jump to navigation

Kupas Tuntas kelistrikan Dan Mesin Honda Revo FI 2014 . . . Apa Saja yang baru ? 12 January, 2014

Posted by Taufik in Honda.
Tags: , ,
trackback

Inner_revo_fi#_0001

Bro sekalian, setelah mengetahui bentukan luar dan perbedaan fisik antara masing masing varian, via artikel ini tmcblog mau share apa Saja Yang baru dalam Kelistrikan dan Mesin Hond revo FI ini . . . yang pertama Dan sudah pasti adalah Mesinnya sudah mengunakan sistem pengabutan Full Elektronik PGM FI Yang dikendalikan dalam sebuah ECU/ECM yang cara kerjanya mirip Komputer. Karena sudah Injeksi dan Full Transistor, secara Kelistrikan berubah jauh dari sisten AC menjadi Sistem Full Transistor

uk460x110_dec13_2

gp-banner-460x110

unsimiliar_parts_revoFI_5

Inner_revo_fi#_0004

Semua  dimensi Revo FI dan Revo karbu sama persis, wheel base, tinggi tempat duduk, ground clearance, rake, trail sama blass. Dari segi sasis sama persis alias Plek antara Revo lama dengan Revo FI . . . Perbedaan hanya pada stay (braket) tempat nempel Kiprok karena kiproknya berbeda. Perbedaannya adalah . . .

unsimiliar_parts_revoFI_19

Kirpok dari Revo FI sudah terintegrasi kapasitor bank yang berguna menyimpan listrik yang bisa digunakan saat tegangan rendah

unsimiliar_parts_revoFI_22

Inner_revo_fi#_0022

Sistem PGM Fi dari Honda Revo FI 2014 mirip banget dengan sistem Injeksi dari Honda supra X 125  yakni PGM Fi Step 4 . . . yap ini juga termasuk dalam strategy common part . . . yang artinya apa lagi? artinya mesin Injeksi ini akan full sensor kecuali sensor Intake Air Pressure Sensor. Namuan Pak sarwono Edi dari AHM mengklaim dan menegaskan bila cuma berbeda 0-2500 meter dpl saja, gak perlu ada yang diubah karena ECM PGM Fi Step 4 di Revo FI sudah cukup Pintar beradaptasi dengan merubah dua parameter yakni asupan bbm dan derajat pengapian saat menemukan pembakaran tidak sempurna akibat perubahan altitude.

Inner_revo_fi#_0012

Sistem Injeksi Revo FI sudah menganut pola Close Loop dimana sampai akhir hasil buangan dari pembakaran pun dicek kembali Via O2 sensor tipe Baru yang menganut dual Coupler ( apa dual cooper ? ). Dan di akhir pembuangan, gas buang akan masuk ke sistem Muffler dimana di awali dengan katalitik Konverter lalu masuk ke dua bilik ruang Muffler seperti gambar di atas . . .

Inner_revo_fi#_0013

dan canggihnya itu sensor dikasih semacam sensor guard . . . hmmm mungkin terinspirasi oleh rusaknya sensor kecepatan yang tergabung dalam Traction Control nya Pedrosa yang putus di MotoGP 2013 :mrgreen:

Inner_revo_fi#_0009

ketika tmcblog tanya bagaimana soal keriskanan katalitik Converter bila ketemu dengan unsur kimia Pb (timbal/timah hitam) dalam bbm ? Pak Sarwono Edi menjawab bahwa AHM telah mendapatkan kepastian bahwa Seluruh BBM Pertamina sudah Bebas timbal . . . kalaupun ada itu hanya bawaan saat proses pembuatan BBm saja dan sangat kecil . . . Oke amaann

Honda_Revo_FI#_0058

Oh ya AHM memperkenalkan kembali model pencetan klakson baru . . . dengan tetap menempatkan saklar di tengah, namun tombol pencetannya bukan di sebelah dalam, melainkan di sebelah luar . . . silahkan dilihat di gambar atas

unsimiliar_parts_revoFI_25

Revo FI ini memiliki kompresi yang sedikit naik dari 9:0 di Revo Karbu lama menjadi 9,3:1 di revo FI 2014 . . . lha kenapa bisa begini.  . . . secara ukuran dimensi piston sama . . . namun menurut ahm dome piston nya yang berbeda  . . . agak sedikit ‘jenong’ . . .

