jump to navigation

Comment of The Week . . . . Moncer Bicara Tentang Yamaha Byson a.k.a FZ-16 17 September, 2009

Posted by Taufik in yamaha.
Tags: ,
trackback

Saya posting komentar Bro Mocer  untuk mengapresiasi komentarnya pada artikel YMKI Ragu YMKI Rugi. Patut di perhatikan tulisan ini adalah pendapat Prbadinya bro moncer, bukan generalisasi . . . Silah kan disimak, Thks bro moncer

yamaha_fz16_headlightIni motor (Yamaha Byson) menjual desain. karena menyasar segmen sport low entry, mau gak mau Byson dibandrol dengan harga miring dengan konsekuensi mesin dan fitur lainnya ga terlalu advance. Lantas apa yg dijual? Desainnya! Untuk ukuran sport lokal, desain Byson ini mempunyai keunggulan komparatif. Kalo yang lain pointnya 7, Bison ini layak dapat poin 8 atau 8.5 lah. Bisakah konsumen menerima Byson yg minim fitur mesin n teknologi? (jawabnya) Bisa, kenapa? dimata Produsen/ATPM, mayoritas konsumen kita didominasi type konsumen Dumb yg menekankan fungsi dan harga sehingga harus disiasati dengan desain yg cantik. Ibaratnya ga peduli gadis ato janda, yg penting cantik n sexy hehe..

Buktinya? Angka penjualan Megapro, Thunder n Mio bisa jadi contoh. Belum lagi Minerva 150 dan KLX 150 yg lumayan fenomenal. Dah gitu Megapro dan Mio meraih ICSA di kelasnya. Padahal secara mesin dan teknologi gak ada yg bisa “dibanggakan” dibandingkan pesaingnya (Meggy vs Vixi, Mio vs Vario-Beat). Gitu juga Thunder (125), Minerva dan KLX 150, Fiturnya biasa aja tapi bisa laris khan? Di rentang harga yg sama cuma ada Pulsar yg dari segi mesin dan fitur sedikit lebih unggul, tapi kan gak disupport oleh jaringan 3S plus brand image.

Bisakah Bison memangsa Vixion? Bisa terjadi jika pricingnya gak pas. Disparitas harga yang tegas (yg diimbangi peningkatan Value Vixi) bisa menciptakan segmen masing-masing sehingga tidak saling memakan. Bukankah Vega dan Jupiter Z penjualannya sama-sama bagus dan punya segmen masing-masing meskipun basic motornya sama? Apakah Yamaha bakal diolok-olok jika Bison keluar? Biasa terjadi , itu mah  bisa dialami siapa saja. Toh Yamaha udah biasa diolok-olok (dan juga mengolok-olok hehe..). Sebelum meluncur, Vega ZR juga sering diolok-olok kerap dibandingkan ama Blade yg begitu dipuja-puji (saat itu kehadiran abs revo luput dr perhatian sehingga gak masuk perbandingan) tapi nyatanya nasibnya berbanding terbalik kan? ZR ternyata bisa sukses meski harus dibayar dengan strategi marketing yg sangat menguras tenaga. Sementara Blade nasibnya lebih ngenes. Contoh lain, meski Nokia memproduksi hp murah yg cuma bisa nlp-SMS tidak lantas membuat jatuh pamor Nokia yg identik dg Hp kaya inovasi kan?

IMHO, dengan desain yang cantik Byson punya starting poin yg lebih baik ketimbang ZR yg berpenampilan (maaf) seadanya. Dengan demikian, nanti YMKI ga harus terlalu menguras energi seperti saat menjual ZR. Akhirnya, dengan faktor-faktor d atas menurut saya Byson berpotensi jadi motor sejuta umat kayak Thunder ato Meggy. Jangan anggap remeh segmen Low Entry karena di sanalah pasar sesungguhnya berada.

Comments

1. madix - 17 September, 2009

pertamax bensinnya yah?

2. madix - 17 September, 2009

ato premium-kah?

3. Icaq's - 17 September, 2009

Setuju kang Taufik. Konsumen Indonesia mayoritas masih mengutamakan desain, harga dan brand image. Desain dan merk, Byson dah dapet, tinggal penerapan pricing nya yg tepat. Ngomong2 dah libur blm kang Taufik? Kalo aku sih udah. Sorry OOT…

Taufik:
Aku udah dari kemaren..makanya lebih bisa fokus ibadah + Ngeblog 😀

4. anton_ks - 17 September, 2009

aku sangat setuju kalimat terakhir mas taufik …..
———
Jangan anggap remeh segmen Low Entry karena di sanalah pasar sesungguhnya berada.
———

dan di segmen ini kelebihan fitur nggak bisa dijadikan senjata utama.

5. Taufik - 17 September, 2009

^Mas Anton

itu bukan kalimat terakhir saya…Kalimat terakhirnya Bro Moncer xixixixixi . . . saya mah cuma re-post aja 😀

6. madix - 17 September, 2009

akhirnya……
setelah bertahun2… (halah)
bisa rebut juga podium… pertama lagi. untung pake ninja, hehehe…
“motor sejuta umat”?, bener juga Mas. kalo dipikir2 bila hanya menjual desain (body, velg+ban lebar, lamps , knalpot & monoshock) dan technology (speedo digital) kayaknya gak akan mengangkat harga dengan pertimbangan mesin yang tidak lebih baik dari vixion. Tapi kembali lagi bila kita melihat sisi yang saling berkebalikan dengan vixi (desain kalah dengan byson tapi mesin canggih), apakah tidak sebaiknya YMKI memasang harga yang sama? kecuali bila vixi mengalami face lift pada saat peluncuran byson (misal: vixion X dengan body R15, double disk brake + velg & ban lebar, dan knalpot yg lebih baik lagi), akan lebih masuk akal si-vixi gak akan termakan oleh calon adik kandungnya sendiri. mudah2an harapan saya terkabul. aminnn… (habis dari dulu saya pernah berharap pnya vixi–krn mesinnya–tapi gak ksampaian T.T)

