jump to navigation

Bebek Matic nya Yamaha dengan Y.C.A.T 6 November, 2009

Posted by Taufik in yamaha.
trackback

Img_1591Setelah Honda mengumumkan 2010 akan menelurkan Cub Type Automatic Scooter, Yamaha ternyata juga telah mengembangkan konsep transmisi serupa. Mereka menyebutnya dengan nama Y.C.A.T (Yamaha Compact Automatic Transmission). Keduanya pun menyasar Asia Tenggara sebagai Targer marketing bebek bertransmisi automatic ini.  Sepertinya 2010 akan ada perang varian bebek baru yaitu Varian Bebek Matic. Untuk Produk Real Yamaha telah mendahului dengan merilis Yamaha Lexam di Vietnam. Menurut Portal Yamaha, sistem transmisi ini memperpendek jarak mesin dan penggerak roda sebanyak 40% dan memperpendek Belt sebanyak 60%.

Img_1585

🙄 gambar jeroan transmisinya

Img_1592

🙄 di zoom lagi dah

Menurut yamaha, keunggulan tipe transmisi ini adalah :

  • Enables a more compact unit than conventional CVT for commuter models
  • Increased freedom of chassis design (improved on-board comfort with elimination of shift pedal)
  • Good response resulting from the adoption of the high elasticity, heat resistant plastic resin drive belt
    and improved drive force efficiency (20% improvement for the engine alone vs. rubber belt)

ycat_pic_002Salah satu yang menarik dari desain YCAT adalah sistem pendinginan beltnya. Belt didinginkan oleh udara yang dialirkan melalui sebuah air duct yang bisa diletakkan pada tebeng depan Motor bebek. Udara mengalir melalui sebuah tunel khusus dan keluar di bagian belakang transmisi. Ada sedikit kekhawatiran saya mengenai sistem ini yaitu pemilik motor harus rajin bersihin belt karena udara yang ditangkap duct belum tentu bersih tho he he he cmiiw . . . silahkan dikomentari

Taufik of BuitenZorg

ycat_main

Nouvo YCAT

Anhchup000

🙄 penampakan Yamaha Lexam di Vietnam (dari blog http://tugulawet.wordpress.com/)

Silahkan Baca Juga :  Honda Siap Rilis Mesin Hibrida Bebek-SkuTik . . . Teknologi CV Matic !!

Comments

1. jomblo ati - 6 November, 2009

hehe..kali ini pertamaxxx habiiissss :mrgreen:

2. cicak goreng - 6 November, 2009

keduaxx…
tumben pagi bener buatnya..^^

3. komodo goreng - 6 November, 2009

ketigaxx..^^

4. jomblo ati - 6 November, 2009

Indonesia itu masih termasuk asia tenggara nggak sih?
kok gak masuk sini yah? 🙂

lhoo…jadinya ini pake belt tapi juga pake rantai gitu kah?

5. at0z - 6 November, 2009

D indonesia kpn yak

6. 1001nickname YaKemalJuga - 6 November, 2009

mudah2an gak di cap mencontek oleh fansboy_ toko sebelah….
@ yang pertamax, keduax dan ketigax…
Pada Bangun Jam berapa sih, aku yang gak tidur semaleman malah gak pertamaxx….
gak tidur nulis ini nih…
Scot Honda Team Mundur dari Moto GP, kira2 kenapa yah, share alasan dong.. diwarungku….
http://1001nickname.wordpress.com
biasa kang numpang Promosi mumpung gratis…nuhun kang…

7. az147r - 6 November, 2009

meningkatkan efesiensi 20%, isu bagus buat penjualan.tp bgaimana durabilityny ya??