Inner_revo_fi#_0023

Setebel apa Joknya? silahkan dilihat bro . . . ketebalan jok akan berpengaruh atas keempukan dan kenyamanan riding tentunya . . . lihat gambar diatas, kira kira cukup empuk nggak ?

Inner_revo_fi#_0010

Inner_revo_fi#_0014

Kualitas plastiknya piye mas bro? . . . silahkan simak deh hasil foto dari sayatan cuting unit dari Revo FI di atas . . . dan silahkan bro sendiri simpulkan apakah ketebalan segitu dah cukup atau belum buat motor seharga 12-13 jutaan ini? sebenarnya masih ada lagi detail detail perubahan lainnya . . . artikel ini sebisa mungkin akan terus di update dan di revisi . . . jika bro ingin lebih lengkap silah simak galeri foto slide dan foto jeroan dari Motor  Honda Revo FI ini . . . silahkan  . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Galeri Cuting Unit Revo FI

Galeri Slide Presentasi jeroan Revo FI

Comments

1. Nichoz Ahmad - 12 January, 2014

joz

extenderjilq.com - 12 January, 2014

Semakin cangih yah..

semoga lebih awet dan perawatannya juga mudah.

walang kocomotoan - 12 January, 2014

peningkatan.siplah ahm

Ndang - 12 January, 2014

, akselerasi piye kang? luwih juoss ?
ouh iya kang gmn kans penjualanya
dibanding vega? atau dibawahnya
force one? atau mungkin brpngaruh
buat jupiter mx?

Ndang - 12 January, 2014

iku montore di dedel dedel duwel akeh duite iku AHM ya nggo coak2an

hardiasbantuly - 12 January, 2014

ditunggu artikel test ridenya Wak….
https://overbore.wordpress.com/2014/01/12/sketsa-modif-cbr250r-cb150r/ mas dab

hulssay - 12 January, 2014
2. ipanase - 12 January, 2014
3. ipanase - 12 January, 2014

mayan berubah

4. ipanase - 12 January, 2014

seperti biasa, sein pindah

5. yahido - 12 January, 2014

wow

6. ipanase - 12 January, 2014

2500 meter diatas permukaan laut… siapa yang rumahnya diadaerah segitua y,,,

wtf170 - 12 January, 2014

2500 meter diatas permukaan laut… siapa
yang rumahnya diadaerah segitua y,,,
 Balas
mak lampir

until - 12 January, 2014

Fby ,,,
Makanya fby suka bc sensor ketinggian,,

zizi - 12 January, 2014

Bahasa marketing banget.. optimal di 0 m dpl pastinya… tinggal buka pelajaran Smu… tiap 100 m dpl apa yg terjadi… xixi

7. didsy - 12 January, 2014

Pertamaz or premium

8. aripitstop - 12 January, 2014
9. mp3player - 12 January, 2014

pertamax

10. mariman - 12 January, 2014

di balik bolak klakson sama sign…

11. Mas Sayur - 12 January, 2014
Taufik - 12 January, 2014

berubah dikit mas bro . . . arah pencetannya .. nggak keliatan sih, tapi kalo pas dipegang baru terasa

monkeymotoblog - 12 January, 2014

Yup berubah mas, pencetnya tombol ujung terluar dari motor, lebih simple jadinya

kalimalang rider - 12 January, 2014

nah gt dong, pencetan klakson yg lama nyusahin bgt, keburu nabrak :mrgreen:

12. mp3player - 12 January, 2014

swing arm msh model pipih peninggalan astrea 800

13. Duinnn - 12 January, 2014

Om, disebut sensor O2 dg dual coupler itu karena ada sensor guard tambahannya? atau bagaimana maksudnya? mantab sepertinya. thks

Taufik - 12 January, 2014

bukan . . . maksude diujung sensor, sebagai alat ‘perasa’ nya itu menggunakan dual coupler atau dual cooper saya lupa

14. sipanse - 12 January, 2014

kumplit tenin sampe ngowoh mocone

15. mp3player - 12 January, 2014

kompresi naik power naik lah , ap mngkin jd 9.xx hp?

