jump to navigation

Honda Scoopy . . . Cukup Pas Buat Coba strategi Low Cost Diferentiation 27 February, 2010

Posted by Taufik in Honda.
Tags:
trackback

Strategi Low Cost differentiation, seperti yang pernah dibahas oleh Mas Tri, merupakan sebuah strategi marketing gado-gado yang menggabungkan strategi harga rendah dan beranii tampil Beda !! Strategi ini, tentunya bila di awali oleh sebuah riset penerimaan yang cukup kredible akan menghasilkan impact yang boleh dibilang akan cukup menarik hasilnya. Honda Scoopy, yup Skutik modern retro yang menurut banyak kabar menjadi salah satu varian yang akan di boyong oleh Honda tahun ini sudah pasti tampil beda dibandingkan skutik-skutik jepang yang nongol duluan di sini . . . inilah yang ku maksut strategi pembedanya

Tampang sih boleh dibilang nggak futuristis, akan tetapi melihat finishing touchnya yang cukup ciamik, ditambah warna-warni varian yang heboh akan serta merta dapat mewakili personalisasi diri . . . bukan generasi jadul yang akan disasar  . . . rider pemula alias para remaja lah yang disasar. Tampang Jadul tapi nggak malu-maluin githu lho maksutnya. Tinggal tambahin label harga yang kompetitif, dalam arti kata nggak mahal-mahal untuk menggenapi strategi low costnya . . . saya pikir harusnya Honda bisa mewujudkannya . . . wong basis mesinnya nggak jauh beda dengan beat.

Setelah itu tinggal geber di masalah produksi, jangan sampe menjadi yang duluan di segmen skutik retro . . . akan tetapi malah kehilangan momentum kerena tersendatnya suply produksi, sehingga yang didapat adalah kekecewaan konsumen karena antrean inden yang mengular panjang . . . kucurin dana . . . tambah lagi Investasi Pabrik di Indonesia . . . masa’ kalah sama yamaha yang denger-denger mau dapet kucuran US$ 30 Juta untuk menambah kapasitas terpasangnya menjadi 3,7 juta unit per tahun atau sekitar 422 motor per jam he he he he, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments

1. Agoes - 27 February, 2010

Pertamax…

2. Agoes - 27 February, 2010

Keduax

3. Agoes - 27 February, 2010

Abisin podium

4. Agoes - 27 February, 2010

Mirip vespa, cuma bagusan ini. Ada yabg casting wheel ga ya?

5. SkyrideR - 27 February, 2010

ng suka retro.. ntar malah keliatan jadul…

6. Karyawan AHM - 27 February, 2010

Gw jg ngarep2 kpn ni mongtor keluar. Coz trial mold nya aja blm

7. KINGS - 27 February, 2010

jadul style memang di thailand lagi musim anak mudanya pada gila clasic style …

8. nurtya - 27 February, 2010

cocok buat yg pengen tobat dari kebut2an, kan naek ini jadinya pengen pelan2 biar org2 pada puas ngelirik nih motor

9. penerjemah a.k.a arif rakhman - 27 February, 2010

kang opik, kucuran dana untuk Yamaha mohon diralat lagi. sepertinya ada yang kurang di sana.

Taufik:
he he he he iya kurang kata Juta . . .thks bro

10. Cak Poer - 27 February, 2010

IMHO kalo pakaian (fashion) trennya aja juga sudah retro, kayaknya anak2 muda gaul mudah menerima si scoopy ini, tinggal gimana strategi penetrasi ke calon konsumen aja baik itu strategi promo & harga

11. reza - 27 February, 2010

20 besar :-p

12. baridin - 27 February, 2010

ntar byk ABG merengek minta mtr br nih

13. lekdjie,dab.. - 27 February, 2010

Emangnya kapasitas produksi ahm berapa sih pak?kayaknya hampir sama to..

14. maticgaya - 27 February, 2010

^maksute 30 juta dolar, Mas. Loho bukannya Honda malah siap kucurin dana lebih dari 100 juta dolar? Memang, daripada masukin PCX, mending si imut n jadul Scoopy ini. Mumpung YMKI gak keluarin Fino tahun ini.