8. xxl123 - 6 November, 2009

wedew telat di sabet mba yu ja 😀

9. Taufik - 6 November, 2009

@Mas JA
kalo saya yakin masik di marih mas. . . . cuma kayaknya YMKI sedang tunggu AHM keluarin motor serupa dengan transmisi CV Matic nya

dan Betul Mas . . . Pakai belt sebagai bagian transmisi Primer (awal) dan Rantai sebagai Transmisi Akhir

yang pasti..di foot step kiri . . . tuas gear akan ABSEN :mrgreen:

10. Itsme - 6 November, 2009

Yang masih milih bebek alasanya apa ya?
ngga suka matic, praktis atau irit
Mana yg bnr?
Kalo alasannya ya petama para bebekers ngga akan pindah ke bebek matic…

11. arif rakhman - 6 November, 2009

model mesin gini kayak mesinnya TVS Neo gak ya? yang bisa kopling ama otomatis itu tuh…..

12. Taufik - 6 November, 2009

^^
TVS pakai mode kopling manual-kopling otomatis (keduanya tetep butuh pelat kopling) . . .nah kalo mesin model ini nggak pake pelat kopling/cluthh lagi bro..akan tetapi digantikan belt dan sistim CVT . .. cmiiw

13. Ayah Satria - 6 November, 2009

waahhh…mulai mau perang skubek neh

14. apdri - 6 November, 2009

kira-kira bisa diterapin di motor sport ga ya…

15. Taufik - 6 November, 2009

^apdri
sy yakin bisa bro, tapi jadi sport matic :mrgreen:

16. Moncer - 6 November, 2009

Sport matik? Kayak piaggio itu ya (piaggio DNA, cumiw)? Kalo piyajio itu transmisinya murni matik kyk punya Vario dkk apa gak?
Kira2 AHM-YMKI mo ngeluncurin dalam waktu bersamaan ga ya? Apa mau saling tunggu prospek kompetitor dulu? Maklum proyek baru, kalo ternyata ga diterima pasar kan repot. Jadi amannya jadi follower tapi the better gitu loh hehe..

17. Lilypud_mio.hitam - 6 November, 2009

Hidup matic :p

18. Taufik - 6 November, 2009

@moncer
ya..DNA sport matic..tapi transmisi CVTnya DNA masih sama kayak Mio-Vario . . .mungkin ini kayak Honda DN 1 cmiiw

follower tapi better . .. tapi gak bisa jadi firts mover dong :mrgreen:

19. nick69 - 6 November, 2009

Gila bgt..
Pake belt panjang aja tarikan uda menangan palagi diperpendek smpe 60persen
Weleh2

20. Onthel - 6 November, 2009

Semakin di depan….
(absen aja)

21. Lekdjie absen dulu,dab! - 6 November, 2009

Kok vietnam???
Ealah,ternyata Indonesia Raya cuman cocok buat ladang penjualan saja…riset mesin dan motor baru yah diluar saja..sini mah riset bodi dan striping thok!

Maapkanlah bila saya keliru..

22. Moncer - 6 November, 2009

Jadi yg pertama maupun follower sama2 memiliki keuntungan masing2. Tapi melihat trend matik sih ane optimis meskipun baru tp bisa diterima coz dah memenuhi unsur kepraktisan dlm penggunaan sbgmana matik biasa

23. nick69 - 6 November, 2009

BeAT uda lbih dr cukup
Wkakakaka
😛

24. M.R. - 6 November, 2009

Btw penasaran ama tampang depan motor “REAL NEW SPECIES” ini

25. Onthel - 6 November, 2009

@lekdjie 21
disini kan pasar terbesarnya, kalo buat coba2 mesin jenis baru mah jangan dulu

26. Elektra - 6 November, 2009

Gue dukung klo bsa masuk sini gue indent 1 soalnya gue dmen matik dibandingin bebek konpesional

27. tongsam - 6 November, 2009

peranti rem harus mumpuni… jika tidak, bisa buat celaka, engine break kecil…

28. Elektra - 6 November, 2009

Ada berita hangat stelah kru mekanik lorenzo di fiat yamaha hengkang kehonda skarang giliran lipio supo manajer tim ducati ikut cabut pula ke tim honda beritanya ada di detik motogp

29. N-745 - 6 November, 2009

wah semakin rame aja nih …. skubek ..