7. nick69 - 17 September, 2009

Hahahaha
Bro moncer jadi beneran moncer nich wkwkw

8. Taufik - 17 September, 2009

^ Yoi Nick . ..
bayangin aja nulis komentar ampe segitu panjang . . . mudah-mudahan nggak berlebihan bila saya bilang patut di apresiasikan . . .mudah2han bisa melecut bro moncer agar bisa membangun ruang opini pribadi kedepan…
* alias ngomporin bikin blog motor 😛

9. 1001nickname - 17 September, 2009

good analysis…
berarti untuk memungkinkan byson dapat laris manis pricing strategy_nya gak boleh dianggap remeh…jangan sampe malah jadi boomerang nantinya….
memang benar target market nya di low entry yang notabene lebih mengedepankan fungsi dan harga, pada segmen ini teknology mungkin kurang dipehatikan namun melihat tampilan dari FZ itu sendiri bakal menjadi senjata jitu untuk merebut pasar seandainya bener2 diperuntukkan market low entry yang pastinya dengan harga yang gak neko2 paling tidak kalo dulu vixy di buka pada kisaran 17-18, adiknya ini mungkin pantas di buka mulai harga kisaran 16-17, yakin bakalan laku dan membabat habis pasar motor sport low entry..
mudah2n jadi brojol biar vixy ada temennya di garasi kasihan gak pake baju kedinginan sendirian..

10. anton_ks - 17 September, 2009

wow …. kali ini bro moncer jadi bintang disini …. hahahaha

11. Lupa - 17 September, 2009

Kesan pertama begitu menggoda
Selanjutnya terserah anda

12. Moncer - 17 September, 2009

Waduh ane jadi malu kang Opik. Terima kasih atas kehormatan yang diberikan Kang Opik. Sebenarnya itu cuma analisa umum, ga ada yg spesial.
Kalo bikin blog sendiri pengen mah pengen cuma susah cari inspirasi, dah gt saya ga punya akses ke sumber berita kayak kang Opik, mas 3 ato om Giri (om Giri ane comot istilah Dumb-nya).
Sakali deui haturnuhun

13. cemen - 17 September, 2009

Wah nasib Pio ku makin gak jelas aja, adek2nya CCnya kecil-kecil, mau naik CC belum ada dana,,,,,sabar aja aahh,,,,

14. ben - 17 September, 2009

ngomongin yang belum ada…
sama juga mengumpulkan asap….

15. ymki=jadul - 17 September, 2009

yamaha mulu yang di bahas. corong yamaha ya???????????????????????????????????????????????????????

16. LAE TOGAR ANAK MEDAN - 17 September, 2009

hidup bro moncer. kali ini bro moncer lah bintangnya. sekalian dah bro moncer / bro taufik sampaikan dah uneg2x dihati. kalau si byson jadi launchingnya tolong dah diganti nama. illfill dah gua. kayak ngak ada nama lain aza.

17. jeng kelin - 17 September, 2009

kite2 dikatain konsumen dumb..

18. Tanana - 17 September, 2009

Menurut saya kehadiran Bison bukannya akan membunuh kakaknya sendiri yaitu Vixion. Kalau di dunia marketing ini adalah strategi jepit (sandwich strategy), di mana Honda MegaPro akan dijepit oleh Bison dilevel bawah dan dijepit oleh Vixion di level atas. Strategi ini sama seperti yang dilakukan YMKI ketika menjepit Supra X dengan Jupiter Z di level bawah dan Jupiter MX di level atas.

Saya sangat salut dengan sandwich strategy yang dilakukan oleh YMKI, sebab Megapro adalah icon kebanggaan Honda yang sudah menjadi raja bertahun-tahun di masa lampau dan di masa sekarang strategi YMKI ini hanya tinggal nunggu waktu untuk semakin meruntuhkan dominasi MegaPro di tanah air.

19. xxl123 - 17 September, 2009

hahahaha ini mongtor tob bgt sampe banyak artikel nya di dunia BLOG indonesia sayangnya masih di umpetin ama YMKI 😀

20. yahonsuwakanja - 17 September, 2009

@jeng kelin
halo jeng …
Dumb artinya :
Membeli yang sangat dibutuhkan dan begitu price-oriented
tapi bukan berarti yg Snob dan Smart tidak bisa memiliki loh…

ok..kah…?

peace

21. Taufik - 17 September, 2009

@Togar
hi hi hi sebenarnya sama kayak saya . . . tapi mo gimana lagi hi hi hi

***
@Kang Yahon
tadi nya mo saya jawab . . . tapi sampeyan ternyata jawabannya lebih pas bahasanya he he he he

22. obie - 17 September, 2009

setuju!
kalau saya sih yang penting motor batangan, irit, cakep. hehe…
pengalaman tiger kemarin soalnya. bensinnya, ehem….

o iya mas taufik, bison yang rencananya mo di launch itu ada kick stater nya nggak? soale si fz kan nggak ada. mending kick stater tok daripapada elektrik stater tok

23. Taufik - 17 September, 2009

^
Tiger juga irit kok . . .dulu pengalama saya . . .jarang nyentuh dibawah 1:30 mileagenya . . .tergantung gaya riding kali yee

kalo yg dilihat di spyshot sih ada kik starternya…atau . . . dipaksain pake kik starter? he he he he

kalo yg versi india sih nggak ada kik starter nya deh

24. guspur - 17 September, 2009

Gua sih masih ragu2 ni motor masuk kategori “low entry”… apalagi kl dibandingin sm Vixion…
Bro Moncer dan bro Taufik jangan terlalu fokus dg “spec”… kalo sampeyan2 jeli… “desain cantik” as bro Moncer said, kalo kita perhatikan lg dg detail dan kmdn dirasionalisasikan, nalarnya gak ketemu bakal bisa dijual murah (dibanding Vixion)… karna biaya produksinya mahal…
Contoh:
– Lampu non-bulet
– Muffler non-bulet atau non-oval
– dan yg paling “fatal”… Pada tau gak kalo itu tangkinya 3 pieces?… 4 malahan… (CMIIW). Di FZ16 kl gak salah tangki utama “dikondomin” dg 3 pcs plastic cover…
– dsb.
Itulah yg bikin gua bingung… tp entahlah… berharap positif aja, smoga harganya gak terlalu mahal… Krn menurut gua sih brand motor yg satu ini adalah yg paling “cerdik” utk masalah mengolah tampilan… 🙂 {cth: swing arm MX & Vixion}

