknya laris rematic, krn dia menangkap pengguna bebek yg mau ke matic. Sedangkan lexam menangkap pengguna matic yg mau ke bebek. Di Indonesia sepertinya pas strateginya rematic.

86. Top Posts — WordPress.com - 20 March, 2010

[…] Honda Kalo Mau Jadi First Mover BeTik . . . Kudu Siap Habis-Habisan !! Bila Pada Artikel sebelumnya saya membahas strategi Yamaha yang justru sepertinya mempersilahkan Honda menjadi First […] […]

Taufik - 20 March, 2010

alhamdulillah 😀

87. maticmakingaya - 20 March, 2010

^Joko
Darimana ngeliatnya : REMATIC nangkap bebek, sedang BALXAM nangkap matic…. xixixi.
Menurut saiya BETIK akan laris manis — siapapun first movernya — dengan catatan jauh-jauh hari pabrikan halo-halo ke konsumen, kalo lima taun lagi Bebek Konvensional akan didiskontyu….

88. budakbaong - 20 March, 2010

bro,
jauh sebelum Kymco ngeluarin maticnya, piagio udah ngeluarin Vespa Corsa. kyknya Corsa itulah yg skuter matic pertama di indonesia

89. martini - 20 March, 2010

betul..betul..betul….

90. Jupi Z - 20 March, 2010

@88 budakbaong
Betul bro…corsa-nya guspur tuh

91. dismas070492 - 20 March, 2010

olinya apakah sama dengan skutik ya? hehehe 🙂

92. gypsum123 - 20 March, 2010

wdo, matic lagi, ane trauma ama matic, pernah ampir mokat lantaran terlalu enteng

93. molinbangunan - 20 March, 2010

Matic perlu perawatan eksra yaaa

Salam
http://kerajinanbali.net

94. pemain baru - 20 March, 2010

gak komen lagi ah nanti keliru..
yang penting murah aja..
biar bisa beli

95. nick69 - 20 March, 2010

@93
Gak jg
Perasaan sy cm ganti oli rutin aja.
Udah 5 bulan sy pke matic honda, tarikan/rasanya msh spt baru.. pdhal tipikal sy suka nggebuk mtr..
Habis diservis atau gak rasanya sama aja,sama entengnya..
Dulu pake bebek sama2 dr beli baru,
dipakai tiap 750km rasanya dah berubah lemot.
Diservis,, ringan lagi,enteng lg..
Nanti 750ankm dah lemot lagi..
Bgtu seterusnya..
Cm oli matic std agak mahal.

Kyknya skrg sy males pake bebek..
Dah biasa mak nyoz pake matic,…cepat,gesit.
Pake bebek kbanyakan manggut2…kpala angguk2…
Capek deeh
:mrgreen:

96. Joko - 20 March, 2010

@ maticmakingay
Dilihat saja motornya, rematic revo yg dibikin matic, dari bentuk sampai rem belakang tetap di kaki kanan. Lexam matic yg dibikin bebek. Rem semua di tangan, pijakan kaki agak lebar, bedanya cuma pakai rantai dan ban diameter besar saja.

97. Joko - 20 March, 2010

@ nick69
Iya, setahuku cuma H yg awet enaknya walaupun lama nggak diservis. Kalau nouvo harus servis lebih cepat dari jadwal supaya terasa enak.

Tapi bicara soal matic, hilang deh sensasi main setengah kopling di 10.000rpm. Asli, matic kalah lincah. Bela2in beli matic hanya krn adik yg males oper gigi. Rematic jadi calon kuat pengganti nouvo, soalnya bannya 17″ dan double shock dgn daya tahan khas H.

98. Honda siap Ngeluarin Bebek Matik ?? « Taufik & Motorcycle™ - 23 March, 2010

[…] A/T) atau lebih tepat merupakan Varian bebek Matic . . . sepertinya benar Honda telah siap menjadi First Mover Varian bebek Matic […]

99. Jeffery - 24 September, 2014

This text is worth everyone’s attention. When can I find out more?


Sorry comments are closed for this entry