30. mario_devan - 6 November, 2009

absen aj lah….
motor bebek tanpa kopling!!
nice idea

31. crossplanecrankshaft - 6 November, 2009

Kalo punya honda VFR 1200 tuh gimana ya?

32. madix - 6 November, 2009

itu khan kelebihan2nya….
ada kelemahannya gak mas taufik?

33. no.01 - 6 November, 2009

taun depan ymki ngeluarin neh motor….,

1.akhir bulan ini: neo jupiter zz
2.akhir bulan des: yamaha bison 150
3.tahun depan new jupiter mx
4.new mio fresh
5.new scorpio
6.new vixion (minor change)
7.bebek matic..yg vietnam sdh duluan.

MANTAPF…..100% SERIUS!!!!

34. xxx - 6 November, 2009

@29
setuju..kelemahannya apa

35. no.01 - 6 November, 2009

Bebek matic,bagaimana dgn konsumsi BBm nya ya???ada yg tau….
kalo dari pengamatan pribadi,akan lebih boros dibanding dgn motor bebek yg ada.BETUL GAK YA???!!!

36. hampura - 6 November, 2009

Aneh..waktu Nouvo dikeluarin itu dimaksudkan salah satunya untuk menjembatani kebiasaan masyarakat pake bebek sebelum akhirnya menjadi model scooter beneran jadi mio dan sukses…nouvo kurang kayaknya…kalau jadi bentuk bebek lagi..gak tahu deh nantinya…makanya dipasarinnya di Vietnam dulu. Konon katanya di Vietnam status sosial seseorang dilihat dari motornya…terutama motor matic… peace ah

37. k 1 D - 6 November, 2009

Brarti di dlm Mesin YCAT ga ada komponen Clutch sama sekali ya Bro Taufik … ???

38. dhimas - 6 November, 2009

kira2 yg duluan ke Indonesia Honda apa yamaha ya?
klo yamaha duluan trus honda belakangan, yamaha bakalan bikin iklan klo Honda contek yamaha lagi nih.

39. mario_devan - 6 November, 2009

kelemahannya harganya mahal hihihi
siapa mencontek siapa ya??
denger2 yg mengemukakan ide ini dulu si ijo kawak, tpi yg mengimplementasikan ke mesin bebek dan dijual adalah Yamaha
so Yamaha semakin di depan hehehe

40. nick69 - 6 November, 2009

Kelemahan menurut gw mesin akan cpt panas coz jarak antara penggerak roda n mesin maupun beltna diperpendek.
jd jelas perputaran antar penggerak smakin cpt..
Kelemahan lainnya msin akan ngos2an bila diajak topspeed..
mskipun bgtu sistem ini akan meningkatkan akselerasi 10persen n bs menghemat bbm 20persen

Sumber SOK TAU.COM wkwkwkwkwk

41. guspur - 6 November, 2009

@nick
Makanya air flow-nya segede bagong… liat tuh…

Sniff… sniff…

42. madix - 6 November, 2009

@nick n guspur
hmmm
brarti butuh pendinginan extra slain air duct n radiator… kulkas kali yee? hehehe
topspeed berkurang? yaaa gak seru donk!!! (kayak pinter ngebut aja, padahal bawa ninja aja masih was-was brangkali ada kucing nyebrang) xixixi

43. ashley - 6 November, 2009

ehm…dijakarta….beat-mio aja dah selap selip + kenceng bgt kaya gak takut mati…..suer deh….palagi yg ini neh…

44. Moto BackPacker - 6 November, 2009

Matic injeksi kok blm ada ya?

45. teguhriandi - 6 November, 2009

berarti ada spesies motor baru…sport, bebek, skuter, skutik (sukter matic). kalo ini spesies apa namanya? Betik? Bebek Matic?