Sniff… sniff…

25. Moncer - 17 September, 2009

@jeng Kellin
untuk mengetahui lebih jelas pembagian karakter konsumen, monggo dilihat blognya Mas Girifumi/prado2.com, kebetulan comment sy terinspirasi dari artikel tersebut. Betul seperti yg dibilang mas Yahon.
Karena Memang sebagian besar masyarakat kita membeli dengan mengedepankan pertimbangan fungsi dan harga, jadi dia membeli yg benar-benar dibutuhkan, yg penting kebutuhan dasar terpenuhi. Gak cuma motor, tapi produk yg lain juga. Co mobil: yg laris Xeniavanza yg harganya terjangkau, meski minim fitur tapi bisa memenuhi kebutuhan dasar transportasi

26. jafo - 17 September, 2009

Aku suka banget artikel ini, bravo..bravo…
Emank jd bikin nafsu beli…he he he

27. jafo - 17 September, 2009

Bro Moncer emank topcer…. Salut dah..

28. obie - 17 September, 2009
29. xb - 17 September, 2009

blum ada kepastian harga kan? inget kan dulu 2007 vixion digadang2 dgn harga 15-16? bongkar2 deh arsip kafemotor dan seraya motor.. ternyata keluarnya 17,5..
saia setuju dgn guspur utk masalah ini.. fz16 semuanya baru.. ga ada (sedikit) part yg dipake bareng dgn vixion dan scorpio.. tapi ya kita liat aja nanti sama2 klo udah launch..
laris? saia yakin laris krn segmen mtr laki yg lebih penting desain..

@mas taufik
ditetapkan aja tiap minggu ada cotw.. kasi hadiah ya biar pada semangat hehe..

@15 situ norak..

30. Moncer - 17 September, 2009

@om Gus
salah satu yg sy khawatirkan sbg calon peminat kalo ternyata lebih mahal, apalagi Otomotif memberi sinyal serupa om Gus.
@xb
YMKI berani masang Vixi seharga gt karena tingginya animo publik. Saat itu YMKI cukup cerdik “mengelola” rasa penasaran publik. Apalagi saat itu gak ada produk kompetitor yg price to value-nya setara. meggy yg disasar Vixi jg udah seharga 17 (cmiiw)

31. stoner27 - 17 September, 2009

RASANYA TIDAK MUNGKIN BYSON INI DIHARGAI DIBAWAH VIXION

Vixion-nya pasti nonggeng..
Percayalah ini pasti dijual lebih mahal..

32. Ha Ge - 17 September, 2009

weits…..kayaknya komen No. 15 bakal jadi The Next Comment of The Week 😀

33. Ha Ge - 17 September, 2009

atau mungkin bisa seharga vixion sekarang dan vixion naik harga dengan beberapa tambahan fitur (misalnya…speedo digital + rem belakang cakram atau apalah….)

34. Moncer - 17 September, 2009

Oh ya om Gus, keyakinan sy bahwa FZ masuk level low entry juga tak lepas dari statemen Dion Betty taun lalu d media bahwa mereka nyiapin sport murah buat gantiin RX King, selain itu jauh hari sebelum gönjang-ganjing FZ sumber lain menyatakan bahwa Vixi bakal di set buat menghadapi Tiger smentara Meggy dhadapi type baru

35. xb - 17 September, 2009

@moncer
yak sama dgn keadaan skrg, animo konsumen tinggi terhadap byson..
saia sih tetep memandang byson dibawah vixion.. tapi ndak yakin di range 16-17..
imo, rangenya 18-19..
ymki ndak ada alesan kuatir tho? toh megapro ada di angka 20..

36. Moncer - 17 September, 2009

@xb
untuk range 16-17 emang gak mungkin, udah gak realistis. Harga segitu udah masuk sarangnya bebek premium, YMKI tentu ogah ngasih segitu. Apalagi kompetitor seperti TVS n Bajaj maupun Meggy dah di atas 18

37. guspur - 17 September, 2009

@moncer
Sayangnya kl saya gak pernah percaya statement petinggi pabrikan di media… hehehehehehe…
Cth: Vega ZR >> lampu sein orange, behel & boncenger step pipa, remove gear pos. indicator >> murah >> low entry
Byson >> tangki 4 pieces, knalpot kotak, lampu persegi, ban lebar >> bikinnya mahal >> harganya bingung :mrgreen:

Sniff… sniff…

Taufik:
bukannya tangki 6 pack :mrgreen:

38. Onthel - 17 September, 2009

salut sama moncer….