15. maskurmambang - 27 February, 2010

Layak dicoba sebenarnya,kalo gak diterima pasar…ya gapapa….buat pabrikan sekelas Honda rugi2 dikit……
Kalo sukses kan bisa mengedukasi pasar dan dianggap first mover bagi orang awam.

*****malah sebenarny berharap Suzuki yang nyolong langkah duluan keluarin es krim, eh jelato***

16. Shark - 27 February, 2010

Absen aja agh…

17. jafo - 27 February, 2010

tinggal pake kacamata jengkol, kerah gede, celana cutbray..

18. au_ah GELAP - 27 February, 2010

klo baca di warung sebelah, saat ini kapasitas produksi ymki sebesar 3,2 juta unit/tahun lebih besar dari ahm yg cuma 3,0 juta/tahun. dan kapasitas ini akan terus ditambah sampe 3,7 juta/thn setelah ahm berencana menambah kapasitas produksi jadi 3,6 juta/thn pd 2011.
bener2 mantab nih pertarungan.
klo sampe ymki kalah sama honda udah gak bisa ngeles klo kalah kapasitas produksi lagi tuh. org udah pada tahu klo kapasitas produksinya lebih besar dari ahm.
jadi mikirin…. kira2 ymki mau ngeles gmn lagi ya?

19. Deede aja - 27 February, 2010

gambar terakhir tuh bang…. cocok buat saya…. kapan ya masuk kesini..? seharga beat boleh lah….
Salam Brotherhood

20. Deede aja - 27 February, 2010

cocok buat jalan jalan sore…

21. nick69 - 27 February, 2010

Nonton di twenty one

22. Lilypud_suka.design - 27 February, 2010

di modih hotroad keren nihh :mrgreen: . .atau lowrider….retro2 gimana gitu..kyk fino.xiixiiixi

23. Taufik - 27 February, 2010

@lilypud
udah pud . . .mainkan mouse mu . . .buat scoppy hotrod xixixixixi :mrgreen:

24. zackyjunior - 27 February, 2010

jd pengen matic …
tp yang ada di garasi dah ada matic .
wah kalo ini nongol ntar cinta laura bilang gimana z ..
pa mungkin
” BIAR JADUL ASAL EKSIS AH ….”
he …….

25. penerjemah a.k.a arif rakhman - 27 February, 2010

seperti tulisan di sl.com, neh skutik bisa jadi alternatif bagi mereka yang bosen dengan skutik yang gitu-gitu aja. yup jadul retro bisa jadi genre baru….. baca-baca secara serabutan, suzuki juga denger-denger mo ngeluncurin skutik retro-nya juga deh.

26. Onthel - 27 February, 2010

@24 zacky
iya juga bro, saia jadi ikut mikir kesana..
berarti gak cocok nih scoopy disini, secara ahm sedang mengangkat image hi-tech dg menegaskan kompetitornya lebih ‘jadul’..

27. Washid - 27 February, 2010

retro never die

28. atlet - 27 February, 2010

@onthel
Berarti injeksi gak usah d copot. Biar g jadul 😀

29. elsabarto - 27 February, 2010

cb suzuki jelato hadeerrr, tambah ciamik aja tuh persaingan skutik..

30. b.indt - 27 February, 2010

Bener tuh , tampang boleh jadul tapi mesin modern. jadi lebih nyaman di pakainya. saya pribadi suka kalau lihat model retro tapi khawatir perawatan ya sulit dan makan biaya karena memang mesin nya dah jadul. Tapi kalau tampang retro mesin canggih sih ok lah……

31. Onthel - 27 February, 2010

@atlet & b.indt
yowis, nanti cinta laura bilangnya gini aja disamping motor ini,
“retro oke, yang lain jadul ach..”
boleh juga …..