46. Onthel - 6 November, 2009

eh, Jorge Lorenzo katanya mau ke sini lho.
ujung2nya pasti nanti jadi bintang iklan, soale yg versi Rossi pake MX dah bakalan expire, MX nya mo keluar model baru

47. nick69 - 6 November, 2009

@Madix + guspur
Gw tau dr v-belt antara vario/beat dgn mio
Belt vario diameter 81,1 tp pake 103 mata..
Mio diameter 85,1 pake 78 mata..
Jelas bgt tarikan vario lbh galak ato cepet larinya dr mio..
Juga vario/beat bisa hemat bbm ktika diajak lari 75kpj..
Kalo mio 60kpj lbih udah kerasa borosnya
Tp meskipun bgtu utk topspeed mio lbh garang dr vario,tp membutuhkan jarak jauh n tgkt kompresi maximum yg pas sampai mesin bner2 menjerit..
Utk urusan suara msin+cvt+knalpot matic dr honda tiada lawan
Ngebas n bertenaga..
Yg lainnya maaf seperti nggerong2 gmna gitu
Padahal cc na cm 108 koma lho
Hehehe
No offense yah
Peace all
Sharing pengalaman aja
😀

48. nick69 - 6 November, 2009

Td pagi ngelap beat.
Dr kamar bwa kit cair,chainlube and wd40..

Mtr keadaan standar tengah..
Waktu giliran mau nyemprot pake chainlube,
Spontan gw kaget..
Lho mana rantainya?? wkwkwk asem

49. nick69 - 6 November, 2009

Mio mau ajak drag jarak 1km lawan vario..
Kondisi sama2 standar pabrik..
Vario siapa yg berani?

*syarat
Side stand gak boleh dinaikkan

50. Taufik - 6 November, 2009

#madix#32
nah itu dia..belum ada testimoni ke rugiannya bro…namanya juga berita baru klaim pabrikan..pasti jarang ditemukan testimoni kerugian..nanti bila sudah dicoba orang lain baru deh ketauan semuanya baik keuntungan dan kerugian…tapi paling tidak sy sempat tulis di atas . . . salah satu perkiraan kekurangan…belt cepet kotor cmiiw

@Kid
betul cluthless

@nick
wkwkwkwk…semprot ke belt aja..dijamin liciiin terus… :mrgreen:
side stand terpasang…motore modiiiiaaar

51. SkyrideR - 6 November, 2009

hidup matic.! akhirnya koleksi motor matic gw lengkap. td siang mio tiba. tinggal nunggu kawasaki..

52. hpijogja - 7 November, 2009

Ah lebih baik direalese di Vietnam dulu, sebagai uji coba dulu, kalau mesin sukses, pasaran sukses pasti masuk Indonesia, dan namanya menjadi Yamaha Langsam.

53. w0ngndes0 - 7 November, 2009

Mas Taufik
Kok udah 1 minggu ini udah ga pernah ada lagi artikel tentang Ninja 250R lagi ???
Kok blognya isinya megapro, cbr ckd, bebek dll.
apakah blog ini masih bertemakan ninja 250r atokah berita seputar roda 2 ditanah air ?
Binggggung aku…..:(

54. nick69 - 7 November, 2009

@pak taufik
biar beltnya lbh cpt muternya wkwkw
maklum pak sblmnya uda terbiasa ngerawat jupZ..
Skr jd gak keurus..

55. Taufik - 7 November, 2009

@mas Wong
Saya sudah jelaskan di Page About Mas

@nick
kalo dikasih chain lube . .. belt muter kenceng . . . .ban kagak muter :mrgreen:

56. Kalung BioFIR - 7 November, 2009

sipppp laaaahhhh!
waduh mundur lagi dah beli motornya…

sementara ini nyetir mobil duluuuuuu

57. Kerja Keras Adalah Energi Kita - 7 November, 2009

Wah, good info neh!!!

58. wirajaya - 7 November, 2009

bentukan yamaha lexam kok mirip ama MX yang baru yah ??

59. wirajaya - 7 November, 2009

mas taufik.. beberin dunx si lexam yang detil.. modelnya ekstrim bgt lho..

detilnya di mari mas..

http://motomalaya.blogspot.com/2009/11/yamaha-lexam-first-pictures-at-autopro.html

60. oddityroom - 7 November, 2009

Kereen Bro..

