jump to navigation

Test Ride MV Agusta Brutale 800 di sirkuit Sentul 18 November, 2013

Posted by Taufik in MV Agusta, Test Ride.
Tags: , , , ,
trackback

460x110anop

Test_brutale800#1

Bro sekalian, Setelah Varian MV Agusta Brutale 675 dan MV Agusta F3 675, Kini saatnya kita Review abangnya Yakni MV Agusta Brutale 800. Motor bengis ini  memiliki kubikasi mesin 798 c 3 silinder segaris dengan teknologi Counter Rotating Chamshaft ukuran bore x strokenya 79 mm x 54.3 mm . . . teknologi Counter Rotating Chamshaft ini mirip mirip dengan filosofi Crossplane Crank nya Yamaha dan sebenarnya sudah bayak digunakan di Mobil mobil sport. Secara Mesin walaupun sudah 798 cc, namun power output dari Brutale 800 ini dikebiri mas bro . . . cuma maksimum 125 hp pada rpm 11.600 dengan limiter dipatok pada 13 ribu rpm (bandingkan dengan MV agusta F3-675 cc yang mencapai 128 hp ). . . tapi torsinya lumayan Gila maksimum 81 Nm pada kitiran mesin 8.600 rpm . . .

Banner-Gif-uk460x110-Recove

gp-banner-460x110

Ergonomi

Saat Pertama Naik ke Brutale 800 langsung terasa banget ergonomi yang miip mirip dengan Brutale 675, yes . . . 11-12 banget posisi duduk yang mewakili gaya streetfighter sejati dimana posisi punggung nggak terlalu membungkuk, setang agak baplang namun tetap sporty. Seat heightnya yang 81 cm tentu kembali membuat rider mungil kayak tmcblog harus kembali jinjit balet h ehe he, namun motor ini memang cukup Ringan untuk  ukuran Moge . . . dry weightnya aja  ‘cuma ‘ 167 kg so . . . jinjit menahan motor waktu berhenti pun, bobot Brutale 800 tidak terlalu mengintimidasi dan membuat jiper

topspeed_B800

Performa

Motor ini punya masalah yakni linearitas saat pembejekan trotel gas, ada lompatan lompatan rpm saat perpindahan gear, lumayan terasa nggak linear dan nggak smooth . . . saat di konfirmasi ke Pak Steven Oentoro, beliau mengiyakan hal ini dan mengatakan demi mengatasi hal ini MV Agusta Indonesia sedang mengunggu Update Firm ware setingan ECU untuk Brutale 800 dari MV agusta Italia  . ..  namun diluar masalah itu, tenaga motor ini memang super duper bengis mas bro . ..  lebih ngejambak dibanding Brutale 675 ( logis)  . . . top speed yang bisa tmcblog catatakan adalah 223 km/jam di straight sirkuit sentul.  . . . FYI tmcblog menggunakan Brutale 800 ini masih dengan setingan yang aman dengan traction control yang terpasang

link ponsel

Handling Motor ini dalam kondisi stock bukan habitat sirkuit, setang baplang memang nggak terlalu racy dan butuh steering damper untuk menghilangkan gejala ndut ndutan setang saat berbelok . . . tapi yaa itu kan buat sirkuit . .. kalo untuk harian, handling motor ini  lumayan ringan karena memang diposisikan untk melibas jalan umum di perkotaan. Handling motor ini juga di topang model sasis yang memadukan frame teralis di depan dan subframe dua batang alumunium plus swing arm single side . ..  udah mirip motor motor jepang . . .gampang ditekuk mas bro

Suspensi depan Upside Down   dan Suspensi belanag dari motor ini sebenarnya bisa di seting pada variabel kompresi, rebound dan preload pegasnya . . .namun saat test ride tmcblog | motoupdate hanya mencoba setingan stock alias standar pabrikan. TMCblog | Motoupdate hanya mencoba Varian Brutale 800 ini hanya 3-4 lap saja sirkuit sentul jadi belum bisa gali lebih dalam tentang setingan ecu, setingan traction control, setingan suspensi dan lain lain . . . overall diluar harganya yang memang cukup tinggi . ..  ini motor memang superbanget dari segi handling untuk harian dan power performancenya . .  Buat turing? belum coba . . . mungkin lebih nyaman dibanding F3 . . . tapi sepertinya belum senyaman MV AGusta Turismo Veloce 800 ataupun Ducati Hyperstrada 800 . . . oke sekian dulu review sederhana ini . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

 

Comments

1. exobar - 18 November, 2013

Mantap

2. moekijo - 18 November, 2013

╔═╦╦═╦╦╦╗╔═╦╦═╦╦╦╗
║╚╣║║║║║║║╚╣║║║║║║
╠╗║║╔╬╬╬╣╠╗║║╔╬╬╬╣
╚═╩╩╝╚╩╩╝╚═╩╩╝╚╩╩╝

3. exobar - 18 November, 2013

Borong Podium

4. exobar - 18 November, 2013

lumayan dapet Pertamax

5. Aa Ikhwan - 18 November, 2013

ajib bang haji 😀

6. orong-orong - 18 November, 2013
7. deny - 18 November, 2013

Absen

8. Motonet - 18 November, 2013

ngebuutt..