39. Moncer - 17 September, 2009

@om gus
yah sebagai konsumen biasa mah ane cuma bisa berharap tetep segitu, kalo gak ya Pulsar aja lah (ngancam mode hehe..).
Tapi gmana jika liat pengalaman MX ato Vixi om Gus? Mereka kan berani ngasih harga setara kompetitor tapi dengan kelebihan d sektor mesin. Ane sih berharap YMKI menerapkan hal yg sama

40. guspur - 17 September, 2009

@MOncer
MX sama Vixi pas… Kalo mau merhatiin detail spt yg gua bilang td… brand Y ini paling cerdik dlm hal tampilan… salah satunya gimana caranya part2 yg murah tampak mahal, dan yg mahal terkespos mahal… demikian jg dg pengoptimalan common parts…
Nha yg FZ16/Byson ini gua msih belom “tinemu nalar”… 😀

Sniff… sniff…

41. yahonsuwakanja - 17 September, 2009

@Guspur , moncer ,xb , stoner

mari lihat apa yg tidak dipunyai Byson di Vixion…
1. Rangka dgn Delta Box
2. Liquid Coolled
3. 4 Valve
4. Injection
yg lainnya ( ban lebar , arm , lampu , knalpot , panel ) bukan dominan atau sisi lebih , jadi bagian ini masih bisa dibilang relatif….
ditambah dgn asumsi berapa nanti penerimaan konsumen , maka harga satuan per item part bisa ditekan ( lot besar harga murah , lot kecil muahall )
imho…pendapat saya ini low entry sport YMKI
Buat Vixion untuk up-grade tampilan juga lebih mudah dgn comot kaki2 + lampu. ingat pertama kali prototype V-Ixion di PRJ , Yamaha-VIPER

peace

42. Moncer - 17 September, 2009

@om Yahon
I see..n I hope so

43. lordubay - 17 September, 2009

@ guspur no 24

ane malah gak demen swing arms mx & vixy dan setahu saya banyak yang mengeluhkan swingarms mx coz setelan rante agak susah dan gampang berubah untuk perjalanan jauh.

44. jafo - 17 September, 2009

Cukup liat dari spek mesin aja udah pasti lebih murah dari vixion, percayalah..

45. xb - 17 September, 2009

@yahon
ho oh mas.. saia generally stuju dgn mas moncer hanya dibagian fz16 itu low level yg kurang stuju.. menurut saia ini middle krn low itu ada thunder dan xcd.. klo fz16 dibilang low, brarti harga disekitar thunder yah katakanlah 16-17..
imo, fz16 termasuk middle (brantemnya sama megapro, apache, p180 dan vixion) dan harga ga jauh dibwh vixion yg middle juga.. knapa ga jauh, krn sebagian besar part baru..
tapi klo low nya hanya dari sisi ymki ya he eh..

46. adiet - 17 September, 2009

Akhirnya bener kan,,,,dalam ilmu pemasaran,,,Branding Image mengalahkan segalanya,,hehee

47. guspur - 17 September, 2009

@lordubay
Waduh gak tau kl utk kondisi pemakaiannya ya? cm kl scr tampilan doi cerdik… swing arm dr pipa kotak digepengin, tp sisi flat-nya di luar… jd kl dr samping tampak kokoh… trus apa bedanya sama swing arm Supra?… kl Supra flatnya di dalem…
Trus kenapa motor2 laen gak ada yg bikin kyk punya Y aja? swing arm gepeng di dalem? kl gak salah denger itu sudah dipatenkan oleh Yamaha… hehehehe… cerdik kan? 🙂

@all
Yowis lah, kita liat saja nanti… drpd menalar gak nemu2… mending mikirin nuker duit receh buat ponakan2 ntar lebaran… 😀

Sniff… sniff…

48. yahonsuwakanja - 17 September, 2009

@lord..
masalahnya bukan di setelannya..tapi dari kualitas rantainya…
biasanya temen2 ngganti rante dengan kepunyaan Megapro , Satria 120R atau RX-King , pokokknya yg 428H.

peace

49. *HM=CHM - 17 September, 2009

masi pada inget ga bro pertamakali vixi dikeluarin, itu di jual rugi sama ymki. Bukan tdk mungkin bison juga akan begitu pada permulaannya, hingga sekarang sudah berapa kali vixi naik harga ? Dari permulaan keluar dibandrol cuma 17 jt an. Perkiraan saya harga vixi akan mengalami kenaikan lg setelah bison ini dikeluarkan. Karna antara bison dan vixi ini harus ada ruang diferensiasi harga yg “signifikan” kalo tdk mau terjadi saling kanibal penjualan. Kemudian juga, rasa2nya hampir tdk mungkin dgn 2 naked sportbike harus dijual dgn segmen yg sama. Atau vixi tukeran segmen menjadi low end sport bike ? Lbh tdk mungkin kalo menurut saya. La wong full injection dgn karburator masa mau disamakan ? Sedangkan kita tau semua, saat ini mtr atpm di indonesia yg plng hitech ya yg menggunakan fitur full injeksi ( computerized) . Menyimpulkan opini saya, YMKI bakal kasi bandrol buat bison dgn trik yg sama dgn vixi dahulu. Setelah itu dalam kurun 1 tahun paling lama setelah launching pasti bakal ada kenaikan harga. Trik inilah yg menghipnotis konsumen seolah2 ini motor dgn harga yg murah. Memang murah pada awalnya, tp kemudian naik. Di siasati lagi dgn parts yg awet, jadi konsumen merasanya, “ini sudah pantas”, dan puas.

50. Alon2 Asal Kelakon - 17 September, 2009

Apakah Honda bakal tinggal diam?
🙂

51. *HM=CHM - 17 September, 2009

kualitas rantai std yamaha masih lumayan bagus kog. Gearnya termasuk bahan metal yg lumayan keras juga walaupun dgn sistim pembuatan di cor. Untuk pemakaian sampe 15rb KM, belum lancip kog. Karna setau saya gear yg keras biasanya dari hasil baja yg ditempa + reaksi kimia. Kebetulan juga mx dan vixi pake rante DID, jadi seharusnya minim penyetelan. Kalaupun memang harus disetel, biasanya karna kondisi tertentu, misalkan beban rante terlalu berat, ban sering kurang angin, dan pelumasan dgn oli bekas. Akibatnya rante mulur. vixi saya , rante dan gear ganti dgn merek SHINOBB ( maaf bukan promo ), sdh 3 bulan pemakaian kurang lbh 10rb Km, setelan indikator masih 1,5 dari angka pol abisnya 7. Buatan lokal, buatan cibubur tp kualitas lumayan bagus kalo menurut saya. Getaran rante dan suara gesekan rante hampir ga kedengaran. Cuwa wus,wus, suara angin yg menabrak body mtr, bukan suara kretek, kretek !