16. ari - 12 January, 2014

lebih keren…

17. fans tmcblog - 12 January, 2014

Top Markotop

18. ayok - 12 January, 2014

sip
kerenlah

19. basri - 12 January, 2014

joknya udah tipis, jangan dipapas ya…

sipanse - 12 January, 2014

gak apa2 dipapas klo daging p*ntatnya tebel mah, tp klo tepos sama aja nyiksa diri sendiri, anehnya bnyk alay2 cungkring pada mapas jok

20. HirRo - 12 January, 2014

Hmm ..

21. orong-orong - 12 January, 2014

Murah dan sudah canggih

22. budi - 12 January, 2014

lumayan buat entry level

23. agoey - 12 January, 2014

mirip2 shooter desainnya..

WARNA BARU SUZUKI NEX 2014

24. sam joas - 12 January, 2014

Fungsi iap bukankah utk mengetahui kepekatan o2? Dan pengaruh kepekatan o2 disuatu daerah bukan cuma ketinggian suatu daerah..suhu yg tinggi juga membuat kepekatan o2 berkurang…. CMIIW

zizi - 12 January, 2014

Yuup yg mempengaruhi tekanan udara salah satunya ketinggian.. tapi tiap titik belum tentu sama tekanannya.
Jelas belum optimal kalo sensor ada yg kurang.. kyk goreng ayam.. ayam dah hangus duluan.. baru dkoreksi apinya..

subaru - 12 January, 2014

kata bos marketingnya udah cukup pinter sensornya.. udah diaminin sama fanboynya diatas..jadi sensor itu ga perlu. kalo perlu cuman 2 sensor udah cukup.. udah pinter…

25. belalangmerah - 12 January, 2014
26. Erit07 - 12 January, 2014

Sippppp…

27. carlos - 12 January, 2014

sory OOT
emang bener ya tampang ninja naked kaya gini?

Taufik - 12 January, 2014

itu karyanya motoblas mas bro

28. Tubagus algafhari - 12 January, 2014

Masih tebelan dan bagus kualitas yamaha wak. Liat aja velg geal geol. Komstir oblagh. Knalpot ngebul. Tapi tetep lari sekencang jaran kerajaran majapahit

29. majorfebrian - 12 January, 2014
Taufik - 12 January, 2014

Biasanya kalo yang komplit gini mau merk apa aja … ada yang curiga … liat aja nanti komentar2 yang seeperti ini … 🙂

majorfebrian - 15 January, 2014

saya ga curigaan ko orangnya ,,, mueheheh 😀

30. topan - 12 January, 2014

semakin baru produk semakin inofasi…
karena yang bertahan hanya yg ber inofasi…
siippp

31. ical - 12 January, 2014

masih gemeteran gk ya…,

#mudah2an sih enggak.

32. enoanderson - 12 January, 2014

Wah kang, Gimana masalah feeling performanya (pake feeling kang taufik ajah, hhheeee) ? Apakah ada perubahan signifikan dari Revo Karb ?
Secara kan udah rada jenong tuh dome sehernya jadi kompresi naik PGM-Fi.
Terus suaranya nyaring kayak Blade atau masih Sama kaya Revo Karb atau malah halus saya gen Supra 125 ?
Maap kang rada banyak nanya, Mudah2an dijawab….

Taufik - 12 January, 2014

Nanti cerita di artikel test ride ya

33. monkeymotoblog - 12 January, 2014
34. Kobayogas - 12 January, 2014
35. goeh80 - 12 January, 2014

Mudah mudahan semua tombol klaksonnya jadi gini semua, biar bisa bunyi pelan alias sopan, soalnya klakson yang arah sekarang kudu dipijit ga bisa di toel doang…

36. Next year - 12 January, 2014

Aduh alaieung meni ipis plastik body na,pdhl dpke krja brat buat ngojek mtr’y 😀

37. RPMspeed - 12 January, 2014

ramah lingkungan dan irit .body tidak mengecewakan 😀 😀

Menerawang Bentuk New Megapro FI

38. rdy - 12 January, 2014

piston dome tambah jenong kompresi semakin tinggi. siap siap mesin mudah jebol karena berat piston lebih berat silindernya konvensional seperti motor honda lainnya … imho. mudah2 an sih enggak ..hehehe