9. Ihzan - 18 November, 2013

Bengis tenan

10. albertusyudie - 18 November, 2013
11. Antrix - 18 November, 2013

60°

12. galau - 18 November, 2013

banter banget kang….
apa ndak ikut ke jepun kang?

13. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 18 November, 2013

wak aji…
kok konde nya mirip CB. Nyontek?

14. kuro balap - 18 November, 2013

tanya mbah…! Record top speed berapa km/h n pakek motor apa..selama test ride..?

15. Taufik - 18 November, 2013

@12. galau
gentian iwan, saya kan udah 2011 😀

16. tukang komen - 18 November, 2013

Mana adegan late brakingnya kang? Kurang rebahan tuh nikungnya wkwkwkwk

17. RiderAlit - 18 November, 2013

Geblek! 223 km/jam, 100 km/jam ane udah merinding 😀

Buitenzorg Motarders: Bogor Supermoto Community

18. pandega - 18 November, 2013

tumben fotonya kok dikit kang. 😀

19. mase - 18 November, 2013

mantap wak haji

20. subaru - 18 November, 2013

kang taufik itu modif byson dimana?

wkwkwkkwkwkwk….
inget thread moge di kaskus ada yang bawa brutale dikira byson modifan 😆

21. monkeymoto - 18 November, 2013
22. aghashe - 18 November, 2013

Juooosss , jambaan setan harganye….

23. dido van owek - 18 November, 2013

bisa terbang gak om ???

24. welovehonda - 18 November, 2013
25. Taufik - 18 November, 2013

@18. pandega
cuma segitu doang, yang laennya blur 😀

@20. subaru
gubrakk
😀

@23. dido van owek
nggak mas bro 😀

26. ipanase - 18 November, 2013
27. basri - 18 November, 2013

wajar bejekan throtle-nya nggak linear sama larinya, namanya juga Brutale.

28. Erit07 - 18 November, 2013

Sangarrrr…

29. kobayogas - 18 November, 2013
30. motor batangan - 18 November, 2013

Mobil sport apa yg pake crossplane crankshaft juga Kang? emang motor non Jepang aslinya susah ditekuk? motor apa aja?

31. kobayogas - 18 November, 2013

ini udah lama ya kang, baru sempat di sharing? wah F3 mah jangan tanya dah, habitatnya jelas sirkit…buat harian mah ambrol masa depan wkwkwkk…

Test Ride – MV Agusta F3 675 – Rumah Ke Kantor

Test Ride – MV Agusta F3 675 – Rumah Ke Kantor

32. kobayogas - 18 November, 2013

ini udah lama ya kang, baru sempat di sharing? wah F3 mah jangan tanya dah, habitatnya jelas sirkit…buat harian mah ambrol masa depan wkwkwkk…

Test Ride – MV Agusta F3 675 – Rumah Ke Kantor

33. kobayogas - 18 November, 2013
34. Adit - 18 November, 2013

Mantap review’y wak haji. Saran aja wak, dalam penulisan tmcblog..tmcblog aja gk usah d kasih motoupdate jd lbh enak baca’y, toh para pembaca jg dah pada tau tmcblog ya motoupdate.

35. andi - 19 November, 2013

wak jadi ajib euy 223 KM/jam
ga kebayang

36. peyek - 19 November, 2013

pasti dah diasuransikan nih sblm ditest di sentul 🙂

37. Rcd 13 - 19 November, 2013

saran om,, videonya yg bersih donk om banyak suara noisenya di beberapa video test ride yg saya ikuti… #KaloBisaSih MasaSihGaBisa Om 😀

38. jurigkamera - 19 November, 2013

ngiler liat motor ini

39. dave - 20 November, 2013

ga mengintimidasi pengendara soal nya mas taufik dah sering bawa moge,, kalo yg baru2 bawa moge,, biasa bawa bebek matic,, walopun postur badan lebih gede ma lebih tinggi dari mas taufik pasti ketar ketir bawa neh motor,, imho..

40. cyber - 21 November, 2013

motornya brutall. Asal jgn orangnya aja yg brutall.. 😀

41. MV Agusta F3 800 Circuit Test by TMCBlog | tmcblog.com - 20 March, 2014

[…] piston di kelas 675-800 yang belum tmcblog coba geber di sentul, Brutale 675 sudah, F3 675 sudah, Brutale 800 pun sudah . ..  nah sekarang waktunya MV Agusta F3 800 […]


Sorry comments are closed for this entry