52. *HM=CHM - 17 September, 2009

setuju sama mbah guspur kalo swing arm vixi cuma pipa kotak yg digepengin. Tambah lg gus, itu rangka delta box, keliatan keren memang, tapi sebetulnya sasisnya berbasis pipa dgn rongga didalamnya dan berbahan metal yg ringan. Makanya kalo bawa vixi ini handling biker berperan, soalnya kalo kena angin dijalanan seringkali turbulansi alias mlintir, goyang dombret.

53. yahonsuwakanja - 17 September, 2009

@CHM..
coba perhatikan dgn seksama …setelan rantai di MX ato Vixie…
posisinya bagaimana ….bandingkan dengan motor lain yg model arm penyet…
total ketebalannya memang hampir sama…tapi ada bedanya …

hayo apa..?

54. lordubay - 17 September, 2009

@ *HM=CHM

asumsiku, yamaha ngasih harga murah coz belum teruji bener barangnya. contohnya ya mx & vixy, produksi awal harga memang murah tapi bermasalah. mx di mono shock & vixy di fuel pump. kalo aku mending liat2 dulu minimal 1 tahun, ada masalah gak. dah gitu kalo mesti kridit macam vixy kemaren ngak deh coz jadi maenan orang diler.

hm… pantesan pernah nyoba vixy koq kaya make bebek ya, enteng (melayang)

55. vyzex - 17 September, 2009

@ chm

ha ha ha..
motor bisa goyang dombret….

lha motor saya yang super jadul…nyalib bis aja anteng…
tapi memang….berat sekali bobotnya…ha ha ha
tambat berat badan saya..udah deh…jadi 200 kilo lebih…

56. xb - 17 September, 2009

@chm
vixion generasi awal itu jual rugi?

57. penggemar - 17 September, 2009

sebenarnya akan lebih bijak bagi yamaha untuk mennggunakan frame fz 16 untuk menghidupkan kembali scorpio! gunakan mesin scorpio lalu tempel pada frame fz 16 pasti bisa memangkas biaya produksi. selain itu soal pricing strategy yamaha tidak akan bingung sebab harganya bisa head-to-head dengan tiger soale dari segi kapasitas dan teknologi keduanya nyaris sama. namun apabila yamaha tetap ngotot dengan mesin 160 cc sepertinya mereka telah melakukan hal sia-sia sebab sekarang yamaha telah berhasil mendominasi pasar motor sport di bawah 200cc sementara untuk pasar motor sport 200 cc yamaha baru bisa menguasai, lebih baik yamaha fokus ke motor sport 200cc untuk menewaskan tiger supaya tiada rival. tapi apa boleh buat nasi sudah jadi bubur

58. Lekdjie - 17 September, 2009

Setuju buat guspur..Selain itu yamaha lebih mementingkan fungsi daripada detil2 pd partnya,misal cakram flat tanpa dicat,desain bodi yg minim lekuk2an aneh,sein kuning(bahkan di r1 skalipun!),spion yg simpel dll….

59. 4N745 - 17 September, 2009

honda denger denger mau ngeluarin honda unicorn ,,, dengan fitur yg ok.. mono sok lagi tolong bung taufik .. kupas tuntas honda unicorn nya ,,,, pokoke sangt sangat cimiw,,, penggantinya mega pro gitu loh

60. jafo - 17 September, 2009

^
mas…motornya kok biasa aja deh…

61. nick69 - 17 September, 2009

@anjas
Megapronya ntar mau dikmanain,kan baru beli 😀

Oot
Nukar uang 2rb yg baru dibank ksiangan..n gagal..katanya hrs pagi2.. 😦
Iling kponakan bnyk bgt kyknya nanti seneng..
Besok sore mudik,tp ni mlh sakit gigi gmna nih 😦

62. fraziel - 17 September, 2009

Vixy generasi awal jual rugi..??
Pantesan fuel pump bermasalah..
Hahaha
:mrgreen:

Si bison ini..
Gimana kalo ternyata harganya tembus 20juta..??
Katakanlah antara 20juta-21juta..
😀

63. triadi - 17 September, 2009

menurut saya niy motor bagusnya kalo pake mesin 250cc….

64. moonraker - 17 September, 2009

36 guspur, knalpot kotak, ntu pan cuma main di covernya aja (lihat baut-baut kecil disekitarnya) paling rada susah di proses trimming, tp tinggal dibuffing dah beres.
kl muffler berbentuk 1/3 lingkaran sih pernah lihat mesin buatan jepun yg punya proses bending & tig welding dalam 1 mesin, hebad idenya..

65. Taufik - 17 September, 2009

Honda Unicorn ??

wah oke tuh . . .siip

66. fraziel - 17 September, 2009

@nick
Wah, duit 2rebuan emang laku om
Tapi kalo beruntung diluar bank2 malah banyak loh orang yang nyediain 2ribuan buat dituker
Tadi di depan toko baju liat ada bapak2 pegang 2 gepok duit 2rebuan
:mrgreen:
Mau mudik koq sakit gigi om, kepiye jeh

67. Taufik - 17 September, 2009

aku dah dapet 2 ribuan ha ha ha ah . . .buat ponakan2 juga 😀

byson kalo dibeli pake 2rb-an berapa lembar ya? . . .
* biar nggak oot :mrgreen:

68. nick69 - 17 September, 2009

Fraz
Iya nich gak tau bysone skit gi2 kcentok makan sotopedas mgkn
😦
Mastaufik,
Mgkn dapet se-garasi rumah smpean 😀
Btw warna uangnya wah lho sbnernya..
Kyk uang gedhe kesannya..