32. mysecretdevi - 27 February, 2010

Kalau lihat judulnya, soal low cost strategy…kayaknya gak cukup cuma harganya mas taufik, tapi seluruh elemen jg harus low cost, kayak sparepart, service dll. Soalnya jadi percuma kl harganya low tp biaya sparepart sama service-nya masih high he he he…ntar tetep kalah ama yg lain.

33. d1ve2blu3 - 27 February, 2010

lumayan juga ni alternatif piaggio,,,

34. d'ny - 27 February, 2010

motorx keereennn banget, kapan mulai dipasarkan..

35. d'ny - 27 February, 2010

motorx kereennn, kpn mulai dipasarkan?

36. Legenda Rider - 27 February, 2010

Tetep lampu depannya kurang cocok Buat orang Indonesia, Penyesuaiannya bs lama, kalah sama vino. Bagusnya tu lampu dikasih topi/tudung dikit. jadi cakep. kalo bagian belakang bagusan scoopy dari vino.

37. cak_poer - 27 February, 2010

Kayaknya si Scoopy (Doo) :mrgreen: ini memang diarahkan sebagai motor fashion, lha wong meski design jadul tapi permainan cat body n stripingnya groovy abis, sapa yg ga ngiler palagi abg jaman skrg kan gampang ikutan tren luar, ane yakin kalo ahm ambil ini peluang prosentase penjualan maticnya akan semakin naik aja.

Dan juga spek mesin sebaiknya yang standar aja (tapi fitur safety tetep) dan bisa lebih irit dari yang model futuristic.

* ngarep banget ahm segera mbrojolin Si Scoopy (Doo), karena emang pengen beli matic model ginian 😉

38. fans_ayanami - 27 February, 2010

Scoppy… harus tambah aksesorries jadul neh.. biar nuansanya makin dapet..!!!

39. Bolang1 - 27 February, 2010

@24
cinta laura kan bilang bgni
” metik Y jadul akh”

40. Ay - 27 February, 2010

Se7 deh, mendingan mbrojolin scoopy dr pd PCX mah. Pasarnya udh jls ada, lha wong skr aja ada yg bela2in mionya disulap jd fino 😀

41. Onthel - 27 February, 2010

@ay
iya, saia pernah lihat fino seliweran dijalan, modif apa aseli gak tau.
yg jelas bakalan lebih laris ketimbang PCX (PCX beneran lho, bukan PiCeX)
kabur lagi aah….

42. proud be biker - 27 February, 2010

iri sama perkembangan motor di negara lain, mudah2 an lama – lam kita ikut mereka 😀
btw, judul nya kurang f satu mas > differentiation… no offense, cm kasi masukan 🙂

43. zackyjunior - 27 February, 2010

@ 39 . Bolang 1

iya bro .
tp kan yang bayar cinta kalo modelnya gt kan ada indikasi jadul .
qta para pengunjung blog dah dapat pencerahan dari sana-sini .
nah ….
kalu orang awam kan gak tahu apa2 .
hanya tahu yang kasat mata alias bentuk modelnya aja .
soalnya tidak mudah menyakinkan para konsumen yang begitu buaaaanyak …
plus lg belum slogan ahm yang lain jadul ah …
nah ini mau keluarin yang sebagian orang bisa saja berpendapat jadul …
trus pye jal nak wes ngene….?
lumayan repot tho ….
xixixixixixixi …….

44. pemain baru - 27 February, 2010

inden 1 dah kalo wes njedul di sini.. 🙂

45. nick69 - 27 February, 2010

@42
Yg lain jadul dlm arti gak ada fitur safetynya.
Kalo model kan relatif..
Ada yg suka ini suka itu keren ini keren itu..
Apalagi modelna retro klasik mcm scoopy/jelato/fino yg dah jelas modelna jadul..
Tp fitur jangan sampe lah
Hahaa

46. moonraker - 27 February, 2010

mas, cuma nanya dikit. kapan pasar motor akan jenuh ? sekarang berapa rasio kepemilikan motor per kapita ?