39. rdy - 12 January, 2014

piston dome tambah jenong kompresi semakin tinggi. siap siap mesin mudah jebol karena berat piston lebih berat silindernya konvensional seperti motor honda lainnya … imho. mudah2 an sih enggak ..hehehe cmiww

40. Bonsai Biker - 12 January, 2014
41. Follower - 12 January, 2014

wah kalah canggih nih vario125

42. Ndang - 12 January, 2014

akselerasi piye kang? luwih juoss ? ouh iya kang gmn kans penjualanya dibanding vega? atau dibawahnya force one? atau mungkin brpngaruh buat jupiter mx?

Taufik - 12 January, 2014

Haduh motor 110-125 CC bebek ya segitu aja sih

43. NuKasev - 12 January, 2014

Mas Sayur ketinggian tempat tinggalnya berapa? secara Papua bagian utara kan rata-rata di atas 3000 dpl

44. devmcry - 12 January, 2014

bahan body motor berbahan plastik jamak atau fiberglass mas?

Taufik - 12 January, 2014

Plastik abs mas

45. Alif - 12 January, 2014

kang taufik denger2 ktanya megapro fi mau launching ya?

Taufik - 12 January, 2014

Baru mass pro besok senin

46. monkeymotoblog - 12 January, 2014
47. kuclux - 12 January, 2014

yang artinya apa lagi? artinya mesin Injeksi ini akan full sensor kecuali sensor Intake Air Pressure Sensor.
========================
katanya full sensor tp koq ada kecualinya?

Taufik - 12 January, 2014

Ya itu bahasa saya aja kalo salah kohon dimaaf kan 🙂

48. Alif - 12 January, 2014

benertuh kta yg no 42 ktanya full sensor tpi ada kecualinya, kecualinya apaan jelasin kang!

49. mantan kacung - 12 January, 2014

O… Gitu toh bedanya. Mudah2an lebih bandel & bodinya gak getar lagi!

50. Alif - 12 January, 2014

oh ya kang taufik ktanya krangkanya sama berarti bodynya bisa pnp ke revo yg lama apa engga?

Taufik - 12 January, 2014

Staynya cuma beda dikit … kayaknya bisa diusahakan

51. Endrixmoto - 12 January, 2014
52. rpm-speed - 12 January, 2014

tanya Kang Taufik,,, itu kelistrikan lampu2 nya masih ac apa sudah full seperti vario 125? trims atas jawabannya

Taufik - 12 January, 2014

Dc mas bro …

53. black2ant - 12 January, 2014

joss gandos…………………..

54. jurigkamera - 12 January, 2014

jos o2 sensor model baru

55. cucak rowo - 12 January, 2014

Nunggu upgrade bebek cc besarnya mas bro.. honda cs1, jupie mx sama satria fu z deh.. Yg bebek biasa nyimak z…

56. extenderjilq.com - 12 January, 2014

Motornya dibelah2..

sayang bangt tuh hehe

57. aneh - 12 January, 2014

Masih pake rol kamprat
Tuas cuk sudah tidak ada (iyalah la wong pake injektor)

Ongkos servis ringan di Ahass berapa wak Haji? Secara udah pake injeksi,cuma semprot injektor aja,stel klep,utk tipe lain yg udh pgmfi bisa diatas 40rb utk servis ringan,pdhal simpel bgt,mungkin inilah yg buat malas pemilik datang ke ahass paska jatah servis gratis (kalo beli motor anyar) habis.

58. hi hi hi - 12 January, 2014

Mas, minta ppt presentasi ke ahm dunks, kalau foto gini krg jelas.