Oiya,bntar lg fraziel inden byson
Ditunggu pestanee wkwkw

69. nick69 - 17 September, 2009

69 yes

70. beng2 lg - 18 September, 2009

belum nick….
Ini baru 69
Wkakakkkkkkkaaaa….
🙂

Tadi siang,saia jg cari uang 2ribuan dapat 400rb…..terasa orang paling kaya aja pegang uang 2rb sgitu….
🙂

71. Top Posts « WordPress.com - 18 September, 2009

[…] Comment of The Week . . . . Moncer Bicara Tentang Yamaha Byson a.k.a FZ-16 Saya posting komentar Bro Mocer  untuk mengapresiasi komentarnya pada artikel YMKI Ragu YMKI Rugi. Patut di perhatikan […] […]

72. ben - 18 September, 2009

43. lordubay
ane malah gak demen swing arms mx & vixy dan setahu saya banyak yang mengeluhkan swingarms mx coz setelan rante agak susah dan gampang berubah untuk perjalanan jauh.

47. guspur
trus apa bedanya sama swing arm Supra?… kl Supra flatnya di dalem…
Trus kenapa motor2 laen gak ada yg bikin kyk punya Y aja? swing arm gepeng di dalem? kl gak salah denger itu sudah dipatenkan oleh Yamaha… hehehehe… cerdik kan? 🙂
——————————

lho bukannya rear fork vega dan beberapa merk lain sekarang sudah mengikuti jejak rearforknya supra ?… sudah teruji dan yang jelas enggak ribet gara-gara paten…

73. cuxx - 18 September, 2009

@ 52. *HM=CHM
iya bener banget, apalagi kalo dibawa keluar kota terus mau nyalip truk ato bus dalam kecepatan > 100kpj, goyangnya kuat banget (aerodinamika-nya kurang). btw, SHINNOB bagus banget yah??

Nice comment to Moncer, itu beneran comment panjang segitu mas taufik (maklum, sejak pulkam ke surabaya, jarang buka internet)

74. motimotor - 18 September, 2009

Nih ane kutipkan tanggapan terbaru langsung Boss YMKI dari Kompas Otomotif:
“Isu soal keinginan Yamaha melepas produk barunya, Byson, ke pasar akhirnya terkuak. General Manager Marketing and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi membocorkannya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Selasa (15/9). “Sekarang kami masih uji coba Byson. Jadi, kalaupun dilepas ke pasar, mungkin baru tahun depan,” ungkap Bambang.

75. evisyari - 18 September, 2009

Assalamu`alaikum Wr Wb
Taqoballahuminna wa minkum
Minal `aidzin wal fa idzhin
Mohon Maaf Lahir dan Batin
By:
http://evisyari.wordpress.com

76. islamicstudiesunidar - 18 September, 2009

tinggal kita lihat masalah harga…
http://www.islamicstudiesmolucas.co.cc

77. fraziel - 18 September, 2009

@nick
Udah mudik yah om..??
Hush,, jangan ribut2 dulu..
Malu saia,, wkwkwk
😛

@beng2
Lhaa,, maluu, orang beneran nick yang dapet 69 jee
Xixixi
:mrgreen:

78. nick69 - 18 September, 2009

Fraz
Iya nanti jam 5.
To all,doain gw slmt mpe 7an yax.
Thx

@beng2
Sory ya beng,tuh beneran kursi gw
Wakakakakkkaaaaaaa
😛

79. fraziel - 18 September, 2009

@nick
Wew,, malem2 dong om..??
Ati2 aja deh, semoga selamat sampe tujuan
Amiiinn..
😀

80. yahonsuwakanja - 18 September, 2009

@nick69
sendirian apa bw oleh-oleh ya…?
oleh2 calon menantu kamsutnya…hehehehe….
jgn lupa bwa cadangan ban dalam ye…
klo ngantuk jgn dilawan…brenti..cucimuka…minum air putih…lalu tidur secukupnya ….ndak usah pakai ngebut..jgn smp terprovokasi kebut2-an…ingat keluarga menanti dirumah…yg penting lancar slamet..ye…amin

81. beng2 lg - 18 September, 2009

fraziel and nick

Dugh…….mas taufik slalu rubah2 no komennya,padahal semalam saia lihat masih 69……….

:p

Hati2 mudiknya ya nick.
Smoga slamat sampai tujuan….

82. xb - 18 September, 2009

@nick
pake apa mas? moga sampai dgn selamat..
mudik itu menyenangkan..

83. *HM=CHM - 18 September, 2009

bung yahon… Iya emang, kalo diliat model setelan rante vixi ini, emang aura racingnya kuat. Kedua lbh praktis dan aman daripada model mur-baut. Karna model mur-baut ini potensi alur bautnya selek sangat besar. Ngaku aja yg masi pake mur-baut ini rantenya kadang copot dan njepit disamping gear ? Iya kan ? Soal “goyang dombret” jangan salahkan vixinya, karna oleh YMKI emang sengaja didesain supaya ringan. Maksudnya agar memudahkan dalam manuver dijalanan macet, bukan untuk jalan jauh kayak pulang kampung. Makanya banyak yg ngejek mtr ini kerempeng, kaki2nya kurus ! Bagi yg ga tau ya anggapannya pasti seperti saya bilang tadi. Bagi yg tau, ini mtr sengaja dibuat lincah, ringan, irit dan cepat yaitu dgn ban dan pelek kurusnya itu. La itu yg pada doyan ngetrack liat ban mtrnya, dibikin diet super kurus, mirip ban sepeda ontel.

84. nick69 - 18 September, 2009

Beng2,yahon,fraz,xb

Thx u so much
Gw bw mio.
Ni baru ditengah laut..
Jam 23.50 wita..

Mas taufik,maaf numpang oot..

85. Icaq's - 18 September, 2009

^ Nick
Mudik om Nick? Kemana?