47. satria - 27 February, 2010

scoopy do bido gitu yachhh…. hehehe… pengen niy… meski umur dah tuueeekkk… tapi semangat tetep muda buat naik motor ini…

48. kentadis - 27 February, 2010

Tetep lebih imut jelato ah
Tgl kasih mono arm n mono shock dpanx vespa, pzti jd tmbh keren :mrgreen:

@ lilipud
Bikinin gmbarx yak! :mrgreen:

49. Bolang1 - 27 February, 2010

@43 zackyjunior
ymki jg sm, wktu itu iklannya nyindr vario bodyna gede, tp ymki malah bikin body mtor yg lbih gede dr vario. Dah gt ky kodok lg bntukna . . . bro tw kan mtorna ?????? xixxixixixi

50. mariam mikrolet - 27 February, 2010

kentadis
tpi scobido kena bgt tuch retronya…spionnya aja bulet….:)

klo jelatto lebih sporty….

51. Thwuerhouwghuisth waras 34437 prosen - 27 February, 2010

Harusnya mumpung H lg getol2nya ngata2in Y jadul… ymki keluarin duluan tuh fino… Kayaknya desain retro yg fun gini bisa lah di serap pasar… Malah dgn kata2 biar jadul yg penting gaya… Bisa mengcounter balik kata2 jadul H apalagi kalau benar2 laku… Untuk H yg terlanjur berslogan yg lain jadul bakalan malu kalo ikut2an ngeluarin model retro… Sama aja njilat ludah sendiri tu… Ini justru moment yg baik buat Y ngeluarin fino…

52. davied - 28 February, 2010

^^
mang defenisi jadul yang dimaksd apa ya,kan scoopy design aja yang retro,tapi teknologi kayaknya gak…klo pun honda ngeluarin,gak jilat ludah sendiri dong

53. ab_manyoe - 28 February, 2010

60 besar kah?

54. Thwuerhouwghuisth waras 34437 prosen - 28 February, 2010

Kalo Y bisa membentuk mindset kosumen model retro~jadul… Maka Y membuat orang beranggapan H njilat ludah sendiri kalau ngeluarin scoopy karna desainnya jadul(mindset yg dibangun Y retro~jadul)… Syaratnya keluarin dulu fino… Gitu oom mudah2an nyambung… sotoy mode on…

55. Onthel - 28 February, 2010

@51. terong
bener jg, bisa jd iklan H malah akan menguatkan image fino …
dah mbayar iklan, eeh malah yg untung yg laen

56. Dani Ramadian - 28 February, 2010

@52 Davied
Lha atasmu (#51) n bawahmu (#54) kan
nggak tau bedanya….
Bahwa yang dibilang jaman dulu (JADUL)
itu fitur. Bukan modél. Mangkanya kalau
orang bilang hp itu jadul, yang dibilang
adalah fitur yang ada pada hp itu, bukan
modél atau bentuk. Lha yg sip kan fitur²
yg di tambahkan pada produk tersebut.
Jadi biarlah, yang nggak ngerti hakikatnya
jadul biar tetap berkutat dengan kejadulan
yang dibanggakannya..

hahahahaha….
Hidup HONDA….

lohhh….

57. nick69 - 28 February, 2010

@dani
Yup betul bgt
Matic honda memang the best
Fitur safetyna melimpah
memang harus disosialisakan tuh
Kmaren ada tmen,pengen bli matic n minta rekomendasi..
Sy lgsg aja tunjuk vario tehno..kalo pengen yg murah beat..
Dia tnya knapa?
Realita aja
-msin lbh irit
-dpt safetyna
1.parking brake lock,
2.side stand switch,
3.secure key shutter.
-dpt tenaganya
-dpt velg kekar(enkei)
-dpt cakram nissin(kawasaki+suzuki jg pakek)
-Dpt cvt yg halus
-shock pake inner cover
-belum dpt design yg futuristis (relatif)