Taufik - 12 January, 2014

Iya yah hahahaha, belom dikasih nih

59. Uji Kendara Sepeda Motor Honda Revo FI Bersama Para Blogger | Makan Lagi - Lagi Makan - 12 January, 2014

[…] Taufik -> TMC Blog […]

60. jaelan.. - 12 January, 2014

gallery nya lengkap pisan……gogodeg kang

61. milemotoblog - 12 January, 2014

revo hampir jadi motor sempurna asalkan jok empuk dan material plastik dan cat lebih ditingkatkan

http://milemoto.wordpress.com/
silakan diliat-liat blog ane

62. shawsank - 12 January, 2014

walahhhh…..wes kadung tuku supra, malah isune bkal metu supra Fi, wewwwww……..

63. milemotoblog - 12 January, 2014

Daripada Adu Mulut di Blog Orang, Lebih Baik Buktikan lewat Blog Sendiri

buat fby dan fbh monggo disimak siapa tau dapat bermanfaat
semua ada disini >>> http://milemoto.wordpress.com/

64. Joki - 12 January, 2014

PENJIPLAKKKK..

65. sade - 12 January, 2014

huwala…….ngoahahaha….

66. jo - 12 January, 2014

Artikel titipan ya,wak haji?
Detail banget,..

Taufik - 13 January, 2014

nggak baca semua artikel tmcblog ya, Sobat ku Mas Bro jo?
tendensius Banget…

67. Ade - 12 January, 2014

Wak haji dulu sblum revo fi ni kluar masih mrupkan rumor, wak haji prnah mengulas rumor bhwa kbel gasnya dikemas rapi ddlam batok headlamp, nahh ane pngen tau kyak gmna detailnya wak, mgkin wak haji punya foto detailnya???

Taufik - 12 January, 2014

Iya ternyata terbukti benar, nggak ada kabel gas yang ngelewer di luar batok

68. Ade - 12 January, 2014

kang haji taufik dulu sblum revo fi ni kluar masih mrupkan rumor, kang haji prnah mengulas rumor bhwa kbel gasnya dikemas rapi ddlam batok headlamp, nahh ane pngen tau kyak gmna detailnya kang, mgkin kang haji taufik punya foto detailnya???

Taufik - 13 January, 2014

ini fotonya bro

69. jackalride - 13 January, 2014

fitur udah nambah oke, harga cuma naik dikit,,, semoga ahm ga ngurangi kualitas plastiknya lagi,,, bebek dirumah pada geter euy 😦

salam kenal blog baru 😀

Itansha? Apaan tuh?

70. budute - 13 January, 2014

kira2 brp ya hrgnya revo yg cuttingan ini om taufik..lumayan bgs tuk pajangan..

Taufik - 13 January, 2014

wakakakak

71. dave - 13 January, 2014

asal jgn keliatan di cuttingan bahan nya bagus,,
tebel,, dsb,, tapi pas yg produksi masal nya butut,,
kualitas dikurangin,,
ya cm mengingatkan bukan menjelekan,,

72. mamase - 13 January, 2014

Udah pake capasitor bank. Berarti klo aki MF nya tekor, PGMFI nya masih bisa tetep jalan yak? Alias, mesin masih bisa hidup seperti biasa?
Mohon konfirmasi..

73. neng93 - 13 January, 2014

sein pindah kesayap lagi, tambah ngganteng., 😀

74. Haroem - 13 January, 2014

mantabh reviewnya

75. Joki - 13 January, 2014

SAMPAI KAPAN JIPLAKKK>>>

76. darmazie - 13 January, 2014

Motor nya tukang Ojeg Image yang terbentuk sperti sekalipun yang pake sales H*nda pake parfum rambut spike bedakan dikit wkwkwkwkwk FI nya H*nda udah ketauan masyarakat Indonesia udah pinter gak mau dikibulin Merk yang katanya No1 itu

77. tole - 14 January, 2014

Model plagiat.sein niru vega r.batok lampu nyontek new smash.makin dibodohi aja masyarakat indonesia..motor rongsokan masih aja diproduksi..huhuhu

78. Kisah Foto - 24 January, 2014

Performanya gimana ini 😀

79. sapto nugroho - 1 February, 2014

saya pemakai honda supra x125 yg sedikit kecewa dg performa supra yg letoy di tanjakan. gimana kemampuan revo fi di tanjakan? trus mau tanya berapa ukuran klep in/out revo fi? thx

80. kalel - 25 February, 2014

Motor bang ojek


Sorry comments are closed for this entry