86. motimotor - 19 September, 2009

“Berita ini dari sumber terpercaya yang tidak perlu diragukan lagi. YMKI akan segera mengeluar dua senjata terbarunya pada awal Bulan Desember 2009 yakni Jupiter Z dengan kapasitas mesin 115cc dan Yamaha Byson.” (sumber : Sheila “Dunia Otomotif)
Menurut mbak Sheila, akhir November atau awal Desember akan ada pertemuan Dealer Yamaha seluruh Indonesia di JCC. Saat itulah salah satu atau kedua motor ini akan diluncurkan. Motor baru dikirim ke dealer-dealer pada pertengahan Desember. Lebih awal dari statemen pak Asmarabudi yang katanya lounch pada 2010. Yang pesen saat lounch baru dapat motor dua minggu kemudian….

87. Taufik - 19 September, 2009

Hmmm apakah mungkin YMKI nggak enak ati dibilangin “Ragu” hi hi hi hi

wew..pengumuman di umumkan pas lagi pada mudik
coba kalo 1-2 hari sebelum ini…oom nick & mas hady pasti langsung cabut ke deler ..siyap2 inden 😛

88. Comment of The Week . . . . Moncer Bicara Tentang Yamaha Byson a.k.a FZ-16 - 19 September, 2009

[…] Saya posting komentar Bro Mocer  untuk mengapresiasi komentarnya pada artikel YMKI Ragu YMKI Rugi. Patut di perhatikan tulisan ini adalah pendapat Prbadinya bro moncer, bukan generalisasi . . . Silah kan disimak, Thks bro moncer Ini motor (Yamaha […] Go to Source […]

89. sof - 20 September, 2009

@fik, Gimana bro kalo dah launching, apa mo ber alih dari V-Ixionke Byson juga?, tampilannya keren beut utk motor touring, lebih kekar dari Tiger, kagak usah modif tampilannya lagi, tinggal tromolnya aja kalo mo di ganti ke cakram

90. Deen - 21 September, 2009

Kemungkinan kedua peluru YMKI ini (Byson dan Jupiter ZZ) akan brojol bareng, awal Desember 2009. V-ixion diupgrade gak lama setelah Byson dilounching, biar ada sphare harga yang cukup dengan Byson. Mungkin harga New V-ixion di kisaran harga Tiger (24-25 jutaan). Harga segitu wajar untuk nambah fairing, cakram belakang dan sedikit ubahan pada deltabox.

91. cah ndabex's - 21 September, 2009

sama2 produc berlambang garpu tala,monoshock,tromol belakang,tp klo gw di suruh pilih antara keduanya,gw lebih milih byson. Soalnya bro desainnya itu lho gres buanget ndk ada bandingannya laen kan dgn vixy tampangnya mirip Nr di gemukin,biar orang kata tecnologinya jadul tp penampilannya,ngapain nunggu2 cc gede toh kalo udah jalan paling rata2 100 kpj ke bawah di tambah lagi jalanan yg macet.oke deh ymki cpet2 dong di keluarin tu bison udah ku bikinin kandang nih…

92. sofiyan - 24 September, 2009

SETUJU BOSS…
150 lebih hemat….
low compression… (isi bensin biasa cukup)

93. Deen - 26 September, 2009

Membaca koment sumber YMKI yang dikutip Tabloid Otomotif terbaru… kayaknya kita semua bakal kena tipu sama YMKI. Si Byson yang bakal brojol Desember itu bukan Byson 153cc. Tapi Byson 225 cc. Tepatnya Scorpio Berbaju FZ16. Karenanya ia diposisikan antara Vixion dan Scorpio. Mungkin sekitar 22-23 jutaan. Langsung head to head ama Tiger (yang seumur-umur gak bisa dikalahin sama Scorpio). Bukankah Sport 150cc udah jadi raja. Tambahan jualan Vixie lagi bagus-bagusnya. Tinggal kudeta Tiger untuk jadi Raja Sport Premium! YMKI berharap Scorpio berbaju FZ16 inilah yang bakal menumbangkan Tiger dari singgasananya.
(Kata YMKI : “Rasain. Kena tipu loe pade semua!!!”)

94. sofiyan - 27 September, 2009

@Deen
masasih…
terserah lah yang mau keluar yang mana ?
yang penting keluar tuh produk..

95. redbugs - 28 September, 2009

@ bro Deen

Masak sie? lha jelas2 yang diuji FZ1-16
khan kelihatan bro gambar mesinnya. Saya prediksi Fazer 250 yang nanti akan menggantikan Scorpio atau bahkan produk fresh, karena ada info Yamaha jepang sedang membuat rencana 250 cc untuk Indonesia, sebagaimana dulu T135 aka Jupiter MX 135 LC 4V.

Byson versi YMKI:

96. arya - 5 October, 2009

@deen 93. yg bnr nih bro. pasti gk nih infonya. ane sgaja nunggu 2010 cm bwt indent tuh byson 150. kalo hrgny 22jt fulus ane kurang.

97. RENO - 6 October, 2009

wakakaka..!!! kayanya adek – kaka bakal bunuh2an nih he..he.. secara, tuh vixi nd fz 16 kan selevel ..ya toh ..?!
kbetulan g punya vixi taon 2007, hehehe dah tua tuh motor g kan..
mungkin kalo g ,kayanya harus terpakasa loakin tuh vixie g…
tapi bro smua,udah pada indent blm sih ??
warnanya apa aja sih ?! mohon infonya ya..

98. Taufik - 6 October, 2009

@Redbugs
makasih gambarnya..woow..bandwith killer he he he gede banget gambarnya 😀

99. Arya - 8 October, 2009

2 all : yang pastinya kapan nih byson meluncur? bro smua ad yg pnya info up 2 date gak dr ymki gitu? kalo indent biasanya kena biaya cas lagi gak sih? mohon pencerahan.