Jangan lupa mampir ke Blog Daku

Foto unik, Artikel Unik, dan ide kreatif :

http://oddityroom.wordpress.com/

Salam Sahabat

61. mig29 - 8 November, 2009

tidakkkk
bebek matik lagi

62. bennyps - 8 November, 2009

maaf om taufik, teknologi YCAT masih menggunakan kopling 😀

63. Ini Dia Yamaha Lexam « Catatan si Agung - 20 November, 2009

[…] hehehe abis membaca Motorplus edisi 560. saya tertarik untuk hunting wujud gambar / spyshot motor matic Yamaha. Seperti yang dituliskan oleh M+ bahwa matic terbaru ini sudah mengadop mesin YCAT yang kependekan dari Yamaha Compact Automatic Transmission. Kalau tidak salah YCAT ini sudah pernah ditulis oleh Bro Taufik di blognya. […]

64. Yamaha Lexam . . . Sosok Real Bebek Matic Yamaha « Taufik & Motorcycle - 23 November, 2009

[…] meluncurkan sosok real dari Bebek Bertransmisi Matic/CVT. Mereka menamakan sistem ini sebagai YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission) . Sistem Transmisi YCAT tertanam dalam Sosok Yamaha Lexam yang secara resmi baru ditelorkan di […]

65. soul - 30 November, 2009

kelihatannya koq tambah ribet ya….masih pakai rantai odah itu pakai puley (terkenal perawatannya ribet khusus yamaha)

66. [ Share ] Apakah Varian Bebek Matik akan Mudah diterima Konsumen? « Taufik & Motorcycle - 9 December, 2009

[…] Desember 9, 2009 Posted by Taufik in Tentang Motor. trackback Seperti bro ketahui Honda dan Yamaha sudah membangun sebuah Varian moped baru yang bertransmisi Automatik, untuk sementara kita sebut […]

67. joe trizilo - 15 December, 2009

Mas naut artikelnya ya…. thxs before….

68. Pabrikan apa yang akan menyandang gelar”First Mover” di segmen Bebek Matik??? « e L S & J e k _ N A R A R Y A - 15 December, 2009

[…] ulasan Mas taufik sudah komplit… dan rencananya Yamaha akan memakai teknologi YCAT…. apakah itu YCAT??? dalam blognya mas taufik dijelaskan dengan […]

69. Galerry Foto : Yamaha Lexam !! « Taufik & Motorcycle™ - 20 February, 2010

[…] Honda yakni Honda Wave 110iAT, nah kali ini  spesies bebek matik cap garputala, Yamaha lexam. Pada postingan terdahulu saya sempat menampilkan gambar jeroan dari  varian bebek matik Yamaha yang rumornya menjadi salah […]

70. chanda yoshi - 23 February, 2010

130 cc ke atas.

untuk memperirit dan mempercepat digunakan sytem tsb

dijamin 5 tahun garansi mesin (seperti mx dan v xion)

bisa di bilang mesin nomer 1 saat ini

71. chanda yoshi - 23 February, 2010

ralat 125 cc

72. Lexam Tampil Fresh, Wave AT Tampil Membumi . . . Bebek Matik mana yang Bakal Lebih diterima? « Taufik & Motorcycle™ - 1 March, 2010

[…] Lexam. Keduanya hadir dengan kesan yang berbeda. Yamaha lexam, hadir dengan desain baru, sistem transmisi YCAT fresh, menyudut dan terkesan futuristis khas Yamaha sedangkan wave AT tampil menggunakan teknologi […]

73. Desain Girbox Yamaha Tmax itu Mirip mirip Desain Girbox Bebek Matik | tmcblog.com - 29 December, 2013

[…] Tmax itu lebih mirip ke desain Girboks Bebek matik seperti Yamaha Lexam yang dikenal dengan nama  Y.C.A.T (Yamaha Compact Automatic […]


Sorry comments are closed for this entry