Bandingkan aja per part dgn matic jadul,mana yg value for money
kalo ditotal dah berapa juta tuh selisihnya kalo di compare?
skrg jaman serba susah,,harus pinter2an jd org bijak.
open ur minds,Dont shutting ur eyes
Dont take risk bro..
Jgn relakan uang terbakar mesin sia2 gr2 boros bensin.
Jgn relakan nyawa melayang gr2 mtr gak ada fitur safety

58. Thwuerhouwghuisth waras 34437 prosen - 28 February, 2010

Inyong emang ngomongin desain kok bukan fitur… Bisa baca ga maksudnya… Ato otaknya kaga nyampe… Lagian kalo liat sekilas fino jelato scoopy pasti yg dinilai modelnya dulu masalah fitur cuma nilai tambah… Dan kebetulan modelnya retro yg orang kebanyakan bilang jadul… Yah kalo situ ga mudeng maksud inyong ya sudahlah… Keterbatasan otak… Anggap aja inyong ngawur oke…

59. nick69 - 28 February, 2010

@terong over dosis warase

Nilai tambah yang ‘mutlak’ bwt ‘keselamatan’

😀

60. Thwuerhouwghuisth waras 34437 prosen - 28 February, 2010

Iya dong… Orang liat model dulu br fitur sebagai pertimbangan… Kalo fiturnya mumpuni… N’ suka modelnya boyong dah… Atau suka modelnya tp dicompare produk lain yg fitur lebih banyak dan baik meski gak suka modelnya baru dah timang2 mau pilih model apa fitur… Peace ah

61. nick69 - 28 February, 2010

@^
Tragisna yg ber- model gaul,keren n futuristis yg punya fitur melimpah
xixixixixi…
wkwkwk

62. Thwuerhouwghuisth waras 34437 prosen - 28 February, 2010

Piagio ya… Xixixi

63. nick69 - 28 February, 2010

Yak betul
Hahahaaa
*gubraks

64. yahonsuwakanja - 1 March, 2010

@nick..dani..terong…
kayaknya di blog2 pertama kali yg dibilang jadul adalah motor GL series mulai cb sampai tiger dan c70 series sampai revo….
cmiiwwwww……

65. Thwuerhouwghuisth waras 34437 prosen - 1 March, 2010

Yahon…
Ini ceritannya lg ngomongin matic bos… Jd ceritanya maticnya H cuanggih n haitek je… Kalo yg bos yahon sebutin sih jelas jadunnya unggul… Kwakwakwak

66. Anper - 2 March, 2010

motorx keren bangetttttt..
kapan mulai dipasarkan?

67. bima - 1 April, 2010

ya allah, kapan ni motor keluar….istriku ngidam banget

68. Wajar Honda Geregetan Sama Market Skutik « Taufik & Motorcycle™ - 9 April, 2010

[…] produk githu. lebih pol lagi bila masuknya Honda Scoopy ini merupakan pengejawantahan strategi  Strategi Low Cost differentiation, yang menggabungkan strategi harga rendah dan beranii tampil Beda !!   Yagh Pasti onda kudu tambah […]

69. Scoopy Emang Selayaknya diprioritaskan Terlebih Dahulu « Taufik & Motorcycle™ - 24 April, 2010

[…] yang ketiga adalah pertimbangan strategi low cost differentiation dimana strategi marketing gado-gado ini yang menggabungkan strategi harga rendah dan beranii tampil […]

70. Honda Siap Produksi 120.000 Scoopy « Taufik & Motorcycle™ - 11 May, 2010

[…] lebih dahulu Oleh Honda beberapa waktu yang lalu. Honda sepertinya akan Mengkombain  Strategi Low cost differentiation dengan  strategy Blue Ocean seperti yang telah di paparkan panjang lebar dan menarik mirip kuliah […]

71. Skutik Honda Scoopy 110 . . . Diversifikasi rapet dari Honda !! « Taufik & Motorcycle™ - 21 May, 2010

[…] adalah 13,5 Juta Bro !! Hampir tidak meleset dengan perkiraan TMC yang menilai Motor ini pas untuk strategi Low cost Differentiation yang sempat dibahas TMC 3 bulan yang […]


Sorry comments are closed for this entry