100. mook - 12 October, 2009

emang baju nya scorpio kalah ma tiger…yg penting…tiger mah gede doank…tnaga g da…..
scorpio…bs babat hbs tuh tiger…..
tp kalo….fz ntuh…dkasih mesin scorpio…..gw jamin…tiger mah…kyk macan ompong…..

101. malik - 18 October, 2009

harga byson brapa ????????

102. Kalung BioFIR - 21 October, 2009

wuiih komennya panjaaanggg! pasti sepenuh hati! kadang2 saya bikinkomen yang sedikit panjang aja butuh 5 menit, doi butuh berapa lama buat komen seperti itu ya?

103. Satrio - 12 November, 2009

Bro kisaran hrg brp y?

104. maviash - 24 November, 2009

dudukan plat nomor nya fales bgt…hahaha…
jadi ilang keindahan nya..pas ngeliat dari depan..

hayo2…yg kreatif…buat dudukan plat extension buat nih byson…

105. fajr - 26 November, 2009

bison ada injection gak, ditampilan foto kok ada indikator injection

106. FIAT - 29 November, 2009

Sudah jelas bakal bunuh2an antara vixion sama byson, bener koment yg di atas ‘kedua motor ini selevel’ cuma beda penampilan. Kalo soal injection vs karburator kyknya gak gitu berpengaruh deh, malah lbh plus pakai karburator bagi yg doyan ngoprek speed.
Menurut saya YMKI slh besar kalo sampai byson pake mesin 153cc aslinya, benar2 fatal akibatnya. Jangan samain dgn kelas bebek, apalagi yg bebek kelas low, karena konsumen di kelas ini cuma pentingin punya motor yg bisa dijadiin kaki buat pergi2. Kelas motor sport tidak se-simple itu, karena soal ‘identitas’ si biker turut terlibat di dalamnya. Kalo menimbang kebutuhannya YMKI juga tidak cocok kalo memakai mesin 153cc. Lebih baik YMKI me-refresh Scorpio Z-nya yg benar2 gak berkutik menghadapi Tiger Revo, dengan menanamkan mesin Scorpio 225cc ke body FZ16/Byson, atau lebih bagus lagi pakai mesin Fazer 250cc sekalian. Dengan begitu habislah si ‘macan’ dan semua keturunannya.

107. justo - 8 December, 2009

bagus aku suka banget modelnya,bisa jadi rujukan modifikasi v ixion,coba bayangin model sekeren byson dengan performa khas vixy n efisiensi injection merupakan kolaborasi yang perfect untuk modif level middle

108. Yulius Martin - 22 December, 2009

YMKI klo bs hrga byson na 16-17 .. biar negara indonesia Qt ini gk klh sama luar negeri yg pny motor2 sport ,cakep2 gt.. mohon d prtimbangkan .. hahahha~ Thank you

109. Tri Waluyo - 28 December, 2009

ayo donk buruan luncurin di Indonesia….

110. heri - 6 January, 2010

ngga sabar nunggu nih

111. Omben - 12 January, 2010

dimana nih alamatnya kalo mau inden.

biar dapat duluan

112. hendrik - 28 February, 2010

harga murah kualitas bagus itu yang aku cari

113. pebri - 2 April, 2010

yah….smg aj si bungsu bison harganya ga di atas harga vixion,coz dr tampang kyknya lbih garang bison(MODELNYA PKKNYA GW BANGET),tp performa mesinnya belum tau ya.GW TUNGGU KEHADIRANMU BISON

114. sandi - 7 April, 2010

wah wah cari cari info di internet blom ada yg memastikan kapan Byson atau viper bisa di dapat ya????

115. Ajie 2010 - 30 June, 2010

Tau Nik Kang Sandi… Aqu Juga Udah Ngebet… Kapan Launcingnya Yuuuaaaa..???

116. arie riskitanto - 18 August, 2010

Bapak2 YMKI jangan pilih kasih & banyak janji2, Scorpio Z dikemanain? Saya penunggang PioZCW 2008, sparepart susah, beli lampu dpn ori, spartbord dpn ori, shock dpn, velg 1 set ori gak pernah dapat di Balikpapan, cz Pioku July 2009 nabrak angkot, smp skrng pun udah 1 thn lebih gak dapat sparepart asli, jadi semua yang menempel di Pioku sparepart variasi & dari Kakaknya Sang Legenda RK King, Pesan saya ya buat YMKI, jual aja Scorpio Z CW Evolution dengan mesin Pio Z tapi body rangka total + tek. injeksi vixi, biar bagi para pemilik pio selanjutnya kalau ada kerusakan bisa pakai part dari vixi

117. BSMC(Balikpapan Scorpio Motor Club) - 18 August, 2010

Scorpio Z diapain? diskontinyu kah? YMKI raja tega………semoga Bison cacat produksi

118. agus w - 18 August, 2010

Tapi andaikata dijual dengan mesin scorpio z tapi body bison, wuihhh,,,,,,,,,,,mangsab, pasti habis riwayat tiger revo + anak anak macannya

119. agung - 18 August, 2010

Udah, Pak YMKI dari pada ntar salah pangsa pasar & Gatot (Gagal Total), bingung nentuin CCnya, daripada repot comot aja mesin SCORPIO Z tapi bore up aja jadi 250cc, biar bersaing ama fazer 250 trus bisa nyenggol2 dikit Ninja 250 R

120. TITO - 21 August, 2010

ga sabar bysoon keluar / . . .

121. Zalix - 20 September, 2010

YMKI bantah bison bermesin scorpio.
Bison di launch Desember 2010
Sedangkan New Scorpio pada quartal awal 2011.

Sumber: http:// gilamotor.com/2010/05/yamaha- bantah-byson-250-cc/

122. aryo - 7 May, 2011

sip bro.. Q rncna juga mw ngmbil byson, tp second .. moga z hrgax g smpe 19jt…


Sorry comments are closed for this entry